Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Wibu Gabut [Review] Oregairu Season 1, Musim Pertama Yang Memberikan Banyak Kesan

©Wataru Wataru, Ponkan8 /Shogakukan, Yahari Ore No Seishun Love Come Wa Machigatteiru production Committe

Yahari Ore no Seishun Rabukome wa Machigatteiru atau Yahari Ore No Seishun Love Come Wa Machigatteiru, adalah serial Light Novel yang ditulis oleh Wataru Watari serta diilustrasikan oleh Ponkan8, diterbitkan oleh Shogakukan pada Imprint Gagaga Bunko dari 18 Maret 2011 hingga 19 November 2019 dengan 14 Volume ditambah 3 koleksi cerita pendek, Light Novel terbitkan juga dalam bahasa inggris oleh Yen Press dan Bahasa Indonesia oleh Elex Media Komputindo. Seri ini juga telah diadaptasi menjadi tiga manga dan dua volume antologi, lalu mendapatkan adaptasi seri anime yang diproduksi oleh studio Brain’s Base dari 5 April 2013 hingga 28 Juni 2013, dengan jumlah 13 Episode dan 1 OVA.

Pada kesempatan kali ini saya akan membuat sebuah Review Anime berjudul, “Yahari Ore No Seishun Love Come Wa Machigatteiru Season Pertama,” serial ini sebenarnya telah sempat saya bahas pada awal banget Blog ini berdiri(Yahari Ore No Seishun Love Come Wa Machigatteiru, Anime yang Normatif? Positif?) namun karena di artikel itu pembahasan agak berantakan, sehingga saya ingin membahasnya kembali dari musim pertama, lalu kedua, hingga yang terakhir untuk mengetahui perkembangan ceritanya serta memudahkan saya untuk membahas musim ketiganya yang merupakan musim terakhir serial ini. (saya ingin membahas serial ini sebaik mungkin)

Cerita

©Wataru Wataru, Ponkan8 /Shogakukan, Yahari Ore No Seishun Love Come Wa Machigatteiru production Committe

Yahari Ore No Seishun Love Come Wa Machigatteiru pada musim pertamanya memiliki prolog tentang seorang remaja laki-laki penyendiri bernama Hachiman Hikigaya yang selalu mempercayai bahwa anak muda yang selalu bersemangat dan bergembira hanyalah lelucon, dan semua yang mengatakan sebaliknya hanya membohongi diri mereka sendiri. Hikigaya menuangkan pemikirannya tersebut ke dalam tugas essainya dan membuat gurunya yaitu Shizuka Hiratsuka Sensei mengambil keputusan untuk memasukan Hikigaya kedalam “Klub Relawan”, sebuah klub yang bertujuan untuk memberikan bantuan kepada murid yang mengalami masalah.

Hikigaya dipaksa masuk kedalam klub tersebut dan menemukan bahwa ia akan satu anggota dengan Yukino Yukinoshita, seorang murid yang berada di strata atas sosial di sekolahnya dan sangat berbeda jauh dengannya. Dengan perbedaan pemikiran yang sangat jauh membuat Hiratsuka Sensei memutuskan untuk memberikan tantangan untuk keduanya agar bisa bersaing di dalam klub tersebut dan yang memenangkannya boleh melakukan apa saja kepada yang kalah, keduanya menerima tantangan tersebut meski Yukinoshita sedikit menolak karena merasa akan sangat berbahaya jika ia kalah sambil melihat tatapan mesum Hikigaya.

Awalan cerita setiap episodenya kita dihadapkan akan dua fokus yaitu perkenalan atas tokoh lalu permasalahan yang dihadapi tokoh tersebut, kedua fokus tersebut disatukan menjadi satu topik yang menarik untuk kita nikmati sekaligus membuat cerita serta hubungan antar tokoh berkembang menjadi cerita yang lebih kompleks pada pertengahan hingga akhir episode musim pertamanya.

Topik permasalahan yang diangkat pada musim pertama anime ini pun disediakan dengan topik-topik yang sederhana dan sangat dekat dengan permasalahan remaja-remaja, namun yang membedakannya adalah tentang bagaimana anime ini menjawab permasalahan tersebut dengan berbagai sudut pandang yang berbeda dari setiap tokoh, semua jawaban tidak ada yang salah dan saling memberi dampak sehingga semua jawaban tersebut menyimpulkan berbagai pesan yang menarik untuk kita nikmati.

