Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Bahas Lengkap Anime Babylon, Sebuah Anime Yang Membuat Kita Banyak Berpikir

Copyright ©Mado Nozaki, Zain/Kodansha, Babylon production committe

Hallo… Salam Hangat untuk kalian semua semoga sehat selalu dan bagi yang sakit semoga cepat sembuh yah…

Beberapa waktu lalu atau mungkin telah beberapa bulan lalu saya sempat membahas episode perdana anime Babylon yang mungkin bisa banget kalian baca pada artikel (Bahas Episode Perdana Anime Babylon, Sebuah Anime Yang Kompleks dan Rumit), pada pembahasan itu saya sempat menulis akan melanjutkan pembahasan lanjutan ketika anime ini telah berada pada akhir episodenyaa, lalu tanpa disadari tiba saatnya saya membahas lengkap anime ini. Mungkin tanpa banyak basa-basi langsung kita mulai pembahasannya…

Cerita

Babylon, anime yang sudah lama saya tunggu episode terakhirnya dan anime yang sangat ingin saya bahas secara lengkap pada Fall 2018, pada pembahasan sebelumnya mungkin hampir tidak ada yang bisa saya bahas mengenai cerita di anime ini dan sebenarnya hingga saat ini pun saya masih ragu serta masih berpikir-pikir mengenai cerita di anime ini.

Anime ini menceritakan tentang bagaimana usaha untuk menghentikan terciptanya hukum bunuh diri serta menangkap karakter antagonis yang merupakan dalang dibalik terciptanya hukum tersebut, secara keseluruhan anime ini menceritakan bagaimana hukum bunuh diri bisa tercipta dan memperlihatkan kepada kita bahayanya hukum tersebut, anime ini juga memperlihatkan tokoh antagonis yang sangatlah mengerikan karena mampu membujuk seseorang untuk bunuh diri dengan cepat.

Alur yang disajikan di anime ini mungkin kurang cukup jelas, sebenarnya untuk alur saya berpendapat lebih ke arah sengaja untuk dibuat tidak jelas dan meminta kita untuk bisa memahami alurnya serta bisa berpikir lebih daripada cerita yang disediakan, anime ini memiliki topik tentang bunuh diri dan kita diperlihatkan pendapat mengenai bunuh diri, alur cerita ini mungkin terlihat seperti menceritakan bahwa bunuh diri itu buruk namun sebenarnya tidak menekankan bahwa memang bunuh diri itu tindakan buruk. Hal yang menyulitkan dan membuat alurnya tidak jelas adalah persoalan dimana ceritanya tidak menekan ke salah satu hal dan lebih ingin membuat kita berpikir apakah bunuh diri itu baik atau tidak, cerita ini menyerahkan keputusan dari topik yang dibahas kepada kita para penonton sehingga kita sendirilah yang harus berpikir kemudian berpendapat mengenai bunuh diri.

Mengenai alur yang dibuat seperti itu sendiri, menurut saya ini merupakan keputusan yang sangatlah baik. Saya berpikir dan terus berpikir mengenai bunuh diri ketika menonton anime ini, dengan bantuan opini-opini yang tersaji di balik adegan atau dialog mengenai pembahasan topik tersebut membuat pemikiran saya semakin berkembang mengenai topik bunuh diri dan menemukan jawaban dari topik tersebut yang entah mengapa membuat saya puas memikirkannya.

Untuk episode terakhirnya sendiri, anime ini masihlah menyerahkan cerita endingnya kepada pemikiran kita, hampir tidak ada kejelasan yang memberitahu kita apakah endingnya baik atau buruk karena mungkin anime ini tidak ingin menyimpulkan apakah bunuh diri itu hal yang baik atau tidak. Berbicara soal apakah endingnya bagus atau tidak sebenarnya hal ini tergantung dari pemikiran yang menontonnya, bagi saya ending seperti ini bagus karena dengan ending seperti ini membuat penonton tidak merasa kecewa, maksud saya tidak kecewa disini adalah soal jawaban atas bunuh diri itu perbuatan baik atau tidak. Saya berpikir pasti ada penonton di anime ini yang pro atau kontra dengan topik yang disajikan pada perbuatan bunuh diri, anime ini sepertinya ingin membuat kita yang pro atau kontra tidak kecewa atas hasil yang diperlihatkan di ending dari ceritanya.

