Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Review Manga Choujin X, Karangan Manga Terbaru Sui Ishida Yang Bisa Mengalahkan Tokyo Ghoul?


©Sui Ishida/Shueisha, Choujin X

Choujin X adalah serial manga Jepang karangan Sui Ishida, yang diserialisasikan oleh Shueisha pada Weekly Young Jump dari 10 Mei 2021 hingga saat ini, dan dari artikel ini ditulis serial ini telah merilis ceritanya hingga chapter 13, dan telah menerbitkan 1 volume manga. Choujin X dapat dibaca secara legal dalam bahasa Inggris dan Indonesia pada website Viz dan Aplikasi Manga Plus. Choujin X memiliki genre; Action, Drama, Psychological.

Pada artikel kali ini, Wibu Gabut akan membahas sebuah manga berjudul “Choujin X” karangan Sui Ishida, seorang mangaka yang telah menciptakan salah satu karya terbaik yaitu Tokyo Ghoul, dan kali ini beliau membuat karangan manga terbaru yang menurut saya tidak kalah unik dengan karya sebelumnya. Mungkin tanpa banyak basa-basi langsung saja kita mulai pembahasannya...

Sinopsis


©Sui Ishida/Shueisha, Choujin X

Tokio Kurohara merupakan seorang pelajar tahun kedua yang bersekolah di Tsuru High. Suatu hari, Kurohara dan temannya yakni Azuma Higashi menolong seorang perempuan yang diganggu oleh tiga berandalan.

Tidak jago berkelahi, Kurohara seperti biasa menyerahkan semua masalah itu kepada temannya yakni Azuma untuk melawan mereka. Azuma pun langsung menghajar bos berandalan tersebut hingga kedua tangannya terluka parah. Berandalan itupun lari, dan perempuan yang sebelumnya diganggu sudah aman.

Dengan perasaan serta fisik yang terluka, berandalan tersebut menaruh dendam yang kuat terhadap Kurohara dan Azuma. Perasaan dendam tersebut membawanya bertemu dengan seorang misterius yang bisa menyembuhkan lukanya, bahkan membuatnya berubah menjadi Choujin, sesosok makhluk supernatural dengan kekuatan yang mengerikan.

Berandalan tersebut mencari keberadaan Kurohara dengan Azuma untuk menyiksa mereka, dan hal itupun benar-benar terjadi. Namun, untungnya disaat-saat terakhirnya, mereka berdua menemukan serum yang bisa membuat mereka berubah menjadi Choujin, tetapi anehnya yang berubah hanya Kurohara. Mengapa?

Komentar Cerita

Serial ini menyajikan konsep cerita yang sesuai dengan ciri khas mangakanya, yaitu selalu menyediakan alur cerita yang kompleks dengan topik cerita yang terasa gelap untuk dibaca. Saat awal membaca manga ini, sebenarnya kita akan disajikan hal yang membuat kita mengingat manga T*kyo Gh*ul, tetapi seiring berjalannya waktu kita mulai menyadari perbedaannya, dimana di manga ini kita akan disajikan cerita yang sedikit kearah shounen.

Namun, meski cerita mengarah ke shounen, sebenarnya serial ini masih sangat berpotensi menyediakan cerita yang sama dengan karya sebelumnya, karena topik cerita yang disajikan masih terhitung gelap untuk kita baca, sehingga perkembangan ceritanya masih sangat memungkinkan berjalan ke arah seinen. Terkait hal ini, sepertinya ini bukanlah hal yang bisa saya tebak, dan sebaiknya jangan ditebak, sebab hal ini akan mengurangi kejutan dari ceritanya, sehingga lebih baik kita nikmati saja perkembangannya saat ini.

