Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Talk Admin Edisi 4: Pulang Pengabdian Masyarakat

Hallo!!! Selamat Malam untuk kalian semua... Semoga kalian semua sehat selalu dan bagi yang sakit semoga bisa cepat sembuh dan mungkin tulisan-tulisan saya bisa membuat kalian terhibur...

Pada Talk Admin kali ini mungkin akan menjadi lanjutan dari Talk Admin sebelumnya yang menyinggung soal saya yang tidak bisa post sekitar seminggu kemarin dan baru hari ini saya kembali post karena baru selesai Program Pengabdian Masyarakat yang diadakan kampus dari tanggal 25 Nov-1 Des kemarin. Ada banyak hal yang sebenarnya ingin saya tulis namun karena tidak begitu nyambung dengan Blog jadi hanya beberapa hal yang mungkin akan saya bahas hehe.

Pada seminggu kemarin pada Program Pengabdian Masyarakat sebenarnya saya telah berencana membuat draft untuk post tetapi tidak jadi saya buat karena draft-draft yang saya buat itu adalah rangkuman-rangkuman materi pendidikan jadi mungkin jika saya post tidak begitu menarik jadi saya lebih memutuskan untuk meliburkan kegiatan blog saja. Seminggu kemarin pun sebenarnya cukup banyak jam-jam kosong pada program tersebut namun karena kurangnya sinyal internet dan juga saya takut tumbang karena sakit jadi saya tidak ingin memaksakan diri, ohiya pada program tersebut saya datang ke sebuah dusun bernama Awilega desa Genteng, Kecamatan Sukasari, Kabupaten Sumedang.

Ada banyak hal yang saya pelajari pada program tersebut dan bagi kalian mungkin yang sedang kuliah atau akan kuliah nantinya jika ada program Pengabdian Masyarakat cobalah buat daftar karena kegiatan tersebut baik untuk diri kalian, disana sebenarnya tugas kita sebagai mahasiswa adalah membantu masyarakat namun siapa sangka kita pun dari membantu kegiatan tersebut malah mendapatkan sebuah pembelajaran sendiri. Pada awal mendaftar saya selalu berpikir apa seorang seperti saya ini cocok ikut program tersebut dan ketika sudah pada hari dimana saya mulai menjalankan program tersebut perasaan gelisah dan berbagai keraguan saya ternyata hilang karena banyak banget orang-orang yang ternyata membantu dan membuat program tersebut berjalan dengan baik. Pada program kemarin saya berada pada bidang Sosial yang bekerja lebih ke masyarakat sehingga membuat saya lebih dekat ke warga-warga di dusun tersebut dan membuat saya belajar cukup banyak hal terutama tentang sebuah pemikiran, selain itu pada program tersebut saya bisa cukup mendapatkan banyak pengalaman dari teman-teman yang sebelum kegiatan tidak saling kenal dan mulai kenal setelah kegiatan berjalan, orang-orang yang merupakan aktivis muda di kampus yang biasanya tidak mungkin saya liat karena saya mahasiswa biasa ternyata bisa berdiskusi dan cukup belajar banyak juga dari teman-teman tersebut. (di kelompok itu keliatan banget saya yang paling tidak berguna tetapi yang hebatnya mereka memaklumi dan tidak menekan banyaknya kekurangan serta kesalahan saya) Pada kegiatan itu saya belajar selain dengan warga sekitar juga dengan teman-teman yang merupakan aktivis kampus, saya sebenarnya tidak begitu mengobrol banyak dengan mereka tetapi dengan mendengarkan obrolan-obrolan mereka ternyata membuat saya sedikit mencuri ilmunya hehe. Program seperti ini bagi kalian yang merasa tidak bisa cobalah untuk ikut karena disini tidak dituntut untuk bekerja individu dimana kalian haruslah ahli tetapi kerja sama secara kelompok dimana jika ada satu orang yang salah bisa diperbaiki oleh yang lain. (tidak ada yang perlu ditakutkan dari Pengabdian Masyarakan jika tujuan kalian memanglah benar hehe)

Inti Talk Admin kali ini pun saya lebih ingin menginformasikan bahwa minggu ini mungkin saya belum bisa menjalankan blog dengan efektif karena masih bergelut dengan tugas-tugas yang saya tinggalkan seminggu kemarin dan pengumpulan materi pembahasan juga, saya usahakan mulai minggu depan kegiatan blog berjalan dengan lancar karena pada minggu depan saya tidak ada acara apapun dan hanya kuliah saja jadi kegiatan Blog bisa lebih di fokuskan kembali berbeda dengan minggu-minggu kemarin yang sibuk dengan acara dan UTS hehe.

Ada banyak banget yang ingin saya tuangkan pada Talk Admin kali ini tetapi tidak bisa saya ketik karena seperti sebelumnya saya katakan bahwa apa yang saya tulis banyak hal itu tidak ada sangkut pautnya dengan Blog jadi mungkin hanya segini saja hehe. (sebenarnya saya ingin memasukan juga foto-foto saya pada minggu kemari saat Pengabdian Masyarakat namun karena tidak begitu menarik jadi tidak saya masukan hehe lagipula gak penting juga kan lihat foto saya di Talk Admin hehe)

Bye!!! Sehat Selalu...

3 Desember 2019

Ronald Nanda

Posting Komentar untuk "Talk Admin Edisi 4: Pulang Pengabdian Masyarakat"

Berlangganan via Email