Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Bahas Anime Ikebukuro West Gate Park, Sebuah Anime Dengan Topik Yang Menarik Tetapi Sulit Untuk Dimengerti


©Ira Ishida/ Bungeishunju/ Ikebukuro West Gate Park

Ikebukuro West Gate Park, sebuah anime yang memperlihatkan kepada kita jika kegelapan bukanlah gambaran kejahatan...

Ikebukuro West Gate Park merupakan serial anime yang diproduksi oleh studio Doga Kobo, yang tayang pada musim gugur tahun 2020, setiap hari selasa pukul 21:00 JST. Serial ini berasal dari sebuah adaptasi novel yang ditulis oleh Ira Ishida, yang diterbitkan oleh Bungeishunju dari September 1998 hingga sekarang dan telah menghasilkan 15 volume. Ikebukuro West Gate Park juga diadaptasi menjadi drama televisi pada bulan April hingga Juni tahun 2000 dengan jumlah 11 episode + 1 episode spesial, dan juga sempat diadaptasi menjadi sebuah serial manga dengan judul “Ikebukuro West Gate Park” yang diterbitkan oleh Akita Shoten dari Juli 2001 hingga November 2004, “IWGP-Denshi no Hoshi” yang diterbitkan oleh Kodansha pada 28 November 2003, dan “Ikebukuro West Gate Park R” yang diterbitkan oleh Akita Shoten pada 20 Oktober 2008. Ikebukuro West Gate Park memiliki genre; Drama, Mystery.

Cerita


©Ira Ishida/ Bungeishunju/ Ikebukuro West Gate Park

Ikebukuro West Gate Park bercerita tentang Ikebukuro merupakan surga bagi geng-geng kekerasan, Yakuza, dan rumah bagi Makoto Majima. Untuk melindungi teman-temannya, Makoto berusaha memecahkan setiap masalah di antara faksi-faksi yang bertikai, bahkan memperbaiki masalah yang tidak bisa dilakukan Polisi. Tetapi, ketika gelombang kekerasan semakin meningkat dan mengakibatkan Makoto kehilangan orang yang dicintainya, akankah dia keluar dari badai, atau tenggelam dalam semua tumpahan darah yang membanjiri jalan-jalannya?

Ikebukuro West Gate Park merupakan anime yang sejujurnya membingungkan serta tidak jelas arah ceritanya ingin membahas apa, serial ini terasa sangat berbeda dengan anime-anime kebanyakan karena penyajian ceritanya yang memang sulit untuk dimengerti dan seakan sengaja membuat kita berpikir tentang alur ceritanya. Ketika menonton serial ini sebenarnya saya sangat menikmati konflik yang disediakan pada setiap episodenya, tetapi meski begitu saya benar-benar tidak paham tentang alur cerita anime ini, sehingga mungkin jika ditanya ini anime tentang apa? maka saya akan menjawab bahwa ini adalah anime misteri yang membahas kejadian-kejadian “istimewa” di Ikebukuro.

Awalan anime ini sendiri bisa terbilang unik, dimana kita langsung disajikan akan sebuah adegan yang menarik dan juga memperlihatkan karakter-karakter penting yang ingin serial ini sajikan, lalu mulai masuk kedalam topik cerita yang membahas sebuah kasus sekaligus sekilas memperkenalkan tentang latar cerita yang ingin serial ini ambil. Di awalan cerita ini bisa dikatakan unik dan memang benar-benar berbeda, sehingga bagi saya sendiri ini merupakan hal yang bagus karena tidak membosankan serta terasa kesan misterinya.

Hal yang paling saya suka ketika saya menonton serial ini adalah tentang bagaimana serial ini bisa menyajikan sebuah kasus yang masih terasa menarik untuk saat ini, padahal ini merupakan serial yang telah ada cukup lama bahkan serial ini lebih tua daripada umur saya. Saya sempat beberapa kali menulis di beberapa pembahasan anime yang mengadaptasi karya lama bahwa, sebuah serial anime yang diadaptasi dari karya lama biasanya bisa diangkat menjadi anime, jika serial itu bisa kita rasakan ceritanya saat ini, dan serial ini ternyata berhasil membuat saya merasakan cerita tersebut, bahkan itu menjadi sesuatu yang saya suka.

Lalu, jika membahas hal yang saya rasa kurang dari anime ini yaitu tentang penyediaan konflik utama, yang saya rasa masih belum tersedia hingga episode ketujuh saat ini. Sebenarnya saya tidak ingin menganggap hal ini kekurangan jika serial ini tayang hingga 24 episode sehingga masih banyak waktu untuk penyediaannya, tetapi dari info yang saya baca serial ini tayang hingga 12 episode, yang membuat saya berpikir apakah konflik utamanya akan dibuat dengan sederhana saja dan endingnya akan biasa saja. Jika konflik utama yang disediakan dapat diselesaikan dengan biasa maka akan membuat endingnya terasa membosankan, dan jujur akan sangat disayangkan, sehingga saya hanya berharap konflik dan endingnya bisa memuaskan.