Karakter


©Sui Ishida/Shueisha, Choujin X

Disini kita dihadirkan karakter utama yang sederhana, karena sifat serta penampilannya biasa saja, tetapi saya yakin ini akan dikembangkan sampai level yang tidak terduga. Ada banyak misteri serta hal-hal yang bisa menjadi petunjuk kalo karakter utamanya adalah seorang yang “spesial”. Disisi lain, jika kita melihat kesederhanaan serta kekurangan karakter utama, sepertinya kita bisa sedikit berpikir kalo karakternya mungkin berkembang seperti K*neki,

Namun, saya berharapnya sih tidak seperti itu, karena jika seperti itu rasanya jadi tidak mengejutkan, dan tidak bisa membuat serial ini melampaui serial sebelumnya. Untuk karakternya, saya sangat berharap ada sesuatu yang bisa berbeda, dan membuat kita semakin yakin kalo serial ini berbeda dengan serial terdahulunya, sehingga membuat kita bisa murni suka dengan serial ini karena keunikannya, bukan karena sama dengan serial terdahulunya.

Action

Serial ini menyediakan konsep kekuatan yang unik, dimana seorang choujin memiliki kekuatan yang aneh serta tampilan yang baru untuk saya lihat. Hal tersebut pun menghasilkan konsep pertarungan yang beragam, dimana setiap kekuatan memiliki gaya pertarungan yang unik, dan digambarkan dengan sangat bagus. Namun, untuk gaya gambar sebenarnya ini subyektif, kalian yang suka gaya gambar yang kasar mungkin akan suka dengan serial ini, tetapi jika tidak maka sulit menyukainya. (kalo saya pribadi suka dengan gaya gambar kasar hehe)

Bagian ini sebenarnya yang paling terasa unik serta menarik dari serial ini, tetapi ini bukanlah hal yang aneh, sebab keunikannya ini sudah menjadi ciri khas dari mangaka-nya. Jika kita mengingat serial terdahulunya yang menyajikan action yang memang unik serta keren, maka hal ini menjadi sesuatu yang sangat sesuai harapan para pembacanya. Secara pribadi, hal yang disajikan saat ini sudah sangat bagus, tetapi sebagai pembaca maka saya mengharapkan sesuatu yang lebih luar biasa kedepannya hehe. (jahat banget saya hehe)

Akhir Kata


©Sui Ishida/Shueisha, Choujin X

Choujin X merupakan serial yang bisa kalian coba baca, terutama jika kalian menyukai manga Tokyo Ghoul, karena kedua serial ini memiliki ciri yang hampir sama. (yah karena memang pengarangnya sama)

Salah satu kelebihan mangaka yang telah terkenal adalah ciri khas serta keunikannya telah diketahui oleh pembaca, sehingga karya yang dibuatnya akan lebih mudah dinikmati. Namun, kekurangannya adalah ekpektasi yang dimiliki para pembaca sangat tinggi akan serial barunya, karena mereka mengharapkan serial baru yang lebih bagus daripada serial terdahulunya.

Saya telah membahas beberapa kali serial manga baru karangan mangaka yang telah terkenal, dan hampir dari yang saya bahas telah banyak yang gagal. Namun, saya mengharapkan serial ini tidak sampai gagal, karena serial ini memiliki potensi yang tinggi untuk terkenal di 3-5 tahun mendatang.

Bagi saya, ekspektasi merupakan hal yang mengerikan untuk sebuah serial, karena dia akan mengarahkan pengarang ke cerita yang sesuai keinginan pembaca, sehingga perkembangan cerita menjadi tidak jelas, dan pada akhirnya mati. Saya selalu berpikir kalau pengarang sangat boleh idealis akan cerita yang ingin dibuat, karena itu yang membuat mereka menikmati karangan serta pekerjaannya, dan itu juga yang membuat pembaca suka dengannya.

Mungkin sekian pembahasan kali ini, semoga bermanfaat serta menarik untuk kalian baca. Ohiyaa bagi kalian yang ingin mengetahui info lebih mengenai postingan serta info menarik lainnya bisa banget Follow Instagram dan Twitter Blog ini yaitu: @wibugabutblog atau Like Halaman Facebook kami yaitu: Wibu Gabut Blog. (atau kalian bisa langsung tekan icon-icon media sosial di atas halaman untuk menuju ke sosial media kami)

Bye!!! Sehat Selalu...

Posting Komentar untuk "Review Manga Choujin X, Karangan Manga Terbaru Sui Ishida Yang Bisa Mengalahkan Tokyo Ghoul?"