Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Bahas Manga Build King, Sebuah Manga Yang Unik Dan Sulit Untuk Dipikirkan...

©Mitsutoshi Shimabukuro/Shueisha, Build King

Build King adalah serial manga Jepang karangan Mitsutoshi Shimabukuro, serial ini pertama kali rilis di majalah Weekly Shōnen Jump pada 23 April 2018 dalam bentuk one-shot, kemudian serial ini mulai mendapatkan serialisasi mingguan pada 16 November 2020 di majalah Weekly Shōnen Jump, hingga artikel ini ditulis serial ini telah rilis hingga chapter 6. Build King dapat dibaca secara legal dalam bahasa Inggris pada website Viz dan Aplikasi Manga Plus, serial ini memiliki genre; Action, Adventure, Comedy, Fantasy.

Pada artikel kali ini saya akan membahas manga berjudul “Build King”, sebuah manga karangan Mitsutoshi Shimabukuro-sensei yang merupakan pengarang serial “Toriko”, serial ini sebenarnya masih sangat baru dan sejujurnya masih terlalu dini untuk saya bahas, tetapi karena saya sedang pengen membahas manga yang unik sehingga saya memutuskan membahas Build King. Mungkin tanpa banyak basa-basi langsung saja kita mulai pembahasannya...

Cerita


©Mitsutoshi Shimabukuro/Shueisha, Build King

Build King bercerita tentang, Tonkachi dan Renga yang tinggal di Pulau Hammer, sebuah pulau misterius, dimana tidak ada manusia yang dapat bertahan hidup di tempat itu. Keduanya adalah Tukang Kayu yang membangun rumah untuk penduduk pulau itu, mereka berdua memiliki sebuah mimpi besar yaitu dapat menjadi seorang Build Master yang bisa membangun Build King, tetapi apa kekuatan khusus mereka? Petualangan mereka segera dimulai dari kisah fantasi pertempuran ini.

Build King, sebuah serial yang unik dan sejujurnya saya tidak pernah menyangka bahwa saya akan membaca manga seaneh ini, bisa dikatakan konsep yang serial ini sediakan bukan konsep yang bisa dianggap menarik, dan ketika membaca serial ini juga banyak hal yang awalnya sulit untuk saya terima karena pikiran umum saya yang belum bisa menerima cerita seperti ini, tetapi perlahan-lahan saya mulai memahami ceritanya serta mulai menikmati alurnya yang menurut saya menarik untuk dibaca.

Serial ini telah rilis hingga chapter 6, dan rasanya hingga chapter sekarang masih termasuk kedalam awalan cerita. Serial ini sebenarnya masih banyak penyesuain dan pengenalan akan banyak hal yang memang perlu kita ketahui, karena memang serial perlu banyak penyesuain serta informasi untuk dapat dimengerti pembaca, selain itu juga karena konsep yang disediakan pada serial ini bukanlah konsep yang dapat dianggap menarik oleh pembaca, membuat ceritanya masih terpaku untuk memberitahu kita bahwa konsep yang disediakan pada serial ini merupakan konsep yang bagus.

Hal yang paling saya suka dari cerita pada serial ini adalah tentang konsep ceritanya, dimana saya tidak pernah menyangka bahwa menjadi seorang Builder bisa menjadi sebuah konsep yang menarik, penambahan latar dan keunikan-keunikan lainnya juga, membuat saya berpikir bahwa konsep cerita pada serial ini benar-benar bagus serta cerdas. Saya sebenarnya sedikit berpikir, jika orang normal yang memakai konsep ini sepertinya ceritanya tidak mungkin semenarik ini, dan rasanya memang perlu pemikiran yang cerdas serta unik untuk dapat membuat cerita semenarik ini.

Namun, saya rasa serial ini masih memiliki kekurangan dari ceritanya, terutama dalam hal pemakaian komedi yang digunakan, saya rasa pemakaian komedi di serial ini masih banyak yang kurang tepat, sehingga ketika masuk ke komedi, bagian tersebut tidak membuat saya tertawa. Saya pikir, serial ini sepertinya perlu mulai menempatkan bagian-bagian komedi yang tepat, selain itu juga komedi yang disediakan sebenarnya komedi yang telah lama, sehingga rasanya sudah sulit untuk digunakan saat ini, dan sebenarnya aneh juga membaca komedi seperti itu disaat ini.

Karakter


©Mitsutoshi Shimabukuro/Shueisha, Build King

Terdapat dua tokoh utama, yaitu Tonkachi dan Renga. Tonkachi merupakan anak yang memiliki kemampuan fisik yang hebat, tetapi lemah dalam pengetahuan, sedangkan Renga merupakan anak yang memiliki pengetahuan yang hebat, tetapi lemah dalam fisik. Kedua karakter ini memiliki kelebihan yang bertolak belakang, dan menurut saya hal ini sudah cukup kita pahami karena penyediaan karakter seperti ini sudah sangat kita kenali.

