Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Bahas Anime Idoly Pride, Sebuah Anime Idol Yang Terasa Sangat Berbeda Dan Unik...


©2019 Project Idoly Pride/ Hoshimi Production

Idoly Pride, Sebuah anime yang memperlihatkan kepada kita bahwa kesempurnaan itu muncul dari banyaknya perbedaan...

Idoly Pride merupakan serial anime yang diproduksi oleh studio Lerche, yang rilis perdana pada 10 Januari 2021 (Winter) dan tayang setiap hari Minggu pukul 23:30 (JST). Ini merupakan proyek multimedia bertema Idol buatan anak perusahaan CyberAgent yaitu QualiArts, Straight Edge, dan Music Ray’n, yang karakternya di desain oleh QP:flapper. Serial ini juga mendapatkan adaptasi manga yang dikerjakan oleh Hiroki Haruse, diserialisasikan oleh penerbit Kadokawa Shoten pada majalah Comic Newtype, dari 10 Juni 2020 hingga sekarang. Idoly Pride memiliki genre; Drama, Music, Supernatural.

Cerita

Idoly Pride bercerita setelah lulus audisi idol, seorang siswa sekolah menengah yaitu Nagase Kotono dan Kawasaki Sakura pindah ke asrama bersama delapan calon idola lainnya. Mereka mulai menyadari bahwa dibutuhkan lebih dari sekedar koreografi, dan pakaian imut untuk bisa mencapai Top Idol. Mereka membutuhkan darah, keringat, dan air mata untuk bisa maju pada Program Peringkat Idola VENUS, di mana posisi teratas dipegang oleh superstars Nagase Mana, yang kebetulan adalah kakak Kotono yang telah tiada.

Idoly Pride merupakan anime idol yang rasanya sangat ideal dan benar-benar menjadi anime idol yang menurut saya paling sesuai dengan selera saya, dimana anime ini tidak hanya menyediakan karakter perempuan saja, kemudian memiliki cerita yang bisa memberikan sebuah perbedaan yang mencolok, dan memiliki topik di setiap episode yang rasanya jarang diangkat oleh anime idol lain, sehingga membuat saya sebagai penonton yang cukup sering membahas anime baru bertema idol di setiap musimnya merasa bahwa ini termasuk anime idol yang baru untuk saya tonton.

Saat pertama kali menonton anime ini, saya sempat berekspektasi bahwa ini merupakan anime idol yang klasik, dan ketika menonton episode pertamanya sendiri saya berpikir bahwa ini sesuai ekspektasi saya. Namun, akhiran pada episode pertamanya itu benar-benar membuat saya terkejut, dimana anime ini menampilkan adegan yang rasanya sangat tidak boleh ada di anime idol, bahkan menjadikan adegan itu sebagai pembeda, dan rasanya akan menjadi salah satu masalah utama yang mungkin serial ini angkat, sehingga ini benar-benar membuatnya menjadi salah satu hal yang memang menarik bahkan benar-benar mengejutkan saya ketika menontonnya.

Tetapi jika membahas bagian cerita, menurut saya hal yang menarik dari serial ini adalah dari penyediaan topik di setiap episodenya termasuk unik, karena serial ini menyediakan topik-topik yang jarang anime idol lain sediakan dan dapat dibahas dengan sangat menarik, bahkan sangat bagus untuk sebuah anime idol dengan rating yang biasa saja. Hal ini juga membuat saya yang menonton menjadi menambah wawasan terkait idol, dan ini membuat cangkupan cerita idol menjadi semakin lebis luas, karena yang biasa saya lihat cerita idol hanya terkait tentang masalah popularitas mereka, tetapi serial ini lebih mengarah ke hal-hal yang lainnya.

Namun, dari penyediaan topik itu juga menimbulkan beberapa kekurangan yang terasa, seperti detail yang rasanya banyak dihilangkan, dan ada juga yang disederhanakan oleh anime ini. Sebenarnya saya berpikir hal ini terjadi karena jumlah episode yang memang sangat sedikit untuk anime yang bisa dibuat kompleks seperti anime ini, dan ini memang cukup disayangkan, karena saya berharap anime ini jikalau tayang selama dua musim maka akan sangat terasa sekali kualitas ceritanya.

