Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Bahas Oshi ga Budoukan Ittekuretara Shinu, Sebuah Anime Idol Dengan Sudut Pandang Yang Unik...

Copyright ©Auri Hirao/Tokuma Shoten, Oshi ga Budoukan Ittekuretara Shinu production committe

Oshi ga Budoukan Ittekuretara Shinu, sebuah anime yang memperlihatkan kepada kita bahwa seorang idol tidak akan bisa berkembang tanpa dukungan seorang fans...

Oshi ga Budoukan Ittekuretara Shinu adalah seri manga Jepang karya Auri Hirao, yang diserialisasikan oleh penerbit Tokuma Shoten pada majalah Monthly Comic Ryuu sejak Agustus 2015 dan telah menghasilkan lima volume tankoubon. Mendapatkan adaptasi Anime yang diproduksi oleh Eight Bit dan tayang perdana pada 9 Januari 2020.

Cerita

Dilansir dari situs kaorinusantara.or.id, Oshi ga Budoukan Ittekuretara Shinu memiliki sinopsis tentang Eripiyo yang merupakan seorang fans idol yang mendukung grup idol bernama Cham Jam yang berbasis di Okayama. Eripiyo memiliki oshi bernama Maina yang merupakan member yang paling tidak populer di grup tersebut. Meskipun Maina bersikap dingin kepadanya namun Eripiyo tetap berusaha untuk mendukungnya sebaik mungkin hingga Maina mampu tampil di salah satu panggung termegah di Jepang yaitu Budoukan.

Oshi ga Budoukan Ittekuretara Shinu, sebuah anime yang unik dan menarik. Anime ini secara besarnya bercerita tentang bagaimana seorang wotaku mendukung idolanya secara totalitas, konsep anime seperti ini sebenarnya baru pertama kali saya nikmati dan sangatlah unik karena dari anime-anime idol yang saya tonton kebanyakan masihlah terfokus kepada sudut pandang idol namun disini saya diperlihatkan pada sudut pandang penggemarnya, sehingga hal ini menimbulkan sebuah keunikan sendiri serta cerita baru tentang anime bertema idol.

Alur pada anime ini sendiri terbilang jelas, dari awalan yang mempertemukan Eripiyo dengan idolanya serta alasan mengapa Eripiyo menyukai idolanya itu terjelaskan pada awalan episodenya, lalu pada kelanjutannya kita diperlihatkan soal konflik yang terjalin antara Eripiyo dengan Maina yang saling tidak paham satu sama lain sehingga menimbulkan salah paham dan membuat konflik ini semakin tambah panjang. Alur anime ini pun selain terfokus kepada dua tokoh tersebut, terfokus juga pada tokoh lain sebagai cerita selipan dan itu melengkapi alur serta menambah-nambah informasi dan keunikan cerita ini.

Anime ini memiliki cerita yang menekan pada komedinya namun masih memiliki sebuah konflik sehingga anime ini memiliki alur yang teratur, untuk anime ini sendiri saya masih berpikir soal konflik serta cerita utamanya yang menurut saya masih belum terlihat jelas, saya selalu berpikir bahwa anime ini seharusnya memiliki sebuah konflik mengenai perjalanan idol Cham Jam untuk bisa tampil di Budoukan namun saya belum melihat perkembangan popularitas atau acara-acara yang membuat grup idol ini memiliki kemungkinan tampil di budoukan. Untuk konflik mengenai kesalah pahaman antara Eripiyo serta Maina itu bisa dikatakan sebuah konflik utama, namun anime ini membutuhkan konflik lain dan salah satunya adalah soal konflik mengenai Cham Jam untuk bisa tampil di Budoukan, karena dengan konflik itu membuat anime ini jelas terutama soal hasil dari usaha Eripiyo serta penggemar lain untuk mendukung idolnya. Namun jika konflik ini tidak diangkat sekalipun itu bukanlah sebuah masalah, karena anime ini memiliki cerita yang menekan pada komedi dan cerita komedi salah satu cerita yang fleksibel.

Pesan

Anime ini memperlihatkan kepada kita soal usaha penggemar untuk mendukung idolanya, dari hal itu saya memikirkan dua buah pesan yang menurut saya menarik yaitu soal bagaimana seharusnya kita bersikap sebagai seorang penggemar dan seberapa pentingnya seorang penggemar di mata idolanya.

