Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Bakuman, Komik dan Anime Yang Mengajarkan Untuk Terus Mengejar Mimpi


Hallo… Salam Hangat untuk kalian semua!!

Semoga sehat selalu dan jangan lupa untuk terus jaga kesehatan yah… di post kali ini saya akan membahas tentang Komik yang telah menjadi sebuah Anime, salah satu Komik yang saya suka dan mungkin karena membaca Komik ini saya jadi bisa lebih menghargai sebuah Komik (menghargai dalam artian jika Komik yang saya baca tersebut tidak menarik maka saya lebih baik tidak membacanya dan tidak menghinanya sedikit pun hehe). Komik yang saya akan bahas kali ini berjudul Bakuman, bagi kalian yang telah membacanya juga mungkin akan paham dengan saya dan pembahasan kali ini mungkin akan lebih berbeda dari sebelumnya karena pada saat sebelumnya bertopik pada normatif dan positif terus maka kali ini akan lebih ke banyak hal. Seperti biasa sebelum kita membahas Komik ini maka kita akan membahas info dasarnya terlebih dahulu yah. 

Bakuman adalah sebuah serial manga jepang yang ditulis oleh Tsugumi Ohba dan diilustrasikan oleh Takeshi Obata, duet mangaka yang sama dengan pembuatan Death Note. Komik ini diserialisasi di mingguan shonen jump sejak 11 Agustus 2008 sampai 23 April 2012, dengan jumlah 176 chapter yang tersusun dalam 20 valume buku yang diterbitkan oleh penerbit Shueisha. Komik ini pun mendapat serial Anime yang terbagi dalam 3 musim, musim pertama pada tanggal 2 Oktober 2010 sampai 2 April 2011, musim kedua pada tanggal 1 Oktober 2011-24 Maret 2012, dan musim ketiga pada 6 Okotober 2012 sampai 30 Maret 2013, Anime Bakuman mendapat 25 episode di setiap musimnya dan Anime tersebut di kelola oleh studio J.C. Staff. Komik ini menceritakan tentang dua orang murid kelas 3 SMP bernama Moritaka Mashiro dan Akito Takagi, Moritaka Mashiro merupakan seorang anak yang berbakat menggambar dan Akito Takagi merupakan seorang yang berbakat dalam menulis, pada awal cerita menceritakan bahwa Mashiro hanyalah ingin hidup seperti biasa serta mengikuti alur layaknya orang-orang kebanyakan seperti masuk ke sekolah yang bagus lalu mendapatkan pekerjaan yang bagus tetapi ada suatu kejadian yang membuat hidup Mashiro berubah yaitu ketika Takagi mengajaknya menjadi seorang Mangaka dan ketika Mashiro tanpa sadar membuat janji kepada gadis yang disukainya yaitu Miho Azuki, janji yang Mashiro buat dengan Azuki adalah jika dirinya bisa menjadi seorang Mangaka terkenal dan mampu menjadikan Komik yang dibuatnya menjadi Anime maka disaat itu Mashiro ingin menikah dengan Azuki. (untuk info dasar lengkapnya bisa kalian baca di Wikipedia saya takut copyright hehe)

Bakuman salah satu Komik dan Anime yang menarik bagi saya terutama jika kita membahas tentang komiknya, disini saya ingin lebih membahas Komiknya karena ada beberapa hal yang berbeda dari Komik dengan Anime Bakuman, perbedaannya sebenarnya tidak begitu berpengaruh banyak karena perbedaan lebih ke arah konflik ceritanya dimana di komik lebih lengkap konfliknya berbeda dengan yang di anime tetapi bagi kalian yang tidak membaca komiknya dan hanya menonton animenya pun tidak masalah karena pada dasarnya alur cerita Bakuman versi komik atau anime tidak berbeda. Inti cerita Bakuman ini sebenarnya hampir sama dengan kebanyakan komik shounen lainnya yaitu tentang tokoh utama yang ingin mencapai cita-citanya, sebenarnya ada beberapa komik yang membahas tentang kehidupan para pembuat komik tetapi menurut saya komik Bakuman inilah yang lebih menceritakannya secara jelas, hampir kebanyakan orang yang membaca komik ini setelah membacanya maka mereka berkeinginan menjadi seorang pembuat komik, saya sendiri pun pada SMP ketika membaca komik ini berkeinginan menjadi seorang pembuat komik padahal tidak bisa menggambar sama sekali hehe, cerita Bakuman ini mengajak kita untuk melakukan sesuatu yang kita inginkan atau lebih tepatnya ingin menyuruh kita untuk mengejar mimpi kita meski kita tidak berbakat dan biasa saja tetapi jika kita berusaha maka kita akan dapat mencapai sesuatu yang kita inginkan.

