Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Bahas Kyokou Suiri, Sebuah Anime Dengan Cerita Unik dan Berani...

Copyright ©Kyo Shirodaira, Hiro Kyohara/Kodansha, Kyokou Suiri production committe

Kyokou Suiri, sebuah anime yang memperlihatkan kepada kita bahwa manusia itu bisa menjadi makhluk yang mengerikan...

Kyokou Suiri atau In/Spectre adalah sebuah novel Jepang yang ditulis oleh Kyo Shirodaira dan diilustrasikan oleh Hiro Kyohara lalu pada volume dua diilustrasikan oleh Chasiba Katase, diserialisasikan oleh Kodansha. Mendapatkan adaptasi manga yang diilustrasikan oleh Chasiba Katase pada April 2015 di Kodansha’s Shonen Manga majalah Shonen Magazine R lalu pada Oktober 2019 dipindahkan ke majalah Monthly Shonen Magazine dan telah menghasilkan sembilan volume tankoubon, Kyokou Suiri mendapatkan adaptasi serial anime yang di produksi oleh Brain’s Base dan tayang perdana pada 11 Januari 2020.

Cerita

Kyokou Suiri memiliki sinopsis tentang, Kotoko Iwanaga yang pada usia 11 tahun diculik oleh youkai selama dua minggu dan diminta untuk menjadi “dewa kebijaksanaan”, yaitu seorang perantara antara dunia roh dan dunia manusia, ia menyetujuinya dan harus mengorbankan mata kanannya serta kaki kirinya. Setelah enam tahun berlalu setiap kali youkai memiliki masalah mereka akan langsung pergi ke Kotoko untuk berkonsultasi dan meminta pertolongannya.

Kyokou Suiri, sebuah anime yang menurut saya unik dan bisa dibilang memiliki banyak hal yang menarik dari segi cerita. Bagi saya anime ini menekankan pada tiga genre yaitu misteri, roman, serta komedi meski pada info yang saya baca ada banyak genre lain selain tiga hal itu tetapi saya lebih mengerucutkannya karena genre lain pun hampir serupa dengan tiga genre yang saya sebutkan ini. Dari ketiga genre itu sendiri dibuat dengan porsi yang bisa dikatakan sama karena dalam satu episode cerita pastilah ada tiga genre tersebut tetapi dengan memasukan tiga genre tersebut tidak merusak cerita serta genre yang diselipkan pada episode itu sendiri.

Satu hal yang menarik dari cerita ini dan bisa dibilang unik adalah soal genrenya dimana ketiga genre tersebut merupakan tiga genre yang saling bertolak belakang dan sulit untuk menyatukannya, mungkin jika di pikirkan seperti, misteri yang biasanya menekankan pada cerita yang gelap serta serius, lalu roman yang pada cerita yang manis serta hangat, dan komedi yang lebih kepada cerita yang ringan serta santai. Dalam anime-anime lain meski memiliki genre yang banyak dan ada yang saling bertolak belakang tapi akan menekankan pada satu genre atau dua genre yang saling berhubungan dan untuk genre lain yang bertolak belakang hanya dijadikan sedikit selipan saja, namun untuk anime Kyokou Suiri dibuat dengan genre yang porsinya sama meski bertolak belakang dan itu merupakan hal yang menarik karena membuat anime ini gelap serta serius tetapi ringan dan santai lalu manis untuk kita tonton.

Konflik pada anime ini juga bagus untuk kita nikmati, pada episode satu dan dua kita diperlihatkan konflik mengenai tokoh Kurou yang mungkin akan dibahas dikemudian episode, lalu pada episode selanjutnya kita telah mulai masuk kedalam konflik yang mungkin menjadi salah satu konflik utama pada anime ini mengingat dari cover anime ini memperlihatkan musuh yang sama dengan di episode tersebut.

