Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Wibu Gabut [Idol Of The Week] AKB48 Dan Alasan Mengapa Masih Harus Menyukainya...

AKB48 adalah grup idola asal Jepang yang telah ada dari tahun 2005 hingga sekarang. Di produser oleh Yasushi Akimoto, nama AKB48 diambil dari Akihabara yang merupakan sebuah area di Tokyo dan juga tempat teater milik grup ini berada. AKB48 memiliki konsep “Idols You Can Meet” yang mengartikan sebuah grup idola berbasis teater yang memungkinkan para penggemar bisa melihat mereka setiap hari.

Pada kesempatan kali ini saya (Admin Ronald) akan membahas AKB48, sebuah idol grup yang mungkin menjadi pintu pembuka munculnya grup idol yang bisa dikenal oleh banyak orang dan juga sebagai pemuncul idol grup di luar jepang seperti JKT48, SNH48, BNK48 dan lainnya. Artikel ini merupakan artikel pembuka dari rangkaian Idol of The Week yang akan saya kerjakan dengan tujuan memberikan sedikit informasi serta pendapat mengenai idol grup yang akan saya bahas setiap minggunya, minggu pertama ini saya akan membahas soal AKB48. Mungkin tanpa banyak basa-basi langsung saja kita mulai pembahasannya...

Lagu

Copyright ©AKB Co., Ltd

AKB48 dalam perkembangan awal lagunya merilis sebuah single indie yaitu berjudul “Sakura no Hanabiratachi” ( 1 Februari 2006) dan “Skirt, Hirari” (7 Juni 2006), kemudian single pertamanya berjudul “Aitakatta” (25 Oktober 2006) hingga yang terbaru saat ini yang menjadi single ke-57 mereka berjudul “Shitsuren Arigatou” (18 Maret 2020), lalu album mereka yang dari pertama adalah “koko ni Ita Koto” ( 8 Juni 2011) hingga yang terbaru itu berjudul “Bokutachi wa, Ano Hi no Yoake wo Shitteiru” (24 Januari 2011). AKB48 sendiri selain merilis Single dan Album Grup, mereka merilis unit Single dari pertandingan Janken, Best Album, Stage Album, MV Collecton, dan lain sebagainya.

AKB48 hingga saat ini telah menghasilkan banyak lagu dan saya sendiri kurang tahu angka pasti dari jumlah lagu yang telah ada, namun sebaiknya kita tidak perlu membahas jumlah lagu tetapi tentang lagunya saja. Lagu yang disajikan AKB48 ini sangatlah beragam di setiap singlenya, bahkan jika saya ingat-ingat hampir jarang banget AKB48 menampilkan konsep lagu yang sama di dalam runtutan singlenya saat ini, namun jika sekilas balik di single ke- 9 hingga ke-12 mungkin pernah namun saya rasa tidak begitu sama konsep lagunya.

Hal yang saya sukai dari AKB48 terutama lagunya adalah soal makna yang ada di beberapa lagunya itu menarik untuk didengar, bahkan hingga saat ini lagu yang saya suka dari AKB48 adalah single ke-16 dan coupling song single ke-14 mereka yang entah mengapa hingga saat ini masihlah berdampak besar ketika saya dengarkan disaat sedang berpikir. Namun selain itu adalah soal lagu-lagu mereka yang meski telah bertahun-tahun di dengarkan masihlah enak dan tidak membosankan, seakan itu merupakan lagu-lagu yang bisa malampaui batasan waktu.

Regenerasi Member
Source: overseas48.com / Copyright ©AKB Co., Ltd

Cukup banyak yang berpendapat bahwa semenjak member awal telah Graduate membuat AKB48 seakan biasa saja dan hanya berisi sekumpulan gadis yang berbeda jauh dengan member pendahulunya. Pendapat-pendapat seperti itu sebenarnya pendapat yang tidak saya sukai, karena seakan member baru harus bisa menyamai mereka bahkan ada beberapa member yang diharapkan bisa sama dengan pendahulu mereka, semacam Achhan, Mayuyu atau lainnya padahal itu bukanlah hal yang menarik.

