Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Bahas Anime Mugen No Juunin Immortal



Hallo… kali ini saya akan membahas anime musim gugur 2019 berjudul Mugen no Juunin Immortal, anime ini berasal dari adaptasi yang ditulis oleh Hiroaki Samura di Afternoon dari tahun 25 juni 1993 hingga 25 desember 2012, anime ini pernah mendapatkan serial anime pada tahun 2008 yang dibuat oleh Bee Train dan Production IG, juga pada tahun yang sama menerbitkan novel Blade of Immortal: legend of the Sword Demon yang dirilis oleh Kodansha, lalu pada tahun 2017 mendapatkan life action. Mugen no Juunin mendapatkan adaptasi anime yang diperbarui oleh Liden Films dan tayang perdana pada bulan Oktober 2019. Mungkin tanpa basa-basi lagi langsung kita mulai saja pembahasannya.
  • Konsep cerita

Anime ini bercerita tentang seorang gadis yang meminta seorang samurai bernama manji untuk membantunya sebagai pengawal agar dapat membalaskan dendamnya. Manji disini pun diceritakan sebagai samurai yang telah melakukan dosa karena telah membantai 100 samurai termasuk suami dari adiknya, dalam kejadian itupun adik manji terbunuh dihadapannya sehingga ia merasa berdosa dan melakukan penebusan dosa dengan membunuh 1000 orang penjahat.

Konsep cerita anime ini sebenarnya cukup serius untuk ditonton dan juga cukup gelap, cerita yang disajikan bagi mereka yang menyukai kisah samurai serta sastra jepang pasti akan menyukai cerita ini, saya sendiri cukup menyukai cerita ini meski ada beberapa hal yang tidak begitu saya mengerti karena saya kurang begitu paham soal sastra jepang termasuk tentang puisinya. Hal yang menurut saya menarik pada cerita anime ini adalah soal bagaimana permasalahan serta masa lalu dari tokoh-tokoh muncul sehingga membangun sebuah jalan cerita yang membuat kita berpikir akan banyak hal, permasalahan serta sudut pandang kita disini dibawa untuk bisa melihat bukan hanya dari sudut tokoh utama saja tetapi dari tokoh lainnya bahkan dari antagonisnya.

Saya sebenarnya tidak tahu apakah animenya pada tahun 2008 memiliki cerita yang sama dengan yang sekarang atau tidak tetapi sepertinya memiliki kesamaan tetapi hanya yang berbeda adalah soal visualnya, saya ketika menonton anime ini sebenarnya berpikir untuk menghentikan menonton saat setelah berada di episode 2 tetapi karena berasa tanggung saya coba tonton sampai yang terbaru yaitu episode 5 dan merasa anime ini sangat berat untuk dinikmati bagi saya yang kurang begitu tertarik soal sastra jepang, bagi saya menarik pada anime ini adalah soal samurainya tetapi untuk sastranya saya benar-benar tidak paham.

Saya merasa cerita anime ini dibuat dengan bagus dan menarik tetapi karena kurangnya pemahaman saya membuat saya kurang bisa menikmati anime ini secara penuh, bagi kalian yang tertarik akan sastra jepang dan juga samurai mungkin akan menyukai anime ini tetapi bagi yang kurang tertarik akan dua hal tersebut juga bisa sih menonton anime ini, ada banyak hal yang bisa dipelajari pada anime ini bahkan ketika menonton anime ini saya jadi lebih banyak tahu soal sastra jepang meski cuman sebatas yang ada di animenya saja.
  • Pesan yang bisa diambil pada anime ini

Satu hal yang paling saya suka tentang anime ini adalah tentang pesan-pesan yang ada di setiap episodenya, satu hal yang paling membekas itu adalah pada episode 3 yang membahas tentang lebih baik menjadi pelacur daripada seorang samurai, entah mengapa pesan pada episode itu sangat membekas di pikiran saya dan membuat saya berpikir akan banyak hal. (saya sebenarnya ingin membahas pesan ini tetapi nanti malah spoiler jadi gak jadi hehe)

Tetapi bagi saya selain pesan itu adalah pesan yang sempat saya tulis pada kalimat awal artikel ini yaitu soal rantai balas dendam tidak akan pernah putus jika tidak ada yang pernah mengalah untuk berhenti balas dendam. Anime ini pada awal telah menjelaskan alasan antagonis membunuh keluarga gadis tersebut karena dendam keluarga, di lain pihak soal alasan manji membantai 100 samurai pun itu karena melihat adiknya terbunuh, dua persoalan tokoh-tokoh ini adalah tentang dendam dan disini kita diperlihatkan bagaimana polemik yang terjadi jika kita terus terpaku agar suatu dendam.