Pesan

Setiap apa yang kita tonton dan kita nikmati ceritanya pasti memiliki sebuah pesan yang cukup menarik untuk bisa kita pelajari bahkan kita nikmati, salah satu hal yang menarik dari anime ini dan saya anggap sebagai salah satu pesan adalah tentang tokoh Kurou yang ditakuti oleh para roh karena terlihat menakutkan.

Manusia itu merupakan makhluk yang spesial, mereka tidak mempunyai sayap namun bisa terbang, tidak memiliki fisik yang besar seperti hewan namun dapat menguasai dunia, dan dapat terus berkembang menghadapi masalah yang selalu muncul. Sosok Kurou ini digambarkan sebagai, seorang manusia yang menjijikan dan ditakuti para roh karena suatu hal, hal ini sendiri memberi pesan kepada saya bahwa hal yang paling perlu ditakuti di dunia ini bukanlah hewan berbahaya atau suatu hal yang menyeramkan tetapi manusia, karena manusia adalah makhluk yang bisa bertindak sesukanya dan dapat melampaui batasannya, di anime ini diperlihatkan kemampuan Kurou yang menyebabkan ia ditakuti para roh dan itu suatu hal yang diluar batas manusia. (namun bedanya Kurou tidak bertindak seenaknya)

Hal Yang Menarik

Salah satu hal yang menarik dari anime ini adalah soal latarnya dimana kita tidak diperlihatkan sebuah latar di dunia manusia saja tetapi juga dunia roh, penggambaran karakter-karakter roh sendiri dibuat menyeramkan serta mengejutkan tetapi unik sehingga menarik untuk kita lihat. Tema soal pada anime ini sendiri juga menarik karena kita diperlihatkan usaha tokoh untuk bisa menyeimbangkan antara dunia manusia dengan dunia roh sehingga tidak ada yang merasa terganggu,

Komedi di anime ini juga salah satu yang menarik perhatian saya karena menarik untuk kita nikmati, dari komedi ini sendiri kita diperlihatkan keunikan dari karakter sehingga membuat kita semakin mengetahui soal karakternya serta daya tarik yang mereka miliki. Roh di anime ini sendiri dibuat dengan sedikit sentuhan komedi sehingga membuatnya unik dan cukup membuat saya yang menonton terkejut.

Kesimpulan

Anime ini secara keseluruhan menarik untuk dinikmati karena memiliki cerita yang unik dengan genre yang saling bertolak belakang tetapi berani di berikan dengan porsi yang sama sehingga menghasilkan sebuah cerita yang unik dan menarik untuk kita tonton. Anime ini sendiri memiliki cukup banyak pesan yang bisa menjadi pelajaran di setiap episode, untuk pesan utamanya mungkin hal itu belum bisa terbahas dan bisa kita diskusikan di kolom komentar. Hal menarik selain cerita dan pesan di anime ini adalah soal materi pembangun di cerita ini seperti tema serta latarnya yang menarik dan bisa menjadi daya tarik bagi anime ini.

Anime ini sebenarnya perlu saya bahas di kemudian hari tetapi sepertinya tidak perlu karena kita bisa membahasnya pada kolom komentar saja sebagai bahan untuk diskusi. Saya tidak membaca novel atau manga serial ini sehingga akan ada banyak hal yang tidak saya ketahui soal serial ini, pada pembahasan ini sendiri saya tulis berdasarkan pemikiran saya ketika menonton animenya saja sehingga pasti memiliki kekurangan serta kesalahan dalam pembahasan. Saya selalu menyajikan artikel sebagai tempat diskusi serta menambah informasi sehingga kalian semua bisa banget diskusi serta membentulkan atau menambahkan informasi untuk membuat serial ini semakin dikenal oleh banyak orang.

Sekian dari saya dan Terimakasih...

Bye!!! Sehat Selalu...

Posting Komentar untuk "Bahas Kyokou Suiri, Sebuah Anime Dengan Cerita Unik dan Berani..."

Berlangganan via Email