Mengejar apa yang kita inginkan atau lebih tepatnya mengejar sebuah tujuan, mungkin hal ini yang akan menjadi tema pembahasan kita kali ini dimana hampir banyak orang yang mungkin telah melupakan hal tersebut padahal saat dulu ketika kita kecil banyak pasti yang berbicara kepada orang tuanya bahwa sudah besar kita ingin seperti ini atau seperti itu tetapi seiring berjalannya waktu kita mulai memikirkan bahwa apa yang kita ucapkan dulu itu hanyalah sebuah ucapan iseng saja padahal jika terus mengejar apa yang kita inginkan tersebut bukanlah hal yang salah, Bakuman ini pun membahas hal seperti itu dimana Mashiro saat kecil dulu sangat senang menggambar dan ingin menjadi seorang pembuat komik seperti pamannya tetapi ketika kejadian pamannya meninggal dan Mashiro mulai memikirkan bahwa apa yang dilakukan pamannya salah maka dia mulai berhenti untuk mengejar impiannya itu. Banyak faktor yang membuat kita ingin berhenti untuk mengejar sebuah impian salah satunya adalah kenyataan yang lingkungan sekitar kita berikan, ucapan dimana ‘haha mana mungkin bisa’, ‘kenapa kamu mau ngelakuin itu’, atau ‘mending sekarang belajar aja yang bener biar nanti gak gagal’, pernyataan-pernyataan seperti candaan, pertanyaan yang membuat kita terlihat aneh atau mungkin nasihat membuat kita takut untuk mengejar sebuah impian dan mungkin satu hal lain yang paling besar mempengaruhi selain lingkungan adalah kenyataan bahwa kita tahu untuk mengejar impian tersebut sangatlah sulit dan bahkan hampir tidak bisa karena banyak orang yang ternyata ingin hal itu juga, faktor-faktor yang membuat kita merasa takut tersebut memiliki satu solusi dan ini pasti kalian semua tahu yaitu Kepercayaan Diri, di Bakuman ketika saya pikir-pikir saya melihat Mashiro adalah seorang yang memiliki rasa percaya diri sebenarnya tetapi banyak hal yang membuat kepercayaan dirinya hilang dan ketika hilang munculah Takagi yang merupakan seorang yang mengembalikan rasa percaya dirinya itu. Kepercayaan diri ini sebenarnya adalah sesuatu yang muncul dan hilang dengan mudah tergantung pada diri kita, tetapi selain kepercayaan diri ada juga Tekad yang membantu kita untuk terus percaya akan sesuatu yang kita inginkan, Tekad di Bakuman ini bisa kita lihat ketika Mashiro dan Takagi melihat pesaingnya yang terus bersemangat mengerjakan apa yang mereka inginkan yaitu menjadi pembuat komik.

