Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Bahas Mengapa Bisa Ada Konten Yang Tidak Bermanfaat?

©Kakifly/Houbunsha, K-On!

Pada saat ini internet mungkin menjadi sebuah kebutuhan yang semua orang butuhkan saat ini, terutama bagi mereka yang sangat senang bermain di jejaring sosial atau menikmati sebuah hiburan yang tersedia di berbagai platform internet seperti, YouTube, Blog, atau Media Sosial semacam Instagram, Fabebook, Twitter dan lain sebagainya.

Dengan luasnya sebuah cangkupan penyediaan internet membuat banyak hal bisa tersedia di internet, dari yang paling bermanfaat seperti berita, penyediaan jasa, atau informasi mengenai kebutuhan manusia hingga yang paling tidak bermanfaat seperti pembullyan, video kekerasan, atau bahkan video dewasa tersedia di internet.

Akhir-akhir ini mungkin banyak hal yang tidak bermanfaat muncul di internet dan menjadi trending sehingga menimbulkan sebuah keresahan pengguna internet, keresahan ini membuat cukup banyak pengguna internet mengeluarkan perkataan kasar yang membuat orang yang menciptakan hal yang tidak bermanfaat itu minta maaf atau bahkan menyesal dengan apa yang telah diciptakannya. Pada artikel kali ini admin coba membedah alasan mengapa bisa ada sebuah konten yang mungkin tidak bermanfaat dan menciptakan sebuah keresahan dari sudut pandang admin, tanpa banyak basa-basi langsung kita mulai pembahasannya:

©Natsume Akatsuki, Kurone Mishima/Kadokawa Shoten, KonoSuba

Ketidaktahuan Akan Respon Publik

Sebuah hal yang mungkin sangat sulit untuk dipikirkan jika kita seorang pembuat konten adalah ketidaktahuan akan respon publik terutama bagi yang sering menciptakan konten yang bersifat kontroversial karena mereka tidak tahu pasti akan batasan yang mereka buat, pembuat konten kontroversial biasanya akan membuat konten dengan batasan yang menurutnya serta teman-temannya berpendapat biasa saja, namun hal ini yang terkadang menjadi bumerang bagi mereka sendiri karena bisa-bisa konten yang menurut mereka biasa mungkin terlalu berlebihan bagi banyak pengguna internet.

Selain itu mungkin ini juga berkaitan dengan penggiringan opini dari sebagian orang, sebenarnya sangat jarang sih ada orang yang bisa langsung berkomentar negatif kepada sebuah pembuat konten jika tidak ada yang memulainya dan orang yang memulainya biasanya yang telah terkenal sehingga menimbulkan orang-orang yang biasa saja menjadi ikut berkomentar negatif juga. Namun hal ini bukan juga tercipta dari penggiringan opini namun karena ketidaktahuan akan respon karena balik lagi di paragraf sebelumnya yaitu pembuat konten yang sulit menentukan batasan yang bisa semua orang terima, sehingga membuat berbagai respon yang tidak bisa diketahui oleh pembuat konten.

Pasar Yang Menyukai Konten Yang Tidak Bermanfaat

Sebenarnya saya selalu berpikir jika seorang pembuat konten tidak mungkin membuat konten yang tidak bermanfaat jika memang tidak ada yang menonton, lalu jika begini hal apa yang salah? Mungkin hal yang memang salah dari sini adalah memang para penontonnya yang memang tetap menonton konten-konten tersebut, dan hal seperti ini tidak akan pernah bisa hilang selama pasar yang menyukai konten seperti itu masih ada.

