Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Bahas Anime No Guns Life, Hidup Tanpa Senjata?


No Guns Life, sebuah anime yang memperlihatkan kepada kita bahwa sesuatu yang hidup dan bisa bergerak sendiri bukanlah sebuah alat.

Hallo… kali ini saya akan membahas anime yang mungkin akan menjadi penutup pada pembahasan anime baru musim gugur 2019, yaitu anime berjudul “No Guns Life”. No Guns Life adalah seri manga yang dibuat oleh Takusu Karasuma dan telah diterbitkan oleh Shueisha’s Seinen Manga pada majalah Ultra Jump sejak Agustus 2014. No Guns Life mendapatkan serialisasi Anime yang di urus oleh Studio Madhouse dan tayang perdana pada 10 oktober 2019. Mungkin tanpa banyak basa-basi lagi langsung kita mulai pembahasannya seperti biasa.
  • Cerita

No Guns Life menceritakan bahwa telah banyak manusia yang diubah menjadi cyborg yang disebut Extended. Juzo Inui adalah resolver, seorang tentara bayaran Extended yang berspesialisasi dalam memecahkan masalah yang disebabkan oleh Extended. Kehidupan Juzo menjadi lebih berbahaya ketika Extended masuk ke kantor dan memintannya untuk melindungi seorang anak muda bernama Tetsuro Arahabaki dari perusahaan yang mengincarnya. (untuk lengkapnya kalian hanya perlu menontonnya yah hehe)

Anime No Guns Life adalah sebuah anime yang menurut saya menarik dan entah mengapa memiliki sebuah keunikan dari berbagai hal, bagi saya yang baru menonton animenya hingga episode 5 dan tidak membaca manganya sama sekali saya merasa cukup terhibur dengan ceritanya meskipun masih banyak yang terasa asing ketika saya tonton. Bagi saya yang mungkin telah membahas anime musim ini sekitar 25 judul anime pada blog ini, saya merasa hanya anime ini saja yang benar-benar berbeda dengan anime lain, biasanya ketika saya melakukan pembahasan saya akan coba memikirkan terlebih dahulu lalu melakukan perbandingan dengan anime lain yang memiliki beberapa kesamaan pada musim tersebut untuk mengetahui hal apa yang dibahas tetapi anime ini menurut saya benar-benar hampir tidak memiliki kesamaan dengan anime lain yang tampil pada musim ini.

Cerita yang disajikan sebenarnya tidak begitu rumit dan berjalan secara jelas sehingga kita tidak merasa ada bagian yang dipercepat pada anime ini, saya sempat membaca bahwa anime ini mendapat 24 episode sehingga hal itu menjadi faktor mengapa anime ini bisa memiliki alur yang tidak begitu cepat. Saya hingga saat ini masih belum tahu sih apakah ada bagian yang terpotong di anime ini dari manganya tetapi saya rasa tidak ada yang terpotong dan meskipun ada mungkin bukanlah bagian yang benar-benar penting, anime ini dari sudut pandang saya tidak benar-benar memiliki sebuah kekurangan tetapi mungkin hanya satu hal yang menjadi kekurangannya yaitu soal alur utama yang hingga episode 5 ini masih belum bisa dirasakan, saya hingga episode ini masihlah berpikir soal alurnya atau inti ceritanya itu tentang apa karena sampai saat ini masihlah memperkenalkan karakter-karakter saja serta kasus yang menurut saya tidak begitu terkait soal cerita utamanya.

Anime ini telah memperkenalkan soal masalah yang dihadapi karakter tetapi belum membahas soal bagaimana karakter menyelesaikan masalahnya, disini saya berpikir mungkin pengenalan karakter serta kasus-kasus yang tersaji akan berkaitan dengan inti ceritanya tetapi saya berharap bahwa hal ini tidak membutuhkan waktu yang lama karena jika sampai butuh belasan episode untuk masuk ke inti ceritanya akan membuat anime ini akan ditinggalkan sebelum mencapai hal yang menariknya.
  • Pesan yang tersedia pada anime ini

Ketika menonton anime ini terutama hingga episode 5, satu hal yang menurut saya menarik dan mungkin bisa menjadi pesan di anime ini yaitu soal manusia yang dianggap alat oleh sebuah perusahaan. Sejujurnya hingga saat ini saya masih berpikir apakah hal seperti ini masih ada atau tidak karena jika masih ada maka ini akan menjadi anime yang menarik terutama dalam materi penyampaiannya.

Cerita yang memperlihatkan bahwa telah cukup banyak manusia yang telah menjadi cyborg dan banyak dari mereka dianggap sebagai sebuah alat dan kelinci percobaan itu adalah sebuah permasalahan yang cukup serius untuk dibahas pada anime ini, banyak pesan yang intinya berpendapat bahwa manusia atau mungkin kita anggap makhluk hidup bukanlah sebua alat atau kelinci percobaan sebuah perusahaan karena mereka memiliki kebebasan.

Sebenarnya telah banyak anime yang membahas soal manusia yang dijadikan sebuah alat atau kelinci percobaan tetapi kebanyakan mereka menganalogikannya kepada perbudakan tetapi anime ini menggambarkannya kepada manusia yang telah dijadikan cyborg atau extended, sebenarnya ketika membandingkan mana yang lebih menarik menurut saya pribadi adalah menggambarkannya kepada manusia yang dijadikan cyborg.

