Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Bahas Pertengahan Cerita Anime Kabukichou Sherlock

Kabukicho Sherlock, sebuah anime yang membuat kita sadar bahwa kasus pembunuhan bisa muncul kapan saja, Waspadalah!!!

Hallo… seperti yang tertulis pada quote awal artikel ini, kali ini saya akan membahas anime yang telah berjalan 4 episode berjudul, “Kabukichou Sherlock”. Kabukichou Sherlock adalah serial televisi original yang diproduksi oleh Production IG yang tayang perdana pada 11 Oktober 2019 di blok pemrograman Animeisme. Mungkin tanpa banyak basa-basi mari kita mulai pembahasan animenya seperti biasa…
  • Konsep cerita

Anime ini menceritakan tentang sebuah daerah yang bernama Kabukicho yang di penuhi oleh orang-orang bermasalah, disana terdapat sekumpulan detektif yang selalu bersaing untuk menyelesaikan suatu kasus. Awal cerita diperlihatkan tokoh Watson yang datang ke Kabukicho untuk meminta bantuan detektif Sherlock Holmes untuk menyelesaikan kasusnya tetapi Holmes tidak tertarik dengan kasus tersebut dan membuat Watson menetap untuk terus meminta Holmes membantunya.

Saat awal menonton anime ini bahkan ketika pertama kali melihat anime ini sebenarnya saya masih berpikir soal konsep ceritanya, saya sempat mempunyai novel Sherlock Holmes tetapi hampir tidak pernah dibaca dan hanya beberapa bagian saja yang saya baca sehingga saya kurang tahu apakah di anime berdasar tentang kasus yang ada di novelnya atau dibuat secara original tetapi hampir sama dengan di novelnya atau memang benar-benar original. (mungkin bagi kalian yang benar-benar paham soal Sherlock Holmes bisa bantu saya menjawab hal ini)

Saat saya mencari sedikit informasi tentang anime ini sebenarnya hampir tidak banyak yang menjelaskan tentang konsep cerita yang dibuat pada anime ini tetapi banyak yang memberikan respon bahwa cerita anime ini menarik dan menurut saya sendiri memang menarik, jika persoalan tentang konsep yang diambil saya tidak ingin membahasnya terlalu banyak karena saya sendiri kurang begitu tahu tetapi soal cerita yang dijalankan pada cerita ini saya merasa ceritanya tidak berdasar dari novelnya tetapi tidak benar-benar original juga.

Ada kasus-kasus yang saya rasa pernah saya baca meski tidak benar-benar sesuai dengan yang saya baca juga sih, cerita anime ini sejujurnya sangat menarik tetapi karena memakai karakter dari novel Sherlock Holmes sehingga sedikit membuat orang berekspetasi tinggi tentang cerita anime ini dimana cerita yang dibuat tidak hanya menarik tetapi memang benar-benar bagus sehingga mungkin jika salah saja pembuatan bisa membuat orang yang menonton anime ini akan kecewa. Bagi saya dan penonton yang tidak begitu mengetahui soal Sherlock Holmes mungkin akan menikmati soal cerita anime ini karena memang benar-benar menarik tetapi bagi mereka yang mengetahui soal Sherlock Holmes mungkin akan lebih kritis dengan ceritanya karena mungkin akan membandingkannya dengan cerita novelnya.
  • Pesan yang bisa diambil dari anime ini

Satu hal yang paling saya suka disini adalah tentang Sherlock Holmes yang sifatnya tidak benar-benar berubah di sini, ketelitian serta sudut pandangnya itu selalu mengangumkan bagi saya sehingga itu membuat anime ini memberikan sebuah pesan untuk tidak melihat sebuah hal dari satu sisi saja tetapi dari banyak hal. Selain itu mungkin pesan yang paling mudah dipahami dan selalu ada di cerita detektif adalah soal, jangan pernah langsung menyimpulkan sesuatu tanpa alasan yang benar-benar jelas.
  • Hal yang menarik pada anime ini

Sebenarnya ada banyak hal yang menarik di anime ini tetapi mungkin saya akan lebih fokus kearah kasusnya dan komedinya karena menurut saya dua hal itu yang peling menonjol di anime ini.

