Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Bahas Infinite Dendrogram, Sebuah Anime Umum Namun Memiliki Nuansa Yang Baru

Copyright ©Sakon Kaidou, Taiki/Hobby Japan, Infinite Dendrogram production committe

Infinite Dendrogram, sebuah anime yang memperlihatkan kepada kita jika semangat merupakan faktor utama untuk terus hidup...

Infinite Dendrogram adalah light novel jepang yang ditulis oleh Sakon Kaidou dan diilustrasikan oleh Taiki, yang awalnya diserialisasikan secara online pada tahun 2015 di website Shousetsuka ni Narou dan kemudian di akuisisi oleh publisher Hobby Japan, cetakan pertama terbit pada Oktober 2016 dan hingga bulan Oktober 2019 telah menerbitkan sebelas volume. Infinite Dendrogram mendapatkan adaptasi manga yang diilustrasikan oleh Kami Imai yang diserialisasikan secara online pada website Japan’s Comic Fire dari tahun 2016 dan telah menghasilkan enam volume. Serial ini mendapatkan adaptasi anime yang di produksi oleh NAZ dan tayang perdana pada 9 Januari 2020.

Cerita

Infinite Dendrogram memiliki plot tentang. Pada tahun 2043, VRMMORPG bernama Infinite Dendrogram rilis, merupakan sebuah game yang dapat mensimulasikan kemampuan pemain dengan panca indera yang dimiliki di dunia nyatanya. Sudah hampir dua tahun game berjalan, Reiji Mukudori baru dapat masuk serta bermain game tersebut, ia memilih nama “Ray Starling” di game tersebut dan dimulailah perjalanannya di dunia Infinite Dendrogram.

Infinite Dendrogram, sebuah anime yang menurut saya menarik dan ceritanya pun mudah diikuti. Bagi anime yang memiliki genre yang saat ini umum anime ini mampu menampilkan sebuah cerita dengan alur yang menarik untuk diikuti, di setiap episodenya sendiri selalu memunculkan hal-hal baru yang membuat kita semakin tertarik untuk menyaksikan anime ini, lalu pada setiap akhir episodenya sendiri selalu menampilkan sebuah scene yang cukup membuat kita sebagai penonton penasaran.

Anime ini menceritakan tentang sebuah game dan penyampaian informasi itu merupakan salah satu hal yang penting dan perlu disampaikan dengan baik agar kita sebagai penonton dapat mengerti tentang apa yang dilakukan tokoh tersebut, anime ini menurut saya pribadi dapat memberikan informasi dengan baik dan penyampaian informasinya sendiri pun dijelaskan pada bagian-bagian yang tepat. Ada beberapa anime yang bertemakan seperti anime ini menyampaikan informasinya pada episode pertamanya saja tetapi dibuat secara jelas dan lengkap sehingga kita sebagai penonton dibuat mengerti dulu tentang sistematis serta aturan dari anime tersebut, tetapi untuk anime Infinite Dendrogram tidak seperti itu, ia lebih menampilkan dulu adegannya barulah disampaikan informasinya sehingga setiap episodenya selalu memunculkan informasi baru dan itu merupakan hal yang bagus terutama bagi penonton yang kurang begitu paham soal game.

Berdasarkan ceritanya yang telah sampai episode empat, anime ini menurut saya bagus dan belum ada hal yang kurang sih, mungkin terdapat banyak hal yang belum jelas mengenai alur utama anime ini namun di setiap episodenya seperti memunculkan sebuah clue yang dapat membuat kita berpikir-pikir mengenai musuh yang akan dihadapinya serta masalah apa saja yang mungkin dihadapi sehingga menciptakan sebuah alur utama dari anime ini.

Hal paling menarik mungkin dari cerita anime ini adalah soal unsur-unsur game yang sangatlah kuat tetapi dibuat masuk akal, dari latarnya sendiri anime ini sangatlah bagus serta tidak dibuat berlebihan, dan mungkin banyak hal yang baru di anime ini yang membuatnya berbeda dengan anime yang sejenis dengannya.

