Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

WIbu Gabut [Idol of the Week] HKT48, Grup Dengan Banyaknya Keimutan

©HKT48

HKT48 adalah grup idola yang berbasis di Hakata, Fukuoka, Jepang. HKT48 merupakan saudari ketiga AKB48, proyek pembentukan HKT48 pertama kali diumumkan pada 19 November 2008 oleh Yasushi Akimoto, namun diumumkan secara resmi pada acara AKB48 Handshake Event 1 Mei 2011. Audisi grup ini dilaksanakan pada 31 Mei 2011, dan Generasi Pertama HKT48 diumumkan pada AKB48 Handshake Event tanggal 23 Oktober 2011, dengan memperlihatkan 21 Member HKT48 Generasi Pertama dengan rata-rata umur 13,8 tahun. Debut HKT48 dilakukan pada Theater mereka tanggal 26 November 2011 membawakan setlist “Te o Tsunaginagara”, dan 31 Desember 2011 mereka tampil pada NHK Kōhaku Uta Gassen edisi ke-62 sebagai salah satu saudari AKB48.

Pada kesempatan kali ini saya (Admin Ronald) akan kembali menulis Idol of the Week, sebuah proyek mingguan yang saya buat untuk sedikit membahas Idol Grup dan kali ini saya akan membahas Idol Grup HKT48. Jika berbicara soal HKT48, ini merupakan salah satu grup yang saya suka dan dibanding 48 grup lainnya, mungkin HKT48 adalah salah satu grup yang cukup saya ikuti perkembangannya terutama soal lagunya karena ini merupakan salah satu grup yang menurut saya menarik. Mungkin tanpa banyak basa-basi langsung saja kita mulai pembahasannya...

Lagu

©HKT48, Single 1 dan Single 16

HKT48 memiliki single pertama pada 20 Maret 2013 dengan judul “Suki! Suki! Skip!” hingga yang terbaru saat ini berjudul “3-2” yang akan rilis pada 22 April 2020, dan hingga single terbaru tersebut SKE48 telah merilis 13 Single lagu. Kemudian HKT48 merilis Original Album pertamanya pada 17 Desember, 2017 dengan judul “092!”. Selain merilis Single dan Original Album, HKT48 juga merilis Stage Album, Videography dan Lagu lainnya yang terdapat di Single AKB48 seperti “Make Noise” di Single “Kimi wa Melody” dan lainnya.

Lagu-lagu yang ada pada single-single terdahulu HKT48 lebih ke sebuah lagu yang riang dengan gerakan yang lincah, lagu-lagu yang dibawakannya sendiri merupakan sebuah lagu-lagu percintaan seorang remaja yang masih terasa lucu-lucunya, sehingga bisa dikatakan lagu-lagu HKT48 ini sangat terasa untuk para remaja, yah setidaknya saat saya masih remaja dulu dan baru mengenal HKT48 ini saya sangat merasakan lagu-lagu yang mereka bawakan, sehingga lagu-lagu yang mereka bawakan itu benar-benar menarik serta cocok untuk saya dengarkan. (saat dulu)

Namun seiring berjalannya waktu lagu-lagu yang disediakan mulai beragam, sebenarnya keberagaman lagunya ini telah ada pada coupling song mereka dan untuk lagu utama pada singlenya mulai terasa ketika single keenam (mungkin), karena pada lagu tersebut mulai terdapat sedikit perbedaan meskipun masih terasa kelucuan mereka. Namun pada single-single terbaru mereka saat ini, sudah mulai terasa banget perbedaan lagu yang mereka bawakan dan itu mungkin disebabkan oleh pertumbuhan grup ini yang mulai berusaha berubah dari sebuah grup yang imut menjadi lebih dewasa.

Perubahan ini sendiri mungkin bisa terjadi dari persona membernya terutama member pada posisi center pada lagu utama dari single yang mereka dan itu salah satu cara yang menurut saya paling bagus sih karena jika mengandalkan center yang sama terasa sulit untuk saya terima, yah sulit diterima karena pandangan kita terhadap seorang idol itu sulit sih berubah sehingga perlu ada pergantian posisi center agar terasa persona baru dari sebuah lagu dari grup itu sendiri.

Member

©HKT48
HKT48 memiliki sekitar 76 member yang asli mendaftar selama lima generasi dan jika dihitung dengan Draft Member, Kennin, Anggota yang ditransfer maka terhitung sekitar 88 anggota. Hingga Maret 2020, HKT48 memiliki 37 Anggota yang terbagi kedalam tim H, KIV, serta TII, lalu 17 Kenkyuusei dan 2 member yang sedang tidak aktif.

Jika membahas soal member HKT48 hanya dua hal yang terbayangkan oleh saya yaitu “Kawai” dan “Imouto”, karena rata-rata umur pada awalnya terasa masih sangat muda dan sepertinya saat dulu itu karakter seorang adik itu menjadi salah satu karakter yang banyak disukai sehingga kemunculan HKT48 bagaikan kemunculan sebuah grup idol impian para fans yang menyukai karakter seorang adik.

