Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Bahas Anime Iwa-kakeru!: Sport Climbing Girls , Sebuah Anime Sports Dengan Penyajian Informasi Yang Bagus


©Ryuudai Ishizaka, Cycomi/ Iwa-kakeru!: Sport Climbing Girls

Iwa-kakeru!: Sport Climbing Girls, sebuah anime yang memperlihatkan kepada kita bahwa panjat tebing adalah olahraga yang menyenangkan...

Iwa-kakeru!: Sport Climbing Girls merupakan serial anime yang diproduksi oleh studio Blade, yang tayang pada musim gugur tahun 2020 setiap hari minggu pukul 02:00 JST, dengan jumlah 12 episode. Serial anime ini berasal dari web manga berjudul “Iwa-kakeru! Climbing Girls” karangan Ryuudai Ishizaka, yang diserialisasikan secara online oleh Cygames Cycomi pada 5 Desember 2017 hingga 28 Mei 2019, dan telah menghasilkan 4 volume tankōbon. Selain itu, cerita pada sekuel manga berjudul “Iwa-kakeru -Try a new climbing-“ karangan Ryuudai Ishizaka yang diterbitkan oleh Cycomi dari 8 Juni 2019 hingga sekarang, dan telah menghasilkan 3 volume tankōbon juga diadaptasi kedalam anime cerita Iwa-kakeru!: Sport Climbing Girls. Anime ini memiliki genre; Comedy, Drama, Ecchi, Sports.

Cerita

©Ryuudai Ishizaka, Cycomi/ Iwa-kakeru!: Sport Climbing Girls

Iwa-kakeru!: Sport Climbing Girls berpusat di sekitar gadis-gadis yang bersaing dalam olahraga panjat tebing, terutama memanjat dinding yang dibangun sembari memanfaatkan pikiran dan tubuh seseorang secara penuh. Bercerita tentang siswi SMA tahun pertama bernama Konomi Kasahara, seorang yang telah memenangkan berbagai turnamen game puzzle, tiba-tiba melihat olahraga panjat tebing di sekolahnya yang mengubah hidupnya setelah dia mencoba olahraga tersebut, sehingga membawanya ke tim panjat tebing, dan bersaing dengan sekolah-sekolah lainnya dalam perlombaan panjat tebing.

Iwa-kakeru!: Sport Climbing Girls merupakan anime yang menarik dan diluar ekspektasi saya. Dimana awalnya saya berpikir bahwa anime ini mungkin hanya menjual karakternya saja, tetapi saya tidak menyangka bahwa anime ini bisa memberikan cerita yang bagus dan juga terasa sangat menarik untuk di tonton, bahkan saya berpikir bahwa genre utama pada anime ini sangat terasa, sehingga membuat saya berpikir bahwa cerita pada anime ini benar-benar diluar ekspektasi saya.

Awalan cerita anime ini sendiri terhitung unik, dimana diawal kita diperlihatkan seorang karakter yang terlihat biasa dan terlihat seperti siswi pada umumnya, hingga beberapa waktu kemudian kita diperlihatkan bakat karakter tersebut hingga keunikan yang ia miliki, dan diakhiri dengan sebuah hal yang terbilang umum, tetapi terasa keren yaitu pertandingan yang terasa rivalitasnya. Awalan ini sendiri bagi saya sudah bagus serta menarik untuk di tonton, selain itu juga awalan yang sempat mengecoh dengan memperlihatkan karakter yang terlihat biasa, tetapi ternyata seorang yang berbakat dan memiliki potensi itu membuat saya yang menonton menjadi berpikir bahwa karakter tersebut keren.

Hal yang paling saya suka dari anime ini adalah tentang bagaimana ceritanya bisa menyajikan informasi serta penjelasan yang mudah mengenai istilah yang kurang dimengerti, lalu mempercepat hal-hal yang dirasa belum penting, dan juga tampilan animasinya yang bisa membatasi penyediaan ecchi yang mungkin merusak cerita, sehingga dapat membuat saya yang menonton benar-benar menikmati ceritanya serta tidak berpikir aneh-aneh mengenai anime ini.

Lalu hal yang menurut saya kurang dari anime ini adalah tentang pengembangan konflik rivalitas yang ada di episode pertama tidak disediakan di episode-episode selanjutnya, saya awalnya berpikir bahwa rivalitas di episode pertama akan menjadi salah satu hal yang terus dikembangan di episode-episode setelahnya, tetapi hal itu ternyata tidak dan hanya dijadikan penguatan hubungan antara dua karakter. Konflik itu sendiri padahal berasal dari konflik ideologi yang sebenarnya bisa terus disediakan, tetapi sepertinya anime ini tidak ingin menyediakan banyak-banyak konsep tersebut, dan lebih mengutamakan konflik-konflik lainnya yang dapat melibatkan banyak karakter.

Karakter


©Ryuudai Ishizaka, Cycomi/ Iwa-kakeru!: Sport Climbing Girls

Anime ini menyediakan 4 karakter utama yang merupakan rekan satu klub SMA Hanamiya yaitu, Konomi Kasahara, Jun Uehara, Nonoka Sugiura, Sayo Yotsuba. 4 karakter ini sendiri memiliki keunikan sifat masing-masing seperti Konomi yang polos, Jun yang selalu serius, Nonoka yang imut, dan Sayo yang anggun.

