Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Bahas Anime Rifle is Beautiful, Olahraga Menembak dengan Karakter Imut dan Lucu


Rifle is Beautiful, sebuah anime yang mengajarkan kita untuk fokus karena jika tidak fokus maka sulit untuk menbidiknya nanti…

Hallo… seperti yang tertulis pada quote garing diatas kali ini saya akan membahas sebuah anime musim gugur 2019 yang telah tayang 4 episode berjudul “Rifle is Beautiful”. Rifle is Beautiful adalah berasal dari adaptasi seri manga empat panel jepang karya Akki Sarumi yang dimuat secara daring melalui situs web Tonari no Young Jump milik Shueisha sejak April 2015, dan telah menghasilkan 4 volume tankoubon. Rifle is Beautiful mendapatkan adaptasi anime yang diproduksi oleh studio 3Hz dan tayang perdana tanggal 13 Oktober 2019. Mungkin tanpa banyak basa-basi langsung kita mulai pembahasannya seperti biasa…
  • Konsep cerita

Anime ini menceritakan tentang sekumpulan gadis yang menyukai olahraga menembak, pada awal episode kita akan diperlihatkan seorang gadis bernama Hikari yang ingin bergabung Klub Menebak tetapi ternyata klub tersebut telah dihentikan karena kekurangan peminat, pada posisi tersebut Hikari pun terpaksa mencari anggota untuk kembali membuka Klub Menembak ditemani sahabat kecilnya bernama Izumin mereka langsung mencari anggota. Beberapa saat kemudian mereka bertemu dengan Erika dan Igarashi lalu kegiatan klub mereka pun dimulai.

Jujur pada saat menonton episode 1 anime ini saya sudah terhibur dan mungkin merasa puas karena disini penulis memiliki sebuah keunikan untuk menyelesaikan masalah dengan ringkas dan sederhana, permasalahan dimana seorang tokoh utama yang ingin masuk sebuah klub dan ternyata klub tersebut telah dihentikan lalu membuatnya terpaksa mencari anggota biasanya membutuhkan 2-3 episode untuk selesai tetapi di anime ini hanya dimunculkan sekitar setengah episode atau mungkin sekitar 13-14 menit saja masalah tersebut disoroti.

Hal yang menarik sih bagi saya ketika berpikir hal seperti itu ingin diselesaikan dengan cepat karena jika memang itu dibuat 1-2 episode sekalipun saya rasa tidak akan menarik, terutama disini pun saya baru tahu bahwa anime ini berasal dari manga empat panel dan bukan sebuah komik biasa. Saya kurang begitu tahu sih bagaimana sistemnya manga empat panel itu terbuat dan terfokus untuk apa, tetapi berdasar dari penglihatan saya yang terkadang sekilas membaca manga empat panel sepertinya mereka terbuat tidak untuk masalah yang bisa panjang dan lebih terfokus pada hal-hal yang sederhana dan ringkas.

Anime ini pun sampai episode empat bagi saya terlihat ringkas dan sederhana, dimana di satu episode memiliki dua cerita yang berbeda tetapi meski begitu saling berkaitan sehingga dapat terlihat seperti satu cerita, entah mengapa hal seperti ini sangat saya suka karena dengan seperti ini penonton bisa menikmati cerita dengan baik. Penyusunan cerita yang sederhana dan ringkas bagi saya bagus banget karena disini saya melihat anime ini sebagai tontonan yang bisa ditonton siapa saja sehingga dengan cerita yang sederhana dan ringkas membuatnya bisa disukai oleh siapapun, bagi kalangan perempuan sekalipun saya rasa akan suka dengan anime ini malah mungkin anime ini bisa lebih disukai oleh perempuan terutama bagi yang masih anak-anak.

Disini terfokus pada karakter perempuan dan sepengelihatan saya tidak ada karakter laki-laki yang ditunjukan secara jelas sehingga anime ini pasti memiliki target pasar para laki-laki terutama disini pun karakternya entah mengapa sifat idealnya para otaku, tetapi seperti yang saya bilang sebelumnya anime ini bisa banget ditonton oleh siapapun karena cerita yang dibuat pun sebenarnya menarik dan karakternya sendiri bukanlah karakter yang benar-benar disiapkan untuk hanya disukai oleh para laki-laki tapi semua kalangan jadi bagi saya memang anime ini dibuat ideal untuk semua kalangan dengan cerita yang ringkas dan sederhana, ditambah satu hal penting yaitu informasi bagian yang tidak dimengerti dapat disampaikan dengan sangat jelas sehingga ketika kita menonton kita tidak perlu search maksudnya apa.
  • Pesan yang bisa diambil pada anime ini

Jujur pada bagian ini saya masih bingung meski saya selalu berpikir bahwa setiap cerita pastilah memiliki pesan yang ingin disampaikan tetapi untuk anime ini saya terlalu menikmatinya sehingga tidak terpikir apa yang bisa diambil dari anime ini. Mungkin satu hal disini yang bisa terpikirkan oleh saya yaitu tentang bagaimana kita menyukai satu hal dan menekuninya meski hal tersebut tidak menarik bagi orang lain, olahraga menembak yang ada di anime ini sejujurnya saya tidak tahu apakah memang benar ada atau tidak tetapi disini satu hal yang diperlihatkan adalah tentang bagaimana gadis-gadis tersebut dapat serius menekuni kegiatan mereka.