Karakter


©Ira Ishida/ Bungeishunju/ Ikebukuro West Gate Park

Pada serial ini disediakan 3 tokoh utama yaitu Makoto Majima, seorang anak asli Ikebukuro yang sangat memahami kondisi tempat itu dan seorang pembela keadilan. lalu Takashi Andou, seorang ketua dari geng local terbesar yaitu “G-Boys” dan juga teman masa kecil Makoto. dan Kyouichi Ozaki, seorang ketua geng local bernama “Red Angels” dan salah satu pesaing dari Takashi.

Ketika membahas tiga tokoh utama ini, sebenarnya tidak ada hal yang benar-benar menarik, selain daya tarik mereka yang keren karena memiliki karisma yang tinggi. Hingga episode ketujuh saat ini, hubungan mereka bertiga sudah sangat terbentuk jelas, tetapi saya tidak begitu tahu apa yang akan terjadi dari hubungan ketiga karakter ini, karena yang dapat saya pikirkan saat ini rasanya mereka tidak akan berperang dan lebih akan bekerja sama lagi nantinya.

Serial ini sebenarnya tidak begitu terfokus akan pembentukan karakternya karena memang fokus utamanya adalah ceritanya, sehingga dari awal sebenarnya kita telah disajikan bentuk sempurna dari setiap karakter, tetapi jika membaca dari sinopsis seharusnya akan ada hal yang unik dari perkembangan Makoto nantinya karena dialah fokus utama cerita, dan saya juga ingin tahu mengenai sikap yang akan ia lakukan nantinya.

Misteri dan Kasus


©Ira Ishida/ Bungeishunju/ Ikebukuro West Gate Park

Ketika menonton anime ini ada dua hal yang memang menjadi fokus utama saya yaitu tentang genre Misteri dan kasus yang diberikan di setiap episodenya.

Membahas soal genre misteri yang ada pada serial ini, sudah sangat bagus bagus dan terasa banget detail pembuatannya. Dalam satu kejadian, serial ini bisa memberikan sebuah detai-detail petunjuk yang membuat kita berpikir akan bagaimana pemecahannya, lalu dari detail-detail tersebut disatukan lalu diberikan penjelasan di akhir episodenya untuk membuat kita paham, dan dapat menerimanya dengan masuk akal, sehingga menurut saya dalam penyediaan genre misteri ini sudah sangat bagus.

Lalu untuk kasusnya, ini merupakan salah satu hal yang saya suka, dimana serial ini bisa menyediakan kasus-kasus yang memang menarik, tetapi selain menarik juga bisa memberikan pesan yang menurut saya bagus untuk kita dapatkan, sehingga menurut saya mengadaptasi serial lama ini untuk saat ini merupakan salah satu keputusan yang bagus, karena masalah serta pesannya dapat diterima saat ini, bahkan saya pikir dapat banyak orang rasakan.

Kesimpulan

Ikebukuro West Gate Park merupakan serial yang menarik, dan rekomen bagi kalian yang memang menyukai anime dengan cerita yang menarik di setiap topiknya. Serial ini sendiri sebenarnya salah satu serial yang menarik untuk saya tonton, karena memang saya suka dengan topik-topik yang dibahas dan juga pesannya sendiri saya rasa bagus untuk saya dapatkan, meskipun di satu sisi hingga artikel ini di tulis saya masih belum terpikirkan akan arah cerita pada anime ini, tetapi saya masih dapat menikmati cerita pada setiap episodenya.

Sebenarnya terdapat satu hal yang saya pertanyakan serta pikirkan ketika membahas serial ini yaitu tentang penyediaan kasusnya apakah sesuai dengan novelnya atau tidak, karena saya tidak pernah membaca novelnya dan saya merasa bahwa penyediaan topik di setiap episode dirasa terlompat-lompat, sehingga membuat saya berpikir mungkin ini tidak begitu sesuai dengan novelnya, tetapi tidak tahu juga karena itu hanya pemikiran saya saja. Mungkin bagi kalian yang membaca atau mengikuti serial ini lebih banyak dari saya bisa memberitahu di kolom komentar, agar bisa menjadi pelengkap pembahasan ini.

Serial ini sendiri seharusnya saya bahas secara lengkap karena rasanya ada banyak hal yang perlu saya lengkapi dari pembahasan ini, tetapi saya tidak menjamin akan membahasnya atau tidak karena akhir-akhir ini banyak tugas yang dirasa sulit untuk saya tinggalkan, sehingga mungkin jika ada kesempatan dan jika endingnya menarik untuk saya bahas maka akan saya bahas, tetapi jika tidak maka kita bahas di kolom komentar seperti biasa hehe.

Mungkin sekian pembahasan kali ini, semoga bermanfaat serta menarik untuk kalian baca. Ohiyaa bagi kalian yang ingin mengetahui info lebih mengenai postingan serta info menarik lainnya bisa banget Follow Instagram dan Twitter Blog ini yaitu: @wibugabutblog atau Like Halaman Facebook kami yaitu: Wibu Gabut Blog. (atau kalian bisa langsung tekan icon-icon media sosial di atas halaman untuk menuju ke sosial media kami)

Bye!!! Sehat Selalu...

 

 

Posting Komentar untuk "Bahas Anime Ikebukuro West Gate Park, Sebuah Anime Dengan Topik Yang Menarik Tetapi Sulit Untuk Dimengerti"

Berlangganan via Email