Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Bahas Manga Blue Box [Ao no Hako], Sebuah Serial Manga Romance Sports Yang Klasik Dan Jarang Kita Temui Saat Ini...


©Kouji Miura/Shueisha, Blue Box

Blue Box atau Ao no Hako adalah serial manga Jepang karangan Kouji Miura, serial ini pertama kali rilis di majalah Weekly Shōnen Jump pada 3 Agustus 2020 dalam bentuk one-shot, kemudian mulai mendapatkan serialisasi mingguan pada 12 April 2021 di majalah Weekly Shōnen Jump, hingga artikel ini ditulis serial ini telah rilis hingga chapter 14, dan akan menerbitkan 1 volume pada 4 agustus mendatang. Blue Box dapat dibaca secara legal dalam bahasa Inggris pada website Viz dan Aplikasi Manga Plus, serial ini memiliki genre; Romance, Sports.

Pada artikel ini saya akan membahas salah satu manga baru berjudul “Blue Box”, sebuah manga karangan Kouji Miura yang menarik ketika saya baca, hingga membuat saya berpikir untuk bisa membahasnya saat ini hehe. Mungkin tanpa banyak basa-basi langsung saja kita mulai pembahasannya...

Cerita

Blue Box bercerita tentang Taiki Inomata, seorang anak laki-laki dari tim bulu tangkis di sekolah Pusat Olahraga Eimei Junior dan Senior High. Dia jatuh dengan gadis yang selalu dia temui setiap pagi bernama Chinatsu Kano, seorang gadis yang lebih tua darinya, dan berasal dari klub basket perempuan. Suatu hari di musim semi, hubungan mereka berubah tajam... dan dengan demikian dimulailah rangkaian kisah cinta, olahraga, dan Shounen...

Blue Box, merupakan serial manga yang rasanya klasik untuk dibaca saat ini, dan bagi pembaca manga romansa lama pasti sangat kenal dengan cerita seperti ini. Namun, meski terasa klasik serta tidak terasa ada yang baru, saya merasa manga ini sangat menarik untuk saya baca saat ini, mungkin karena kesan klasik yang disediakan sudah jarang saya temukan saat ini, sehingga ketika membaca manga ini saya sangat menikmati alur cerita yang sudah lama tidak saya baca ini hehe.

Cerita saat ini yang terkesan mengarah kepada komedi sebenarnya mulai membosankan untuk saya baca, dan ketika melihat manga ini yang lebih mengarah kepada kisah cinta yang terasa murni serta terasa khas remaja membuat saya merasakan hal yang lebih baru serta menarik untuk dibaca. Selain itu, mengingat ini adalah cerita yang terasa klasik serta banyak pembaca pahami, dapat dijadikan kelebihan dari serial ini, karena hal tersebut memberikan kesan nostalgia akan kisah-kisah lama yang sudah lama tidak dibaca oleh banyak orang.

Hal yang menarik dari serial ini adalah kesan klasiknya yang sebenarnya memberikan banyak perbedaan dengan serial romantis saat ini, dimana kisah romantis saat ini lebih banyak mengambil hal-hal yang sangat modern dengan budaya yang sudah mulai mengarah kepada hal dewasa, tetapi pada serial ini membawakan kisah cinta remaja yang polos serta murni, sehingga memberikan banyak perbedaan serta keunikan sendiri untuk saat ini.

Namun, hal itu juga dapat dijadikan masalah, sebab serial yang mengambil kisah klasik adalah serial yang sangat mudah masuk kedalam cerita yang membosankan, sebab alur yang disajikan biasanya alur cerita cinta yang sangat lambat, dan jarang menyediakan sesuatu yang sangat menghibur. Sebenarnya hal yang dapat membantu masalah ini ada pada bagian sportnya yang disajikan sama pentingnya dengan serial romantisnya, sehingga ketika pembaca mulai bosan dengan cerita romantisnya, setidaknya dia akan terhibur dengan cerita sportnya, dan seharusnya hal ini dapat menjawab masalah tersebut. (semoga hehe)

Karakter


©Kouji Miura/Shueisha, Blue Box

Terdapat dua karakter utama pada serial ini yaitu, Taiki Inomata seorang anak yang polos serta memiliki semangat yang tinggi untuk mencapai sesuatu, dan Chinatsu Kano seorang senpai yang penuh kesempurnaan serta sangat bisa diandalkan. Kedua karakter yang sebenarnya tidak bisa saya gambarkan dengan jelas, tetapi keduanya memiliki sifat yang sangat khas dengan remaja yang umum kita kenal, dan untuk visualnya sendiri bisa dikatakan bagus serta termasuk yang mudah disukai.