Kasus, pada anime ini setiap kasus benar-benar diselesaikan dalam satu episode. Pada bagian ini sebenarnya bukan hal yang benar-benar menarik karena saya sendiri kurang puas akan ceritanya yang masih belum masuk kedalam inti permasalahannya, hingga saat ini saat saya menonton episode 4 saya masih merasa bahwa ceritanya masih tentang memperkenalkan karakter dan masih dasar banget belum benar-benar menyentuh inti permasalahannya, kasus yang disediakan sebenarnya menarik tetapi ada banyak hal yang membuat saya berpikir lalu merasa bahwa ini masih kurang. Saya sempat berpikir bahwa hal ini memang sengaja karena untuk membuat kita terbiasa terlebih dahulu dengan sifat karakternya sehingga ketika mereka mulai masuk kedalam inti permasalahan serta ceritanya, kita bisa mulai fokus ke kasusnya dan bukan ke karakternya karena kita telah paham dengan karakter-karakternya. (saya berharap sih hal ini benar)

Komedinya, sebenarnya saya sangat suka dengan cerita komedi yang disediakan pada anime ini dimana memang menarik untuk dinikmati tetapi sebenarnya cerita detektif seperti ini jika dibuat benar-benar serius mungkin akan lebih menarik, saat saya membaca novelnya saya menyukai Sherlock Holmes karena pemikiran serta ketelitian dalam kasus meski dia senang narkoba jika tidak ada kegiatan tetapi disini lebih dibuat unik serta lebih lucu. Saya kurang tahu sih apakah memang benar karakter Sherlock Holmes itu memang seorang yang unik bagaikan di animenya atau tidak tetapi menurut saya dengan karakter seperti di anime pun tidak terlalu buruk malah menjadi nilai plus dimana ini membuat kita benar-benar mengenal dengan karakter animenya.
  • Kesimpulan

Sebenarnya hal yang sulit menentukan anime ini bagus untuk menjadi rekomendasi atau tidak, bagi saya anime ini menarik karena saya cukup suka dengan cerita detektif serta komedi disini pun tidak terlalu buruk meski saya berharap bahwa cerita ini bisa lebih dibuat serius karena mungkin itu lebih membuat menegangkan. Hal yang berat sih membahas anime ini karena kurangnya pengetahuan saya soal Sherlock Holmes sehingga takutnya apa yang saya bahas ini benar-benar salah dan saya sendiri cukup hati-hati dalam pembahasan kali ini karena kali ini saya kekurangan informasi dalam pembahasan.

Bagi kalian yang menyukai cerita detektif maka kalian bisa banget menonton anime ini karena sebenarnya cerita serta racikan yang dibuat pada anime ini tidak jelek, banyak yang menarik ketika kalian menontonnya tetapi entah mengapa ketika saya melakukan pembahasan kali ini berasa banyak banget yang kurang serta tidak sesuai bayangan saya.

Anime ini seharusnya akan saya bahas lanjutannya karena pembahasan kali ini berasa kurang banget, mungkin pada akhir episode nanti saya akan lebih membahasnya secara lebih lengkap. Sampai sekarang saya belum tahu apakah anime ini berdasar tentang novelnya tidak tetapi saya rasa cukup berbeda selain itu kasus disini pun saya rasa tidak berdasar kasus-kasus yang sama dengan di novelnya meskipun saya kurang tahu juga karena kurangnya pengetahuan saya. (saya berharap ada yang bisa memberikan komentar atas pertanyaan saya untuk pembahasan ini atau mungkin saya akan lebih mencari tahu lebih tentang anime ini karena hingga sekarang saya masih mencari informasi secara sekilas saja)


Mungkin cukup sekian dari saya, mohon maaf jika terdapat banyak kekurangan serta kesalahan. Kritik dan Saran bisa banget kalian tulis di kolom komentar (Bye!!! Sehat selalu…)

Posting Komentar untuk "Bahas Pertengahan Cerita Anime Kabukichou Sherlock"

Berlangganan via Email