Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Bahas Manga Ore ga Fujoshi de Aitsu ga Yuriota de, Manga Gender-Swap Yang Memperlihatkan Sudut Pandang Baru...

 ©Ajiichi/ Media Factory, Ore ga Fujoshi de Aitsu ga Yuriota de

Ore ga Fujoshi de Aitsu ga Yuriota de adalah serial manga yang dibuat oleh Ajiichi, diserialisasikan oleh penerbit Media Factory pada majalah Comic Flapper dari 5 Januari 2016 hingga 4 November 2017, dan menghasilkan 4 volume Tankōbon. Ore ga Fujoshi de Aitsu ga Yuriota de memiliki genre; Comedy, Gender Bender, Romance, Seinen, Supernatural.

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas salah satu manga yang telah cukup lama tamat dan sebenarnya terhitung bukanlah manga yang benar-benar menarik untuk semua orang, namun saya rasa perlu membahas manga ini karena menurut saya memiliki cerita yang unik dan mungkin akan kalian sukai. Mungkin agar pembahasannya tidak panjang, maka langsung saja kita mulai pembahasannya...

Cerita

©Ajiichi/ Media Factory, Ore ga Fujoshi de Aitsu ga Yuriota de

Ore ga Fujoshi de Aitsu ga Yuriota de memiliki cerita tentang, Yoshida Reiji merupakan remaja pendiam yang seorang Otaku Yuri. Tidak sengaja bertemu dengan Hoshina Mitsuru, seorang gadis Otaku tipe Fujoshi yang sangat terbuka mengakui dirinya otaku sekaligus teman sekelasnya. Hoshina meminta Yoshida untuk bertemu, namun atas sebuah kejadian mereka berdua dikutuk oleh arwah gentayangan dan membuat mereka bertukar tubuh. Ini merupakan sebuah cerita komedi romantis tentang Gadis Fujoshi dan Lelaki Otaku Yuri.

Ore ga Fujoshi de Aitsu ga Yuriota de, sebuah serial yang awalnya saya ragukan ketika membaca chapter pertamanya karena terlalu banyak dialog dan detail cerita yang menurut saya berlebihan untuk disajikan pada chapter pertama, namun setelah chapter tersebut saya mulai sadar jika saya sedang di “cuci otak” untuk bisa satu sudut pandang dengan karakter utama pada serial ini.

Sebenarnya sudah cukup lama sih saya tidak menemukan cerita manga yang chapter pertamanya telah memasukan banyak banget informasi serta data yang memaksa pembacanya untuk paham dengan hal-hal pada manga ini, namun saya berpikir hal ini dilakukan untuk membuat kita bisa langsung paham dengan cerita yang dibawakan serta untuk menyederhanakan chapter-chapter selanjutnya.

Hal yang membuat saya ingin membahas manga ini mungkin karena sudut pandang cerita yang membuat saya berpikir bahwa tujuan manga ini bukan hanya untuk membuat cerita yang menarik saja, namun untuk membuat pembaca tahu bahwa ada hal-hal yang sebenarnya dianggap aneh namun ketika dibedah ternyata tidak seaneh yang terpikirkan. Penjelasan di awal serta cara untuk membuat saya paham akan karakter pada serial ini, membuat saya mendapatkan pemikiran-pemikiran baru mengenai topik-topik yang dibahas pada serial ini dan jujur membuat saya berpikir bahwa ini manga yang sangat menarik untuk dibaca.

Lalu jika berbicara soal kekurangan dari manga ini adalah awalan yang bisa dikatakan menyebalkan untuk dibaca karena banyak banget dialog dan hal lain yang membuat saya terasa di “cuci otak”, tapi itu mungkin karena ketidaksukaan saya secara pribadi atas cerita yang terlalu detail mengingat saya merupakan pembaca manga yang suka dengan dialog-dialog sederhana dan mudah untuk dimengerti. Namun itu hanya untuk awalan saja sih, untuk seterusnya saya rasa tidak ada yang bermasalah karena lanjutan ceritanya mulai terhitung biasa dan tidak ada lagi dialog yang panjang.

Karakter

©Ajiichi/ Media Factory, Ore ga Fujoshi de Aitsu ga Yuriota de

Manga ini mengambil konsep Gender-Swap yang menurut saya memang perlu karakter yang benar-benar unik dan khas sehingga kita bisa menikmati hal yang menarik dari pertukaran tubuh tersebut. Pada serial ini menurut saya karakter yang disediakan sudah sangat khas dan bisa dikatakan unik, karena mungkin ini pertama kalinya saya membaca manga dengan karakter seorang otaku yang bisa dikatakan berada pada level yang tidak mungkin bisa saya capai.

