Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Bahas Episode Perdana Anime Babylon, Sebuah Anime Yang Kompleks dan Rumit


Babylon, sebuah anime yang mengajarkan kita tentang apa arti dari sebuah keadilan.

Babylon adalah Novel Jepang yang ditulis oleh Mado Nozaki dan diilustrasikan oleh Zain, diterbitkan oleh Penerbit Kondansha pada 20 Oktober 2015 dan telah menghasilkan 3 Volume. Babylon mendapatkan adaptasi komik pada Februari 2019 yang di kerjakan oleh Nobuhide Takishita, lalu mendapatkan adaptasi anime yang diproduksi oleh studio Revoroot yang tayang perdana pada 7 Oktober 2019.

Plot Babylon menceritakan, Zen Seizaki adalah Jaksa Penuntut Umum di distrik Shiniki yang baru dibuat di sebelah barat Tokyo yang dijadikan tempat uji coba bagi negara baru. Dia menyelidiki sebuah perusahaan farmasi yang mempromosikan obat yang masih ilegal karena laporan hasil tes obat tersebut dipalsukan oleh Laboratorium Universitas. Selama penyelidikan, Shin Inaba, seorang ahli anestesia ditemukan tewan dan diketahui memiliki dokumen yang berlumuran bekas darah serta rambut dan kulit yang tertulis banyak huruf “F”. Seizaki menyelidiki kasus tersebut yang kemudian tersangkut kedalam pemilihan walikota dan manipulasi populasi Shiniki.

Hallo… seperti yang telah di baca pada paragraph sebelumnya, kali ini saya akan membahas episode perdana anime musim gugur tahun ini berjudul “Babylon”. Anime ini mungkin bisa menjadi rekomendasi musim ini karena sebelum saya membahas anime ini, saya sempat membaca banyaknya respon positif dan ketertarikan penonton akan anime ini. Mungkin dari pada banyak basa-basi mari langsung saya kita mulai pembahasan episode satu anime Babylon ini… (Sebenarnya saya telah menonton anime ini sampai episode 3 tapi saya akan lebih memfokuskan pembahasan ini pada episode 1 tapi akan saya sisipkan juga sedikit episode 2 serta 3 untuk melengkapi pembahasan kali ini)
  • Konsep

Pada saat setiap kita ingin menonton sebuah anime terutama dalam episode 1 kita selalu berpikir lalu bertanya menceritakan tentang apa anime ini, itu mungkin yang sempat saya pikirkan pada anime Babylon ini terutama ketika saya lihat genre yang dibawakan anime ini adalah Thriller yang sedikit membuat saya cukup takut karena saya sedikit gak bisa menonton atau menikmati cerita yang memiliki genre seperti ini, saat pertama menonton saya kira anime ini akan menakutkan karena di benak saya berisikan hal-hal yang negatif terlebih dahulu tetapi dengan sedikit keberanian dan rasa penasaran yah akhirnya saya menonton anime ini dan ternyata anime ini berbeda jauh dengan yang saya pikirkan.

Anime ini yah seperti pada plotnya menceritakan Jaksa Penuntut Umum yang ingin menyelesaikan kasusnya, saya berpikir cerita anime ini akan seperti penyelesaian kasus pada setiap episode jadi dalam satu seasone akan banyak kasus yang disajikan pada anime ini tetapi setelah secara jelas menontonnya saya paham bahwa anime ini hanya menyediakan satu kasus yang dibuat secara kompleks sehingga pada setiap episode akan saling berhubungan untuk memperjelas kasus. Mungkin jika kita pikirkan konsep anime ini maka bisa disimpulkan bahwa anime ini memiliki dasar cerita untuk mempelajarai setiap peristiwa yang terjadi serta menganalisanya karena di setiap kejadian pasti memberikan sebuah petunjuk.

Untuk konsep cerita jujur saya tidak bisa memberikan penjelasan secara jelas karena yang kita bahas adalah sebuah anime yang memiliki cerita yang samar-sama dan akan jelas pada akhir sehingga hal yang sulit bisa memberikan sebuah penjelasan yang bagus dengan cerita yang masih belum lengkap. (mungkin bagi kalian yang telah membaca novelnya bisa bantu saya akan penjelasan konsep anime ini)
  • Pesan yang bisa kita pelajari

Anime ini sebenarnya memiliki masalah cerita yang bagus karena dibuat secara kompleks dan mungkin sedikit menyentil para warga jepang, di anime ini kita telah diperlihatkan banyaknya bunuh diri di setiap episodenya terutama pada akhir episode 3 dan entah mengapa hal ini malah menjadi sebuah topik yang menarik untuk saya bahas.