Pada bagian karakter sebenarnya belum ada hal yang menarik dari serial ini, karena fokus masih kepada cerita serta pembentukan hubungan diantara kedua karakter utama. Namun, seharusnya di beberapa chapter kedepan akan mulai tersedia masalah diantara hubungan mereka, atau mungkin akan ada karakter yang dapat memicu konflik diantara karakter utama, sehingga disitu kita akan mulai melihat hal yang menarik dari bagian karakternya, sedangkan untuk saat ini kita masih disajikan hal-hal yang memang manis serta lucu dari perkembangan kisah cinta mereka.

Romance dan Sport


©Kouji Miura/Shueisha, Blue Box

Jika membahas serial ini, sepertinya kita perlu membahas soal romance dan sport yang serial ini sajikan, dimana keduanya adalah dua elemen penting yang membuat serial ini menarik untuk kita baca.

Romance, serial ini menyajikan kisah cinta yang murni, dimana kita diperlihatkan bagaimana kisah cinta remaja yang baru saja jatuh cinta serta usahanya untuk bisa mengejar cintanya tersebut. Pada bagian ini sebenarnya banyak menyediakan topik yang sebenarnya klasik, dan bisa berisiko sulit untuk dipahami oleh pembaca remaja saat ini, sebab banyak dari topik tersebut mungkin tidak sesuai dengan kondisi saat ini. Cerita cinta pada dasarnya terpaku atas topik yang mereka sajikan, dimana jika topik tersebut dapat dirasakan atau dipahami oleh pembaca maka akan menarik untuk dibaca, dan jika tidak maka akan sangat sulit untuk dinikmati.

Sport, genre ini sangat berkaitan dengan kisah cinta yang serial ini bawakan, bahkan ini adalah hal utama yang memicu kisah cinta diantara dua tokoh utama. Pada bagian ini sebenarnya banyak hal yang telah serial ini sediakan untuk membuat genre ini sama kuatnya dengan kisah cinta yang serial ini bawakan seperti, adanya tujuan yang ingin karakter capai, lalu usaha untuk mencapainya, hingga rintangan apa yang harus dia lewati.

Akhir Kata

Blue Box sebuah manga yang menarik untuk saya baca akhir-akhir ini, siapa yang akan menyangka bahwa hal yang menarik bisa tercipta dari hal-hal yang sudah lama tidak kita lihat seperti yang serial ini sajikan, dimana serial ini menyajikan cerita cinta yang klasik yang rasanya telah umum untuk diketahui oleh para pembaca manga romance lama serta mudah dianggap membosankan, karena tidak ada hal yang bisa dianggap baru atau unik.

Namun, mengingat serial ini baru merilis chapter hingga 14 membuat saya sedikit berpikir mungkin serial ini akan berkembang menjadi serial yang bisa menyediakan hal yang baru serta unik untuk dibaca, sebab perkembangan cerita itu selalu tidak bisa kita tebak, dan mengingat serial ini diserialisasikan di majalah Shounen Jump maka bukan hal yang aneh jikalau serial ini pasti ditutut untuk menyediakan cerita yang lebih unik serta berbeda dengan serial pada umumnya. (jika hal itu terjadi maka seluruh pembahasan ini akan terasa salah hehe. Dan yah saya hanya bisa minta maaf  ^_^)

Mungkin sekian pembahasan kali ini, semoga bermanfaat serta menarik untuk kalian baca. Ohiyaa bagi kalian yang ingin mengetahui info lebih mengenai postingan serta info menarik lainnya bisa banget Follow Instagram dan Twitter Blog ini yaitu: @wibugabutblog atau Like Halaman Facebook kami yaitu: Wibu Gabut Blog. (atau kalian bisa langsung tekan icon-icon media sosial di atas halaman untuk menuju ke sosial media kami)

Bye!!! Sehat Selalu...

Posting Komentar untuk "Bahas Manga Blue Box [Ao no Hako], Sebuah Serial Manga Romance Sports Yang Klasik Dan Jarang Kita Temui Saat Ini..."