Pada anime ini sendiri sepertinya akan disajikan konflik dari setiap karakter inti yang menurut saya cukup menarik, meskipun sedikit terkesan sulit untuk saya anggap serius karena yah ada beberapa alasan yang memang kurang mengena di pikiran saya hehe. Namun, untuk konfliknya sendiri sebenarnya tidak begitu bermasalah dan menurut saya bagus, hanya saja memang sulit sih untuk saya pahami karena memang saya kurang bisa merasakan konflik dari karakternya.

Hal yang menarik dari topik karakter ini sebenarnya muncul dari pesaing-pesaing mereka yang entah mengapa sangat unik dan memang menarik untuk ditonton, dari musuh yang terlihat seperti laba-laba, panther, idol, dan lain sebagainya yang memang menarik perhatian saya serta anehnya dapat masuk akal untuk masuk kedalam cerita seperti ini, sehingga saya berpikir hal itu benar-benar unik dan memang menarik untuk ditonton.

Sports dan Drama


©Ryuudai Ishizaka, Cycomi/ Iwa-kakeru!: Sport Climbing Girls

Ketika menonton anime Iwa-kakeru!: Sport Climbing Girls terdapat dua hal yang memang menarik perhatian saya yaitu tentang Sports dan Drama, yang mereka sediakan terasa bagus dan memang dapat membuat ceritanya lebih menarik.

Sports merupakan genre utama pada anime ini dan entah mengapa saya merasa bahwa genre sports pada anime ini terasa, hal yang membuatnya sangat terasa mungkin karena penjelasan mengenai olahraga tersebut serta istilah yang mereka gunakan sepertinya memang sesuai dengan kenyataannya, ditambah dengan detail-detail yang disediakan pada animasinya membuatnya memang terasa nyata, sehingga saya seakan memang sedang menonton anime sport climbing, dan hal ini benar-benar menarik untuk saya karena memang ini pertama kalinya saya menonton anime yang mengambil tema tentang olahraga panjat tebing.

Lalu untuk dramanya, sebenarnya hal ini mulai terasa di episode keduanya dimana kita mulai diperlihatkan kenyataan tentang olahraga panjat tebing itu seperti apa terutama bagi pemula, selain itu juga di episode terbarunya saat ini yaitu episode kelima yang terlihat banget bahwa kekurangan yang muncul dari satu karakter itu benar-benar mempengaruhi mental karakter tersebut. Saya tidak pernah menyangka bahwa hal-hal seperti itu akan diangkat pada sebuah anime yang diisi oleh para karakter perempuan, dimana di benak saya mereka harusnya akan bersenang-senang saja, tetapi siapa yang menyangka bahwa anime ini juga memasukan beberapa hal yang cukup menyakitkan untuk membuat dramanya lebih terasa, dan menurut saya ini menarik karena memang ini benar-benar memperkuat ceritanya serta perkembangannya nanti.

Kesimpulan

Iwa-kakeru!: Sport Climbing Girls merupakan anime yang termasuk bagus untuk kalian tonton, dan seharusnya rekomen bagi kalian yang memang menyukai genre sports, meskipun saya tidak bisa menyamakan anime ini dengan genre sports seperti haikyuu!! yang ceritanya memang sedang sangat menarik, tetapi menurut saya anime ini hingga episode kelimanya sudah sangat dibuat bagus, dan jujur tidak ada alasan yang membuat anime ini jelek, sehingga menurut saya anime ini masih bagus untuk kalian tonton.

Anime ini sendiri entah mengapa rekomen untuk semua jenis kelamin, bahkan saya berpikir penonton perempuan akan sangat menyukai anime ini karena ada beberapa hal yang menurut saya dapat penonton perempuan rasakan dari menonton anime, dibanding saya terutama dari segi pemahaman konflik pada masing-masing karakter.

Sebenarnya ketika menonton anime ini saya berpikir-pikir mengenai apakah ada anime terdahulu yang mengambil tema olahraga panjat tebing, karena jika tidak ada maka anime ini termasuk sangat bagus terutama dalam penyajian penjelasannya, tetapi jika ada maka anime ini sepertinya belajar banyak dari anime terdahulu tersebut. Selain itu juga saya berpikir tentang rating anime ini yang cukup tidak masuk akal, padahal bagi saya sendiri tidak ada alasan khusus memberikan rating yang jelek pada anime ini. (mungkin kita bisa diskusikan di kolom komentar mengenai rating anime ini dan kekurangannya hehe)

Mungkin sekian pembahasan kali ini, semoga bermanfaat serta menarik untuk kalian baca. Ohiyaa bagi kalian yang ingin mengetahui info lebih mengenai postingan serta info menarik lainnya bisa banget Follow Instagram dan Twitter Blog ini yaitu: @wibugabutblog atau Like Halaman Facebook kami yaitu: Wibu Gabut Blog. (atau kalian bisa langsung tekan icon-icon media sosial di atas halaman untuk menuju ke sosial media kami)

Bye!!! Sehat Selalu...

Posting Komentar untuk "Bahas Anime Iwa-kakeru!: Sport Climbing Girls , Sebuah Anime Sports Dengan Penyajian Informasi Yang Bagus"

Berlangganan via Email