Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Bahas Manga Dandadan, Sebuah Manga Supernatural Yang Menyenangkan Untuk Dibaca

©Yukinobu Tatsu/Shueisha, Dandadan

Dandadan adalah serial manga Jepang karangan Yukinobu Tatsu, yang diserialisasikan oleh Shueisha pada majalah online Shounen Jump + dari 6 April 2021 hingga saat ini, dari artikel ini ditulis serial ini telah rilis hingga chapter 21, dan telah menerbitkan 1 volume manga. Dandadan dapat dibaca secara legal dalam bahasa Inggris pada website Viz dan Aplikasi Manga Plus, serial ini memiliki genre; Action, Comedy, Drama, Romance, Sci-Fi, Supernatural.

Pada artikel kali ini saya akan membahas manga berjudul, “Dandadan.” Sebuah manga dengan judul yang mungkin terdengar aneh, dan sejujurnya memiliki cerita yang aneh, tetapi memuaskan untuk dapat saya baca, karena menyediakan berbagai hal yang rasanya baru serta sulit untuk bisa saya tebak, sehingga menghasilkan pengalaman membaca yang sangat memuaskan hehe. Mungkin, tanpa banyak basa-basi langsung saja kita mulai pembahasannya...

Cerita

Dandadan bercerita tentang Ken Takakura, seorang lelaki yang fanatik okultisme yang tidak percaya hantu, dan Momo Ayase, seorang gadis gadis yang tidak percaya pada alien. Mereka ingin membuktikan kepada satu sama lain bahwa apa yang mereka percayai itu nyata, dan sialnya hal tersebut membawa mereka menghadapi banyak hal yang tidak masuk akal. Hantu, Moster, Alien, Romansa Remaja, Pertempuran, hingga kehilangan kejantanan semuanya ada disini!!

Dandadan merupakan serial manga yang menarik serta unik untuk saya baca, dimana serial ini menyajikan dua tema yang saya rasa menarik, kemudian digabungkan menjadi sebuah konsep cerita yang baru serta unik, sehingga dapat menyajikan berbagai topik cerita yang memuaskan untuk dibaca. Ketika melihat serial ini, sejujurnya kalian akan merasa aneh dengan judulnya yang terlihat kurang meyakinkan, tetapi setelah membacanya kalian pasti akan sangat suka dengan serial ini.

Saat awal membaca serial ini, kalian akan berhadapan atas dua buah tema yaitu soal hantu dan alien, dimana dua hal tersebut merupakan dua hal yang populer, tetapi sayangnya saling berlawanan sebab memiliki pemahaman yang sangat berbeda. Namun, serial ini mampu manyajikannya menjadi sebuah konsep cerita yang menyenangkan, dimana keduanya dapat berjalan di satu alur yang sama.

Sebenarnya hal tersebut bisa terjadi karena serial ini memodifikasinya dengan menyediakan beberapa hal yang membuatnya lebih masuk akal untuk dapat dibaca, seperti penyediaan kisah cinta, drama, serta komedi. Dua tema tersebut biasa dimanfaatkan pada serial supernatural yang mungkin cukup serius, sehingga kurang bisa dipadukan dalam satu konsep cerita yang sama, tetapi jika telah ada kisah cinta, drama, serta komedi maka membuat cerita lebih ringan, dan konsep cerita menjadi lebih mudah dimodifikasi sekaligus diterima pembaca.

Dari konsep cerita tersebut juga menghasilkan sebuah topik cerita yang menarik, dimana serial ini menyajikan alien serta roh yang unik, dan masalah yang diangkat di dalamnya dibahas dengan sangat bagus. Serial ini menyajikan satu topik dalam beberapa chapter, sehingga pembahasannya lebih kompleks serta terasa detail, dan diakhiri dengan sangat sempurna, karena apa yang tersaji memiliki pesan serta latar belakang cerita yang menarik untuk dibaca, sehingga membuat saya selain merasa senang dengan berbagai hal yang hadir, tetapi juga dapat merasakan hal yang memuaskan di akhirannya.

Karakter


©Yukinobu Tatsu/Shueisha, Dandadan

Terdapat dua karakter utama pada serial ini, yaitu Ken Takakura seorang lelaki kaku serta canggung yang menyebalkan, dan Momo Ayase seorang gadis dengan empati tinggi yang tidak mau kalah. Dua karakter dengan sifat yang rasanya kurang menarik, tetapi hal tersebut rasanya ada untuk membuat komedi menjadi lebih kuat, dan juga menghasilkan perkembangan karakter yang menarik untuk kita baca.