Di Bakuman ini kita diperlihatkan bagaimana kepercayaan diri dan tekad adalah suatu yang harus terus kita munculkan pada diri kita, bagi kalian yang memiliki cita-cita dan merasa bahwa apa yang kalian cita-citakan itu tidak bisa kalian capai cobalah membaca komik Bakuman ini karena di sini kalian akan diajarkan untuk terus mengejar apa yang ingin kalian lakukan, banyak konflik di cerita ini dan salah satu yang menurut saya bagus adalah bagian dimana ada seorang pembuat komik yang ternyata gagal tetapi meskipun dia gagal terlihat bahwa kegagalannya itu tidak membuat dirinya takut bahkan dirinya merasa senang dan puas terhadap apa yang dirinya lakukan sehingga dari situ saya berpikir bahwa kegagalan bukanlah sebuah akhir dari kehidupan tetapi sebuah pelajaran dari kehidupan. Ketika nanti kalian merasa apa yang ingin kalian lakukan itu tidak berhasil dan kalian putuskan bahwa kalian gagal, kalian tidak perlu sedih tetapi kalian harus berpikir untuk mencari hal lain karena jika kalian hanya hidup mengikuti alur tanpa memikirkan apa yang kalian inginkan nanti kalian sendiri yang merasa tidak puas terhadap hidup kalian. Selain itu kalian juga harus berpikir bahwa apa yang kalian lakukan itu bukanlah sebuah kesalahan, ketika kalian mengerjakan sesuatu untuk mengejar cita-cita kalian dan kalian gagal lalu berpikir apa yang kalian lakukan sia-sia maka kalian harus hapus pikiran itu, apapun yang kita lakukan ketika mengejar mimpi kita itu tidak ada yang salah pasti akan ada manfaatnya di kehidupan kalian, jadi ketika kalian pikir apa yang kalian lakukan itu tidak ada manfaatnya terutama ketika kalian gagal maka itu salah karena apa yang kalian lakukan pasti ada makna dibaliknya yang bisa kalian ambil. Intinya Komik Bakuman ini layak banget buat kalian nikmati atau mungkin bagi kalian yang tidak suka baca komik bisa nonton animenya karena seperti yang telah saya jelaskan di atas kalian ketika menonton atau membaca Bakuman ini akan mempelajari sesuatu terutama soal mengejar sebuah impian, sebenarnya banyak manga shounen yang membahas tentang mimpi tetapi salah satu rekomendasi saya adalah Bakuman ini sendiri mungkin di kemudian hari masih banyak lagi komik yang bisa saya atau kita bahas dan diskusikan tentang mengejar mimpi karena banyak banget komik yang menarik dan mengajarkan banyak hal terutama tentang mimpi hanya saja butuh waktu untuk kita bahas dan diskusikan mungkin di kemudian hari.

Cukup segitu saja pembahasan tentang Bakuman sebenarnya masih banyak pelajaran yang bisa diambil dari setiap pembahasan Anime atau Komik yang ingin saya sampaikan tetapi saya hanya terfokus pada satu atau dua hal saja sebagai topik inti artikel karena jika membahasnya secara penuh maka itu bukan artikel tetapi lebih kepada rangkuman hehe. Ohiya sebenarnya akhir-akhir ini saya cukup bingung untuk membahas sebuah Komik terutama di musim gugur nanti akan banyak Anime baru yang saya bakal bahas dan buat artikelnya sehingga saya mungkin akan kesulitan mencari judul komik untuk dibahas jadi jika kalian ingin meminta saya untuk membahas sesuatu bisa banget kalian komentar di bawah atau hubungi saya lewat kontak yang telah saya sediakan di halaman kontak, jika komik yang kalian minta telah saya baca pasti akan saya usahakan langsung buat pembahasannya tetapi jika belum maka sabar yah karena butuh waktu untuk membacanya dulu hehe (sebenarnya komentar kalian juga buat saran untuk saya karena sudah lama saya gak baca komik yang sudah tamat, kebanyakan yang saya baca sekarang lebih ke yang sering update mingguan sih hehe tapi jika kalian minta saya bahas komik yang masih ongoing pun tidak masalah asalkan komik tersebut menarik untuk bisa bahas bersama-sama)

Jadi Cukup Sekian dan Terimakasih… (sehat selalu yah…)

Posting Komentar untuk "Bakuman, Komik dan Anime Yang Mengajarkan Untuk Terus Mengejar Mimpi"

Berlangganan via Email