Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Bahas Anime Dr. Stone, Dr Spesialis Batu?


Dr. Stone, sebuah anime yang mengajarkan kita bahwa sains adalah sesuatu yang diciptakakan untuk menyelamatkan manusia…

Dr. Stone, adalah seri manga jepang yang ditulis oleh Riichiro Inagaki dan diilustrasikan oleh Boichi, mendapatkan serialisasi pada 6 Maret 2017 di Majalah Weekly Shounen Jump dan telah menerbitkan 13 Volume Trankoubon hingga bulan November 2019. Mendapatkan Adaptasi Anime yang diproduksi oleh TMS Entertainment yang ditayangkan dari 5 Juli hingga 13 Desember 2019 dengan total 24 Episode.
  • Cerita

Menceritakan tentang umat manusia yang tiba-tiba berubah menjadi patung karena cahaya misterius yang menyinari seluruh bumi. Para manusia yang terjebak menjadi batu mulai kehilangan kesadarannya dan peradaban modern pun mulai menghilang ditelan waktu. Setelah 3700 tahun, Taiju berhasil terbangun karena berhasil mempertahankan tekad untuk tetap hidup selama di dalam batu. Tak sendirian, ia bertemu kembali dengan sahabatnya yang sangat menyukai sains yaitu Senku, Senku telah terbangun lebih dahulu beberapa bulan sebelumnya. Mereka berdua akhirnya bertekad untuk membangkitkan manusia lainnya yang terjebak menjadi batu dan memulai kembali peradaban manusia dengan sains.

Beberapa hari ini atau tepatnya 3 hari ini saya menonton anime Dr. Stone dari awal hingga episode 24, sebuah anime yang menurut saya memang memiliki cerita yang menarik. Pada season pertama anime ini kita diceritakan awal umat manusia mengalami sebuah bencana menjadi batu dan bagaimana usaha seorang tokoh Taiju untuk bisa bangkit dari tidurnya lalu pada pertengahan cerita juga kita diceritakan bagaimana alur sebenarnya terjadi yaitu usaha Senku untuk bangkit dan ternyata alasan mengapa Taiju bisa bangkit sendiri pun ada campur tangan dari Senku.

Pada season satu ini kita mungkin lebih diceritakan soal usaha Senku untuk membangun kerajaan sains dan juga perkenalan masalah yang akan dihadapi Senku. Dicerita ini sebenarnya satu hal yang menarik adalah soal misteri-misteri yang masih sangat banyak sekali belum terpecahkan dan sejujurnya menarik untuk ditunggu kelanjutannya, di season pertama ini pun telah cukup banyak misteri yang mulai terungkap namun entah mengapa dari misteri yang terungkap itu menghasilkan lebih banyak misteri lainnya yang membuat saya atau mungkin kita yang menikmati animenya jadi penasaran dengan alur kelanjutannya.
  • Hal yang menarik pada anime ini

1. Komedi

Satu hal yang mungkin akan selalu saya bahas ketika menonton anime dan bagi saya sendiri komedi itu bagaikan sebuah penyedap dari sebuah hidangan yang membuat sebuah hidangan tidak terlalu memiliki rasa yang berlebihan. Pada anime ini terdapat komedi yang memang menarik untuk dinikmati, sesaat melihat cara penampilan komedinya saya sedikit mengingat tentang komedi yang dimiliki Eyeshield 21, hal itu terjadi mungkin karena memang penulisnya seorang yang sama jadi ciri khasnya masihlah sangat terasa.

Jujur penampilan komedi yang ditampilkan sebenarnya sangatlah sederhana namun tidak terduga membuat saya sendiri yang meskipun telah menebak komedinya tetapi masihlah tertawa karena memang menarik untuk disimak penampilan komedinya, selain itu memang cerita Dr. Stone ini memiliki sebuah alur cerita yang bisa membosankan jika tidak diracik dengan benar namun serial ini tidak karena memang racikannya itu sangatlah bagus, ketika muncul sebuah dialog serta scene yang membingungkan dan bisa tidak menarik, serial ini mampu menampilkan komedi yang membuat kita bisa cukup paham atau setidaknya menyimak.

2. Misteri

Anime ini menceritakan cukup banyak teka-teki yang masihlah sangat misterius bagi kita, saya tidak tahu apakah di komiknya sudah dibahas alasan munculnya cahaya yang membuat orang-orang menjadi batu namun jika belum maka mungkin itulah misteri yang paling menarik untuk dibahas nantinya karena jujur saya sangat ingin mengetahui soal hal itu, setelah pembahasan ini pun mungkin saya akan membaca komiknya untuk mengetahui ceritanya lebih jelas hehe.

