Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Bahas Episode Pertama Deca-Dence, Sebuah Anime Science Fiction Yang Memukai Mata...

©DECA-DENCE PROJECT

Deca-Dence, sebuah anime yang memperlihatkan kepada kita bahwa perbedaanlah yang membuat kita semakin kuat...

Deca-Dence adalah serial anime original yang diproduksi oleh studio NUT, disutradari oleh Yuzuru Tachikawa, lalu naskahnya ditulis oleh Hiroshi Seko, dan desain karakter dibuat oleh pomodorasa sebagai pembuat konsep desain lalu Shinichi Kurita yang membuat desain karakter untuk animasinya. Deca-Dence tayang perdana pada 8 Juli 2020, dilisensi oleh Funimation dan disiarkan pada; AT-X, Tokyo MX, TVA, KBS Kyoto, Sun TV, BS11. Deca-Dence memiliki genre; Action, Science Fiction.

Cerita

©DECA-DENCE PROJECT

Deca-Dence bercerita tentang, dahulu kala muncul makhluk misterius bernama Gadoll dan membuat manusia terancam punah, untuk melindungi diri mereka membuat sebuah benteng raksasa setinggi 3000m yang menjadi tempat tingal terakhir umat manusia yang diberi nama Deca-Dence. Penghuni Deca-Dence terbagi menjadi dua yaitu Gear, merupakan prajurit anti Gadoll yang bertugas melawan para Gadoll dan melindungi Deca-Dence, lalu yang kedua adalah Tanker, orang-orang yang tidak bisa bertarung dan bertugas untuk membantu Gear agar mereka fokus akan pertempuran. Berkisah tentang Natsume, seorang gadis Tanker yang bercita-cita menjadi Gear, namun tidak bisa mewujudkan mimpinya dan ditugaskan sebagai tukang reparasi, lalu bertemu dengan Kaburagi yang memiliki sikap yang jauh berbeda dengan Natsume. Tapi pertemuan mereka inilah yang dapat menguncangkan arah masa depan dunia ini.

Deca-Dence, sebuah anime yang menarik dan terasa sangat baru serta memiliki latar tempat yang sangat memukau untuk mata saya yang biasanya melihat latar fantasi atau latar tempat di dunia pada umumnya. Ide ceritanya sendiri bisa dikatakan telah beberapa kali diangkat namun karena tidak terlalu sering membuat saya merasa ini terasa baru untuk musim ini, musim ini sendiri atau mungkin beberapa musim kebelakang juga telah terlalu banyak menikmati anime fantasi yang membuat mata sulit untuk fokus menonton, sehingga ketika menonton anime ini mata saya kembali merasakan hal baru dari anime dan kembali fokus menonton.

Jika berbicara soal anime yang mengangkat Science Fiction maka informasi itu merupakan hal yang perlu banget kita ketahui karena jika tidak, kita tidak tahu apa yang anime ini bahas dan anime ini pada episode pertamanya sendiri memberikan banyak informasi dari narasi atau langsung dari adegannya. Cukup sulit sih memahami informasi-informasi yang diberikan di anime ini karena memakai kata-kata yang saya pernah dengar, namun memiliki arti yang berbeda dari yang saya ketahui sehingga cukup sulit mengubah mindset saya ketika mendengar kata-kata tersebut. Namun karena ini masih episode satu maka bukan hal yang aneh jika saya masih sulit memahaminya mengingat saya memang perlu mengikuti anime ini beberapa episode baru paham, selain itu berdasarkan pengalaman saya menonton anime seperti ini biasanya di episode selanjutnya masih tetap memberikan penekanan untuk informasi sebelumnya dan juga sepertinya hingga episode 3 atau 4 masih menampilkan informasi-informasi yang membuat kita bisa menyesuaikan anime ini supaya paham.

Ada banyak hal yang saya suka ketika menonton anime ini, namun yang paling saya suka dari cerita pada anime ini adalah soal konflik yang dibangun pada anime ini menarik. Konsep musuh pada anime ini yang seorang monster yang menghancurkan, namun di satu sisi ternyata memiliki sebuah manfaat, membuat saya berpikir sebenarnya musuhnya ini akan tetap dilenyapkan atau bagaimana nantinya. Pemikiran itu sendiri membuat saya menjadi berpikir bahwa pembuatan konfliknya sangat menarik meskipun saya berpikir ini bukanlah konflik utama anime ini. (tidak mungkin konfliknya hanya monster saja)

Karakter

©DECA-DENCE PROJECT

Berbicara soal karakter sebenarnya dari segi tampilan lebih terkesan unik, namun jika berbicara dari segi pembuatan konsep karakter, bisa dikatakan bagus karena di episode pertamanya sendiri kita diperlihatkan bagaimana karakter ini tersedia serta hal-hal yang menarik dari karakternya.

