Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Bahas Runway de Waratte, Anime Yang Menekan Pada Sebuah Mimpi...

Copyright ©Kotoba Inoya/Kodansha, Runway de Waratte production committe

Runway de Waratte, sebuah anime yang memperlihatkan kepada kita bahwa kekurangan itu bukanlah sebuah alasan untuk berhenti mengejar mimpi...

Runway de Waratte adalah sebuah seri manga shounen manga jepang yang dibuat oleh Kotoba Inoya, yang diterbitkan oleh Kodansha pada majalah Weekly Shounen Magazine sejak 31 Mei 2017 dan telah menghasilkan empat belas volume tankoubon. Di Indonesia, manga ini diterbitkan oleh M&C! dengan judul Smile at the Runway. Serial ini mendapatkan adaptasi anime yang diproduksi oleh studio Ezo’la yang tayang perdana pada tanggal 10 Januari 2020.

Cerita

Runway de Waratte memiliki sinopsis tentang, Fujito Chiyuki yang sejak kecil ingin menjadi seorang model profesional di agensi milik orang tuanya untuk bisa tampil di Paris Fashion Week, namun hingga SMA ia menyadari bahwa tubuhnya tidak bertambah tinggi dan membuat orang disekitarnya termasuk orang tuanya mengatakan bahwa ia tidak akan bisa menjadi seorang model. Meskipun begitu Chiyuki masih terus berusaha serta percaya pada dirinya, tetapi saat telah memasuki tahun akhir sekolah menengah tekadnya mulai runtuh, namun ketika keadaan begitu ia bertemu dengan Tsumura Ikuto yang merupakan teman sekelasnya, yang memiliki bakat untuk mendesain pakaian tetapi mempertimbangkan untuk melepaskan mimpinya karena keadaan ekonomi keluarganya. Bersama-sama, mereka mulai melakukan hal yang mustahil bagi mereka yaitu mewujudkan impian mereka.

Runway de Waratte, sebuah anime yang menurut saya menarik dan dapat dinikmati oleh semua kalangan terkhusus bagi mereka yang menyukai cerita anime yang karakternya berusaha mengejar mimpi mereka. Anime ini memiliki dua pokok cerita yaitu cerita soal tokoh Chiyuki dan tokoh Ikuto, kedua menurut saya memiliki ceritanya masing-masing namun saling berkaitan dan saling melengkapi satu sama lain.

Awal anime ini, sangatlah menarik dimana saya diperlihatkan soal perkenalan kedua tokoh tersebut serta permasalahan yang mereka hadapi, seperti Chiyuki yang memiliki semua hal yang dapat membantunya mencapai mimpinya namun ia tidak memiliki bakat, dan Ikuto yang memiliki bakat tetapi tidak memiliki hal yang dapat membantunya mencapai mimpinya. Kedua tokoh ini memiliki permasalahan yang sangat berbeda tetapi karena hal itu mereka memiliki keterkaitan dan itu merupakan sebuah awalan cerita yang sangat bagus, ditambah konflik dari setiap episode anime ini dibuat dengan sangat baik membuat saya yang menonton bisa terbawa suasana dalam anime tersebut.
Kedua tokoh ini merupakan tokoh utama dan memiliki ceritanya masing-masing, kita disediakan dua permasalahan serta dua sudut pandang. Pada awal saya menonton anime ini saya berpikir bahwa saya akan lebih di diperlihatkan ceritanya dari sudut pandang Chiyuki namun ternyata setelah mengikuti anime ini hingga episode 5 lalu membaca sedikit manganya, saya sadar bahwa saya diperlihatkan pada dua sudut pandang dan dua alur cerita yang keduanya mungkin akan disatukan menjadi satu alur. Anime ini membahas dua pokok yang sebenarnya sangat berbeda namun masih sangat berkaitan sehingga meski alur ceritanya nanti sangat berbeda namun ada suatu kejadian atau suatu hal yang membuat alur cerita ini akan menyatu menjadi satu alur, salah satu hal yang membuat saya berpikir hal ini karena berasal dari tujuan kedua tokoh tersebut pada saat awalan cerita.

Pesan

Dari ceritanya kita bisa melihat dan menyadari soal pesan yang ingin anime ini sampaikan, yaitu soal usaha untuk mengejar mimpi meski banyak hal yang membuat kita beralasan untuk tidak bisa mengejarnya. Bakat, keadaan, keluarga, atau masalah-masalah lain yang kita miliki selalu menjadi alasan untuk membuat kita berhenti mengejar mimpi yang kita inginkan, saya paham soal permasalah-permasalahan itu dan sebenarnya tidak menganggapnya salah jika melihat seseorang tidak mengejar mimpinya karena mempunyai masalah sebagai alasannya, selama ia tidak menyesal maka keputusan tersebut dapat dibenarkan.