Pesan Yang Tersaji

Pada artikel sebelumnya saya mengatakan bahwa anime ini akan memberi pesan bahwa bunuh diri merupakan tindakan yang salah, namun sepertinya pemikiran saya salah karena anime ini tidak memberikan pesan seperti itu. Anime ini memberikan kita pesan bahwa bunuh diri itu sebuah hal yang baik namun juga merupakan hal yang buruk, sulit mengatakan bahwa bunuh diri itu tindakan buruk namun juga bukan hal yang benar juga jika berbicara bahwa bunuh diri itu tindakan yang benar, anime ini memberikan kita pesan bahwa bunuh diri itu sebuah hal yang tidak bisa putuskan secara universal.

Pada akhir-akhir sendiri tidak ada pembahasan yang merujuk pada pembahasan bunuh diri tapi lebih kepada dasarnya yaitu kebajikan dan kejahatan, anime ini benar-benar membuat kita berpikir banyak hal dan membuat kita memutuskan sendiri pesan apa yang ingin kita dapatkan. Saya berpikir mungkin yang menonton anime ini dengan serius pastilah cukup kesal dengan hal ini karena saya pun merasakan hal yang sama, bisa dikatakan hal ini baik tapi entah mengapa membuat perasaan cukup campur aduk.

Kesimpulan

Bagi yang benar-benar menyukai anime dengan genre psychological pastilah menyukai anime ini karena banyak banget hal-hal yang menyangkut soal pemikiran di setiap episodenya, kerumitan serta hal-hal mendetail di cerita ini hampir disediakan sebagai petunjuk untuk membuat kita bisa mengikuti alurnya dan menikmati jalannya cerita tersebut.

Cukup banyak yang kecewa dengan ending anime ini namun entah mengapa saya sangatlah senang dengan ending ini, pada endingnya kita diperlihatkan bagaimana Presiden Alex yang berhasil membujuk seorang gadis untuk tidak bunuh diri dan berkata jika bunuh diri itu baik maka ia akan memberitahu gadis itu dan ikut bunuh diri namun beberapa saat kemudian ia terhasut dan ingin bunuh diri namun ia mampu bertahan dan dibunuh oleh Seizaki, ending ini bagi saya memperlihatkan bahwa Presiden Alex belumlah setuju untuk bunuh diri dan hukum bunuh diri belumlah ia setujui karena ia mati terbunuh, Seizaki berhasil menyelamatkan mengenai bagaimana ending yang seharusnya dapat membuat hukum bunuh diri disetujui menjadi tidak, dan dari ending ini sendiri kita menjadi dapat berpikir ending yang paling baiknya seperti apa. Sebenarnya hal ini tidak ingin saya tulis karena spoiler tapi saya putuskan untuk tulis karena hampir banyak yang mengatakan bahwa endingnya buruk padahal menurut saya ending ini adalah ending yang paling baik. Anime ini memiliki tokoh antagonis yang sangatlah mengerikan sehingga hanya ending seperti inilah yang bisa ditulis, tidak ada keajaiban yang bisa terjadi yang muncul di anime ini.

Berdasarkan pemikiran saya mengenai cerita anime ini, hampir tidak ada yang memang ingin diberitahu secara langsung di anime ini dan lebih memberikan kita pilihan bagaimana kita menangkap cerita ini, hingga ending anime ini masih menyerahkan jalannya alur ke pemikiran kita sehingga tidak ada kejelasan yang ingin anime ini sediakan karena bisa menimbulkan kecewa bagi salah satu pihak.

