Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Bahas Anime Z/X Code Reunion


Z/X Code Reunion, sebuah anime yang mengajarkan kita bahwa sebuah hubungan serta kerja sama adalah hal yang paling penting dalam peperangan terutama perang melawan makhluk asing.

Hallo kali ini saya akan membahas sebuah anime musim gugur tahun 2019 berjudul Z/X Code Reunion, sebuah anime yang berasal dari adaptasi manga yang diadaptasi dari sebuah game Z/X-Zillions of enemy X-, yang dibuat oleh Takuya Fujima dan ceritanya ditulis oleh Tashuhiko Urahata. Z/X Code Reunion mendapatkan serialisasi pada November 2017 di V-Jump Magazine dan hingga bulan November tahun ini telah mengumpulkan 2 volume manga, anime Z/X Code Reunion diproduksi oleh Studio Passione dan tayang perdana pada 8 Oktober 2019. Mungkin tanpa banyak basa-basi lagi langsung kita mulai pembahasannya seperti biasa.
  • Konsep cerita

Anime ini dari pemahaman saya menceritakan tentang makhluk asing yang datang ke bumi dan berencana menghancurkan bumi, diketahui terdapat lima dunia lain yang ingin membantu bumi yaitu dunia biru, hijau, merah, putih, dan hitam. Lima dunia itu membantu dengan cara membuat kontrak dengan anak-anak dan meminta mereka untuk mengabdi ke dunia yang mereka buat kontrak agar mendapatkan Z/X. (mungkin untuk lengkapnya bisa kalian tonton sendiri animenya karena itu lebih jelas hehe)

Sejujurnya saat pertama menonton anime ini saya benar-benar tidak begitu tertarik, hingga episode 2 saya merasa bahwa anime ini benar-benar membosankan tetapi setelah memasuki episode 3 anime ini mulai menarik untuk ditonton. Mungkin jika dibandingkan dengan anime yang sejenis seperti Z/X pada musim ini yaitu Azur Lane maka awal yang mereka tampilkan sangat berbeda, sejujurnya jika membandingkan kedua anime tersebut hampir tidak ada yang lebih bagus karena mereka memiliki fokus cerita yang berbeda dan juga mungkin target pasar yang berbeda meskipun masih hampir satu wilayah. (keduanya sama-sama menarik)

Ketika menonton anime ini hingga episode 5, ada banyak hal yang sebenarnya menarik untuk dinikmati tetapi kurangnya penyampaian informasi pada bagian-bagian yang kurang jelas membuat saya yang kurang begitu tahu soal anime ini sedikit kurang begitu bisa mengikuti jalan ceritanya, ada bagian teknologi serta hal-hal yang terdengar asing disampaikan secara dialog. Sebenarnya penyampaian informasi secara dialog itu adalah hal yang kreatif karena itu membuat karakter berperan tetapi bagi saya yang lebih menyukai cerita yang penyampaian melalui narasi lebih beranggapan bahwa penyampaian melalui narasi lebih bisa dipahami, di anime ini pun ada penyampaian yang dilakukan melalui narasi sehingga membuat saya yang kurang begitu paham soal animenya bisa lebih mengerti meski terdapat juga yang melalui dialog dan menurut saya kurang begitu bisa saya ikuti. Sebenarnya penyampaian informasi ini kurang begitu penting juga sih karena saya yakin jika mengikuti anime ini pasti akan paham secara tidak sadar, penyampaian informasi pada hal yang asing itu hanyalah formalitas agar kita bisa langsung masuk kedalam cerita tetapi jika tidak bisa mengikuti hal-hal yang terdengar asing pada anime ini maka kita hanya perlu mengikutinya saja karena hal-hal yang asing itu akan di praktekan sehingga kita bisa paham sendiri lewat prakteknya. (karakternya yah yang praktek bukan kalian yang menonton hehe.)

Secara keseluruhan cerita anime ini terkonsep secara baik meski terdapat sedikit kekurangan dalam penyampaian informasi yang terdengar asing di ceritanya, selain itu menyinggung soal mengapa saya sempat bosan hingga episode 2 anime ini adalah soal prolognya yang dibuat begitu serius sehingga terasa berat banget untuk ditonton, tetapi soal selanjutnya malah jauh dari hal yang serius.
  • Pesan yang disampaikan pada anime ini

Dalam penyampaian pesan sebenarnya anime ini memiliki pesan di setiap episodenya, hampir setiap episode memiliki pesan tetapi entah mengapa kurang begitu membekas. Menurut saya pesan yang paling membekas pada anime ini adalah tentang hubungan serta pertemanan mereka yang sebenarnya entah penting atau tidak tetapi pada anime ini diperlihatkan bahwa pertemanan adalah sesuatu yang penting.