Bagian ini yang mungkin menjadi fokus saya adalah soal latar belakang karakter yang masih abu-abu, kemudian membuat saya berpikir tentang mengapa mereka bisa berada di tempat itu, atau apakah latar belakang mereka akan diungkapkan nantinya, hal-hal ini yang entah mengapa menjadi salah satu perhatian saya ketika melihat karakternya. Serial ini masihlah sangat terfokus pada ceritanya, sehingga soal karakter mungkin akan menjadi fokus selanjutnya, dan saya harap bagian karakter ini bisa menjadi salah satu hal yang menarik dari serial ini nantinya.

Serial ini masihlah sangat baru, sehingga masih banyak yang belum bisa dikatakan menarik termasuk bagian karakter ini, saya sebenarnya sangat yakin bahwa karakter pada serial ini akan menjadi menarik nantinya, karena mereka memiliki potensi yang besar, entah dari latar belakangnya, kemampuan khususnya, pengembangannya, dan hal lainnya yang menurut saya patut untuk kita perhatikan kedepannya.

Fantasi dan Topik


©Mitsutoshi Shimabukuro/Shueisha, Build King

Ketika membaca serial ini terdapat dua hal yang menurut saya menarik untuk saya nikmati, yaitu tentang Fantasi yang serial ini sediakan, dan Topik yang ada pada setiap chapternya.

Fantasi yang disediakan pada serial ini menurut saya bagus, dimana serial ini dapat menyediakan berbagai macam makhluk yang unik dan dapat kita kenali dengan baik, selain itu juga latar serta beberapa hal yang mungkin original dari serial ini dapat dipadukan dengan sangat baik, sehingga membuat saya dapat menikmati fantasi yang serial ini sajikan dengan sangat baik.

Lalu soal topiknya, di chapter pertama hingga ketiga awalnya saya merasa aneh dan sulit menerima topik yang ingin serial ini sajikan, tetapi perlahan-lahan saya mulai memahami topik yang serial ini sajikan, dan menurut saya topik yang serial ini sajikan dibuat dengan sangat baik. Serial ini juga, di chapter terbaru ini mulai bisa menyediakan topik yang dapat dibahas panjang yang menurut saya bagus, karena rata-rata manga baru saat ini terlalu fokus menghabiskan satu topik dalam satu chapter, sehingga terkadang hal itu membuat mereka kehabisan topik cerita, tetapi serial ini tidak seperti dan mungkin ini disebabkan oleh faktor pengalaman, sehingga bukan hal yang aneh jika memang serial ini bisa menyediakan topik yang sangat baik.

Kesimpulan

Build King, merupakan manga yang unik, dan memang manga yang terasa baru untuk saya lihat karena rasanya saya tidak pernah menyangka akan membaca manga yang seperti ini. Cerita yang disajikan saat ini, terhitung masih perlu banyak penyesuain untuk dapat dinikmati oleh banyak orang. Selain itu, serial ini bukanlah jenis manga yang bisa langsung dapat menarik minat orang untuk membacanya, karena rasanya perlu puluhan chapter untuk manga ini bisa menjadi manga populer karena memang perlu banyak hal yang harus disediakan agar manga ini menarik. Cerita yang baru dan banyaknya hal yang unik menjadi kelebihan dari serial ini, tetapi disisi lain itu dapat menjadi ancaman karena rasanya tidak banyak pembaca yang ingin menikmati cerita yang baru dan unik untuk saat ini.

Sebenarnya ketika ingin membahas manga ini saya cukup ragu-ragu, karena saya telah terlalu sering membahas manga dari Manga Plus dan rasanya saya seperti terus-menerus mempromosikan aplikasi tersebut, tapi karena saya memang sedang kesulitan menemukan manga yang baru saat ini dan rasanya sulit sih membahas manga yang telah memiliki banyak chapter sebab akan memakan banyak waktu untuk membacanya, sehingga saya lebih memilih untuk membaca manga yang chapternya masih sedikit dan manga ini salah satu pilihan terbaik untuk saya bahas saat ini hehe.

Mungkin sekian pembahasan kali ini, semoga bermanfaat serta menarik untuk kalian baca. Ohiyaa bagi kalian yang ingin mengetahui info lebih mengenai postingan serta info menarik lainnya bisa banget Follow Instagram dan Twitter Blog ini yaitu: @wibugabutblog atau Like Halaman Facebook kami yaitu: Wibu Gabut Blog. (atau kalian bisa langsung tekan icon-icon media sosial di atas halaman untuk menuju ke sosial media kami)

Bye!!! Sehat Selalu...

Posting Komentar untuk "Bahas Manga Build King, Sebuah Manga Yang Unik Dan Sulit Untuk Dipikirkan..."

Berlangganan via Email