Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Talk Admin Edisi 11: Template Baru Dan Rencana Blog Kedepannya?



Salam hangat untuk kalian semua, semoga sehat selalu dan buat yang sakit semoga cepat sembuh yah!! Selamat Bulan Juli dan semoga awal bulan ini menjadi bulan yang lebih baik untuk kita semua!!

Pada Talk Admin kali ini sebenarnya saya akan menulis beberapa hal sih yang mungkin berkaitan dengan blog ini kedepannya, namun sebelum masuk kedalam inti pembahasan bagaimana jika kita berbicara soal template blog Wibu Gabut saat ini? Sebenarnya pada 29 Juni atau hari senin lalu saya baru saja mengubah tampilan template Wibu Gabut dan itu merupakan salah satu rencana yang sudah saya pengen dari beberapa bulan lalu, namun baru kemarin saya realisasikan.

Sebenarnya mengubah template itu sudah menjadi salah satu rencana pada Talk Admin edisi ke-5 (bisa kalian baca disini:Talk Admin edisi 5: Selamat Tahun Baru), dimana saya ingin mengganti Template yang lebih menarik dan lebih bisa kalian nikmati. Sebenarnya template yang sebelumnya itu sudah sangat khas dan jujur saya suka, namun template itu perlu ada pengembangan dan saya tidak paham dengan sistem pengembangannya, sehingga semakin lama dipakai template tersebut cukup menimbulkan banyak masalah dan memang perlu diganti. (template sebelumnya juga tidak enak dilihat di komputer atau tablet dan memang saya fokusnya di tampilan smartphone sehingga itu sih masalah yang paling sederhananya, dan masih banyak masalah lain hehe)

Template sebelumnya sendiri sebenarnya sudah sangat khas bagi saya di blog ini karena mungkin sekitar 7 bulan saya memakainya, dan sangat sayang banget sih buat ganti tapi mau bagaimanapun perubahan perlu ada untuk membuat blog ini lebih berkembang hehe. Dan selain itu juga sebenarnya saya ingin mencari pembuat template supaya saya dapat menyediakan template khusus, namun sepertinya perlu banyak memakan biaya sehingga yah saya hanya bisa membeli template premium yang bisa terus update dan bayarnya hanya sekali. (biaya untuk blog sudah cukup banyak memakan uang jajan sehingga saya cukup pikir-pikir ketika ingin membuat template khusus hehe)

Template yang saya gunakan saat ini yaitu template yang saya beli dari website Pak sugeng.id bernama linkmagz, sebuah template yang memiliki banyak fitur hanya saja masih baru saya pakai beberapa. Template ini bisa dikatakan salah satu template yang memang saya pikirkan saat ingin mengubah template sebelumnya, telah banyak saya cari template premium lain tapi masih belum cocok sehingga saya memutuskan untuk memilih template linkmagz ini. (fitur-fitur yang diberikan benar-benar bikin saya jatuh cinta hehe)

Ada salah satu fitur yang menarik dari template ini yang membuat saya bisa berjualan produk, dan fitur itu menurut saya bisa menjadi salah satu alternatif agar saya tidak perlu memasang google adsense untuk blog. Jika kalian membaca Talk Admin edisi ke-5, kalian pasti telah mengetahui bahwa saya ingin membeli domain berbayar, mengganti template, lalu mendaftar google adsense, dan terakhir menambah admin pada blog ini pada tahun 2020.

Untuk domain dan template telah saya realisasikan, namun untuk google adsense sejujurnya saya masih berpikir-pikir karena rasanya sulit untuk menghasilkan uang disana dengan blog yang pengunjungnya minim seperti Wibu Gabut sehingga saya berpikir untuk menjadi dropship yang menjual produk orang lain. Sebenarnya pengunjung Wibu Gabut akhir-akhir ini mengalami kenaikan yang bisa dianggap layak untuk mendaftar adsense, hanya saja saya memikirkan banyak hal yang bisa terjadi karena iklan sehingga untuk google adsense saya masih berpikir-pikir dan mencoba mencari alternatif untuk bisa mendapatkan penghasilan dari terciptanya blog Wibu Gabut.

Hal yang cukup menyedihkan yaitu ketika dari awal saya memikirkan akan uang dari blog ini, namun semakin ditekuni dan merasa bahwa ini adalah hobi yang sangat saya sukai, membuat saya rasanya tidak begitu membutuhkan uang dari blog ini sehingga pemikiran yang ingin daftar adsense jadi sulit untuk merealisasikannya.

Sejujurnya tujuan saya ingin menghasilkan uang dari blog ini adalah untuk menambah admin, sebenarnya saya yakin pasti ada saja yang mau ikut meskipun tidak dibayar namun saya sendiri merasakan biaya yang dibutuhkan untuk menjalankan kegiatan ini sehingga tidak etis sih kalo tidak mendapat imbalan, sehingga saya terus berpikir tentang potensi apa yang bisa dilakukan blog Wibu Gabut untuk mendapatkan penghasilan yang membuat apa yang saya lakukan terbayar kemudian blog ini bisa semakin berkembang.

Jujur saya tidak ingin blog ini mati sia-sia sehingga saya terus berpikir untuk terus mengembangkan blog ini sehingga bisa terus survive, dari terus mengembangkan artikel dan label, terus mencoba berpikir untuk aktif di sosmed (meski tidak berhasil), kemudian rencana YouTube (meski baru rencana) dan mendapatkan penghasilan serta menambah admin. Hal-hal ini saya lakukan supaya jika suatu hari saya tidak merasa bahwa apa yang saya kerjakan itu tidak sia-sia, dan blog ini bisa mencapai tujuan yang saya inginkan. (mungkin di satu tahun blog ini saya akan menyampaikan apa yang saya impikan dari hal yang saya lakukan ini hehe)

Ohiya kita lewati pembicaraan serius ini dan berbicara soal fitur yang menarik dari template terbaru ini yaitu darkmode dan fitur langganan via email, untuk fitur darkmode sendiri itu fitur yang keren sih menurut saya yang membuat saya membeli template ini dan untuk langganan sebenarnya saya tidak memaksa kalian berlangganan blog saya karena update artikel yang saya berikan suka malam-malam.

Sebenarnya jika kalian bertanya mengapa saya selalu update malam-malam adalah karena memang selesainya jam segitu, entah mengapa setiap melakukan pembahasan saya selalu mengerjakannya dari sore hari namun karena butuh menonton ulang untuk melihat-lihat kembali, kemudian berpikir dan salkus nonton Kakki tiba-tiba selesai malam hari. Sehingga semoga tidak menganggu jika berlangganan blog ini hehe, tapi jika dilihat-lihat memang entah mengapa banyak yang berkunjung pada blog ini malam hari setelah saya post daripada pagi/siang hari. (enggak tahu kenapa tapi saya harap kalian tidak begadang karena itu kurang sehat hehe)

Mungkin sekian dari Talk Admin kali ini karena sudah terlalu panjang, namun ada alasan mengapa kali ini panjang adalah karena saya yang belum bisa update artikel disebabkan kehabisan stok pembahasan, selain itu musim summer sebentar lagi sehingga melakukan pembahasan saat ini pasti tidak akan menarik untuk kalian baca sehingga tunggu saja pembahasan summer yang akan saya infokan pada Wibu News besok. (hari ini Talk Admin saja hehe)

Terimakasih dan sampai ketemu di Talk Admin bulan depan!!! (Sehat Selalu...)

1 Juli 2020

Ronald Nanda

Posting Komentar untuk "Talk Admin Edisi 11: Template Baru Dan Rencana Blog Kedepannya?"

Berlangganan via Email