Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Bahas Anime Maesetsu! Opening Act, Sebuah Anime Yang Unik Namun Terlalu Bermain Aman...


©Yoshimizu Kagami, KADOKAWA, Studio Gokumi/ Maesetsu! Opening Act

Maesetsu! Opening Act, sebuah anime yang memperlihatkan kepada kita jika jalan menjadi komedian itu sulit...

Maesetsu! Opening Act merupakan serial anime original yang diproduksi oleh Studio Gokumi dan AXsiZ, yang tayang perdana pada tanggal 11 Oktober 2020 (Fall) dan rilis setiap hari minggu pukul 23:30 JST. Serial ini juga mendapatkan adaptas manga yang dikerjakan oleh Hato Kannazuki, yang diserialisasikan oleh penerbit Media Factory pada majalah Monthly Comic Alive, dari 27 Juli 2020 hingga saat ini. Maesetsu! Opening Act memiliki genre; Slice of Life, Comedy.

Cerita


©Yoshimizu Kagami, KADOKAWA, Studio Gokumi/ Maesetsu! Opening Act

Maesetsu! Opening Act bercerita tentang empat orang gadis remaja yang sedang berusaha keras untuk mencapai mimpinya sebagai seorang komedian. Dalam hiburan Jepang, Maesetsu sendiri mengartikan pada sebuah pidato pengantar kepada penonton sebelum siaran televisi berlangsung, biasanya kegiatan ini dilakukan oleh asisten sutradara atau komedian di suatu variety show.

Maesetsu! Opening Act merupakan anime yang menarik dan sejujurnya unik, dimana dari anime ini saya jadi sedikit mengetahui bagaimana sulitnya menjadi seorang komedian di negara Jepang, saya sendiri sebenarnya telah cukup mengetahui bahwa menjadi komedian di Jepang memang sangat sulit karena rasanya orang-orang sana terlalu serius dalam menyikapi sesuatu, sehingga dalam sebuah komedi rasanya sulit juga, dan ketika menonton anime ini saya semakin berpikir bahwa apa yang saya bayangkan tentang Jepang sepertinya sesuai dengan apa yang anime ini gambarkan.

Cerita pada anime ini sendiri sejujurnya sulit dikatakan menarik untuk semua kalangan, karena tema yang diangkat sendiri merupakan tema yang tidak diminati oleh banyak orang. Saya sendiri tertarik dengan tema ini, karena saya cukup tertarik dengan konsep seorang komedian di Jepang yang menurut saya cukup berbeda dengan negara kita, selain itu juga mungkin karena saya yang cukup sering menonton acara variety Jepang yang diisi oleh para komedian sehingga saya memiliki ketertarikan dengan tema ini.

Anime ini sendiri dari segi ceritanya dari episode pertama hingga episode terbarunya yaitu episode delapan, rasanya tidak begitu memiliki perkembangan cerita yang besar, dimana dari seluruh episode yang telah rilis ini kita hanya akan disajikan sebuah topik tentang awalan seorang komedian, seperti dari awal berpikir ingin menjadi seorang komedian, kesulitan seorang komedian, ekspektasi tentang mudahnya menjadi seorang komedian, kemudian hal lain sebagainya yang membuat kita sadar bahwa pekerjaan seorang komedian itu sulit, dan ini merupakan salah satu pekerjaan yang rasanya bukan tentang bakat saja tetapi ada banyak hal yang diperlukan untuk dapat bekerja di bidang ini.

Sebenarnya jika membahas hal yang kurang dari anime ini adalah tentang pembangunan suasananya yang memang kurang, ada banyak hal yang dapat meningkatkan serta menurunkan emosi penonton yang kurang dimaksimalkan di anime ini, hal ini sendiri berdampak kepada respon saya ketika menonton yang rasanya biasa saja. Selain itu juga, komedi yang disediakan pada anime ini terlalu aman dan mengutamakan satu jenis komedi saja, padahal ada banyak konsep komedi yang bisa anime ini sediakan.

Karakter


©Yoshimizu Kagami, KADOKAWA, Studio Gokumi/ Maesetsu! Opening Act

Pada serial ini terdapat empat tokoh utama yang terbagi atas dua grup komedi, yaitu Tokonatsu yang berisikan Kogarashi Mafuyu dengan Kitagaze Fubuki, lalu Rdeco yang berisikan Araya Rin dengan Asougi Nayuta. Keempat tokoh ini memiliki kepribadian serta kemampuan yang berbeda-beda, tetapi tidak memiliki sesuatu yang terasa spesial atau unik untuk sebuah anime dengan genre comedy serta slice of life.

Pada bagian ini, saya sebenarnya memikirkan tentang serial ini yang mungkin ingin memperlihatkan bahwa seorang karakter yang biasa pun dapat menjadi seorang komedian, jika ia terus berusaha dan terus belajar. Namun, jika seperti itu seharusnya cerita pada serial akan kuat terutama dalam pembangunan suasananya, tetapi serial ini lemah dalam hal itu dan terasa ingin kuat dari karakternya, sehingga pada bagian ini saya cukup bingung akan penyediaan karakternya.

