Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Bahas Anime Yuukoku no Moriarty, Sebuah Anime Yang Memperlihatkan Sudut Pandang Yang Unik...


©Ryōsuke Takeuchi, Hikaru Miyoshi/Shueisha, Yuukoku no Moriarty

Yuukoku no Moriarty, Sebuah anime yang memperlihatkan kepada kita bahwa kejahatan muncul dari kejahatan lainnya...

Yuukoku no Moriarty merupakan serial anime yang diproduksi oleh studio Production I.G, yang rilis pada 11 Oktober 2020 (Fall) dan tayang setiap hari Minggu pukul 22:30 JST, anime ini juga dapat kalian tonton secara legal dengan subtitle Indonesia di Channel YouTube Muse Indonesia, sesuai dengan jam rilisnya. Anime ini berasal dari sebuah adaptasi manga shōnen dengan judul “Yuukoku no Moriarty” yang ditulis oleh Ryōsuke Takeuchi dan diilustrasikan oleh Hikaru Miyoshi, serial ini berdasar pada seri novel “Sherlock Holmes” karya Arthur Conen Doyle, manga Yuukoku no Moriarty pertama kali rilis pada 4 Agustus 2016 di majalah Jump Square pada penerbit Shueisha, dan hingga saat ini telah menghasilkan 13 volume tankōbon. Manga Yuukoku no Moriarty juga terbit di Indonesia oleh penerbit Elex Media Komputindo, dan telah terbit dalam 10 volume yang dapat kalian beli di toko buku kesayangan kalian. Yuukoku no Moriarty memiliki genre; Mystery, Psychological, Thriller.

Cerita


©Ryōsuke Takeuchi, Hikaru Miyoshi/Shueisha, Yuukoku no Moriarty

Yuukoku no Moriarty bercerita tentang akhir abad ke-19, Kerajaan Inggris telah menjadi kekuatan global, tetapi hal itu menimbulkan ketimpangan sosial dan stratifikasi sosial tertutup di masyarakatnya, sehingga membuat bangsawan yang tercela bertindak sesukanya kepada masyarakat bawah. Bercerita tentang William James Moriarty merupakan profesor matematika muda yang telah memperlihatkan kecerdasannya yang luar biasa sejak dia masih kecil, bersama dengan saudara laki-lakinya yaitu Albert dengan Louis, menjalani kehidupan sederhana seorang bangsawan. Namun, di luar kehidupannya yang biasa, William adalah konsultan kejahatan yang muncul untuk mendatangkan malapetaka kepada para bangsawan tercela, dengan tujuan mengejar keinginannya yaitu, dunia baru yang dibangun dari abu yang lama.

Yuukoku no Moriarty merupakan serial yang menarik, ketika menonton serial ini sebenarnya saya jadi mengingat satu tahun lalu pada musim gugur juga, kita disajikan sebuah seri yang sama-sama mengambil tema Misteri yaitu serial “Kabukichou Sherlock” yang dapat menyediakan cerita modifikasi dari seri Sherlock Holmes, dan untuk Yuukoku no Moriarty ini kita disajikan sebuah cerita yang mengambil sudut pandang lain dari seri Sherlock Holmes. Ketika menonton serial ini, terasa sangat menarik serta cukup membuat saya terpukau, karena serial ini dapat menyediakan topik-topik yang menarik dan dibahas dengan pembahasan yang bagus serta masuk akal.

Yuukoku no Moriarty telah tayang hingga episode delapan, pada episode pertama kita diperlihatkan sebuah episode yang menunjukan keunikan dari karakter serta keunikan ceritanya, lalu episode selanjutnya kita disajikan awalan cerita, dari latar belakangnya hingga tujuan karakter, dan di pertengahan hingga yang terbaru saat ini kita mulai disajikan konflik utama yang ingin anime ini ceritakan. Jika membahas penyajian ceritanya, bisa dikatakan biasa dan pembentukan cerita di dalam satu episode itu terasa sama di setiap episodenya, dari perkenalan topiknya, lalu alasan terjadinya cerita, dan eksekusinya. Namun, meskipun begitu serial ini memiliki kekuatan di dalam topik dan pembahasan pada topik tersebut, sehingga meski terasa sama di setiap episodenya, tetapi masih terasa menarik di tonton.

Jika membahas ceritanya, sebenarnya hal yang saya suka dari cerita pada serial ini adalah tentang pesan yang disajikannya itu sangatlah menarik, dan rasanya pesan-pesan yang disajikan telah cukup banyak dilupakan saat ini. Selain itu juga latar yang disajikan memperkuat masalah yang ada, dan juga dapat membuat penonton yang mungkin ‘hanya’ menontonnya saja akan merasa bahwa masalah itu hanya ada saat itu saja, padahal saat ini masalah tersebut cukup banyak, sehingga bagi saya ini menjadi salah satu hal yang paling saya suka.

Karakter


©Ryōsuke Takeuchi, Hikaru Miyoshi/Shueisha, Yuukoku no Moriarty

Terdapat 4 karakter utama pada serial ini yaitu, William James Moriarty, Louis James Moriarty, Albert James Moriarty, dan Sherlock Holmes. Sebenarnya jika membahas karakter utama ini yang saya tahu hanya William dan Sherlock, sedangkan dua karakter lainnya saya tidak tahu apakah memang karakter yang original dari serial ini atau memang berdasar seri novel Sherlock Holmes, karena yah saya bukan penggemar berat serial Sherlock Holmes, sehingga untuk hal ini saya tidak bisa bahas banyak hehe.

