Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Bahas Anime Mairimashita! Iruma-Kun, Manusia Yang Masuk Sekolah Iblis?

Mairimashita! Iruma-kun, sebuah anime yang mengajarkan kita untuk terbiasa menjadi seorang yang baik karena menjadi seorang yang baik tidak akan membuat kita kecewa akan kehidupan…

Hallo… kali ini saya akan membahas anime berjudul, “Mairimashita! Iruma-kun” sebuah anime yang berasal dari adaptasi manga buatan Osamu Nishi, yang telah diserialisasikan di Akita Shoten’s Shonen Manga pada majalah Weekly Shonen Champion sejak maret tahun 2017 dan telah menghasilkan sebelas volume. Mairimashita! Iruma-kun mendapatkan serial anime yang diproduksi oleh Bandai Namco Pictures dan ditayangkan perdana pada 5 Oktober 2019. Mungkin tanpa banyak basa-basi langsung kita mulai pembahasannya…

  • Sinopsis
Mairimashita! Iruma-kun mengisahkan tentang seorang anak lelaki berusia 14 tahun yang baik hati, dijual oleh orang tuanya kepada iblis untuk kepentingan diri sendiri. Iblis yang membeli menjadikan anak lelaki tersebut cucunya karena telah lama iblis tersebut menginginkan seorang cucu, iblis tersebut sangat menyayangi Iruma dan mengirimnya ke sekolah iblis untuk bisa berkegiatan seperti anak-anak pada “umumnya”. (untuk lengkapnya bisa kalian tonton yah animenya…)
Konsep cerita

Anime ini seperti yang tertulis pada sinopsis menceritakan seorang anak yang dibuang ke dunia iblis karena dijual oleh orang tuanya, sebuah cerita yang sebenarnya entah telah umum untuk anime atau tidak tetapi jika soal komik maka cerita seperti ini telah cukup banyak saya baca, sebenarnya cerita seperti ini tidak saya benci tetapi cerita seperti ini entah mengapa selalu membuat saya berpikir seperti apa endingnya.

Saat awal menonton anime ini saya cukup suka karena pada awal cerita penonton dijelaskan alasan mengapa tokoh utama cerita ini masuk dunia iblis kemudian di setiap episodenya pun diberikan penjelasan secara narasi sehingga kita dibuat benar-benar jelas akan dasar-dasar yang perlu kita pahami untuk mengikuti anime ini, sebenarnya dasar-dasar informasi yang dibuat narasi seperti ini sering dianggap jelek karena membuat orang menganggap penulis tidak memiliki kreativitas dalam penyampaian informasi tetapi menurut saya malah keputusan penulis menyampaikan ceritanya secara narasi ini bagus karena saya kurang yakin jika dibuat misal dialog antar karakter atau apapun bisa menjelaskan dasar-dasarnya secara jelas sehingga bagi saya hal yang dilakukan penulis ini telah sangat tepat sekali karena dasar kita untuk bisa mengikuti anime ini adalah info dasarnya. (apalagi ini berlatar dunia iblis dengan segala hal yang berbau iblis yang tidak kita ketahui sehingga info adalah kunci untuk bisa mengikuti cerita anime ini)

Untuk hal lainnya pada konsep anime ini selain awalan cerita adalah tentang alur yang disusun oleh anime ini jelas dan tidak hanya menampilkan sesuatu yang menarik saja, banyak cerita komik yang saya baca terutama soal dunia isekai dan iblis itu terfokus pada hal-hal yang keren atau lucu sehingga malah membuat alur ceritanya tidak memiliki kejelasan dan entah mengapa menghilang di tengah cerita, entah karena tidak dibuat lagi atau translator komik merasa komiknya mulai membosankan dan kurang peminat sehingga tidak di translate. (hal yang membuat saya sedikit tidak suka membaca komik isekai dan iblis adalah ini, terasa tanggung banget meski sudah menunggu berbulan-bulan pun masih gak update…)

Bagi saya alur yang disajikan anime Mairimashita! Iruma-kun sudah sangat bagus dan tepat banget, saya berharap anime ini atau mungkin komiknya bisa menyelesaikan ceritanya dengan baik tanpa membuat kecewa karena genre-genre seperti ini itu bagaikan sebuah ikan beracun yang jika tidak baik diolah maka akan membuat mati yang mengolahnya.

  • Pesan yang disampaikan pada anime ini.
Anime ini adalah sebuah adaptasi dari komik shonen yang sebenarnya telah saya ikuti setahun belakangan ini, pesan yang disampaikan anime ini sangatlah mudah yaitu selalu bersikap baik tidak akan membuat kita kecewa. Pesan seperti ini akan selalu hampir ada di setiap komik shonen dimana tokoh utama adalah seorang yang polos dan memiliki pemikiran yang sederhana.

