Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Bahas Anime Rikei ga Koi ni Ochita no de Shoumei Shite Mita, Sebuah Anime Komedi Cinta dengan Bumbu Sains


Rikei ga Koi ni Ochita no de Shoumei Shite Mita, sebuah anime yang memperlihatkan kepada kita bahwa membuktikan cinta menggunakan sains itu hal yang sulit…

Rikei ga Koi ni Ochita no de Shoumei Shite Mita atau dalam bahasa inggris Science fell in Love, So I Tried to Prove it merupakan seri manga komedi roman jepang yang dibuat oleh Alifred Yamamoto, diserialisasikan secara online oleh Flex Comix pada website Comic Meteor dari 2016 dan telah menghasilkan empat volume Tankoubon. Mendapatkan adaptasi drama berjumlah empat episode yang ditayangkan mulai 1 September hingga 22 September 2018, dan mendapatkan adaptasi film live-action yang tayang perdana pada 1 Februari 2019. Rikei ga Koi ni Ochita no de Shoumei Shite Mita mendapatkan adaptasi serial anime yang diproduksi oleh Studio Zero-G dan tayang perdana pada 10 Januari 2020.

Cerita

Rikei ga Koi ni Ochita no de Shoumei Shite Mita, memiliki plot cerita tentang Yukimura Shinya dan Himuro Ayame yang merupakan dua ilmuwan yang ingin mengetahui apakah cinta dapat diselesaikan dengan teori ilmiah. Kedua ilmuwan ini memiliki perasaan suka satu sama lain dan ingin dapat mengetahui perasaan mereka melalui fakta teoritis yang jelas. Dengan kesempatan yang sempurna itu, kedua ilmuwan ini akan berusaha memecahkan teori cinta yang telah mereka ungkapkan.

Rikei ga Koi ni Ochita no de Shoumei Shite Mita, sebuah anime yang mungkin dibilang unik…. (Banget) dan dibilang aneh juga….. (Banget), yang jika saya lihat dari ceritanya ini memang merupakan sebuah cerita komedi romantis antara mahasiswa dan mahasiswi jurusan sains. Cerita pada anime ini hingga episode 3 masihlah sangat terfokus dengan kisah dua orang tersebut dan mungkin akan terus seperti itu meskipun saya berpikir mungkin akan ada selingan kisah cinta yang terjalin di karakter lain karena jika tidak maka anime ini akan sedikit menimbulkan tanda tanya bagi beberapa penonton.

Dilihat dari segi cerita per-episode pada anime ini di satu episodenya memiliki beberapa potongan cerita dan dari setiap potongan itu memiliki fokus ceritanya sendiri namun meskipun dalam satu episode tersebut terpotong-potong tetapi masihlah berurutan. Saat awalnya saya berpikir anime ini akan seperti anime slice of life dimana alur ceritanya tidak begitu jelas di setiap bagiannya namun ternyata alur cerita pada anime ini cukup jelas dan membuat saya cukup berpikir bahwa anime bisa dikatakan anime slice of life namun juga tidak, jadi hal ini mungkin bisa kalian pikirkan sendiri atau nanti kita bahas lebih lanjut di kolom komentar hehe.

Dari segi cerita, sebenarnya saya sangat suka dengan cerita di anime ini dan sebenarnya banyak hal yang unik serta aneh terlihat di anime ini tetapi masihlah masuk akal, secara penyampaian informasi pun sebenarnya anime ini masihlah cukup bagus karena ada beberapa kata yang meskipun terdengar asing di telinga kita dapat dijelaskan secara langsung seperti di percakapan karakternya atau secara tidak langsung seperti dijelaskan oleh maskot anime ini.

Anime ini telah terbit hingga episode 3, sebenarnya saya tidak tahu mengapa bisa anime ini langsung menerbitkan tiga episode langsung di tanggal yang sama tetapi dengan munculnya tiga episode tersebut membuat saya sebagai penonton cukup puas dan senang. Saat menonton episode satu sebenarnya saya kurang begitu bisa mengikuti ceritanya dan merasa tidak tertarik namun setelah menonton episode kedua lalu ketiga membuat saya mulai suka dengan cerita anime ini dan satu hal yang bagus dari cerita anime ini adalah soal alurnya yang dibuat dengan rapih entah dari mulai perkenalan karakter dan fokus di setiap episodenya sehingga membuat kita sebagai penonton terutama saya yang tidak paham sains bisa mengikuti alurnya dengan baik.

