Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Bahas Awalan Anime 2.43: Seiin Kōkō Danshi Volley-bu, Sebuah Anime Yang Menarik Namun Kurang Menjanjikan...


©Yukako Kabei/ Shueisha, 2.43: Seiin Kōkō Danshi Volley-bu

2.43: Seiin Kōkō Danshi Volley-bu, Sebuah Anime yang memperlihatkan kepada kita bahwa menjadi berbakat itu sulit...

2.43: Seiin Kōkō Danshi Volley-bu merupakan serial anime yang diproduksi oleh studio David Production, yang tayang perdana pada 8 Januari 2021 (Winter) dan tayang setiap hari Jumat pukul 00:55 (JST). Serial ini berasal dari sebuah light novel berjudul “2.43: Seiin Kōkō Danshi Volley-bu” yang ditulis oleh Yukako Kabei dan diilustrasikan oleh Aiji Yamakawa, yang diterbitkan oleh Shueisha dibawah penerbitan Shueisha Bunko, dari bulan Maret 2015 hingga sekarang, dan telah menghasilkan 5 volume. Serial ini juga diadaptasi menjadi sebuah Manga yang dikerjakan oleh Aiji Yamakawa, di penerbitan Shueisha pada majalah Cocohana, dari 27 Juli 2018 dan telah menghasilkan 1 volume. 2.43: Seiin Kōkō Danshi Volley-bu memiliki genre; Drama, Slice of Life, Sports.

Cerita

2.43: Seiin Kōkō Danshi Volley-bu bercerita tentang, Kimichika Haijima yang kembali pindah ke kampung halamannya yaitu Fukui, setelah mendapat masalah di klub voli SMP-nya terdahulu. Di sana, ia kembali bertemu dengan teman masa kecilnya yaitu, Yuni Kuroba yang memiliki fisik yang luar biasa, tetapi tak kuat di bawah tekanan. Haijima, dengan semangat dan bakatnya yang luar biasa dalam bola voli, membentuk kombinasi ace dengan Kuroba. Keduanya melanjutkan sekolah di SMA Seiin dan bergabung dengan klub voli. Yang menunggu mereka di sana adalah Kapten penuh semangat, Shinichirou Oda, Wakil Kapten yang penuh bakat dan berlidah tajam, Misao Aoki, dan Akito Kanno yang selalu mengenakan lengan panjang karena alergi sinar matahari. Ini adalah perjalanan mereka menuju kemenangan, dengan serangkaian rival yang menghalangi mereka.

2.43: Seiin Kōkō Danshi Volley-bu, sebuah anime yang menarik dan cukup mengagumkan untuk saya tonton, karena saya tidak menyangka bahwa sebuah anime sports dapat berasal dari sebuah light novel, dan hal ini membuat ceritanya lebih terasa mendalam dibanding dengan anime sports yang berasal dari sebuah manga. Namun, mungkin karena ini berasal dari sebuah light novel membuat scene sports terasa kurang untuk ditonton di anime ini, tetapi sebagai ganti dari hal itu membuat ceritanya lebih terasa, terutama dalam penyediaan topik masalah dan bagaimana serial membahas topik tersebut.

Anime ini di awalan episodenya memperkenalkan sebuah topik masalah tentang seorang anak yang sangat berbakat dan berdedikasi akan apa yang dia lakukan, tetapi seperti serial sports pada umumnya, anak tersebut bermasalah dan dibenci oleh orang-orang pada umumnya. Karena hal itu ia mulai memperbaiki dirinya dan bertemu dengan orang yang dapat memahaminya, harusnya setelah hal ini ia akan fokus pada tujuannya. Namun, siapa yang menyangka bahwa setelah memperbaiki diri dan bertemu orang yang dapat memahaminya, masalah serta rasa iri kepada dirinya masih harus dia terima. Hal itu benar-benar terasa unik serta sangat menarik untuk saya tonton, karena serial ini dapat membuat sebuah perbedaan di dalam hal yang umum dan tidak pernah saya pikirkan bisa terjadi di serial sports.

Ketika menonton hal ini terdapat hal yang paling saya suka dari ceritanya, yaitu tentang bagaimana serial ini membuat ceritanya yang umum menjadi sebuah hal yang memang berbeda. Ketika saya menonton serial ini, tidak ada hal yang benar-benar baru dari serial ini, tetapi meski begitu saya merasakan bahwa ceritanya benar-benar berbeda dengan anime sports pada umumnya, dan hal ini mungkin memang dipengaruhi oleh asal serial ini berasal yaitu light novel, sehingga terasa ceritanya lebih kuat serta berbeda.

Karakter


©Yukako Kabei/ Shueisha, 2.43: Seiin Kōkō Danshi Volley-bu

Serial ini memiliki beberapa karakter utama yaitu, Kimichika Haijima, Yuni Kuroba, Shinichirou Oda, Misao Aoki, Akito Kanno, dan Yuusuke Ookuma. Hingga episode ketiga ini kita masih baru diperkenalkan secara jelas karakter Kimichika Haijima dan Yuni Kuroba, tetapi untuk karakter utama lainnya masih diperkenalkan secara sekilas. Untuk karakter utama ini sendiri, tidak banyak hal yang menurut saya unik, dan memang seperti karakter yang khas ada di serial sports.