Pada karakter sendiri, sebenarnya saya bingung ingin membahas apa, karena saya masih belum dapat mengetahui hubungan diantara mereka berempat. Karakter Sherlock, yang mungkin menjadi antagonis juga masihlah sangat abu-abu, karena karakter tersebut baru sedikit muncul, dan masih sangat sedikit dijelaskan, sehingga saya masih belum dapat menyimpulkan apakah dia akan menjadi musuh atau menjadi teman.

Sebenarnya jika melihat karakter, masih banyak yang belum dijelaskan, selain itu juga saya ingin mengetahui apakah serial ini akan menyediakan perkembangan karakter atau tidak, karena jika tidak ada perkembangan karakter rasanya cerita pada serial ini akan sangat membosankan. Saya berpikir karakter pada serial ini pasti akan dikembangkan, tetapi untuk pengembangannya rasanya perlu ada yang dikorbankan, dan melihat dari episode yang ada dimana perkembangan karakter pembantu muncul dari sebuah tragedi, rasanya mungkin akan digunakan juga pada karakter utama di serial ini.

Psychological dan Mystery


©Ryōsuke Takeuchi, Hikaru Miyoshi/Shueisha, Yuukoku no Moriarty

Ketika menonton Yuukoku no Moriarty terdapat dua hal yang menjadi fokus saya yaitu tentang, genre psychological dan mystery yang anime ini sediakan.

Genre psychological pada anime ini telah kita rasakan di setiap episodenya, dimana kita diperlihatkan bagaimana kecerdasan William dalam mengarahkan orang untuk bisa bertindak sesuai dengan apa yang dia inginkan, dan di episode-episode selanjutnya harusnya dapat lebih menarik, karena William mulai mendapatkan saingan yang bisa setingkat dengannya yaitu Holmes, sehingga rasanya psychological di anime ini akan semakin menyenangkan untuk kita tonton.

Lalu untuk Mystery, sejujurnya saya masih belum paham maksudnya miytery pada serial ini, karena serial ini rasanya belum terdapat sebuah mystery, mungkin di episode selanjutnya dimana kita mulai masuk episode utama, kita akan mengetahui arti mystery pada serial ini yang mungkin akan dimunculkan di episode-episode selanjutnya, atau mungkin di episode terakhirnya.

Kesimpulan

Yuukoku no Moriarty merupakan serial yang menarik, dan mungkin bagi kalian yang senang berkunjung, mungkin kalian akan tahu bahwa serial seperti ini merupakan salah satu serial yang saya suka, karena topik yang disajikannya menarik, lalu pembahasannya sulit ditebak, dan dapat memberikan pesan yang menarik untuk dipikirkan. Serial seperti ini selalu menjadi serial yang saya anggap menarik, karena memang setiap episodenya selalu dapat memberikan sesuatu yang berbeda, sebab ada banyak hal yang bisa diangkat di serial seperti ini.

Yuukoku no Moriarty merupakan serial anime baru yang akan menjadi penutup pada pembahasan anime baru musim ini, dan setelah ini mungkin saya akan membahas anime-anime baru yang saya janjiikan akan saya bahas secara lengkap nanti setelah episode terakhir mereka tayang. Anime ini sendiri dari awal sudah tidak saya rencanakan untuk dibahas secara lengkap, karena anime ini akan tayang 2 cour (2 season), dimana cour yang kedua akan tayang bulan april tahun depan atau pada musim Spring, jadi jika saya bahas secara lengkap pun akan sia-sia, tetapi mungkin jika menarik akan saya bahas secara lengkap nanti ketika musim spring hehe. (untuk saat ini bisa kita bahas sementara di kolom komentar seperti biasa hehe)

Mungkin sekian pembahasan kali ini, semoga bermanfaat serta menarik untuk kalian baca. Ohiyaa bagi kalian yang ingin mengetahui info lebih mengenai postingan serta info menarik lainnya bisa banget Follow Instagram dan Twitter Blog ini yaitu: @wibugabutblog atau Like Halaman Facebook kami yaitu: Wibu Gabut Blog. (atau kalian bisa langsung tekan icon-icon media sosial di atas halaman untuk menuju ke sosial media kami)

Bye!!! Sehat Selalu...

2 komentar untuk "Bahas Anime Yuukoku no Moriarty, Sebuah Anime Yang Memperlihatkan Sudut Pandang Yang Unik..."

  1. Eh, Yuukoku no Moriarty ini ga ada unsur yaoi-nya, kan?
    Ga ada unsur "aneh2" nya, kan?

    Thanks!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selama saya nonton sampe episode terbaru saat ini aman-aman aja sih, dan adegannya juga kayaknya gk ada yang aneh-aneh. Anime ini banyak dikomentari oleh fujoshi, tapi saya juga kurang paham kenapa bisa seperti itu, karena rasanya gk ada yang aneh dari anime ini hehe. (untuk saat ini)

      Terimakasih Telah Berkunjung ^_^

      Hapus

Berlangganan via Email