Jika membahas karakter pada serial ini dari sudut pandang penonton sendiri, menurut saya karakter pada serial ini terlalu biasa dan terasa tidak memiliki keunikan sama sekali. Saya tidak begitu berharap karakternya aneh atau bagaimana, tetapi setidaknya sebuah karakter perlu memiliki ciri khas yang membuat saya ingat dan serial ini kurang dalam membuat karakter seperti itu, sehingga saya berharap karakter ini bisa dikembangkan atau setidaknya memiliki suatu hal yang membuat saya bisa teringat dengan karakter pada serial ini.

Slice of Life dan Comedy


©Yoshimizu Kagami, KADOKAWA, Studio Gokumi/ Maesetsu! Opening Act

Ketika menonton Maesetsu! Opening Act, terdapat dua hal yang menjadi fokus saya yaitu tentang Slice of Life dan Comedy yang serial ini sediakan.

Ketika membahas slice of life, rasanya anime ini ingin memberikan sebuah gambaran nyata tentang sulitnya kehidupan seorang komedian pemula, pemberian topik yang disediakan sendiri menarik dan memberikan pesan yang menurut saya bagus. Topik yang disajikan pada setiap episodenya selalu menarik untuk saya tonton, hanya saja yang kurang dari serial ini hanyalah pembangunan suasana yang perlu lebih diperkuat, karena mau bagaimana pun saya ingin merasakan sesuatu dari menonton serial ini.

Lalu untuk comedy, sebenarnya ini menjadi menu utama serial ini, tetapi serial ini membuat menu utama tersebut menjadi ringkas dan cukup menyebalkan untuk ditonton, serial ini menyediakan dua hal dari komedi yaitu soal Manzai dan tingkah laku tokoh, tetapi hanya tingkah laku tokoh yang menjadi sebuah komedinya, sedangkan bagian Manzai banyak yang dipotong dan bahkan dibuat sederhana. Saya sebenarnya percaya jika serial ini mampu memberikan sebuah Manzai yang baik, tetapi serial ini menyederhanakannya dan membuat saya cukup kesal, padahal bagian itu menjadi bagian yang menurut saya paling unik dan paling saya anggap menarik.

Kesimpulan

Maesetsu! Opening Act sebuah serial yang unik dan salah satu serial yang dapat memberikan sebuah cerita yang baru, dimana serial ini memberikan tema tentang langkah awal seorang komedian dan tentang sulitnya menjadi komedian pemula, tetapi sayang banyak hal yang dibuat aman dan terlalu biasa, sehingga membuatnya hanya terasa bagus. Padahal, jika saja serial ini bisa memberikan sesuatu yang unik, mungkin serial ini bisa menjadi salah satu serial yang paling menarik musim ini, karena sejujurnya serial ini memiliki potensi yang besar dari segi ceritanya.

Namun menurut saya pribadi, serial ini masihlah sangat menarik dan sejujurnya saya masih sangat menikmati serial ini, pada episode tujuh sendiri menjadi salah satu episode yang menurut saya menarik, karena saya dapat menonton salah satu manzai dari duo komedian yang cukup saya suka meski hanya singkat. Sebenarnya ada banyak hal yang memang menarik dan memiliki potensi yang besar, hanya saja ada banyak hal yang dibuat aman sehingga terasa biasa untuk ditonton.

Serial ini sendiri rasanya tidak perlu saya bahas secara lengkap, karena menurut saya serial ini lebih baik kita tonton saja, dan diskusikan di kolom komentar seperti biasa. Serial ini sendiri, menurut saya di episode selanjutnya akan menjadi sangat menarik, karena rasanya kekurangan yang saya tuliskan di pembahasan kali ini, akan dijawab di episode selanjutnya, dan rasanya episode terakhir serial ini akan sangat menarik untuk disaksikan. Sehingga menurut saya, bagi kalian yang tertarik dengan serial ini masih bisa banget menontonnya hingga episode terakhir, karena menurut saya serial ini masih sangat menarik untuk ditonton.

Mungkin sekian pembahasan kali ini, semoga bermanfaat serta menarik untuk kalian baca. Ohiyaa bagi kalian yang ingin mengetahui info lebih mengenai postingan serta info menarik lainnya bisa banget Follow Instagram dan Twitter Blog ini yaitu: @wibugabutblog atau Like Halaman Facebook kami yaitu: Wibu Gabut Blog. (atau kalian bisa langsung tekan icon-icon media sosial di atas halaman untuk menuju ke sosial media kami)

Bye!!! Sehat Selalu...

Posting Komentar untuk "Bahas Anime Maesetsu! Opening Act, Sebuah Anime Yang Unik Namun Terlalu Bermain Aman..."

Berlangganan via Email