Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Bahas Episode 1 Beastars, Anime Drama Dengan Cangkupan Masalah Yang Luas

©Paru Itagaki/Akita Shoten, Beastars

Beastars, anime yang mengajarkan kita janganlah melihat sesuatu berdasarkan fisiknya…

Beastars adalah seri manga jepang yang ditulis serta diilustrasikan oleh Paru Itagaki yang dipublikasikan Akita Shoten pada 8 September 2016 dan hingga saat ini telah menghasilkan 15 volume manga, serial ini telah memenangkan beberapa penghargaan dan menjadi manga jepang pertama di Akita Shoten yang mendapatkan penghargaan Manga Taisho Award. Beastars mendapatkan serial anime yang diproduksi oleh Studio Orange yang tayang perdana pada 9 Oktober 2019.

Plot cerita Beastars, berawal pada suatu malam, Tem seorang Alpaka dibunuh secara brutal dan dilahap di malam hari, hal itu menimbulkan gelombang tidak nyaman dan tidak percaya antara siswa herbivora dan karnivora. Kisah ini terjadi di dunia hewan yang modern, beradab, dengan perbedaan budaya antara karnivora dan herbivora, menceritakan tentang kehidupan sekolah di Cherryton Academy dimana murid-muridnya adalah hewan herbivora dan karnivora. Cerita ini terfokus pada Legosi yang seekor serigala abu-abu yang merupakan anggota drama, memiliki penampilannya membahayakan dan membuatnya selalu ditakuti dan dibenci oleh hewan lain sehingga membuatnya terbiasa dengan itu.

Hallo… kali ini saya akan membahas anime yang terfokus pada drama berjudul “Beastars” sebuah anime musim ini yang cukup membuat saya berpikir banyak hal, mungkin tanpa banyak basa basi langsung saja kita bahas episode 1 anime ini seperti biasa…
  • Konsep cerita

Saat saya menonton anime ini sebenarnya saya cukup sulit menikmati anime ini, cerita yang disajikan cukup berat dan bisa membuat bosan terutama pada episode satu anime ini terasa banget serius dan terfokus pada dramanya sehingga bisa membuat siapapun yang tidak menikmati cerita anime ini akan langsung berhenti menontonnya.

Dasar ceritanya itu adalah tentang permasalah tokoh utama serta kehidupan sekolah yang dibuat rumit karena perselisihan dua kubu yaitu karnivora dan herbivora. Jika anime biasa mungkin akan menampilkan tokoh-tokoh yang bisa menarik perhatian kita setidaknya jika kita tidak bisa tertarik akan ceritanya, bisa sedikit diminimalisir dengan tokohnya sehingga bisa membuat kita tetap menontonnya tetapi pada anime ini tokoh yang tersedia adalah hewan-hewan sehingga mungkin hanya bisa sedikit meminimalisir penonton untuk tidak berhenti menonton anime ini. (atau mungkin malah membuatnya tambah tidak ingin menontonnya)

Akhir-akhir ini saya merasa tokoh itu menjadi sebuah hal yang penting pada anime karena hampir saat ini konsep cerita dan sebuah pesan di anime hampir memiliki kesamaan sehingga membuat tokoh menjadi nilai tambah yang paling bagus. Di anime ini sebenarnya saya paham banget mengapa mengambil para tokoh hewan-hewan, cerita yang dibuat pada anime ini sangatlah serius sehingga jika tokoh yang tersedia adalah manusia biasa maka akan membuat pengembangan cerita ini sedikit sempit karena akan memberikan respon tidak masuk akal jika kehidupan sekolah bisa seserius cerita ini tetapi jika menganalogikannya dengan hewan maka cerita yang dibuat serta masalah yang disajikan sangatlah luas dan besar karena kita tidak akan bisa memikirkannya secara logis.
  • Pesan yang ada pada anime ini.

Pada episode kesatu saat menonton anime ini, telah banyak banget permasalahan yang bisa disajikan pada anime ini. Kehidupan bermasyarakat, sekolah atau apapun yang ada di dunia ini bisa banget dimasukan pada cerita ini, kita disini tidak bisa menganggap cerita ini tidak logis karena karakter yang tersedia adalah hewan-hewan yang membuat kita tidak pernah tahu jika hewan memiliki akal kehidupannya bisa seperti apa.

Pada episode satu pesan yang paling utama disajikan menurut saya adalah tentang jangan menilai sesuatu dari penglihatan awal kita, anime ini saat awal banget telah seperti memukul saya setelah selesai menontonnya karena dari awal hingga akhir saya merasa tidak bisa menikmati anime ini tetapi setelah membaca beberapa info tentang anime ini membuat saya cukup ragu untuk berhenti menonton anime ini. Di episode awal kita dibuat untuk menganggap tokoh Legosi adalah pembunuh pada kasus tersebut tetapi seiring berjalannya cerita membuat kita ragu akan anggapan itu sehingga memberikan pesan untuk tidak menilai sesuatu diawal terutama jika kita hanya memiliki sedikit bukti, yah meskipun di akhir episode kita malah dibuat semakin yakin bahwa Legosi adalah pembunuh. (saya sebenarnya ingin menonton episode keduanya dulu untuk memperkuat pesan ini tetapi saya belum menemukan episode keduanya jadi yah anggap ini hanyalah pemikiran dangkal saya)