Namun selain soal misteri itu terdapat misteri lain yang cukup membuat saya berpikir yaitu tentang bagaimana alur cerita ini berjalan, membahas latar tempat yang telah benar-benar berubah dari yang awalnya modern kembali ke zaman batu itu membuat saya berpikir akan seperti apa cerita ini berjalan dan mengingat sebuah cerita tidak akan menarik jika tidak memiliki musuh yang semakin sulit dan permasalahan yang semakin besar khas majalah Shounen Jump itu pasti akan membosankan jadi saya berpikir mungkin permasalahan yang akan dihadapi dalam alur ini dari segi musuh ataupun masalahnya pasti akan sangatlah semakin sulit dan harusnya sih bakal lebih menarik. (Pemikiran-pemikiran seperti inilah yang membuat saya benar-benar ingin membaca komiknya hehe)

3. Pesan yang disampaikan

Satu hal yang memang menarik jika kita membahas cerita ini yaitu soal genrenya yang merupakan Science Fiction, yang memfokuskan diri kepada sains dan membuat kita mendapat cukup banyak pengetahuan soal sains terutama bagi saya yang dulu saat SMA hingga kuliah sekarang tidak pernah mempelajari sains menjadi cukup mengetahui hal-hal yang terdengar sangat asing namun jadi tidak begitu asing lagi yah meskipun tetap saja kurang begitu saya mengerti hehe.
Selain itu pesan yang paling saya dapatkan tentang anime ini adalah soal sebuah usaha untuk tidak menyerah yang memang benar-benar khas manga Shounen, disaat orang yang benar-benar menyukai sains harus berada di wilayah yang benar-benar tidak memiliki sains itu merupakan sebuah kondisi yang sangat memprihatinkan dan tokoh tersebut yang seharusnya menyerah saja dan lebih mementingkan untuk bertahan hidup malah berpikir untuk tidak menyerah adalah sebuah hal yang benar-benar membekas di pikiran saya. Pesan yang mengatakan untuk tidak menyerah pada sebuah kondisi adalah pesan yang benar-benar saya ambil pada alur cerita ini.
  • Kesimpulan

Anime ini seperti yang saya bahas di paragraph-paragraph diatas telah mengatakan bahwa memang serial ini menarik, jika berbicara tahun ini yang akan berganti 10 hari lagi maka saya akan mengatakan bahwa anime ini adalah salah satu anime yang benar-benar menarik untuk ditonton pada tahun 2019. Tidak ada satu hal yang menurut saya tidak menarik dari anime ini karena sejujurnya alur yang dibawa itu jelas arahnya dan jika kita membahas soal kata-kata sains yang kurang dimengerti itu sebenarnya jika tidak kita perdulikan pun masihlah bisa untuk diikuti, kata-kata sains itu lebih ke arah sebuah ilmu yang mau diambil atau tidak pun tidak begitu memperngaruhi alur karena di dalam ceritanya sendiri tokoh-tokoh banyak yang tidak memahami jadi memang disini hal itu lebih kepada kata pelengkap saja agar membuat dialognya lebih masuk akal dan dapat diterima bagi yang memang paham.

Anime ini bisa dinikmati semua kalangan dan saya sendiri menyarankan bagi yang masih SMP atau mungkin SMA yang memang menyukai sains untuk menikmati serial ini karena memang menarik, dan bagi yang tidak suka sains mungkin akan jadi menyukai ilmu sains karena dengan cerita ini mungkin kalian yang masih sekolah dan membenci sebuah pelajaran sains jadi menyukainya karena ilmu ini bagi saya sendiri cukup penting dan seperti yang diceritakan di anime ini sains sebuah hal yang memang sangat memperngaruhi kehidupan manusia. (di cerita ini saya sempat berpikir mungkin penyihir yang dulu ada itu adalah sebuah ilmuwan namun karena belum ada kata-kata ilmuwan jadilah mereka disebut penyihir, jujur dengan cerita ini membuat saya lebih memiliki cukup banyak informasi)

Mungkin sekian dari saya, bagi kalian yang merasa bahwa pembahasan saya ada yang kurang atau mungkin salah, bisa banget kalian tulis di komentar untuk menjadi informasi tambahan atau koreksi bagi saya maupun orang pembaca yang membaca artikel ini namun belum menonton animenya. (kolom komentar selalu banget pengen saya jadikan sebuah tempat diskusi terbuka hehe)


Sekian dari saya, kritik dan saran bisa banget kalian tulis di kolom komentar (Bye!!! Sehat Selalu…)

Posting Komentar untuk "Bahas Anime Dr. Stone, Dr Spesialis Batu?"

Berlangganan via Email