Saya rasa persona seorang adik pada member HKT48 masih sangat terasa, karena memang ini salah satu persona yang murni muncul dari mereka entah dari member generasi awal ataupun generasi baru saat ini. Namun meski begitu persona ini bukanlah persona yang sengaja dibuat grup ini, tapi memang membernya memiliki visual yang imut dan bagaikan seorang adik impian, karena jika kalian lihat mereka dari sebuah variety mereka rata-rata sangat jarang banget menampilkan persona seorang adik impian karena memang persona ini munculnya murni dari tampilan visual bukan sikap yang ingin mereka tunjukan, bahkan jika saya ingat-ingat mayoritas variety yang mereka tampilkan tidak ada yang memiliki konsep untuk memperlihatkan keimutan.

Konten YouTube


HKT48 merupakan salah satu grup yang cukup rajin memberikan konten-konten yang menarik di channel YouTube milik mereka dan itu salah satu hal yang cukup bagus menurut saya, karena dari idol grup yang sempat saya bahas pada Idol of the Week ini rasanya tidak serajin HKT48. Dari penyediaan konten ini sendiri membuat fans yang tidak bisa menonton mereka secara langsung, masih dapat menikmati konten yang diberikan HKT48, meskipun saya berharap tersedia bahasa inggris yang membuat saya bisa paham.

Sebenarnya bagian ini selalu diisi dengan topik tentang bagaimana idol yang kita bahas melakukan sesuatu di kondisi pandemi yang sedang kita alami saat ini, namun saya tidak menemukan berita tentang program yang disediakan HKT48 dalam menghadapi kondisi pandemi sehingga saya membahas topik ini karena ini termasuk cara bagaimana grup ini bisa tetap jalan meski pandemi.

Bagi saya ini salah satu hal yang bagus dari HKT48, namun entah mengapa sedikit yang menontonnya mungkin karena bosan atau perlu ada inovasi. Sebenarnya saya berharap bisa ada subtitle bahasa inggris yang membuat fans internasional dan tidak paham bahasa Jepang dapat menikmati konten yang diberikan, ini salah satu hal yang mungkin bisa membuat grup ini lebih dikenal karena saya rasa penyediaan subtitle akan membuat grup ini lebih bersaing, karena dari segi penyediaan konten sudah bagus.

Penyediaan subtitle sebenarnya bisa dikerjakan oleh fans HKT48 dan tidak perlu oleh manajemennya, namun saya rasa pihak menajemen perlu memberikan sesuatu pada mereka yang bisa berkontribusi menyediakan subtitle seperti merchandise atau surat khusus yang diberikan oleh idol yang mereka sukai, sehingga ini bisa menguntungkan semua pihak dan saya rasa itu bukan salah satu hal yang merugikan bagi manajemen.

Kesimpulan


HKT48 merupakan idol grup yang menarik terutama dari segi lagu, saya rasa para remaja akan sangat menyukai lagu-lagu yang disediakan oleh HKT48 karena lagu yang disajikan sedang para remaja rasakan, meskipun untuk saat ini lagu yang disediakan mulai berubah namun saya rasa lagu-lagunya tetaplah lagu-lagu yang mudah dinikmati oleh para remaja.

Member HKT48 merupakan member yang memiliki visual yang cantik dan terlihat bagaikan seorang adik impian, rata-rata visual member HKT48 ini benar-benar baby face sehingga wajar banyak yang berpikiran seperti itu .sepertinya untuk bagian member ini di minggu depan akan saya jadikan topik dalam sebuah artikel khusus sehingga di tunggu saja hehe. Lalu untuk program yang disediakan HKT48 sebenarnya saya kurang tahu akan program yang ditampilkan karena saya tidak menemukan berita atau bahkan postingan tentang HKT48, sehingga hanya konten YouTube mereka saja yang bisa saya jadikan topik pembahasan. (mungkin bisa kita lengkapkan di kolom komentar hehe)

Mungkin sekian pembahasan kali ini semoga tidak bermasalah, karena saya cukup takut sih apa yang saya tulis menimbulkan cukup banyak masalah, saya berharap kalian dapat mengambil hal-hal yang baik dan menarik dari apa yang saya tuliskan hehe, mungkin jika kalian ada yang ingin menambah atau berkomentar lain bisa banget mengetik di kolom komentar di bawah ini yah...

Ohiyaa saya berterimakasih kepada Wikipedia (web andalan admin hehe) dan stage48.net yang memberikan banyak informasi mengenai HKT48 serta web resmi sp.hkt48.jp sehingga saya bisa membaca cukup banyak informasi, serta platform mereka seperti channel Official YouTube HKT48. (kalian perlu banget dateng kesana untuk menambah informasi)

Posting Komentar untuk "WIbu Gabut [Idol of the Week] HKT48, Grup Dengan Banyaknya Keimutan"

Berlangganan via Email