Anime ini pun bagi saya memberi pesan tentang pentingnya sebuah hubungan sosial, dimana sebuah teman atau apapun itu yang dekat dengan kalian dan selalu menemani kalian bahkan berbagi darah dengan kalian adalah seorang yang harus kalian jaga serta percaya, di anime ini memperlihatkan seburuk apapun iblis mereka adalah makhluk yang setia, jika coba kalian implementasikan ke sahabat kalian maka mungkin mereka juga seperti itu karena seburuk apapun sahabat kalian mereka adalah makhluk yang setia berteman dengan kalian
.
Saya pernah membaca sebuah tulisan dimana sifat buruk manusia berasal dari sifat dasar iblis, mungkin tulisan itu jika dihubungkan dengan anime ini adalah soal dimana kita menghadapi sifat-sifat tersebut, di sini tokoh utama adalah seorang yang baik dan selalu bersikap baik kepada para iblis karena dia takut percaya bahwa iblis pun makhluk yang baik mungkin begitupun dengan manusia dimana seburuk apapun sifat manusia mereka bisa menjadi makhluk yang baik jika kita bersikap baik kepada manusia tersebut.

Anime ini akan menampilkan masalah yang dihadapi tokoh utama manusia menghadapi sifat-sifat iblis yang penuh dengan keburukan tetapi dia selalu bersikap baik menghadapi masalah tersebut tanpa berusaha membalas dengan keburukan padahal jika dia mau dia bisa melakukannya, yah bagaikan jika ada api maka yang perlu kita lakukan adalah meredakannya dengan air bukan dengan api kembali.

  • Hal yang menarik di anime ini
Banyak hal yang menarik di anime ini tetapi mungkin hanya dua hal saja yang akan saya bahas pada anime ini yaitu soal Komedi dan Penokohan:

Komedi, pada anime ini sebenarnya memiliki sebuah komedi yang bisa dianggap ampas dan garing sih tetapi entah mengapa saya cukup terhibur akan komedi yang dibuat, saya yang telah membaca komiknya lalu menonton animenya masih merasa terhibur dengan komedinya, tingkah laku tokoh atau dialog yang entah mengapa selalu saya anggap menarik karena ketika di pikirkan terasa lucu sih.

Penokohan, bagi saya tokoh itu adalah suatu hal yang penting dalam anime karena tokoh adalah kunci agar kita mengingat anime tersebut karena saya yakin banyak yang tidak bisa mengingat soal judul atau cerita tetapi jika diperlihatkan sebuah tokoh maka pasti akan banyak yang langsung ingat. Di anime ini tokoh-tokoh memiliki keunikan serta nama-nama yang sangat kental bagi orang-orang yang cukup tertarik dengan iblis, hal-hal tersebut bagi saya adalah hal yang menarik karena disini kita dibuat mengingat anime ini dan juga selain itu adalah latarnya dimana sangatlah bagus. (bagi saya…)

  • Kesimpulan
Anime Mairimashita! Iruma-kun mungkin bisa dijadikan rekomendasi musim ini, sebenarnya anime ini ingin saya bahas pada episode perdananya tetapi karena keterbatasan waktu serta berbagai alasan lainnya saya baru bisa membahasnya setelah menonton episode 5, hal yang sulit sih membahas anime ini karena saya yang telah mengetahui cukup banyak ceritanya sehingga ketika menonton animenya saya sudah tahu jalan ceritanya meskipun ada beberapa adegan yang tidak ada di komik (atau gak memang saya gak ingat adegan tersebut). Bagi saya cerita anime ini sangatlah bagus serta rapih dan berharapnya sih jelas karena telah banyak anime yang di buat dengan latar dunia iblis seperti ini tidak berjalan baik yah seperti saya bilang anime seperti ini seperti sebuah ikan enak tetapi beracun yang jika tidak baik diolah maka akan membuat yang mengolahnya mati.

Anime ini mungkin tidak akan saya bahas di kemudian hari, alasannya sederhana sih yaitu karena saya merasa tidak ada yang bisa dibahas di anime ini di kemudian hari. Saya telah cukup tahu ceritanya sehingga takutnya ketika saya membahas anime ini di kemudian hari atau saat episode akhir musimnya malah saya tidak bisa menjabarkan secara jelas karena fokus saya bukan soal ke animenya tetapi malah ke komiknya sehingga pembahasan lebih menjurus ke komik dan bukan animenya, mungkin kita bisa membahas anime ini di kolom komentar saja dimana kita akan berdiskusi karena saya yakin banyak tulisan-tulisan saya terasa masih kurang bahkan salah dalam pembahasan sehingga kolom komentar berfungsi sebagai tempat mencari hasil yang paling benar dalam sebuah pembahasan.


Mungkin cukup sekian dari saya, mohon maaf jika banyak tulisan saya yang masih kurang dan tidak dimengerti, kalian bisa banget Kritik serta memberikan Saran di kolom komentar yah… (Bye!!! Sehat Selalu…)

Posting Komentar untuk "Bahas Anime Mairimashita! Iruma-Kun, Manusia Yang Masuk Sekolah Iblis?"

Berlangganan via Email