Ketika membaca serial ini, kita akan diperkenalkan sifat serta keunikan karakter yang rasanya aneh, bahkan membuat kita berpikir mengapa seperti itu. Namun, setelah membaca ceritanya lebih dalam maka kita akan paham bahwa hal tersebut ada untuk membuat komedi pada serial ini lebih terasa, sebab ada banyak komedi slapstick yang hadir dari sifat serta tingkah aneh karakter yang membuat cerita menjadi ringan serta menyenangkan ketika dibaca,

Dari keanehan serta banyaknya hal yang buruk dari karakter juga sebenarnya menghasilkan perkembangan karakter yang menarik untuk kita baca, dimana kita akan melihat banyak hal yang berubah serta berkembang dari kekurangan karakter. Selain itu juga, dari perkembangan tersebut disediakan latar belakang serta motivasi yang menarik untuk dibaca, sehingga membuat kita suka dengan karakternya.

Supernatural


©Yukinobu Tatsu/Shueisha, Dandadan

Jika membahas serial ini, sepertinya kita perlu membahas genre supernatural yang serial ini sajikan, dimana serial ini menyajikan banyak hal yang terasa supernaturalnya, dari hantu, alien, hingga kepada kekuatan yang disediakan. Berbagai hal tersebut juga digambarkan dengan sangat baik serta cukup menakutkan, tetapi jika disajikan dengan ceritanya yang cukup nyeleneh membuat gambar yang menakutkan tersebut menjadi lucu untuk dibaca.

Dalam menyediakan genre supernaturalnya, sebenarnya serial ini menyajikan gambaran serta awalan yang cukup menakutkan serta terasa kesan supernaturalnya, tetapi hal tersebut tiba-tiba berkembang menjadi sebuah cerita yang lucu serta unik untuk dibaca. Hal itu sendiri terjadi karena serial ini sangat pintar mematahkan ekspektasi pembaca mengenai supernatural yang serial ini sajikan, dan menghasilkan kesan yang menyenangkan untuk dibaca.

Bagi saya sendiri, mengingat ini adalah serial shounen maka hal-hal seperti ini adalah hal yang bagus, sebab target pembaca adalah remaja yang memang tidak begitu tertarik akan hal-hal yang serius serta terlalu menakutkan, sehingga apa yang tersaji saat ini telah sangat memenuhi keinginan pembaca, tetapi juga tidak merusak genre supernaturalnya, karena memiliki gambaran serta awalan yang masih terasa.

Akhir Kata

Dandadan merupakan serial menarik yang rasanya perlu kalian coba baca, judulnya mungkin terkesan aneh serta tidak menarik, tetapi apa yang disajikan sangatlah memuaskan untuk kalian baca. Ceritanya berkonsep unik, karakternya dibentuk dengan sangat menarik, dan genre supernaturalnya menyenangkan untuk dibaca.

Ketika menulis pembahasan ini, sebenarnya masih ada satu hal yang entah mengapa masih saya pikirkan hingga saat ini, yaitu soal judulnya mengapa dandadan, dan maksud dari itu apa. Hal ini sepertinya ada penjelasannya, tetapi saya kurang begitu menyadari penjelasan tersebut, sehingga sampa saat ini saya masih membuat saya berpikir mengenai hal tersebut. Sejujurnya, ini bukanlah hal yang penting, tetapi rasanya jika ada maksud dari judulnya ini, dan berkaitan dengan ceritanya maka hal ini akan terasa menarik untuk dibaca, tetapi saya tidak begitu tahu sih ada kaitannya atau tidak hehe.

Mungkin sekian pembahasan kali ini, semoga bermanfaat serta menarik untuk kalian baca. Ohiyaa bagi kalian yang ingin mengetahui info lebih mengenai postingan serta info menarik lainnya bisa banget Follow Instagram dan Twitter Blog ini yaitu: @wibugabutblog atau Like Halaman Facebook kami yaitu: Wibu Gabut Blog. (atau kalian bisa langsung tekan icon-icon media sosial di atas halaman untuk menuju ke sosial media kami)

Bye!!! Sehat Selalu...

 

Posting Komentar untuk "Bahas Manga Dandadan, Sebuah Manga Supernatural Yang Menyenangkan Untuk Dibaca"