Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Bahas Murenase! Seton Gakuen, Sebuah Anime Yang Mengangkat Isu Perbedaan Antar Ras

Copyright ©Bungo Yamashita/Cygames' Cycomi, Murenase! Seton Gakuen production committe

Murenase! Seton Gakuen, sebuah Anime yang memperlihatkan kepada kita bahwa kisah cinta berbeda ras dapat terjadi...

Murenase! Seton Gakuen adalah manga Jepang yang dibuat oleh Bungo Yamashita, diserialisasikan secara online pada web serta aplikasi Cygames' Cycomi manga pada Mei 2016 hingga sekarang dan telah diterbitkan sebanyak 7 volume oleh Penerbit Kodansha (2016-2018) lalu oleh Shogakukan (2019-sekarang). Mendapatkan adaptasi Anime yang diproduksi oleh Studio Gokumi dan tayang perdana pada 7 Januari 2020.

Cerita

Murenase! Seton Gakuen, memiliki plot. Karena penurunan populasi, ada lebih sedikit manusia daripada hewan humanoid. Jin Mazama adalah anak manusia yang menjadi murid di Seton Academy di mana sebagian besar siswanya adalah binatang. Jin tertarik kepada salah seorang gadis manusia bernama Hino Hitomi, sayangnya Jin menarik perhatian hewan lain bernama Ranka Oukami yang merupakan seekor gadis serigala penyendiri dan ingin membentuk kelompok dengan Jin.

Murenase! Seton Gakuen, sebuah anime yang sebenarnya telah sempat saya baca manganya saat dulu namun hanya sempat membacanya saja dan mungkin jika diingat-ingat saya hanya mengikuti ceritanya hingga episode 3 di animenya ini lalu sisanya saya tidak lanjut membacanya hehe.

Cerita mengenai serial ini menurut pendapat saya cukup menarik dan dari alurnya sendiri cukup sederhana serta mudah untuk dinikmati oleh semua kalangan. ketika ingin membahas anime ini sendiri, saya sempat membaca komentar-komentar mengenai keanehan serta latar yang tidak jelas pada anime ini.

Sebenarnya berbicara soal keanehan di cerita yang mendetail seperti daging yang dimakan atau mengapa hanya sedikit manusia atau mengapa karakter perempuan saja yang dibuat moefikasi sedangkan laki-laki tidak itu merupakan hal-hal yang tidak begitu berdampak pada cerita yang ingin disajikan, sehingga bagi saya sendiri penjelasan mengenai hal-hal seperti itu tidak begitu penting dan hanya membuat cerita ini lebih mendetail saja namun tidak berdampak apapun.

Sebenarnya ada banyak hal yang mendetail yang dijelaskan pada anime ini untuk menghasilkan dampak besar pada cerita misal salah satunya yaitu keunikan koala yang berdampak pada penyelesaian masalah pada pokok cerita. Jadi soal keanehan atau detail cerita itu tergantung pada dampaknya di cerita, misal tidak begitu berdampak besar maka lebih baik di acuhkan saja tapi jika berdampak pada cerita maka informasi atau hal-hal detail itu perlu dijelaskan. (Hal ini dijelaskan mungkin lebih kepada menjawab komentar-komentar kritis yang sempat saya baca)

Anime ini berdasarkan berita dari beberapa artikel yang saya baca memiliki genre Komedi dan Sekolah, mengenai genre seperti ini mungkin bagi kalian yang telah sering menikmatinya maka mengetahui, jika di setiap episodenya selalu menampilkan dua atau lebih pokok bahasan, dan soal permasalahannya maka lebih kepada masalah-masalah sederhana dan ringan untuk dilihat.

Berbicara sedikit soal pokok pembahasan pada anime ini sendiri, anime ini menyajikan pokok pembahasan yang saling berkaitan dan berhubungan sehingga pokok pembahasan sebelumnya memiliki dampak pada kelanjutannya.

Secara keseluruhan, cerita pada anime ini menarik untuk dinikmati karena menyajikan cerita yang memang menarik dan mudah untuk diikuti, soal berbicara tentang detail cerita itu tergantung pada apakah berdampak atau tidaknya detail tersebut dengan alurnya namun bagi saya sendiri anime ini cukup detail dalam pembuatan ceritanya.