Mengejar mimpi itu suatu hal yang menyebalkan karena kita akan mendapatkan lebih banyak rasa sakit dibanding kesenangannya dan kemungkinan untuk berhasil pun kecil, di cerita anime sendiri telah banyak diperlihatkan permasalah yang perlu dihadapi seorang yang ingin mengejar mimpi, anime ini sendiri pun memperlihatkan kepada kita bagaimana usaha mereka mengejar mimpi mereka serta permasalahan yang selalu datang tanpa henti bagi seorang yang ingin mencapai mimpinya. Usaha serta permasalahan yang didapat dari sebuah pengejaran mimpi itu sangatlah menyebalkan dan menyedihkan namun meski begitu masih banyak yang ingin mengejar mimpi mereka yaitu karena tidak ingin menyesal, ada sebuah kalimat ‘lebih baik mencoba daripada tidak sama sekali’ mungkin kalimat itu salah satu alasan kenapa masih banyak orang yang ingin mengejar mimpi mereka.

Dari sudut pandang saya, anime ini memberikan pesan untuk terus mengejar mimpi meskipun banyak hal yang menghalangi mimpi kita, sebuah usaha serta kerja keras pasti akan membuahkan hasil. Anime ini mungkin akan memiliki pesan yang sangat berdampak bagi kalian yang sedang merasa sulit mengejar mimpi kalian, sehingga ketika kalian menonton anime ini maka kalian akan kembali bersemangat mengejar mimpi kalian.

Hal Yang Menarik

Hal yang menarik dari anime ini adalah soal menampilkan dua pokok cerita, yaitu soal model dan fashion design. Jika dibaca dari hal ini mungkin akan banyak berpikir bahwa pokok ini hanya untuk dinikmati para penonton perempuan tetapi sebenarnya dua pokok ini bisa di tonton oleh laki-laki juga contohnya saya, bagi saya cerita soal model mungkin akan dinikmati oleh para kalangan perempuan tetapi untuk fashion design ini bisa banget dinikmati oleh kalangan laki-laki, saya sendiri secara pribadi menyukai tentang cerita fashion design karena alurnya terlihat shuonen dan menarik untuk di tonton oleh para penonton laki-laki.

Di anime ini juga kita diperkenalkan soal hal-hal menarik mengenai model dan fashion design yang kurang di kenal secara umum, terutama jika membaca komiknya kalian akan lebih paham lagi soal dua hal itu namun untuk animenya mungkin hanya hal-hal penting yang berkaitan dengan ceritanya saja yang dapat di sampaikan. Dari anime ini sendiri kita bisa menyadari bahwa model dan fashion design itu sebuah pekerjaan yang benar-benar sulit serta rumit, ada banyak hal yang perlu dipikirkan sehingga hal ini menjadi salah satu hal yang unik sekaligus hal yang baru bagi kita penonton anime yang awalnya tidak tahu soal kedua hal tersebut menjadi tahu meski hanya beberapa halnya saja.

Kesimpulan

Secara keseluruhan anime ini menarik untuk dinikmati oleh banyak kalangan entah perempuan atau laki-laki karena ceritanya pun tidak menargetkan atas satu jenis penonton, konflik serta alur anime ini juga bagus untuk dinikmati oleh para penonton secara umum. Pesan yang disampaikan pun bagi saya sendiri menarik dan bisa menjadi sebuah nilai untuk menambah semangat bagi para penonton yang menikmati anime ini. Hal yang menarik selain soal cerita serta pesan adalah soal topik pada anime ini yang membahas pada dua topik, yang satu topik bisa dinikmati oleh lebih banyak penonton perempuan dan satu topik lagi yang lebih bisa dinikmati oleh para penonton laki-laki, sebenarnya kedua topik itu saling berhubungan dalam satu alur tapi untuk saat ini mungkin dibuat terpisah namun mungkin dikemudian episode kedua topik itu menjadi satu topik sehingga menciptakan alur yang ditonton oleh penonton perempuan dan laki-laki.

Anime ini menarik bagi saya, dan saya sendiri sudah berencana ingin membaca komiknya namun saya tidak berencana untuk membahas anime ini dikemudian hari karena saya merasa tidak ada yang perlu saya bahas lagi, mungkin untuk kelanjutan ceritanya serta perkembangannya bisa kita diskusikan di kolom komentar mengingat saat ini saya masihlah membahas serial ini berdasar animenya sehingga saya yakin akan ada banyak kesalahan atau kekurangan yang perlu saya perbaiki di kemudian hari, namun bagi kalian yang ingin membantu memperbaiki atau menambah hal-hal yang kurang bisa banget tulis di komentar karena itu membantu saya serta pembaca lain yang ingin mengetahui tentang anime ini.

Sekian dari saya dan Terimakasih...

Bye!!! Sehat Selalu...

Posting Komentar untuk "Bahas Runway de Waratte, Anime Yang Menekan Pada Sebuah Mimpi..."

Berlangganan via Email