Pesan

Selama ada semangat dan keinginan pastilah terdapat jalan, mungkin itulah salah satu pesan yang bisa saya pikirkan ketika menonton anime ini. Hal yang cukup unik dan memang bagus dari anime ini adalah karakter utama yang merupakan pemain baru dan masih belum memiliki apa-apa, di beberapa adegan karakter ini diperlihatkan masih lemah ketika menghadapi monster bahkan dibuat hampir kalah tetapi ia masih bisa memiliki semangat dan keinginan untuk bertarung lalu kemudian munculah jalan untuk membuatnya bisa mengalahkan monster tersebut.

Hal Yang Menarik Dari Anime

Komedi yang tersaji di anime ini cukuplah menarik untuk dinikmati dan juga membuat anime ini terasa ringan untuk dinikmati, soal komedi sendiri anime ini hampir menampilkan di bagian-bagian yang tepat seperti setelah adegan yang serius atau disaat obrolan dan adegan yang membosankan. Cukup banyak hal yang dibuat menjadi menarik dan membuat kita menikmati setiap adegan di anime ini dari komedinya sehingga kita tidak merasakan hal-hal yang membosankan ketika menikmati anime ini.

Satu hal lain yang menarik dari anime ini selain soal komedinya adalah soal karakternya, berbicara dari karakter utama anime ini sendiri sebenarnya dibuat memiliki potensi besar dan berbakat tetapi perkembangan kekuatannya dibuat secara bertahap sehingga membuat karakter ini menarik untuk kita lihat perkembangannya yang awalnya lemah kemudian menjadi kuat, selain karakter utama sendiri ada banyak karakter-karakter yang menarik di anime ini dan membuat kita tidak hanya terpaku ke tokoh utamanya saja tetapi bisa ke karakter lain.

Kesimpulan

Masih banyak hal yang masih saya pikirkan mengenai anime ini tapi sepertinya tidak perlu saya sampaikan di artikel ini, anime ini secara keseluruhan menarik untuk dinikmati dan hampir tidak ada yang menurut saya buruk di anime ini. Bagi saya yang cukup kurang tertarik dengan anime tema fantasi, anime ini bagus dan menarik untuk saya tonton namun entah mengapa pada pembahasan artikel ini saya cukup bingung ingin membahas hal apa mengenai anime ini.

Saya sempat membaca komentar bahwa jika ingin mengikuti anime ini dengan jelas maka kita perlu membaca novelnya, sebenarnya komentar seperti itu cukup benar karena mungkin salah satu alasan anime ini dibuat sendiri untuk membuat kita tertarik dengan novelnya dan itu merupakan hal yang wajar yang biasa terjadi di indrustri anime. Saya sebenarnya ingin juga membaca novelnya sebelum membahas ini tapi karena kemampuan membaca cepat serta pemahaman saya yang kurang membuat saya tidak jadi membacanya, selain itu mungkin akan sangat spoiler jika saya membahasnya tidak berdasar animenya jadi yah saya nonton animenya aja. (alasannya begitu....)

Saya yakin banget ada banyak pembahasan yang kali ini kurang atau mungkin salah, mungkin bagi kalian yang membaca novelnya dan memiliki lebih banyak informasi bisa banget komentar dibawah jika merasa artikel saya ada yang kurang atau salah karena itu membantu banget, untuk anime ini sendiri saya tidak ada rencana untuk membuat artikel lanjutannya karena merasa artikel ini saja sudah cukup banget dan mungkin bisa kita teruskan pembahasan anime ini di kolom komentar sebagai wadah diskusi sepeti biasa saja hehe.

Sekian Dari Saya dan Terimakasih...

Bye!!! Sehat Selalu...

Posting Komentar untuk "Bahas Infinite Dendrogram, Sebuah Anime Umum Namun Memiliki Nuansa Yang Baru"

Berlangganan via Email