Tindakan Eripiyo itu bisa dikatakan buruk karena ia mendukung dan menghabiskan uangnya sendiri tanpa bisa menghasilkan apapun untuk perkembangan idolanya, ada adegan dimana Eripiyo selalu menghabiskan CD yang berisi tiket salaman idolanya dan membuat orang yang mungkin ingin membeli CD itu tidak dapat membelinya, namun ada di sebuah episode dimana Eripiyo mulai sadar bahwa tindakan saat ia menghabiskan CD itu sebuah kesalahan karena membuat orang yang ingin membeli CD yang ia habiskan jadi tidak bisa membelinya. Sebenarnya ini cukup out of topic tetapi memiliki keterkaitan dengan pesan ini, dimana saya pernah membaca sebuah komik berjudul AKB49, ada sebuah adegan di hari ulang tahun idolanya seorang fans rela membeli banyak tiket theater lalu membagikannya untuk membuat orang umum datang masuk lalu menonton serta mengenal idolanya. Saya lupa chapter berapa adegan itu tetapi adegan itu membuka mata saya bahwa tindakan kita yang berlebihan menghabiskan CD serta tiket salaman untuk diri kita sendiri itu sebuah tindakan egois serta membuat idola kita tidak berkembang dan tidak dikenal oleh orang umum, tindakan buruk Eripiyo ini bisa kita jadikan sebuah pelajaran bagaimana seharusnya penggemar itu mendukung idolanya secara baik.

Hubungan idola dengan penggemar itu merupakan salah satu hubungan yang harus terus terjaga, seorang idol mungkin mampu terus menjadi idol dengan kemampuan serta bakatnya namun jika tidak memiliki penggemar lambat laun pastilah akan berhenti. Anime ini memperlihatkan hubungan antara idol dengan penggemarnya yang terjalin sangat kuat, meski idol ini masihlah kecil serta bisa tutup kapan saja namun dengan bantuan penggemarnya yang terus mendukung mereka membuat idol tersebut terus bisa bertahan, dari hal ini kita diperlihatkan tentang pentingnya seorang penggemar di mata idolanya.

Hal Yang Menarik Dari Anime Ini

Tema idol yang dilihat dari sudut pandang seorang penggemar itu merupakan suatu hal yang baru banget untuk saya tonton, lalu komedi yang disajikan pada anime ini sendiri sangatlah lucu dan sebenarnya ada banyak banget adegan yang sebenarnya asli ada di dunia nyata di sajikan pada anime ini yang membuat orang-orang yang mengetahui fakta itu menjadi tertawa karena sebenarnya itu sebuah tindakan yang memalukan namun menarik sehingga membuat penonton yang menyadari fakta itu pasti akan tertawa.

Kesimpulan

Anime ini secara keseluruhan menarik untuk kalian nikmati terutama bagi penyuka cerita komedi karena anime ini memiliki komedi yang menarik untuk dinikmati oleh cukup banyak kalangan terutama kalangan dewasa. Dari ceritanya sendiri anime ini memiliki sebuah konflik yang membuat alurnya jelas sehingga meski anime ini terlihat memiliki fokus pada cerita komedi namun masih tetap memiliki alur yang jelas.

Anime ini sendiri memiliki cukup banyak pesan yang bisa kita pelajari, pada pembahasan kali ini saya cukup hanya menampilkan dua buah pesan dan sisanya bisa kalian cari sendiri karena anime ini memiliki cukup banyak pesan terutama bagi seorang penggemar yang saat ini sedang sangat berlebihan menyukai idolanya. Satu hal yang menarik dari anime ini selain soal cerita dan pesan adalah tentang komedinya, mungkin karakter di anime ini bisa dikatakan menarik namun saya memutuskan untuk tidak memasukannya menjadi hal yang menarik karena sulit menjelaskannya serta masih banyak hal yang perlu dipertimbangkan jika berbicara soal karakter hehe.

Anime ini mungkin bisa kita lanjutkan pembahasannya pada kolom komentar sebagai tempat berdiskusi karena saya menyakini bahwa artikel yang saya tulis ini masihlah terdapat cukup banyak kesalahan serta kekurangan dalam pembahasannya, mengingat saya hanya membahas anime ini berdasarkan pada animenya dan itupun terpaku pada beberapa episode saja dan tidak secara keseluruhan. Bagi kalian yang ingin membetulkan pembahasan saya atau menambahkan bisa banget kalian tulis di kolom komentar karena hal itu membantu saya serta pembaca artikel ini agar bisa lebih mengetahui tentang serial ini. (namun jangan spoiler karena saya juga berusaha tidak spoiler loh...)

Cukup sekian dari saya dan Terimakasih...

Bye!!! Sehat Selalu...

Posting Komentar untuk "Bahas Oshi ga Budoukan Ittekuretara Shinu, Sebuah Anime Idol Dengan Sudut Pandang Yang Unik..."

Berlangganan via Email