Pesan Yang Ada Pada Anime Ini

Ketika menikmati cerita ini entah anime atau manganya saya selalu berpikir bahwa pesan yang paling terlihat pada anime ini adalah soal hubungan antar ras. Hingga saat ini dan mungkin entah kapan, permasalahan soal perbedaan ras itu merupakan hal yang tidak pernah dapat selesai dan entah mengapa ketika melihat cerita ini saya selalu berpikir bahwa hubungan manusia akan sangatlah baik jika perbedaan antar ras itu tidak ada.


Salah satu hal yang terlihat di anime ini mengenai isu ras adalah soal kelompok pergaulan hewan yang hanya ingin satu ras dan ketika melihat ada yang berbeda ras membentuk kelompok akan sangat terlihat aneh, percaya atau tidak hal seperti itu masihlah ada hingga saat ini dan di lingkungan saya sendiri hal sepeti ini masih terlihat.

Saya selalu menyukai isu ras ini dan ketika di tampilkan pada anime, saya selalu berharap bahwa isu yang diangkat di anime dapat menghasilkan pesan yang berdampak positif pada penontonnya. Untuk anime ini sendiri saya berharap dapat menghasilkan pesan untuk bisa berhubungan dengan ras yang berbeda dan kalo bisa sih membuat isu rasisme berkurang.

Hal yang menarik pada anime ini

  • Komedi
Salah satu hal yang bakal selalu saya bahas karena ini salah satu hal yang paling saya nikmati ketika menonton anime, pada anime ini komedi yang ditampilkan itu sangatlah menarik dan lucu, dari dialognya atau tingkah laku tokoh dapat menghasilkan komedi yang menarik untuk dinikmati namun dari cerita sendiri pun menghasilkan komedinya juga, jadi intinya komedi pada anime ini dapat dibangun dari berbagai hal dan menghasilkan tawa bagi yang dapat menikmatinya.

  • Karakter
Soal karakter mungkin sempat saya singgung di pembahasan cerita yaitu tentang para betina yang dibuat moefikasi namun untuk para jantan hanya dibuat bisa berjalan seperti manusia saja namun penampilan seperti biasanya saja. Sebenarnya hal yang menariknya itu soal moefikasi para betinanya serta keunikan dari setiap hewan-hewan tersebut misal soal moefikasi Kukang yang dibuat sangatlah menarik atau lebih tepatnya imut (Kawai...) namun memiliki sikap ingin bisa bergerak bebas.


Kesimpulan

Anime ini secara keseluruhan menarik untuk dinikmati, saya pun merekomendasikan anime ini di musim ini karena ada banyak banget hal yang membuat anime ini bagus untuk dinikmati. Saya sendiri sebenarnya saat dulu ingin mengikuti serial ini versi manganya namun karena berbagai alasan, saya tidak bisa menyempatkan waktu membaca serial ini hehe.

Anime ini sendiri saya rekomendasikan untuk dinikmati di saat-saat liburan atau mungkin di waktu santai, anime ini sendiri pun bisa kalian koleksi dan bagi team batch anime ini bisa banget kok dijadikan pilihan untuk kalian nikmati di akhir musim nanti.

Anime ini hanya akan dibahas pada artikel ini dan saya memang tidak berencana untuk membahas anime ini di kemudian hari, ada banyak banget hal-hal yang belum terbahas pada artikel ini namun dapat saya atau bahkan kalian bisa lanjutkan di kolom komentar. Saya selalu menjadikan kolom komentar sebagai wadah untuk berdiskusi jadi bagi kalian yang memiliki info lebih bisa banget share informasi kalian tapi jangan spoiler aja karena saya sendiri di setiap artikel selalu berusaha untuk tidak spoiler dan membahas secara umumnya saja hehe.


Sekian Dari Saya dan Terimakasih...

Bye!!! Sehat Selalu...

Posting Komentar untuk "Bahas Murenase! Seton Gakuen, Sebuah Anime Yang Mengangkat Isu Perbedaan Antar Ras"

Berlangganan via Email