Hampir belum ada yang benar-benar membekas di pikiran saya soal pesan yang ingin di sampaikan pada anime ini, tetapi mengingat anime ini adalah anime yang lebih memiliki kelebihan di hal lain membuat saya berpikir pesan bukanlah hal yang harus dinilai pada anime ini karena anime ini tidak ingin menjual hal tersebut, bagi saya menyelipkan pesan di setiap cerita itu adalah hal yang memang tidak begitu mereka pikirkan karena disini mereka lebih ke fokus permasalahan serta ceritanya sehingga pesan itu tercipta dari fokus permasalahannya bukan karena memang ingin diciptakan begitu.
  • Hal yang menarik pada anime ini

Satu hal yang ingin saya fokuskan pada bagian ini adalah soal karakternya serta teknologinya yang sebenarnya keren serta menarik untuk dinikmati. Karakter perempuan yang disediakan hampir memiliki keunikan serta saling melengkapi sehingga tercipta hubungan pertemanan yang sebenarnya unik untuk dilihat, sedangkan dalam teknologinya adalah soal banyak hal-hal yang keren tersedia di anime ini seperti, robot, naga, serta lain sebagainya.

Saya mengharapkan lebih banyak lagi hal yang menarik pada anime ini terutama teknologinya, selain itu di episode 5 terdapat informasi baru bahwa Z/X mereka bisa berkembang sehingga membuat saya berpikir bahwa ini bisa lebih menarik lagi dari sekarang, soal karakternya masih banyak yang belum ditampakan serta saya berharap terdapat karakter laki-laki pada anime ini yah jika tidak ada setidaknya ada karakter yang seperti laki-laki karena itu akan membuat anime ini lebih menarik lagi menurut saya.
  • Kesimpulan

Banyak hal yang menarik pada anime ini yang tidak bisa saya jelaskan, pada konsep cerita pun saya hanya membahas kekurangan animenya yang mengartikan sisanya adalah hal yang bagus pada anime ini. Anime ini sebenarnya bisa banget menjadi rekomendasi musim ini, anime ini sepertinya juga memiliki fanbase yang cukup bagus karena saat saya sedikit mencari informasi tentang anime ini saya menemukan banyak sekali informasi yang menarik serta menambah pengetahuan saya. (yah terimakasih web zxtcg.fandom.com )

Saya kurang begitu bisa membandingkan anime ini dengan pesaingnya yaitu Azur Lane yang hampir memiliki kesamaan, sebenarnya ini tergantung selera kalian memilih anime yang mana dari kedua tersebut tetapi menurut saya jika kalian memang menyukai anime macam begini maka kalian hanya perlu menonton keduanya saja karena kedua anime ini memiliki penyampaian cerita yang berbeda meski hampir sama, selain itu topik yang mereka bahas juga sangat berbeda jadi tidak ada yang perlu diperbedatkan mana yang lebih bagus dari dua anime ini.

Untuk anime ini sebenarnya tidak akan saya bahas lagi dikemudian hari, saya merasa anime ini akan semakin menarik di setiap episodenya dan jujur pantes banget buat dibahas nanti tetapi karena keterbatasan waktu serta saya ingin melakukan hal lain dalam blog ini membuat saya tidak membahasnya. Kita bisa membahas anime ini di kolom komentar pada artikel ini karena saya merasa masih banyak banget yang harus kita diskusikan tentang anime ini, pembahasan saya masih banyak yang kurang karena jujur saya masih kurang bisa mengikuti jalannya cerita ini secara penuh, hal itu mungkin terjadi karena saya yang memang tidak mengetahui komiknya bahkan gamenya jadi yah jadi susah sih bagi saya mengikuti ceritanya secara penuh karena masih banyak yang saya kurang paham soal anime ini hehe.


Mungkin sekian dari saya, mohon maaf jika masih banyak kesalahan serta kekurangan dalam pembahasan. Kritik serta Saran bisa banget kalian tulis di kolom komentar (Bye!!! Sehat Selalu…)

Posting Komentar untuk "Bahas Anime Z/X Code Reunion"

Berlangganan via Email