Saya pernah membaca sebuah kalimat yaitu soal “perkembangan memerlukan pengorbanan”, makhluk hidup dijadikan alat dan uji coba pada anime ini untuk melakukan perkembangan teknologi, alasan yang jelas dan entah mengapa menarik sekali untuk dinikmati sehingga bagi saya sendiri berpendapat anime ini akan memberikan pesan yang benar-benar bagus jika bisa menyelesaikan permasalahan tersebut.
  • Hal yang membuat anime ini menarik

Dua hal yang menurut saya menarik pada anime ini adalah soal karakter dan komedi yang disajikan:

Karakter, satu hal yang selalu saya anggap penting karena karakter bagi saya sendiri berperan untuk menjadikan anime itu unik dan membuat penonton mengingat soal animenya. Karakter pada anime ini benar-benar unik dan memberikan cukup banyak ingatan di kepala saya, dari yang kepala pistol sampai pemilik kontrakan yang meski diperlihatkan sebentar tetapi sangat membekas di pikiran saya dan sisanya itu hampir punya keunikan yang sulit untuk dituliskan.

Komedi, bagian yang menurut saya menarik di anime ini juga soal komedinya yang sebenarnya tidak begitu lucu tetapi ketika ditonton ternyata tidak buruk dan cukup menarik kok. Anime ini sebenarnya cukup serius untuk ditonton sehingga cukup membuatnya tidak begitu menarik tetapi dengan adanya komedi yang disediakan membuat anime ini masih dapat menarik dan tidak begitu berat untuk ditonton.

  • Kesimpulan

Anime ini sebenarnya menarik dan cukup bisa menjadi rekomendasi tetapi entah mengapa saya ragu akan banyak yang menontonnya karena sebenarnya banyak hal yang ditampilkan pada anime ini tidak begitu menarik secara umum, anime ini memiliki keunikan karena dia menampilkan materi yang benar-benar berbeda dengan anime lain yang tampil pada musim ini. Saya pribadi menganggap anime ini menarik dari segi cerita dibanding dengan anime yang disukai oleh orang pada umumnya semacam isekai atau fantasi, anime isekai atau fantasi memiliki kelebihan di visualisasi tetapi cukup lemah dengan ceritanya terutama jika dari adaptasi novel menjadi anime yang entah mengapa selalu saya anggap berat untuk dibuat karena satu hal yaitu kemungkinan anime itu selesai akan tidak begitu memiliki sebuah pesan (yah meskipun banyak juga sih yang membekas macam re:zero dan yang lainnya). Anime ini saya harap sih dapat memberikan sebuah episode yang menarik terutama saya ingin tahu bagaimana anime ini dapat meracik ceritanya agar dapat menyelesaikan permasalahan yang menurut saya sangat menarik.

Anime ini akan menjadi penutup untuk pembahasan anime baru musim gugur 2019, ada beberapa anime yang pada musim ini akan saya lakukan pembahasan lanjutan pada episode terakhir tetapi untuk anime ini saya tidak ingin membahasnya lagi, satu hal yang membuat saya tidak bisa membahasnya yaitu saya benar-benar hanya ingin menonton anime ini saja dan tidak ingin membahasnya, saya ingin memposisikan diri sebagai penonton murni pada anime ini sehingga saya ketika menonton bisa menikmatinya dan jika tidak sesuai harapan maka saya tidak menontonnya, jika saya berencana membahasnya maka menarik atau tidak maka saya harus menontonnya dan itu cukup berat. (Ketika menonton anime yang tidak begitu menarik itu benar-benar tidak enak dan dalam membahasnya juga sulit karena bingung mau apa yang dibahas hehe)

Anime ini sebenarnya lebih enak dinikmati setiap minggu karena jika menonton secara full akan terasa membosankan, ada beberapa bagian yang saya anggap menarik dan tidak pada anime ini tetapi secara keseluruhan saya masih merasa banyak hal yang menarik pada anime ini, ekspetasi saya terhadap anime ini terutama kepada soal cerita itu sangat tinggi tetapi satu hal yang saya takutkan jika anime ini tidak sesuai dengan ekspetasi maka akan cukup membuat saya kecewa, ada beberapa pembahasan pada anime yang saya ekspetasikan bagus tetapi ternyata kurang dan cukup membuat saya kecewa karena pada saat itu saya telah berada pada posisi dimana saya membuka diskusi tetapi diskusi yang saya buka itu tidak sesuai sehingga takutnya menghasilkan banyak kesalahan, kurangnya informasi membuat hal itu terjadi tetapi jika banyaknya informasi juga buruk jadi saya selalu mengetik jika ada kesalahan dalam pembahasan saya kalian bisa komentar karena itu bisa banget dijadikan koreksi atau malah diskusi yang lebih baik.


Mungkin cukup sekian dari saya mohon maaf jika ada banyak kesalahan. Kritik serta saran bisa banget kalian tulis di kolom komentar (Bye!!! Sehat Selalu…)

Posting Komentar untuk "Bahas Anime No Guns Life, Hidup Tanpa Senjata?"

Berlangganan via Email