Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Alasan Mengapa Anime SAO: Alicization Merupakan Arc Paling Menarik

©2020 Kawahara Reki/ A-1 Pictures/SAO-A Project

Sword Art Online: Alicization, merupakan serial Anime musim ketiga dari serial anime Sword Art Online yang berasal dari adaptasi Light Novel dengan judul yang sama karangan penulis Reki Kawahara dan diilustrasikan oleh Abec. Sword Art Online: Alicization tayang sebanyak 47 episode yang terbagi atas dua judul yaitu, Sword Art Online: Alicization yang tayang pada 7 Oktober 2018 hingga 30 Maret 2019 dengan total 24 Episode, yang diambil dari adaptasi novel volume sembilan hingga empat belas. Kemudian Sword Art Online: Alicization – War of Underworld yang tayang pada 13 Oktober 2019 hingga 29 Desember 2019, dan bagian kedua pada 12 Juli 2020 hingga 20 September 2020, dengan total 23 Episode yang diambil dari adaptasi novelnya volume lima belas hingga volume delapan belas.

Sword Art Online: Alicization, bercerita tentang Kirito yang menerima tawaran pekerjaan menguji mesin FullDive eksperimental bernama “Soul Translator (STL)”, yang memiliki interface yang jauh lebih realistis dan kompleks dibanding mesin-mesin sebelumnya. Kirito membantu Departemen Pertahanan dalam pengembangan AI bernama “ALICE”, ia menguji STL dengan memasuki dunia VR bernama UnderWorld, dimana di dunia tersebut dunia berlangsung 1000 kali lebih cepat dibanding dunia nyata dan kenangan Kirito tentang apa yang terjadi di dalam dibatasi. Namun suatu malam, setelah Kirito bertemu dengan teman-temannya, ia diserang oleh Black atas kejadian Death Gun dulu yang membuat dirinya berada di ambang kematian. Demi memulihkannya, ia dimasukan kedalam STL untuk menjaga pikirannya sementara sekaligus menyelamatkannya. Sementara itu, mulai terungkap bahwa UnderWorld adalah eksperimen untuk menciptakan AI yang dapat digunakan untuk tujuan militer.

Sword Art Online: Alicization, merupakan Arc yang menurut saya paling menarik dari serial Anime Sword Art Online yang saya tonton sejauh ini, dan pada artikel kali ini saya akan menulis hal apa saja yang membuat saya berpikir bahwa Arc ini merupakan Arc paling menarik yang saya tonton. Mungkin tanpa banyak basa-basi berikut penjelasannya...

Lahir Kisah Persahabatan


©2020 Kawahara Reki/ A-1 Pictures/SAO-A Project

Pada Arc Aincrad, kita mengenal Kirito sebagai seorang solo player dan munculnya Asuna yang berada di sampingnya memunculkan kisah cinta di antara mereka, kemudian pada Arc Fairy Dance atau ALO, kita melihat Kirito bersama dengan Leafa atau Suguha yang memunculkan kisah cinta ditambah hubungan keluarga, lalu untuk Arc Phantom Bullet atau GGO, kita melihat Kirito bersama dengan Sinon tentang sedikit kisah cinta dan juga dua orang yang memiliki rasa sakit yang sama. Namun pada Arc Alicization, kita melihat Kirito memiliki seorang teman yang berada di sampingnya yaitu Eugeo, dari teman masa kecil yang memiliki peran yang sama, kemudian latihan bersama, hingga bertarung bersama.

Pada Arc sebelum-sebelumnya kita biasanya melihat Kirito sebagai solo player, namun saat berada di Arc Alicization kita mulai melihatnya sebagai seorang yang bermain bersama dengan seorang sahabat, di arc ini sendiri kita bisa melihat kisah persahabatan antara Kirito dan Eugeo yang menurut saya bagus serta menarik untuk di tonton. Pada Arc Alicization ini mungkin ada yang berpikiran bahwa kisah antara Eugeo dan Kirito terlihat berlebihan, namun bagi saya sendiri kisah yang terjalin ini sangat bagus bahkan membuat saya berpikir bahwa memang seperti itulah kisah dua orang sahabat yang tumbuh bersama dari kecil.