Karakter


©2019 Project Idoly Pride/ Hoshimi Production

Idoly Pride memperkenalkan 10 karakter utama yang terbagi atas dua grup yaitu Sunny Peace dan Moon Tempest, dimana Sunny Peace memiliki center Kawasaki Sakura, sedangkan Moon Tempest adalah Nagase Kotono. Lalu ada juga dua karakter penting yaitu Nagase Mana dan Makino Kouhei, yang rasanya dapat membuat cerita pada serial ini menjadi sangat terasa berbeda dengan anime idol pada umumnya.

Mengenai karakter utama, sebenarnya ada banyak hal yang disederhanakan dan saya cukup bingung apakah ini bisa disebut bagus atau tidak, karena biasanya karakter utama akan lebih banyak dijadikan topik cerita untuk membuat mereka lebih dikenal. Namun, serial ini sepertinya lebih ingin mengutamakan topik yang memang lebih terfokus pada tujuan utama serial ini ada, sehingga topik yang disediakan memang lebih ingin terfokus kepada perjuangan mereka menjadi seorang idol. (hal ini juga bisa terkait dengan terbatasnya jumlah episode yang sempat saya bahas dibagian cerita tadi hehe)

Namun, serial ini menyediakan karakter yang menurut saya menarik terutama soal Nagase Mana dan Makino Kouhei, serial ini juga di episode pertamanya mengutamakan cerita tentang dua karakter ini yang kemudian dikembangkan serta disatukan dengan masalah karakter utama, sehingga menjadikan hal itu sebagai fokus utama cerita, dan hal ini juga membuat saya jadi kurang begitu tertarik dengan pengenalan tokoh utama, karena ketertarikan saya akan bagaimana serial ini menyelesaikan masalah yang ada itu lebih menarik.

Supernatural pada Anime Idol


©2019 Project Idoly Pride/ Hoshimi Production

Sebenarnya jika membahas soal ini, ini bukanlah yang pertama kali ada dan bukanlah sesuatu yang benar-benar mengejutkan. Namun, satu hal yang membuatnya sangat menarik untuk saya tonton adalah tentang bagaimana hal itu bisa disediakan, dan hal ini sendiri menciptakan drama yang sangat terasa untuk para karakter, sehingga ini membuatnya menjadi sangat menarik dan membuat ceritanya terasa sangat berbeda serta baru untuk sebuah anime idol.

Namun, hal ini sangat terasa saat menonton awalan anime ini saja dan setelah memasuki cerita terbaru saat ini, saya semakin berpikir mengenai maksud dan tujuan dari penyediaan hal ini, karena semakin lama saya semakin menyadari bahwa hal ini hanya menarik untuk awalannya saja, sedangkan untuk saat ini terasa biasa saja. Saya sangat berharap jikalau hal ini dapat dijadikan salah satu hal yang membuat ceritanya semakin menarik, dan tidak hanya membuat ceritanya menarik di awalan, atau hanya untuk membuat ceritanya berbeda saja, karena terasa sangat disayangkan hehe.

Kesimpulan

Idoly Pride merupakan serial anime yang menarik untuk ditonton, terutama bagi kalian yang memang menyukai anime bertema idol. Bagi saya sendiri, ini merupakan anime idol yang memang sangat ideal untuk saya tonton, karena ada banyak hal yang saya inginkan dari sebuah anime idol dapat anime ini sediakan, dan hal ini membuatnya terasa sangat menyenangkan untuk saya tonton. Selain itu, satu hal yang menarik dan tidak sempat saya bahas dari serial ini adalah penyediaan seiyuu yang ternyata adalah seiyuu yang masih sangat baru serta belum pernah mengisi suara karakter apapun, sehingga membuat penonton yang mungkin tertarik dengan dunia seiyuu akan tertarik dengan serial ini, karena memperkenalkan para seiyuu baru yang mungkin memikat hati kalian yang mendengarkan suaranya. (saya tidak begitu mengerti soal ini jadi memang tidak bisa saya bahas hehe)

Serial ini sebenarnya ingin sekali saya bahas, karena masih banyak hal yang rasanya perlu dibahas dari serial ini, tetapi saya merasa serial ini lebih baik kita jadikan diskusi saja, karena cerita seperti ini memang lebih baik dijadikan diskusi ringan saja hehe. Selain itu juga, saya selalu berpikir bahwa pembahasan saya pasti ada kesalahan atau kekurangan, sehingga bisa juga kita perbaiki atau perlengkap pada diskusi di kolom komentar nantinya.