Sebenarnya saya belum tahu ending pada novelnya seperti apa tetapi sepertinya saya akan mulai membaca serial ini dari novelnya jika memang ada di internet, saya mohon maaf jika pada artikel kali ini kurang karena ternyata banyak banget hal yang tidak bisa saya tulis disebabkan akan menghasilkan spoiler, untuk ending sendiri saya menulisnya secara ringkas dan tidak detail karena saya yakin pasti akan merusak nilai anime ini. Mungkin jika ada pembahasan yang kurang atau salah bisa kita diskusikan lebih lanjut di kolom komentar, saya sangatlah menyukai serial ini dan ingin membahasnya lebih, komentar kalian bisa menjadi pancingan bagi saya membahas serta berdiskusi mengenai anime ini.

Cukup sekian dari saya dan terimakasih…

Bye!!! Sehat Selalu…


Artikel Sebelumnya:


11 komentar untuk "Bahas Lengkap Anime Babylon, Sebuah Anime Yang Membuat Kita Banyak Berpikir"

  1. Bang lanjutan yg dari novelnya kapan ente rilis bang... sudah kunanti loh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayaknya gak bakal ada artikel lanjutannya hehe. (Maaf tapi saya kayaknya gak pernah nulis bakal ada lanjutan artikelnya juga hehe)

      Sebenarnya saya sempat cari light novelnya dan malah menemukan sebuah pembahasan dalam forum reddit kalau ending novel memang hampir sama dengan animenya, hanya yang membedakan adalah kilas akhir di serial animenya yang memperlihatkan Magase bertemu anaknya itu merupakan original scene dari animenya. (dan katanya gk ada di novelnya)

      ada yang komentar dalam forum tersebut jika penerbit meminta lanjutan Light Novelnya yang membahas soal lanjutan ending tersebut tetapi penulis serial ini sepertinya cuman pengen endingnya seperti yang kita ketahui di anime.

      Light Novelnya juga terdiri atas 3 Volume dari 2015-2017 dengan setiap volume/tahun. Penerbitnya minta perlu ada Volume keempat cuman penulisnya sepertinya cuman pengen menulis 3 volume saja. Light Novelnya sendiri jujur saya gk bisa menemukannya di internet sehingga sampe sekarang saya blm bisa membaca novelnya.

      Maaf banget gk bisa saya rilis karena memang susah sih.

      Terimakasih atas komentarnya serta kunjungannya ^_^

      Hapus
    2. Ohiya ada sedikit koreksi dari komentar saya kalo serial ini bukan light novel tapi novel. (bukan cuman komentar tapi koreksi untuk artikelnya juga hehe)

      trs koreksi lainnya adalah ending di novel yang katanya presiden bunuh diri dan bukan dibunuh oleh Zen. (saya baru kembali buka forumnya dan ternyata ada beberapa kesalahan fatal dari komentar sya hehe maaf..)

      Hapus
  2. jadi di Novelnya president bunuh diri dan zen tidak bertemu dengan magase yah? atau ngambang di apakah Zen menembak Ai atau bunuh diri

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dari info yang saya baca di forum sih ending novelnya Presiden bunuh diri dan buat untuk Zen ngambang sih gk jelas hehe

      saya baca disini https://amp.reddit.com/r/LightNovels/comments/f06tk7/was_the_ending_of_babylon_anime_different_from/

      Hapus
  3. ending yg tidak menyenangkan menurutku, karena penonton ingin akhir yg bahagia, bukan ngeselin cukuplah sinetron yg ngeselin. 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut saya ini ending yang paling aman sih, soalnya kalo melenceng dari novelnya juga mungkin bakal cukup bermasalah hehe

      Terimakasih Telah Berkunjung ^_^

      Hapus
  4. Endingnya bikin bingung, yang menang itu siapa sebenernya. Ane liat di menit akhir, Ai masih hidup, dia nemuin anaknya Zen. Apakah Zen mati...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak masalah sih nantinya bakalan happy ending atau sad ending, tapi kalau questioning ending nih bikin gak nyaman....

      Hapus
  5. 12 EPS di plintir mental dan hasilnya gantung 😭 tapi bener emang endingnya bener2 nyerahin ke penonton.

    BalasHapus
  6. Ending yang gak masuk akal..masak magase ai dari jepang langsung teleport ke amerika wkwkwk

    BalasHapus

Berlangganan via Email