Pesan yang terkandung pada anime ini

Dari sudut pandang saya yang menonton anime ini dan berpikir-pikir tentang pesan di anime ini, saya berpikir bahwa anime ini memberi sebuah pesan kepada saya untuk bisa lebih memahami sebuah cinta. Anime ini telah memperlihatkan bahwa dua orang tersebut saling mencintai tapi mereka masihlah belum bisa yakin bahwa itu memang benar cinta atau hanya sebatas perasaan yang tidak jelas karena masihlah banyak yang perlu dipertimbangkan.

Jika saya pikir-pikir terutama saat mengingat masa sekolah dulu, saya sempat menyukai seseorang tapi perasaan tersebut hilang seiring berjalannya waktu bahkan ketika sempat beberapa kali bertemu lalu mengobrol pun biasa saja. Pada kejadian itu jika dipikir-pikir mungkin memiliki keterkaitan dengan paragraph diatas, yaitu soal lebih memikirkan perasaan itu sendiri dimana ketika kita menyukai seseorang, hal yang perlu kita pikirkan adalah tentang perasaan kita, apakah benar perasaan suka atau hanya perasaan yang tidak jelas saja.

Saat dulu saya suka mungkin hanya sebatas penampilannya saja sehingga ketika saya menemukan seorang yang lebih maka perasaan tersebut mungkin hilang, anime ini menampilkan kepada kita bahwa banyak sekali faktor yang harus diperlukan jika kita memang benar-benar mencintai seseorang dan disini saya sendiri mendapat sebuah pesan jika saya menyukai seseorang maka ada perlu banyak hal yang perlu saya pertimbangkan untuk menyakinkan perasaan tersebut.

Pada pesan ini cukup banyak curhatan dan sebuah kalimat yang kurang jelas tapi semoga dapat kalian pahami, namun jika disimpulkan maka intinya itu perasaan suka itu suatu hal yang rumit dan perlu kita pahami secara jelas karena bukan hal yang baik juga bukan jika memang nanti kita berpacaran yang awalnya memang suka kepada pasangan kita itu namun kelamaan menjadi biasa saja, jika memang kita jelas menyukainya maka kita akan selalu menyukainya dan itu akan menjadi suatu yang membahagiakan.

Hal yang menarik pada anime ini

Jika kita berbicara soal yang menarik pada anime ini sebenarnya ada dua hal yang menurut saya menarik pada anime ini yaitu soal karakter serta komedi yang dibuat. Jika berbicara soal karakter, saya selalu mengatakan bahwa keunikan karakter itu adalah suatu hal yang penting karena dengan keunikan tersebut membuat kita semakin tertarik dengan serial tersebut dan meskipun ada saatnya cerita tersebut memasuki cerita yang datar maka peran karakter dapat membuat cerita datar tersebut lebih berwarna.

Jika berbicara komedinya, maka hal ini merupakan suatu hal yang menurut saya sangat menarik karena di sini ada dua hal yang selalu saya tuliskan yaitu soal keunikan dan keanehan yang ditampilkan sehingga cukup membuat kita tertawa, komedi yang dibuat dari dialog antar tokoh disini pun sangatlah menarik untuk dinikmati selain itu banyak hal-hal lain yang dijadikan komedi di anime ini yang membuatnya menarik untuk kalian nikmati. (saya tidak bisa menjelaskannya satu-satu hehe)

Kesimpulan

Anime ini secara keseluruhan menarik untuk kalian nikmati, menurut saya baik perempuan atau laki-laki akan menyukai anime ini karena memang menarik dan mungkin akan cukup banyak penonton perempuan yang menikmati anime ini, anime ini mungkin bisa dijadikan sebuah rekomendasi musim ini meskipun saya masih kurang yakin apakah bisa saya putuskan sebagai top 10 rekomendasi anime baru musim ini karena masih banyak banget anime baru yang belum saya tonton dan jika dilihat-lihat dari covernya menarik.

Anime ini mungkin hanya akan saya bahas di artikel ini saja dan tidak ada artikel lanjutan, sebenarnya saya berpikir anime ini akan sangat baik jika dinikmati pada musim summer namun mungkin ada banyak alasan mengapa di terbitkan musim ini, saya sih merekomendasikan kalian menontonnya saat liburan karena itu waktu terbaik untuk menonton anime komedi seperti ini. Ada banyak pembahasan yang mungkin salah atau kurang pada artikel ini, mungkin kita bisa lanjutkan pembahasan yang salah atau kurang tersebut di kolom komentar sehingga bisa kita jadikan sebuah wadah untuk berdiskusi.

Mungkin cukup sekian dari saya dan terimakasih…


Bye!!! Sehat Selalu…

Posting Komentar untuk "Bahas Anime Rikei ga Koi ni Ochita no de Shoumei Shite Mita, Sebuah Anime Komedi Cinta dengan Bumbu Sains"

Berlangganan via Email