Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Talk Admin Edisi 13: 1 Tahun Blog dan Apa Yang Telah Kita Lakukan

Salam Hangat untuk kalian semua semoga sehat selalu dan untuk yang sakit semoga cepat sembuh yah, di kondisi-kondisi saat ini kita perlu banget menjaga kesehatan karena ke Rumah Sakit atau Dokter sedang sulit dan agak rawan sih... (Saya harap postingan Wibu Gabut dapat menemani hari-hari kalian hehe)

1 tahun telah berlalu, tanpa sadar blog Wibu Gabut telah melewati 4 musim dan tiba saatnya saya merayakan satu tahun umur Blog Wibu Gabut yang membuat kita teringat bahwa saya sudah harus bayar domain lagi saya sepertinya perlu mengulas kembali satu tahun kebelakang ini apa saja yang telah saya lakukan di Blog ini dalam Talk Admin Edisi 13: 1 Tahun Blog dan Apa Yang Telah Kita Lakukan.

Awal Blog Ada

Blog Wibu Gabut ini hadir setelah saya gagal membuat sebuah blog pendidikan yaitu yukngerangkum.blogspot.com yang telah berjalan 2 bulan namun tidak menghasilkan apapun serta membuat saya stress mengerjakannya. Saya selalu mengingat bahwa alasan saya membuat blog adalah sebagai ajang pembuktian bahwa saya bisa menghasilkan sebuah uang sambil kuliah, namun perlahan-lahan hal itu mulai terkikis dimana saya mulai menikmati kegiatan ini tanpa berpikir uang sama sekali meski tiga bulan kebelakang ini blog telah terpasang Adsense dan yah saya bisa menghasilkan uang, meski sepertinya butuh 10 tahun untuk payout jika melihat penghasilan setiap bulan hehe.

Awal blog ini berdiri sebenarnya cukup lucu dimana saya sedang ibadah lalu tiba-tiba terpikirkan membuat sebuah blog yang bidangnya saya rasa dapat saya kuasai dari pengalaman saya lalu terpikirkanlah blog bahas anime, dan yah karena saya pengen punya blog dengan nama yang unik dan menarik akhirnya saya memutuskan nama “Wibu Gabut”.

Berbicara soal pengalaman saya, sebenarnya saya dari SMP sudah rajin menulis blog dimana dulu saya seorang yang pengen jadi Penulis Komik lalu berubah menjadi Penulis Novel karena tidak ada teman yang ingin bekerja sama dengan saya membuat komik (yah saya orang sulit diajak kerja sama sih hehe). Blog pertama saya dulu adalah hasilkaryatulis48.blogspot.com sebuah blog yang berisikan cerpen dan novel yang tokohnya diambil dari member JKT48 atau sederhananya itu blog fanfiction meski sebenarnya saya hanya minjem nama doang karena saya buruk memberi sebuah nama. Namun keinginan saya menjadi Penulis mulai sirna sih semenjak SMA dan disitu jujur saya jadi gak aktif menulis lagi. Di Blog Wibu Gabut ini sendiri kalian pasti sadar bahwa saya sangat senang membahas sebuah cerita karena memang bagian itulah yang paling saya bisa bahas, dan berdasarkan pengalaman saya menulis berbagai genre dulu membuat saya bisa menganalisanya cukup cepat.

Namun selain itu semua terdapat juga ada alasan lain kenapa saya bikin Blog yaitu untuk ada kegiatan, saya inget banget sih pas SMA saya seperti mayat hidup dimana saya udah menyerah akan apapun dan orang tua saya sepertinya paham kalo saya sampah. Tapi akhir-akhir ini saya mulai hidup seperti biasa lagi, dan bahkan mulai dapat dipercaya lagi meski terkadang jika saya ingat-ingat kejadian masa lalu cukup menyebalkan. (serta mengembalikan sifat buruk saya hehe)

Tentang Jarang Posting

Pada Talk Admin dulu saya sempat berbicara bahwa blog Wibu Gabut libur setiap senin dan selasa, lalu untuk rabu-kamis anime, jumat-sabtu komik, lalu minggu idol. Bulan lalu jadwal seperti itu berjalan baik, namun akhir-akhir ini saya memutuskan untuk tidak melakukan jadwal itu karena ketika saya melakukannya saya mulai merasa stress mengerjakannya.