Cerita Yang Kompleks


©2020 Kawahara Reki/ A-1 Pictures/SAO-A Project

Pada episode pertama kita diperlihatkan tentang dunia UnderWorld itu seperti apa, lalu penjelasan tentang konsep mengenai proyek ini, dan juga masalah yang membuat Kirito masuk dunia UnderWorld. Perkembangan cerita yang disajikan juga sangat sulit untuk ditebak, dimana cerita ini bukan hanya tentang pertarungan antara orang baik melawan orang jahat, namun tentang persahabatan, kisah cinta, serta tekad para tokoh.

Di Arc Alicization, kita bisa merasakan alur certa yang lebih lambat serta detail, dari pertumbuhan awal Kirito yang memukul pohon saja kesulitan, hingga ia mulai menyadari bahwa ia bisa menggunakan sword skill, kemudian ketika di akademi dimana ia sadar bahwa tekad membuatnya bisa semakin lebih kuat, lalu pertarungan dengan para Integrity Knight yang membuatnya sadar cara untuk menyelamatkan Alice itu seperti apa, dan pertarungan dengan Quinella yang menjadi klimaks serta pembuka cerita final Arc ini.

Konflik Yang Menegangkan


©2020 Kawahara Reki/ A-1 Pictures/SAO-A Project

Pada Sword Art Online: Alicization kita diperlihatkan atas sebuah konflik, yaitu Alice yang masuk Dark Territory sehingga dibawa Integrity Knight dan Kirito di dunia nyata yang diserang oleh Johnny Black sehingga mengalami kerusakan otak. Lalu pada Sword Art Online: Alicization – War of Underworld, diperlihatkan tentang konflik Kirito yang tidak sadarkan diri karena lonjakan listrik yang merusak Fluctlight milik Kirito, disisi lain tempat Kirito yaitu Ocean Turtle sedang diserang oleh sekelompok Terorisme yang ingin mengambil ALICE, lalu konflik lain tentang peperangan melawan Dark Territory.

Konflik yang disajikan pada SAO selalu terasa menegangkan pada setiap musimnya, namun pada Sword Art Online: Alicization sangat terasa konfliknya itu terjadi akan berbagai hal serta berbagai alasan, setiap konflik yang terjadi pada Arc ini saling berkaitan dengan satu sama lain sehingga membuat ceritanya berjalan dalam satu alur yang sama. Pada Sword Art Online: Alicization – War of Underworld merupakan bagian yang menurut saya paling terasa banget menegangkannya karena kita diperlihatkan pertempuran yang terasa tidak ada habisnya, dari pertempuran antar Fluctlight buatan hingga pertempuran dengan banyaknya player membuat konfliknya itu terasa menegangkan dari awal cerita hingga klimaks.

Tidak Terpaku Terhadap Kirito


©2020 Kawahara Reki/ A-1 Pictures/SAO-A Project

Pada Sword Art Online: Alicization cerita yang disajikan tidak hanya terpaku terhadap Kirito tetapi berbagai karakter dari Eugeo hingga Asuna sehingga kita bisa melihat cerita dari berbagai sudut pandang. Dan pada Sword Art Online: Alicization – War of Underworld, kita diperlihatkan sebuah cerita dimana Kirito belum bisa sadar sehingga kita disini diperlihatkan perjuangan Alice, para Integrity Knight, dan teman-teman Kirito yang membuat kita bisa menyadari bahwa cerita tidak terpaku atas perjuangan Kirito tetapi semua karakter.

Bagian ini yang menurut saya paling menarik dari Arc ini, dimana disini saya seakan disadarkan bahwa cerita bukan hanya soal Kirito dan cerita bisa berjalan menarik meski Kirito tidak terlalu disorot. Pada SAO season kedua dimana Arc Mother’s Rosario, dimana cerita tanpa adanya Kirito membuat saya berpikir bahwa cerita SAO terasa tidak menarik jika tidak ada Kirito, namun sepertinya pemikiran itu perlu saya ubah karena tanpa adanya Kirito ceritanya ternyata masih sangat menarik dan bahkan membuat saya sadar bahwa Arc ini memperlihatkan bahwa ada banyak tokoh yang berperan besar dalam cerita.