Episode pertamanya diperlihatkan di awalan scene soal masa lalu tokoh utama kita yang bisa dikatakan cukup tragis, dan dari situ sendiri bisa membuat kita paham mimpi dari tokoh utama mengapa sangat ingin menjadi Gear dan malah menjadi Tanker. Lalu di pertengahan episodenya kita diperlihatkan sudut pandang dari karakter yang mungkin akan menjadi pendukung karakter utama, dan disitu kita diperlihatkan kemampuan serta misteri tersebunyi dari karakter tersebut. Dan setelah pertengahan episode kita mulai diperlihatkan soal pembangunan hubungan dari kedua karakter tersebut dan membuat konsep karakter pada serial ini menarik untuk ditonton.

Action dan Science Fiction

©DECA-DENCE PROJECT

Action pada anime ini sebenarnya dijadikan klimaks pada akhiran episode dan jujur saya gak pernah menyangka akan sekeren itu untuk episode pertamanya saja, saya berpikir jika hal ini memang sudah biasa muncul untuk menutup akhiran episode pertamanya dan memberikan kesan yang membuat kita terkesan pada anime ini, namun saya tidak pernah menyangkan akan diperlihatkan action yang bagus dan menurut saya detail untuk di tonton. Dari bagian itu sendiri kita bisa diperlihatkan sosok mengerikan dari monster ini dan adegan yang sedikit mengerikan dari kekuatan monster tersebut. (kita berdoa supaya monster kaya gitu gak ada di jaman kita soalnya saya takut)

Lalu berbicara soal Science Fictionnya, sebenarnya banyak hal yang masih belum dijelaskan dan perlu kita tunggu info-info tambahan yang disajikan pada lanjutan episodenya. Jika anime memasukan Science Fiction maka perlu ada penjelasan yang jelas serta masuk akal, dan di episode pertama ini kita hanya baru dipekernalkan soal info-info dasar saja dan untuk penjelasannya kita belum mendapatkannya, seperti gunanya peralatan yang disebutkan tersebut, lalu untuk apa darah moster tersebut, di dalam moster tersebut apa itu darah atau apa, serta hal-hal lain yang membuat kita berpikir bahwa apa yang disediakan masuk akal meskipun hanya fiksi. Bagian Science Fiction ini sendiri tidak melulu soal penjelasan tapi bisa juga dalam bentuk adegan karena pasti membosankan jika memang hanya murni penjelasan secara narasi atau dialog, sehingga perlu kita tunggu sih bagaimana serial ini bisa kita bahas Science Fiction-nya.

Kesimpulan

Deca-Dence merupakan anime yang menarik dan sepertinya akan saya bahas secara lengkap pada akhir musim nanti mengingat sepertinya saya tidak pernah sempat membahas lengkap anime seperti Deca-Dence (musim-musim sebelumnya saya terlalu kehabisan waktu hehe). Jika berbicara dari cerita masih belum banyak yang bisa kita bahas karena episode pertama ini masih sangat sedikit pembahasannya dan perlu kita tunggu saja kelanjutannya seperti apa.

Lalu berbicara soal karakter bisa dikatakan bagus secara pembuatan konsepnya dan untuk tampilan bisa saya katakan unik, untuk visualisasi jujur saya bingung sih ingin berpendapat bagus atau tidak karena hal ini tergantung selera. Dan berbicara soal Action serta Science Fiction, anime ini menampilkan kesan yang benar-benar bagus dari actionnya karena menarik untuk saya tonton serta bisa dikatakan detail dari action ini sendiri membuat saya tahu soal seberapa mengerikannya musuh tersebut, dan untuk Science Fiction bisa dikatakan masih banyak yang belum kita ketahui sehingga perlu kita tunggu.

Mungkin sekian pembahasan kali ini, semoga bermanfaat serta menarik untuk kalian baca. Ohiyaa bagi kalian yang ingin mengetahui info lebih mengenai postingan serta info menarik lainnya bisa banget Follow Instagram Blog ini yaitu @wibugabutblog .

Bye!!! Sehat Selalu...

Posting Komentar untuk "Bahas Episode Pertama Deca-Dence, Sebuah Anime Science Fiction Yang Memukai Mata..."

Berlangganan via Email