Namun selain itu mungkin memang pembuat konten yang memang menyukai konten yang tidak bermanfaat, ada sebuah perkataan yang cukup saya ingat dari salah satu pembuat konten tidak bermanfaat adalah “saya yang tidak suka munafik” dan perkataan seperti itu tidak bisa saya salahkan karena memang itu diperbolehkan di internet karena internet ini bebas sehingga pembuat konten bisa melakukan apapun sesuka mereka. Namun saya selalu yakin jika pembuat konten seperti itu pasti akan terpaksa berubah jika permintaan pasar terhadap konten seperti itu menurun bahkan jika ada yang senang report konten seperti itu maka mereka akan dengan terpaksanya berubah. (Hal yang jahat namun entahlah...)

©Shōgo Kinugasa, Shunsaku Tomose/ Media Factory, Classroom of the Elite

Orang-orang Yang Mengangkat Konten Tersebut

Saya sebagai pengguna internet sebenarnya sangat jarang mengetahui sebuah konten kontoversi, bahkan beberapa waktu lalu konten tentang sampah yang cukup banyak orang bahas baru saya ketahui dari reaction pembuat konten lain, sehingga disini saya berpikir bahwa konten yang tidak bermanfaat bisa diketahui dan di tonton oleh banyak orang karena ada banyak pihak yang meski tidak menyukainya malah mengangkat serta memanfaatkannya.

Ada banyak banget reaction tentang video sampah itu dan saya bingung mengapa hal itu dimanfaatkan padahal itu tindakan yang cukup jahat, sebenarnya hanya dengan report dan tidak membahasnya membuat konten seperti itu hilang dengan cepat namun banyak yang malah memanfaatkannya sehingga membuat semua orang bisa mengetahuinya.

Dari reaction itu sendiri sebenarnya membuat saya berpendapat bahwa ternyata banyak orang yang tega memanfaatkan masalah orang lain demi sesuatu, mereka berpendapat bahwa itu dilakukan untuk memberikannya pelajaran dan peringatan untuk pembuat konten lain untuk tidak melakukan hal yang sama namun apakah benar? (saya sendiri tidak tahu)

Kesimpulan

Ada banyak hal yang sebenarnya bisa saya bahas namun saya tidak ingin begitu membahas hal seperti ini, hal ini sendiri saya bahas karena ini merupakan keresahan yang memang saya rasakan dan mungkin coba pikirkan ketika melihat banyaknya kasus konten-konten yang tidak bermanfaat, sebenarnya saya sendiri kurang tahu apakah konten yang saya buat selama ini bermanfaat juga atau tidak namun saya selalu berusaha untuk bisa lebih baik kedepannya dan berharap tidak menimbulkan sebuah masalah dari konten yang saya buat.

Hal bermanfaat atau tidak itu sebenarnya tidak memiliki dasarnya, kita tidak pernah tahu akan sebuah hal yang bermanfaat atau yang tidak bermanfaat karena semuanya di tentukan dari suara terbanyak, dari kasus-kasus pembuat konten kontroversial yang meminta maaf selalu ada pembelaan yang mengatakan bahwa tujuannya baik namun kalah dengan pendapat banyak orang dan mau tidak mau kita harus menerima pendapat banyak orang.

Konten pendidikan kali ini mungkin sangat jauh dari pendidikan namun saya harap kalian bisa menerima hal yang positif dari apa yang saya bahas kali ini, sebenarnya saya ingin membuat kalian yang membaca bisa lebih bijak dan memahami mengapa sih ada hal-hal yang tidak bermanfaat muncul di internet bahkan di banyak berita di negeri kita ini, dimana konten yang tidak bermanfaat lebih banyak diketahui daripada yang bermanfaat.

Mungkin sekian pembahasan kali ini, semoga bermanfaat serta menarik untuk kalian baca. Ohiyaa bagi kalian yang ingin mengetahui info lebih mengenai postingan serta info menarik lainnya bisa banget Follow Instagram Blog ini yaitu @wibugabutblog .

Bye!!! Sehat Selalu...

Posting Komentar untuk "Bahas Mengapa Bisa Ada Konten Yang Tidak Bermanfaat?"

Berlangganan via Email