Saya pernah membaca entah sebuah artikel atau manga yang membahas bagaimana manga pada awal sejarahnya dibuat penuh pesan dan makna sehingga membuatnya memiliki nilai budaya serta sastra, anime ini berasal dari adaptasi manga tahun 1993 yang mungkin masih memiliki nilai budaya serta sastra yang masih berisikan banyak pesan. Anime ini selain menarik tentang ceritanya adalah soal pesan yang dimiliki sehingga bagi saya anime ini memiliki nilai tersendiri dibanding anime-anime lain yang tayang pada musim ini.
  • Hal yang menarik soal anime ini

Sebenarnya tidak banyak yang bisa disoroti dalam anime ini karena hal yang menjadi nilai jual anime ini adalah soal cerita dan pesan yang dimilikinya. Terdapat selipan komedi di anime ini tetapi hal itu terjadi hanya agar membuat anime ini tidak begitu gelap untuk ditonton, selipan komedinya sendiri pun tidak begitu banyak ditampilkan karena menurut saya sendiri akan merusak animenya jika harus memaksakan memerlukan komedi.

Hal menarik yang mungkin ada di anime ini adalah tokoh samurai manji yang bisa dibilang eksentrik sehingga membuat anime ini memiliki lebih banyak warna, saya sempat berpikir jika tokoh manji dibuat sangat serius pasti anime ini akan sangat gelap dan mungkin sulit banget untuk diikuti bagi mereka yang tidak begitu memiliki banyak pemahaman soal budaya jepang. (seperti saya)

Mungkin selain tokoh adalah soal penyisipan puisi serta informasi yang mungkin bisa dikatakan sastra jepang. Jujur saya kurang tahu apakah hal-hal yang diselipkan pada ceritanya ini adalah termasuk sastra jepang atau bukan tetapi saya merasa itu adalah sebuah sastra karena memiliki kalimat-kalimat yang memiliki makna, mungkin bagi kalian yang menyukai budaya jepang bisa mengatakan hal ini menarik karena menurut saya sendiri menarik meski saya kurang begitu paham juga sih.
  • Kesimpulan

Anime ini sebenarnya memiliki nilai tersendiri dan bisa dikatakan rekomendasi untuk yang menyukai budaya jepang terutama samurai, saya sendiri kurang begitu mengetahui soal budaya jepang tetapi saya cukup suka soal samurai sehingga bagi saya anime ini menarik. Hal yang paling menonjol di anime ini adalah soal cerita dan pesan yang disampaikan sehingga bagi kalian yang kurang begitu menikmati soal cerita dan pesan pada anime ini mungkin tidak akan menarik untuk ditonton, anime ini sendiri memiliki alur yang semakin menarik jika kita terus mengikuti ceritanya.

Pada awal-awal saya merasa anime ini membosankan dan sangat tidak bisa saya pahami tetapi setelah saya ikuti ternyata tidak buruk malah bagus kok, setelah mengikuti anime ini sebenarnya ada banyak hal yang mulai saya pikirkan sehingga sulit banget membahas anime ini. Saya sebenarnya ingin membahas anime ini lebih lanjut tetapi sepertinya tidak akan saya bahas karena merasa tidak ada yang perlu dibahas lagi dikemudian hari soal anime ini, selain itu saya merasa ingin mengoleksi anime ini untuk ditonton setelah episode terakhirnya muncul, saya merasa anime ini lebih baik ditonton secara penuh karena jika satu episode setiap minggu akan sulit banget bagi otak saya paham dengan jalan cerita anime ini. Akan banyak pemikiran serta hal-hal yang mengganggu otak saya jika menonton anime ini setiap minggunya sehingga saya memutuskan untuk mengoleksinya lalu menontonnya saat liburan nanti hehe. Biasanya saya selalu mengetik jika tidak membahas lanjutan anime di artikel selanjutnya maka bisa banget di bahas di kolom komentar tetapi untuk anime ini saya hanya akan mengetik, bagi kalian yang merasa tulisan saya kurang atau salah bisa tulis di komentar tetapi untuk membahas lanjutan episodenya dari episode 5 tidak perlu kalian bahas dan mungkin bahasnya ketika animenya selesai saja. (jangan berikan saya spoiler karena saya hanya akan menonton hingga episode 5 dan lanjutannya nanti hehe)

Mungkin cukup sekian dari saya mohon maaf jika ada banyak hal yang kurang dan tidak bisa dijelaskan. Kritik dan Saran bisa banget kalian tulis di kolom komentar yah (Bye!!! Sehat Selalu…)


7 komentar untuk "Bahas Anime Mugen No Juunin Immortal"

  1. anime yg serupa ini apa ya min rekomendasinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin untuk anime serupa yang admin rekomen ada Dororo atau Samurai Champloo, tapi untuk samurai champloo belum sempat admin tonton sih jadi kurang tau rekomen atau gak hehe

      Terimakasih Telah Berkunjung ^_^

      Hapus
    2. min ini anime remake dari blade immortial apa bukan

      Hapus
    3. Ya gan ini remake dari blade immortal...

      Terimakasih Telah Berkunjung ^_^

      Hapus
  2. gila sih anime ini keren parah

    BalasHapus
  3. Waahh bner banget miinn, recommended bgt dan ngecrush bangett sma couple Rin dan Manji nya>< sya baru nonton smpe eps 18 sih, dan sedikit ngintip di bagian akhirnya krna penasaran, hehe. Disitu sya ngeliat Manji udh gk bareng lgi sma Rin, tpi ada anak kecil yg mirip Rin, galau bgt sya mau tidur aja kepikiran, semoga Rin gk mati dan bisa hidup bareng sma Manji TT

    BalasHapus

Berlangganan via Email