Ketika membahas cerita ini saya sempat menulis bahwa saya merasa seakan dicuci otaknya untuk bisa satu sudut pandang dengan tokoh utama pada serial ini dan saya merasa hal itu dilakukan untuk membuat kita bisa menikmati serial ini, serta mengetahui bahwa karakter yang disediakan itu merupakan karakter yang unik dan menarik untuk kita ikuti.

Lalu karakter disini bisa dikatakan menjadi titik komedinya, apapun tingkah laku serta sikap para tokoh menimbulkan komedi-komedi yang menarik untuk saya baca dan dari karakternya ini muncul komedi-komedi sederhana serta khusus yang menurut saya hanya bisa dinikmati oleh orang-orang yang telah satu sudut pandang dengan karakter utama di serial ini, sehingga balik ke paragraf sebelumnya bahwa “cuci otak” yang membuat saya bisa satu sudut pandang dengan tokoh utama membuat saya bisa menikmati komedi-komedi yang tidak pernah terbayang bisa saya nikmati.

Gender-Swap dan Romance Komedi

©Ajiichi/ Media Factory, Ore ga Fujoshi de Aitsu ga Yuriota de

Ketika membaca serial ini dan mengetahui tanggal rilisnya jujur saya berpikir apakah serial ini menarik atau tidak, mengingat gender-swap pada sekitar tahun tersebut bisa diketahui ada dua serial yang benar-benar menarik yaitu “Yamada-kun to 7-nin Majo” dan “Kimi no Nawa” yang menurut saya lebih baik dari serial ini jika berbicara soal “kertertarikan menikmati serialnya”. Namun ketika saya ikuti ceritanya sambil berpikir hal apa yang bisa membuat serial ini lebih menarik, saya menyadari bahwa yang menarik dari serial ini adalah dari keunikan karakternya selain itu adalah soal romance komedinya yang menurut saya lebih lucu serta ringan dibanding dua serial besar pesaingnya tersebut.

Pertukaran tubuh kedua karakter tersebut dibuat benar-benar komedi dan sangat berbeda dengan dua serial pesaing, unsur komedi yang diberikan serta drama romancenya membuat serial ini menurut saya bisa benar-benar bersaing dengan dua serial tersebut. Namun yang disayangkan adalah soal topiknya yang menurut saya kecil karena terdapat dua serial pesaing, selain itu kedua serial sebelumnya bisa dikatakan lebih dulu ada dibanding serial ini sehingga sulit sih mencari topik yang berbeda untuk bisa disajikan.

Kesimpulan


Ore ga Fujoshi de Aitsu ga Yuriota de merupakan manga yang menurut saya menarik untuk dibaca bagi yang ingin membaca serial dengan konsep Gender-Swap, mengingat sepertinya sudah cukup lama juga tidak ada serial dengan konsep seperti ini. Serial ini tamat dalam 4 volume manga dengan dua puluh chapter dan beberapa extra chapter, serial yang sangat disayangkan berlangsung cepat karena memiliki cerita yang menarik dan menurut saya bagus untuk dibaca.

Ketika berbicara hal yang menarik dari serial ini maka saya berpikiran soal keunikan karakternya yang bisa membuat saya berpikir dengan sudut pandang yang unik dan cukup memberikan pengalaman yang menarik ketika membacanya. Selain itu mungkin soal romance komedinya yang menurut saya menjadi salah satu yang dapat bersaing dengan serial besar yang fokus ke sesuatu yang lebih serius dari serial ini, sehingga membuat serial ini lebih terkesan menyenangkan untuk dibaca.

Jika berbicara soal rekomen untuk dibaca atau tidak, menurut saya masih terhitung rekomen untuk dibaca terutama bagi yang sedang bingung ingin membaca apa atau sedang menunggu serial manga yang sedang on-going. Manga ini bukanlah manga yang saya rasa dapat dinikmati semua orang, mungkin hanya yang menyukai romance komedi atau yang memang ingin membaca serial dengan konsep Gender-Swap yang benar-benar bisa menikmati serial ini, namun jika kalian tertarik maka cobalah untuk membacanya karena saya sendiri menikmati serial ini dan merasa tidak ada yang mengecewakan.

Mungkin sekian pembahasan kali ini, semoga bermanfaat serta menarik untuk kalian baca. Ohiyaa bagi kalian yang ingin mengetahui info lebih mengenai postingan serta info menarik lainnya bisa banget Follow Instagram Blog ini yaitu @wibugabutblog .

Bye!!! Sehat Selalu...

Posting Komentar untuk "Bahas Manga Ore ga Fujoshi de Aitsu ga Yuriota de, Manga Gender-Swap Yang Memperlihatkan Sudut Pandang Baru..."

Berlangganan via Email