Karakter

©Wataru Wataru, Ponkan8 /Shogakukan, Yahari Ore No Seishun Love Come Wa Machigatteiru production Committe

Pada awalan cerita kita difokuskan atas tiga karakter penting yaitu, Hachiman Hikigaya, Yukino Yukinoshita, dan Yui Yuigahama. Ketiga karakter ini diperkenalkan dalam berbagai situasi yang menarik karena dari situasi tersebut memunculkan sikap masing-masing karakter yang digambarkan dengan bagaimana mereka menanggapi situasi yang disediakan pada cerita, sehingga perkenalan karakter penting di serial ini menarik untuk dinikmati.

Lalu untuk karakter lainnya diperkenalkan di dalam sebuah masalah yang dihadapi pada setiap episode, terdapat beberapa karakter pendukung yang membuat setiap episode semakin kompleks untuk dibahas dan juga menambah drama yang cukup menarik untuk dinikmati, selain itu peran karakter pendukung pada musim pertama seri ini pun membuat kita semakin mengenal dengan sikap serta sifat dari ketiga karakter penting di serial ini.

Hal Yang Menarik Pada Season Pertama

©Wataru Wataru, Ponkan8 /Shogakukan, Yahari Ore No Seishun Love Come Wa Machigatteiru production Committe
  • Topik Masalah
Penyediaan masalah dari awalan cerita hingga akhiran cerita dibuat semakin berat serta kompleks, permasalahan yang dihadapi di awalan cerita terhitung masalah-masalah sederhana yang dikemas serta dibahas dengan unik, lalu mulai masuk ke pertengahan hingga akhiran cerita disediakan sebuah masalah yang cukup kompleks dan saling berkaitan di setiap episodenya yang membuat pertengahan hingga akhiran cerita menjadi bagian klimaks yang membekas untuk penonton lihat, kemudian pada episode akhir terdapat penurunan suasana yang sempat serius kembali di reset menjadi lebih menyenangkan kembali.
  • Komedi
Dengan pembentukan karakter yang unik dan menarik di masanya membuat komedi yang disediakan menjadi komedi yang segar untuk dilihat, selain itu pembentukan sikap karakter yang sangat unik namun sangat dekat dengan penonton membuat komedi yang di berikan pada karakter menjadi mudah untuk dicerna oleh para penonton serta memberikan ciri khas khusus akan komedi pada serial ini.
  • Lagu
Lagu opening berjudul “Yukitoki” yang dinyanyikan oleh Yagi Yanagi menjadi sebuah lagu yang menarik untuk didengar, selain itu juga penyediaan animasi dalam opening serial ini menjadi nilai tambah yang membuat lagunya semakin menarik untuk didengar sekaligus di tonton. Lalu untuk endingnya Hello Alone yang dinyanyikan oleh seiyuu dari Yui Yuigahama dan Yukino Yukinoshita sangat menenangkan ketika di dengarkan, selain itu juga terdapat ending song khusus di episode lima yang membuat lagu tersebut menjadi salah satu bagian untuk memperkuat suasana.

Akhir Kata

Yahari Ore No Seishun Love Come Wa Machigatteiru pada Musim Pertamanya menjadi sebuah awalan cerita yang menarik untuk dinikmati, dari episode pertama hingga episode terakhir hampir tidak ada bagian yang menandakan bahwa serial ini akan ada musim keduanya namun dengan popularitas serta reaksi penonton yang tertarik dengan serial ini, mungkin membuat seri ini bisa ada musim keduanya bahkan hingga musim ketiganya yang sedang berjalan saat ini.

Berikut adalah review “Yahari Ore No Seishun Love Come Wa Machigatteiru Season 1” yang Wibu Gabut coba buat, ini merupakan review pertama yang saya buat dan jujur terasa sangat menyulitkan karena berbeda dari biasanya. Serial ini benar-benar sebuah serial yang membekas untuk saya karena serial ini merupakan serial pertama yang saya bahas pada blog ini dan jujur terasa buruk sekali pembahasan saya sebelumnya, sehingga saya berharap dengan adanya review ini membuat serial yang bagus ini bisa saya perbaiki pembahasannya dan saya harap kalian dapat menikmati review singkat saya yang mungkin masih perlu banyak perbaikan. (saya masih harus terus belajar hehe)

Mungkin sekian pembahasan kali ini, semoga bermanfaat serta menarik untuk kalian baca. Ohiyaa bagi kalian yang ingin mengetahui info lebih mengenai postingan serta info menarik lainnya bisa banget Follow Instagram dan Twitter Blog ini yaitu @wibugabutblog .

Bye!!! Sehat Selalu...

Posting Komentar untuk "Wibu Gabut [Review] Oregairu Season 1, Musim Pertama Yang Memberikan Banyak Kesan"

Berlangganan via Email