Tetapi selain serius disini juga diperlihatkan tentang untuk bisa menikmati kegiatan tersebut, satu hal yang hingga sekarang membuat orang yang telah serius akan satu hal tetapi selalu gagal adalah karena mereka masih tidak bisa menikmati sepenuhnya kegiatan yang mereka seriusi, menurut saya kegagalan itu terasa bagi mereka yang hanya serius bekerja keras tanpa menikmatinya sehingga merasa kecewa karena telah serius dan bekerja keras tetapi tetap gagal, bagi mereka yang menikmati sebuah kegiatan meski gagal padahal telah bekerja keras dan serius mereka pasti tidak akan kecewa dan pasti hanya menganggapnya sebagai sebuah pengalaman yang menyenangkan.

Hal seperti ini mungkin dari kalian ada yang telah merasakannya dan mungkin ada yang belum juga tetapi bagi saya pesan seperti ini adalah memang benar faktanya, sesuatu hal jika kita tidak menikmatinya maka tidak akan menarik mau gagal atau berhasil tetapi jika kita menikmati suatu hal meski gagal atau bahkan berhasil pasti kita akan senang melakukannya, anime ini mungkin lebih ingin memberikan pesan seperti itu.

Disini di setiap episodenya mereka terlihat selalu berlatih tetapi meski begitu mereka tetap meluangkan waktu menikmati banyak hal dan tidak hanya fokus latihan tersebut, mereka menikmati waktu latihan mereka dan merasa senang sehingga bagi saya ini seperti sebuah pukulan untuk memberitahu saya agar bisa menikmati apa yang saya lakukan. (mungkin untuk kalian juga hehe)
  • Hal yang membuat anime ini menarik

Pada bagian ini mungkin saya hanya akan membahas dua hal yaitu tentang komedi serta karakternya saja secara ringkas:

Komedi, untuk bagian ini sebenarnya saya sendiri kurang mengetahui Teknik-teknik serta dasar-dasar dalam membuat cerita komedi sehingga gak tahu bagus gaknya komedi yang dibawa di cerita ini tetapi karena saya sangat suka cerita komedi maka saya mengatakan bahwa cerita komedi ini sudah lucu kok, ada sih beberapa hal yang terlihat garing tetapi sepertinya itu terlihat dibuat sengaja untuk memunculkan reaksi tokoh lain supaya kita tertawa melihat reaksi tokoh bukan komedinya. Tetapi selain komedi ada adegan yang sengaja dibuat mungkin bisa saya bilang yaitu komedi-imut yaitu dimana jika tidak lucu setidaknya kita bisa melihat imutnya karakter tersebut. (yah misal jika kita tidak tertawa maka kita bisa berkata ‘kawaiii” hehe)

Karakternya, sudah banyak postingan dimana saya berkata bahwa karakter itu adalah hal penting karena disitu bisa membuat penonton teringat akan animenya, disini sebenarnya karakternya berdasar sifat ideal kesukaan otaku sehingga tidak begitu ada yang spesial tetapi tidak buruk juga yah lebih kearah pas aja. (bagi sebagian orang hal ini bisa disebut menarik tetapi bagi saya kurang sih atau mungkin pas lah…)
  • Kesimpulan

Anime ini sebenarnya bisa banget dijadikan rekomendasi, bagi saya sendiri anime ini pasti akan masuk rekomendasi musim ini karena ada banyak hal yang menarik yang dibuat dengan racikan yang pas banget, dari segi cerita menarik, karakter yang disukai oleh penonton (mungkin), komedinya juga lucu. Ada banyak hal yang bagus dan konsepnya juga mungkin cukup unik dimana di sini kita akan diperkenalkan soal menembak dan satu hal yang terlihat sangat kurang tersorot oleh banyak orang ternyata menarik juga buat dijadikan anime.

Anime ini bagi saya lebih baik ditonton setiap minggu sih, entah mengapa bagi kalian yang berencana untuk menonton anime ini secara batch akan kurang puas karena anime ini lebih baik dinikmati secara sekilas dan kurang begitu baik untuk dikoleksi karena bagi saya sendiri pun anime ini tidak begitu menarik jika ditonton dua kali, akan banyak adegan yang membuat kita tidak tertawa karena telah membekas di pikiran kita tetapi bagi kalian yang ingin koleksi juga gak masalah sih soalnya saya juga berencana koleksi anime ini hehe. (masa udah download saya hapus kan aneh)

Anime Rifle is Beautiful mungkin tidak akan saya bahas secara lengkap dan hanya membahasnya pada postingan ini, ada banyak kegiatan yang perlu saya lakukan jadi saya memutuskan untuk mengurangi fokus pada pembahasan anime fall 2019 dan hanya beberapa anime saja yang akan lebih saya bedah pada musim ini yang menurut saya memang butuh pembahasan secara lengkap. Bagi kalian yang merasa pembahasan saya masih kurang atau mungkin pembahasan saya ada yang salah bisa komentar di bawah karena disitu adalah tempat kita berdiskusi mencari kebenaran dari sebuah pembahasan hehe. Ada banyak hal yang tidak bisa saya bahas secara lengkap karena berbagai hal dan hanya membuat saya fokus akan satu-dua hal yang memang benar-benar saya perhatikan ketika menonton anime jadi sisanya harus kalian pikirkan sendiri saat menonton animenya yah…


Mungkin sekian dari saya, mohon maaf jika ada pembahasan saya yang masih kurang dan salah. Komentar dan Kritik bisa banget kalian tulis di kolom komentar (Bye!!! Sehat selalu...)

Posting Komentar untuk "Bahas Anime Rifle is Beautiful, Olahraga Menembak dengan Karakter Imut dan Lucu"

Berlangganan via Email