Klimaks dan Akhir Yang Selalu Penuh Misteri


©2020 Kawahara Reki/ A-1 Pictures/SAO-A Project

Sword Art Online: Alicization, memiliki klimaks dimana Quinella bertempur dengan Kirito dan lainnya hingga menimbulkan banyak korban termasuk Eugeo, lalu memiliki akhiran dimana Kirito berhasil menghubungi real world namun terdapat sebuah masalah. Lalu untuk Sword Art Online: Alicization – War of Underworld, memiliki klimaks dimana Kirito bertarung dengan Gabriel dan berhasil memenangkannya, namun ia terpaksa hidup 200 tahun di UnderWorld bersama Asuna karena terlambat Logout dan ketika ia berhasil Logout, dimana jiwa Fluctlight yang telah hidup 200 tahunnya harus dihapus ternyata berhasil di copy oleh Higa dan menimbulkan misteri yang sepertinya perlu kita tunggu.

Membahas soal klimaks SAO memang tidak pernah menampilkan sesuatu yang mengecewakan, selalu ada banyak hal yang menarik ketika kita menonton klimaks dari serial anime ini. Namun sebenarnya yang paling menarik dari ini adalah tentang scene setelah klimaks yang selalu menimbulkan sebuah misteri, karena ternyata ada banyak hal yang masih berkaitan dan masih perlu di tunggu dari serial ini hingga kita mengetahui tentang maksud yang dibuat misteri itu.

Akhir Kata

Sword Art Online: Alicization merupakan Arc yang sangat menarik dimana kita diperlihatkan sesuatu yang lebih baru dan berbeda dari musim-musim sebelumnya, selalu ada perkembangan yang menarik serta mengejutkan untuk di tonton, sehingga serial ini rasanya wajib untuk kalian tonton karena menarik. Sword Art Online: Alicization, sendiri menurut saya pribadi bisa langsung kalian tonton meski kalian belum menonton musim pertama dan musim keduanya, karena meskipun ada kaitan dengan musim-musim sebelumnya tetapi cerita pada arc ini sendiri tidak begitu terpaku dengan musim sebelumnya, sehingga tanpa menonton musim sebelumnya pun saya rasa kalian masih sangat bisa menikmati serial ini.

Hal-hal yang saya tulis diatas merupakan pendapat saya pribadi mengenai serial ini, yang sebenarnya sulit dikatakan valid mengingat saya hanyalah penonton anime SAO dan bukanlah penggemar berat SAO yang sampai membaca Light Novelnya. Saya menonton serial ini karena memang ini salah satu anime yang saya tonton dari jaman SMP dulu, sehingga rasanya tanggung jika tidak ditonton, meskipun di satu sisi serial ini di musim keduanya cukup tidak menarik bagi saya tetapi meski bagaimanapun tetap saya tonton sih hehe.

Ada sebuah berita bahwa akan ada lanjutannya lagi yaitu Sword Art Online: Progressive, dimana kita diperlihatkan sudut pandang lain dari Arc Aincrad yaitu dari sudut pandang Asuna. Yah mungkin kita akan membahasnya kembali di blog ini dan semoga menarik untuk dibahas, atau tidak semoga blog ini masih ada karena kita tidak tahu akan tayang kapan lanjutannya. (doakan semoga saya dan blog ini diberi umur panjang untuk menonton serta membahas lanjutannya hehe)

Mungkin sekian pembahasan kali ini, semoga bermanfaat serta menarik untuk kalian baca. Ohiyaa bagi kalian yang ingin mengetahui info lebih mengenai postingan serta info menarik lainnya bisa banget Follow Instagram dan Twitter Blog ini yaitu @wibugabutblog .

Bye!!! Sehat Selalu...

Posting Komentar untuk "Alasan Mengapa Anime SAO: Alicization Merupakan Arc Paling Menarik"

Berlangganan via Email