Saya saat menontonnya tidak begitu memikirkan serius anime ini tetapi setelah membaca cukup banyak info membuat saya berpikir-pikir akan anime ini terutama pada pesan ini, cangkupan masalah di anime ini memiliki potensi yang sangat besar bahkan bagi saya sendiri dari semua anime yang saya bahas pada musim ini maka anime inilah yang memiliki potensi besar memiliki banyak pesan yang bisa kita ambil.
  • Hal yang membuat menarik anime ini

Bagi orang yang tidak bisa mengikuti anime dengan cerita serius maka mungkin tidak akan suka dengan anime ini tetapi bagi orang yang cukup tertarik dengan sebuah cerita serius maka anime ini sangatlah bisa membuat kalian tertarik, bagi saya hal yang paling menarik akan anime ini adalah soal cerita dan tentang permasalah yang disajikan telah cukup rumit sehingga membuat kita akan banyak berpikir dan ingin tahu akan kelanjutan cerita ini.

Menurut saya anime ini butuh sesuatu yang bisa mencairkan kesan serius yang ditampilkan, mungkin di episode kedua nanti akan ada karakter yang bisa memberikan kesan lucu karena jika anime ini hanya dibuat dengan hanya cerita serius maka akan membuat penonton bosan, dari yang saya baca pada info anime ini sepertinya akan ada teman sekamar Legosi yang memiliki sikap santai dan mungkin lucu sehingga mungkin bisa membuat cerita yang disajikan tidak begitu serius. (yah meskipun saya anggap ceritanya masih akan terlalu serius)

Untuk hal lain pada anime ini sebenarnya tidak ada hal yang saya anggap menarik lagi, untuk tokoh mungkin bagi kalian yang memiliki kesukaan akan hewan bisa suka dengan karakter-karakter yang disajikan ini tetapi bagi saya pribadi saya cukup kurang suka akan karakternya bahkan yang membuat saya ingin berhenti menonton anime ini adalah soal karakternya. (animasi yang dibuatnya cukup realistis sehingga berat bagi saya untuk melihat visualnya)
  • Kesimpulan

Anime ini dari segi cerita sangatlah bagus tapi untuk keseluruhan maka saya tidak bisa menjadikan anime ini sebagai rekomendasi musim ini, sedikit sepertinya penonton yang bisa mengikuti anime ini terutama bagi yang masih remaja. Anime ini akan cukup populer di kalangan penonton anime yang telah cukup dewasa dan memiliki pemikiran yang luas, tetapi untuk remaja akan sangat sedikit.

Anime ini memiliki alur yang lambat sehingga jika kita tidak bisa mengikutinya maka kita tidak akan menikmatinya tetapi jika kita bisa mengikutinya maka kita akan sangat menikmatinya, komiknya mendapat cukup banyak penghargaan sehingga membuat saya yakin bahwa cerita yang disajikan pada anime ini tidak akan membuat kecewa mungkin yang membuat kita kecewa nantinya adalah ketika anime ini telah berakhir karena kita akan merasakan cukup banyak perasaan yang terkandung pada anime ini. Bagi kalian yang mungkin belum bisa merasakan perasaan akan sebuah perkembangan cerita maka kalian mungkin bisa menonton anime ini. (perasaan yang awalnya menganggap ceritanya membosankan lalu malah semakin menarik setiap episodenya bisa membuat perasaan campur aduk)

Anime ini mungkin akan saya lanjut bahas di pertengahan episode seperti episode 5 atau 6 jika saya rasa anime ini tidak menarik dan jauh dari ekspetasi saya tetapi jika anime ini menarik maka saya akan membahasnya pada episode akhir setelah akhir musim nanti. Cerita anime ini sangatlah menarik dan sangat pantas banget untuk dibahas jika nantinya bagus dan saya harapkan sih bagus karena melihat info-info akan anime ini membuat saya cukup tertarik untuk menontonnya. Ohiya bagi kalian yang membaca komiknya mungkin bisa bantu saya memperbaiki pembahasan ini jika memang ada yang salah karena itu membantu pengunjung lain yang bisa saja calon penonton anime ini dan masih merasa ragu untuk menonton anime ini jadi yakin untuk menonton anime ini. (dan itu juga membantu saya sebagai bahan tambahan pada pembahasan lanjutan anime ini karena yang membaca komiknya lebih tahu akan anime ini daripada saya yang hanya menonton anime saja hehe)

Mungkin cukup sekian dari saya, mohon maaf jika banyak kesalahan dalam pembahasan… komentar serta saran bisa banget kalian tulis di kolom komentar yah… (Bye!!! Sehat Selalu)


Posting Komentar untuk "Bahas Episode 1 Beastars, Anime Drama Dengan Cangkupan Masalah Yang Luas"

Berlangganan via Email