Normalnya saya menonton anime 12 episode itu 1-2 hari begitupun dengan membaca komik, namun jika sesuai jadwal maka saya akan menghajarnya di hari libur dan sama seperti tidak ada libur. Hal yang tersulit dari pembahasan itu adalah tentang waktu yang dibutuhkan untuk menonton dan membacanya, sekaligus harus mengalisanya sehingga itu sulit dilakukan dan juga membuat saya tidak menikmatinya. Selain itu juga kalian pasti sadar jika saya seorang yang pelupa sehingga terkadang ada bagian-bagian penting yang perlu saya tonton ulang dan itu semakin membuat saya stress. Sehingga saya memutuskan akan posting setiap 2 hingga 3 hari sekali atau minimal 3 postingan setiap minggu.

Sebenarnya alasan ini juga dilakukan karena saya melihat postingan di blog ini rata-rata pengunjung membaca anime-anime musim baru, sehingga anime-anime lama yang saya bahas rata-rata tidak dibaca dan membuat saya memutuskan untuk santai saja jika memang anime-anime baru telah saya bahas hehe. Selain itu juga karena minggu depan saya sudah mulai kuliah biasa sehingga saya memutuskan hal ini, yah mau bagaimanapun saya mau ngutamain pendidikan yang pasti dan jadikan ini sebuah hobi saja.

Menurut saya sendiri jika saya membuat postingan dalam dua hari dan tidak terpaku jadwal, membuat postingan saya lebih bagus dan jujur saya menikmati mengerjakannya, dibanding saat sesuai jadwal. Selain itu juga saya pengen nambah-nambah kegiatan seperti menulis novel kembali karena akhir-akhir ini saya merasa memiliki ide-ide yang sepertinya sayang jika hanya dipikirkan, dan juga lebih serius belajar karena saya sudah semester 5 sehingga butuh 2 tahun lagi untuk lulus.

Apa Yang Ingin Blog Ini Lakukan Kedepannya?

Sebenarnya saya masih kepengen mencari admin blog, namun melihat saldo adsense yang mengerikan membuat saya memutuskan untuk tidak mencari admin terlebih dahulu. Hal yang ingin saya lakukan saat ini sebenarnya masih tetap membahas anime-anime baru setiap musimnya, karena masih banyak banget anime baru yang sepertinya menarik untuk saya bahas dan tonton. Setiap menonton anime-anime baru membuat semangat saya saat masih pengen menulis Novel dulu perlahan-lahan bangkit sehingga saya masih pengen mengerjakan hobi ini.

Lalu ada juga rencana dimana saya ingin menyajikan konten Wibu News pada kolom sosmed sehingga sosmed Wibu Gabut bisa berjalan dengan baik. Selain itu setelah menulis ini saya akan menghapus beberapa postingan pendidikan, terutama konten pendidikan dari Yuk Ngerangkum saat dulu dan menggantinya dengan konten-konten pendidikan lebih menarik serta menghibur untuk kalian baca kedepannya nanti.

Dan terakhir mungkin tentang memperbaiki pembahasan lebih baik lagi, kalian yang sering berkunjung di Blog ini pasti menyadari bahwa setiap musim saya selalu memperbaiki tulisan saya dan bisa kalian bandingkan sendiri pembahasan saya saat dulu dan sekarang terasa sangat berbeda. Saya sebenarnya berencana memperbaiki tulisan yang dulu namun saya putuskan untuk tidak memperbaikinya karena sebagai kenang-kenangan sekaligus pengetahuan bahwa seseorang bisa terus berkembang dan mengingatkan saya untuk tidak sombong karena pembahasan saya saat dulu jelek banget. Selain itu mungkin untuk memberitahu kalian yang ingin melakukan pembahasan anime dan merasa takut karena pembahasannya jelek, tidak perlu takut karena namanya juga belajar. (kalian bisa belajar dari pengalaman saya)

Semakin tua kalian akan sadar bahwa apa yang kalian lakukan perlu memiliki alasan, dan yang saya lakukan ini juga memiliki beberapa alasan. Saya selalu berpikir untuk berhenti melanjutkan blog dikala bosan dan menyadari bahwa apa yang saya lakukan itu buruk, namun saya menyadari jika saya berhenti melakukan ini maka saya juga akan berhenti membaca komik dan menonton anime karena saya sudah tidak memiliki alasan melakukan hal itu.

Sebenarnya saat Talk Admin awal tahun ini saya ingin menjelaskan apa saja yang akan blog ini lakukan secara lengkap pada Talk Admin kali ini, namun sepertinya tidak perlu saya jelaskan dan kita bahas saja perkembangannya setiap bulan nanti hehe.

Selain itu juga tidak terasa beberapa minggu lagi awal bulan sehingga kita akan bertemu lagi di Talk Admin Selanjutnya...

Bye!!! Sehat Selalu...

20 September 2020

Ronald Nanda


Posting Komentar untuk "Talk Admin Edisi 13: 1 Tahun Blog dan Apa Yang Telah Kita Lakukan"

Berlangganan via Email