Bagi saya regenerasi grup idol itu ada untuk melihat potensi baru dari member baru dan melihat warna baru dari sebuah grup idol itu, jika hanya melihat member baru yang sama dengan member pendahulunya malah membuat saya seakan tidak merasakan sebuah regenerasi namun hanyalah pergantian saja dan itu tidaklah menarik sih.

Pada beberapa tahun lalu saya sempat merasa member baru harus dirasa sama dengan pendahulunya namun untuk saat ini member baru bisa memperlihatkan diri mereka yang sebenarnya, dan itu membuat saya suka lagi dengan AKB48 terutama dari sini saya bisa merasakan member-member baru yang memberikan perasaan yang berbeda ketika melihat AKB48. Saat ini cukup banyak member-member yang unik muncul dan itu merupakan hal yang benar-benar menarik ketika di lihat, saya berharap sih bisa melihat perkembangan mereka namun karena jauh membuat saya hanya bisa membaca-baca dari berita saja hehe.

OUC 48
Source: google.com / Copyright ©AKB Co., Ltd

OUC48 atau Ouchi48 adalah proyek sementara yang di adakan AKB48 yang memungkinkan para member tampil di kediaman mereka masing-masing saat ini. Sebuah proyek yang bisa dikatakan unik dan totalitas dari AKB48 yang membuat kita masih bisa melihat idola kita dari sebuah situs SHOWROOM dan bahkan juga YouTube.

Sebenarnya untuk proyek ini saya kurang tahu juga namun saya sangat kagum karena ini merupakan salah satu proyek yang mungkin hanya AKB48 yang jalankan dan untuk grup idol lain saya kurang tahu, selain itu mengingat penggemar AKB48 bukanlah dari Jepang saja membuat proyek ini bisa menjangkau para penggemar dari luar Jepang dan itu benar-benar menarik. (disaat ada proyek ini saya berharap bisa bahasa jepang biar ngerti hmmm)

Kesimpulan

AKB48 merupakan Idol Grup yang sangatlah hebat, saya selalu menganggap bahwa AKB48 itu bagaikan sebuah pohon besar yang menghasilkan buah-buah yaitu Idol Grup baru saudari mereka yang nantinya mungkin akan menjadi sebuah pohon besar seperti AKB48 juga. Sebuah Grup yang mungkin banyak orang ketahui dan mungkin mereka semua akan berpendapat bahwa grup ini merupakan grup yang hebat dengan lagu-lagu yang memang memiliki makna yang bagus.

Dengan keluarnya member-member pendahulu mungkin membuat kita merasa kehilangan dan ingin melihat mereka di dalam diri member penerusnya, namun hal yang menarik bukanlah melihat itu namun melihat bagaimana penerusnya bisa menjadi diri mereka yang berpotensi lebih dari pendahulunya dan disinilah peran penggemar untuk mendukung member-member baru tersebut serta melihat perkembangan mereka yang mungkin sangat berbeda dengan pendahulunya dan bisa memberikan kesan baru dari Grup ini. (jangan lupa untuk membeli single atau apapun yang mereka sediakan jika kalian memiliki uang lebih yah, hindari pembajakan sekecil mungkin...)

Mungkin sekian pembahasan kali ini semoga tidak bermasalah, karena saya cukup takut sih apa yang saya tulis menimbulkan cukup banyak masalah hehe, saya berharap kalian dapat mengambil hal-hal yang baik dan menarik dari apa yang saya tuliskan hehe, mungkin jika kalian ada yang ingin menambah atau berkomentar lain bisa banget mengetik di kolom komentar di bawah ini yah... 

Ohiyaa saya berterimakasih kepada Wikipedia (web andalan admin hehe) dan stage48.net yang memberikan banyak informasi mengenai AKB48 sehingga saya bisa membaca cukup banyak informasi. (kalian perlu banget dateng kesana untuk menambah informasi)

Bye... Sehat Selalu!!!

Posting Komentar untuk "Wibu Gabut [Idol Of The Week] AKB48 Dan Alasan Mengapa Masih Harus Menyukainya..."

Berlangganan via Email