Hingga pembahasan disini ditulis saya tidak tahu apakah angka bunuh diri di jepang sudah turun atau tidak tetapi pada saat SMA dulu saya pernah mengetahui bahwa angka bunuh diri di jepang itu cukup tinggi terutama untuk orang yang masih bekerja, mungkin karena permasalahan yang sulit diselesaikan membuat mereka memutuskan untuk mengakhiri hidupnya. Di anime ini mungkin akan mengangkat hal tersebut dan mungkin akan memberikan sebuah pesan bahwa bunuh diri bukanlah sebuah solusi dalam penyelesaian masalah, di masalah cerita ini mungkin kita akan disajikan sebuah pemikiran bahwa bunuh diri bukanlah hal yang menakutkan terutama bagi mereka yang memiliki masalah yang sulit diselesaikan maka solusinya adalah bunuh diri tetapi di sisi lain kita akan diperlihatkan usaha tokoh utama dalam menyelesaikan masalahnya, sehingga memberikan sebuah kesimpulan jika ada masalah maka selesaikanlah bukan bunuh diri.

Anime ini mungkin tidak begitu membekas pada kita yang memang telah paham bahwa bunuh diri bukanlah sebuah solusi untuk menyelesaikan masalah, tetapi mungkin bagi orang lain yang sedang memiliki masalah yang berat dan berpikir untuk bunuh diri maka bisa terselamatkan hanya karena menonton anime ini, di anime ini kita diperlihatkan usaha tokoh utama menyelesaikan masalah yang disajikan di sisi lain masalah yang di bahas di anime ini adalah tentang bunuh diri. Dua topik yaitu usaha untuk bisa menyelesaikan masalah, serta bunuh diri bukanlah sebuah solusi penyelesaian masalah adalah sesuatu yang bisa banget kita dapat pada anime ini.
  • Hal yang membuat anime ini menarik

Anime ini menyajikan cerita yang kompleks sehingga membuat orang yang memang menyukai sebuah cerita yang rumit maka akan menyukai cerita ini, tidak ada hal yang menonjol dalam anime ini selain cerita dan kejutan dalam perkembangan masalah yang muncul setiap episode, keunikan tokoh atau kemampuan tokoh tidak akan diperlihatkan disini tetapi mungkin yang bisa kalian lihat dari tokoh utamanya adalah tentang tekad yang kuat serta jiwa keadilan yang sangat tinggi padahal jika di dibayangkan dia seperti berada pada sebuah lingkaran setan dimana dia bisa terbunuh kapan saja jika melakukan sebuah kesalahan.
  • Kesimpulan

Anime ini sangatlah menarik dan bisa menjadi rekomendasi untuk kalian tonton pada musim ini terutama bagi kalian yang menyukai cerita yang rumit maka anime ini wajib untuk kalian tonton, saya sedikit memberikan saran bagi kalian yang masih belum bisa berpikir secara luas untuk tidak menonton anime ini karena dalam anime ini mungkin akan banyak hal-hal yang sebenarnya cukup berbahaya untuk ditonton sehingga takutnya kalian bisa salah memperlajari sesuatu pada anime ini. Saya menyarankan untuk kalian yang ingin menonton anime ini janganlah mengambil hal yang buruk pada animenya dan lebih berpikir dewasa saja akan cerita yang disajikan, selain itu saya menyarankan kalian tidak menonton anime ini saat sibuk karena kalian tidak bisa menikmati ceritanya padahal yang paling menarik dalam anime ini adalah ceritanya maka sebisa mungkin kalian harus bisa memperhatikan cerita yang disajikan karena jika tidak akan membuat anime ini tidak menarik.

Untuk anime ini saya ingin membahasnya kembali pada akhir episodenya dimana saya ingin mengetahui apakah yang saya bahas di awal ini bisa sesuai dengan apa yang sebenarnya disajikan karena memikirkan soal cerita ini yang dibuat kompleks dan penuh kerumitan membuat saya sedikit ragu akan pembahasan saya, ada beberapa pemikiran yang ingin saya berikan di pembahasan kali ini tetapi sepertinya akan saya tahan untuk memperkecil kesalahan pembahasan saya, mungkin bagi kalian yang telah membaca novelnya bisa memberikan pendapat kalian akan pembahasan saya dan juga jika ada yang salah bisa banget kalian kritik karena itu membantu saya untuk pembahasan di akhir episode anime ini.


Mungkin cukup sekian dari saya, mohon maaf jika banyak kesalahan dalam pembahasan… komentar serta saran bisa banget kalian tulis di kolom komentar yah… (Bye!!! Sehat Selalu)

Posting Komentar untuk "Bahas Episode Perdana Anime Babylon, Sebuah Anime Yang Kompleks dan Rumit"

Berlangganan via Email