Mungkin sekian pembahasan kali ini, semoga bermanfaat serta menarik untuk kalian baca. Ohiyaa bagi kalian yang ingin mengetahui info lebih mengenai postingan serta info menarik lainnya bisa banget Follow Instagram dan Twitter Blog ini yaitu: @wibugabutblog atau Like Halaman Facebook kami yaitu: Wibu Gabut Blog. (atau kalian bisa langsung tekan icon-icon media sosial di atas halaman untuk menuju ke sosial media kami)

Bye!!! Sehat Selalu...

3 komentar untuk "Bahas Anime Idoly Pride, Sebuah Anime Idol Yang Terasa Sangat Berbeda Dan Unik..."

  1. Hmm, sebenarnya Idoly Pride ini bukan hanya anime saja, dia adalah sebuah idol multimedia project atau idol mix-media project, di mana anime hanya jadi salah satu unsur dari project. Beberapa plot yang tidak dimunculkan di dalam anime, dilanjutkan di 2 manga, baik versi buku, maupun online manganya, Beginning of Lodestar (cerita tentang karir Mana Nagase sampai ia meninggal) dan Stage of Asterism (cerita tentang Hoshimi Production baik sebelum Kotono Nagase-Sakura Kawasaki masuk maupun setelah mereka masuk, tapi untuk versi bukunya, tidak paralel dengan animenya, kalau versi onlinenya, bersifat tie-in dan melengkapi plot di animenya). Salah satu yang saya suka dengan Idoly Pride adalah ada berbagai plot yang sebenarnya sampai sekarang belum bisa terjawab di anime dan manganya, tapi ada beberapa clue yang mereka siapkan di dalam lirik-lirik puitis lagu-lagunya, baik dari Mana Nagase, Hoshimi Production, TRINITYAiLE, dan LizNoir, maupun 2 unit terbaru dari Hoshimi-Pro, meskipun susah juga buat bongkar hidden meaningnya karena terlalu puitis dan abstrak maknanya. Contoh: kisah tentang kedukaan yang jadi tema utama Idoly Pride itu kan, udah diungkap di lagu Sayonara Kara Hajimaru Monogatari, bahkan ada beberapa fans di Jepang sana menemukan kalau sebenarnya Mana Nagase sudah seperti 'punya firasat' akan wafat dengan cara yang tragis seperti itu karena ada hint-hintnya di lagu First Step, itu belum termasuk lagu The Moon, The Sun, and The Stars yang nanti akan berujung ke riwayat pendirian 2 unit terbaru Hoshimi-Pro lagi. Tapi, ada plot juga yang memicu banyak pertanyaan seperti kematian Mana Nagase itu sendiri, kenapa semua orang baik orang2 Hoshimi Pro maupun rival-rivalnya Mana (LizNoir dan TRINITYAiLE) masih 'berambisi mengalahkan Mana' walaupun Mana sudah meninggal 3-4 tahun yang lalu. Tapi di luar plot sendiri, projectnya bener-bener ambisius banget ini, list musisinya top rank bukan hanya di dunia Anisong tapi sudah sampai level J-Pop, ini belum termasuk daftar seiyuu, serta seluruh tampilan branding dan artstyle dari karya-karya project ini (bisa dicek di Youtube Channelnya mereka).

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenarnya, masih ada 1 plot lagi yang tadinya terputus, tapi udah diungkap di manga Beginning of Lodestar: hubungan romantis Mana Nagase dan Kohei Makino hahahaha ....

      Hapus
    2. Saya sedikit pikir soal maksud proyek multimedia itu seperti nantinya akan ada game, karena biasanya anime idol akan dikembangkan menjadi game. Namun, ternyata anime ini punya proyek yang besar dan sejujurnya terasa sangat menjanjikan, karena jika dilihat dari animenya saja saya merasa ini sangat bagus, dan sepertinya setelah membaca komentar ini saya perlu membaca manganya dan mengecek YouTube mereka hehe.

      Saya sempat mencari beberapa informasi mengenai serial ini, tetapi rasanya banyak yang tidak saya ketahui dan sejujurnya saya berterimakasih banget atas komentarnya, karena sangat melengkapi pembahasan sederhana saya. Selain itu juga, ini benar-benar menambah informasi dan juga menjawab pertanyaan saya terkait beberapa hal yang kurang dari anime ini hehe.

      Hapus

Berlangganan via Email