Jika membahas karakter utama, sebenarnya saya tidak begitu paham mengapa karakter utama pada serial ini banyak, karena jikalau karakter utamanya banyak maka dari setiap karakter tersebut memiliki potensi untuk dijadikan sebagai topik masalah, dan rasanya ini agak cukup menyeramkan, sebab jikalau para karakter utama tersebut dijadikan topik masalah rasanya ini akan banyak memakan porsi cerita, dan poin utama dari serial ini rasanya akan kurang untuk kita rasakan.

Di benak saya saat ini, mungkin setiap masalah dari para karakter utama akan disusun untuk dapat menjadi satu masalah utama, tetapi rasanya ini terlalu berisiko tinggi, dan mengingat ini adalah serial dengan jumlah 12 episode, maka ini menjadi sebuah taruhan yang tidak cukup menyenangkan untuk dijalankan. Namun, saya selalu berharap yang terbaik dan apa yang saya pikirkan ini salah hehe.

Sports dan Drama


©Yukako Kabei/ Shueisha, 2.43: Seiin Kōkō Danshi Volley-bu

Ketika menonton anime ini saya terfokus akan dua hal yang memang menjadi kekuatan utama serial ini, yaitu genre sports dan drama yang serial ini sediakan.

Sports, menurut saya jika membahas soal genre ini, maka yang perlu kita jadikan fokus dari genre ini adalah tentang kerja keras, tekad, dan sebuah tujuan. Visualisasi serta adegan yang memukau dari sebuah sports itu akan sangat kita rasakan karena kita memahami kerja keras, tekad, dan tujuan dari karakter tersebut, sehingga genre ini bukan soal penampilan dan adegan saja, tetapi soal ketiga hal tersebut. Pada serial ini, ketiga hal tersebut masih sangatlah lemah dan sejujurnya membangun ketiga hal tersebut rasanya sulit untuk serial yang berjalan pendek seperti ini. (sebenarnya ada soal persahabatan juga, tapi akhir-akhir ini hal itu sepertinya sudah mulai kurang)

Drama, genre ini memiliki keterkaitan yang cukup besar pada genre sports yang akan dihadirkan serial ini, dan menurut saya hal ini yang akan menjadi penentu dari keberhasilan genre sports yang akan dihadirkan, sebab drama yang disajikan akan menghasilkan ketiga hal dari genre sports tersebut, dan sejujurnya saya sangat berharap bahwa hal ini akan berhasil. Serial ini menjadikan ceritanya sebagai menu utama, dan hal ini membuat penyajian drama menjadi hal yang seharusnya dapat berhasil, sehingga nantinya akan memunculkan sebuah genre sports yang memang dapat dirasakan penonton.

Kesimpulan

2.43: Seiin Kōkō Danshi Volley-bu, merupakan serial yang menarik, dan sejujurnya ini salah satu serial yang sangat ingin saya tonton musim ini. Namun, jika membahas soal apakah ini rekomen untuk ditonton, sampai saat ini saya merasa serial ini tidak begitu menarik untuk kalian yang memang menyukai anime sports hanya dari adegan serta visualisasi, karena serial ini lebih mengutamakan soal cerita. Bagi saya yang memang menyukai sebuah serial dari cerita dan masalah yang ada di dalamnya, menurut saya ini menarik, tetapi jika kalian bukan tipe penonton seperti saya, maka ini rasanya bukan serial yang menarik untuk kalian tonton. Namun, tidak ada salahnya juga jika kalian ingin menontonnya hehe.

Serial ini, sudah dipastikan akan saya bahas secara lengkap nantinya, karena saya memang ingin menonton serial ini dan rasanya menarik juga untuk dibahas secara lengkap, sebab masih banyak hal yang rasanya perlu saya bahas dari serial ini. Namun, sepertinya kita bisa juga diskusikan serial ini di kolom komentar, karena saya selalu yakin pembahasan saya pasti ada yang salah atau kurang, sehingga kita bisa melengkapinya di kolom komentar. (selain itu juga jika diskusinya terasa baik, maka saya tidak perlu membahasnya secara lengkap nantinya hehe)

Mungkin sekian pembahasan kali ini, semoga bermanfaat serta menarik untuk kalian baca. Ohiyaa bagi kalian yang ingin mengetahui info lebih mengenai postingan serta info menarik lainnya bisa banget Follow Instagram dan Twitter Blog ini yaitu: @wibugabutblog atau Like Halaman Facebook kami yaitu: Wibu Gabut Blog. (atau kalian bisa langsung tekan icon-icon media sosial di atas halaman untuk menuju ke sosial media kami)

Bye!!! Sehat Selalu...

Posting Komentar untuk "Bahas Awalan Anime 2.43: Seiin Kōkō Danshi Volley-bu, Sebuah Anime Yang Menarik Namun Kurang Menjanjikan..."

Berlangganan via Email