Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Bahas Anime Kai Byoui Ramune, Sebuah Anime Dengan Topik Yang Umum Tetapi Memiliki Konsep Yang Unik


©Aho Toro, Kodansha/ Kai Byoui Ramune

Kai Byoui Ramune, sebuah anime yang memperlihatkan kepada kita bahwa penyakit hati merupakan penyakit yang penuh misteri...

Kai Byoui Ramune merupakan serial anime yang diproduksi oleh studio Platinum Vision, yang rilis perdana pada 10 Januari 2021 (Winter) dan tayang setiap hari Minggu 01:30 (JST), Serial ini juga dapat kalian tonton secara legal dengan subtitle Indonesia pada Channel YouTube: Muse Indonesia, yang tayang setiap hari Minggu pukul 01:00 (WIB).

Anime ini berasal dari sebuah manga berjudul “Kai Byoui Ramune” karangan Aho Toro, yang diserialisasikan oleh Kodansha pada majalah awalnya yaitu Mothly Shōnen Sirius pada 26 September 2017 hingga 26 Juli 2018, kemudian serialnya berpindah ke majalah online Magazine Pocket pada 31 Agustus 2018 hingga sekarang, dan telah menghasilkan 4 volume manga. Kai Byoui Ramune memiliki genre; Psychological, Supernatural.

Cerita


©Aho Toro, Kodansha/ Kai Byoui Ramune

Kai Byoui Ramune berlatar cerita, selama ada hati di dalam seseorang, maka akan selalu ada orang yang menderita, dan terkadang sesuatu memasuki pikiran seseorang kemudian menyebabkan ia menderita penyakit aneh serta misterius yang tidak dapat disembuhkan oleh pengobatan modern. Bercerita tentang Ramune, seorang Dokter Spesialis Penyakit Aneh bermulut kasar yang tidak terlihat seperti dokter, tetapi begitu dia dihadapkan dengan penyakit misterius maka dia dapat dengan cepat mengungkap akar penyebab penderitaan pasien dan menyebuhkannya. Dan diluar itu...

Kai Byoui Ramune merupakan anime yang menarik dan salah satu jenis anime dengan cerita yang saya sukai, karena memberikan sebuah topik masalah yang menarik untuk saya tonton dan disajikan dengan sebuah konsep yang menurut saya sangatlah unik. Selain itu, ada hal yang menurut saya benar-benar menarik dari cerita pada serial ini yang rasanya sangat sayang jikalau tidak saya bahas pada bagian ceritanya ini.

Serial ini pada dasarnya memiliki topik masalah terkait penyakit hati seseorang yang terkadang selalu dihindari atau dihiraukan, terkait hal ini sebenarnya telah banyak anime yang bisa menyajikan topik seperti ini, tetapi pada serial ini kita disajikan sebuah keunikan dari konsepnya, dimana penyakit tersebut akan menarik roh negatif untuk merasuki tubuh dan akan memunculkan sebuah penyakit fisik aneh di tubuh orang tersebut. Ketika memikirkan hal ini, membuat saya paham bahwa hal yang memang membuat serial seperti ini berbeda adalah dari konsep penyajiannya, dan serial benar-benar berhasil menyajikan sebuah perbedaan yang menurut saya baru serta terasa sangat unik untuk saya pikirkan.

Pada bagian ceritanya ini satu hal yang menurut saya paling saya suka dari serial ini, yaitu soal bagaimana serial ini menyelesaikan topik masalahnya. Ketika menonton serial ini, kita diperlihatkan bahwa Tokoh Utama hanyalah fasilitator, sedangkan yang menyembuhkan penyakit itu adalah pasien itu sendiri. Ini merupakan hal yang saya sukai, sebab menurut saya sendiri suatu penyakit hati yang muncul dari diri seseorang seperti serakah, kebohongan, atau yang lainnya hanya dapat disembuhkan oleh orang itu sendiri, karena pada dasarnya hal itu muncul dari pemikiran serta perasaan orang itu, sehingga tidak ada yang dapat mengubah hal itu selain dirinya sendiri, dan serial ini telah mampu memberitahu hal itu yang rasanya perlu untuk kita sadari.

Karakter


©Aho Toro, Kodansha/ Kai Byoui Ramune

Serial ini menyajikan akan dua karakter utama yaitu, Ramune, seorang Dokter Spesialis Penyakit Aneh dan Kuro, anak sekolah yang menjadi asisten Ramune. Kedua karakter ini dari segi visual dan sikap sangatlah menarik, karena dapat menciptakan beberapa percakapan khas dan terasa komedi untuk kita tonton, sehingga terasa sekali hubungan diantara mereka berdua sangatlah baik.

Namun, yang menarik dari dua karakter ini adalah penyediaan misteri yang seakan penuh tanda tanya. Ketika artikel ini ditulis anime ini baru tayang selama 5 episode, dan di cerita yang masih awal ini saya telah disajikan sebuah misteri yang muncul dari dua karakter utama tersebut, yang sejujurnya membuat rasa penasaran saya sebagai penonton cukup tinggi untuk ingin mengetahui akan seperti apa misteri dari dua tokoh utama tersebut.

Saya berpikir misteri terkait dua tokoh utama ini tidak akan dibahas cepat-cepat, karena akan mengurangi rasa penasaran saya sebagai penonton dan mungkin juga akan mengurangi minat untuk menonton serial ini, tetapi saya mengharapkan hal ini bisa dijadikan sebuah teka-teki yang dapat digunakan untuk membuat saya berpikir akan seperti apa misteri dibalik dua tokoh utama tersebut, dan rasanya akan lebih menarik dijadikan sebuah teka-teki dibanding langsung dijelaskan begitu saja, tetapi hal ini tergantung keputusan penulis juga, sebab jika langsung dijelaskanpun rasanya akan membuat karakter tersebut keren serta membuatnya lebih menarik. (apapun keputusannya saya merasa sama-sama bagus hehe)

Topik Masalah dan Pesan


©Aho Toro, Kodansha/ Kai Byoui Ramune

Ketika menonton serial ini, sebenarnya ada banyak hal yang ingin saya jadikan topik pembahasan, sebab ada banyak hal menarik yang bisa dibahas di serial seperti ini, tetapi saya rasa perlu memutuskan dua hal menarik yang paling ingin saya bahas dari serial ini, yaitu Topik Masalah dan Pesan yang disajikan oleh serial ini.

Topik, jika kalian seorang yang memang senang mengikuti pembahasa saya maka kalian akan mengetahui akan tulisan saya yang selalu berpendapat bahwa sebuah serial anime pada dasarnya akan mengangkat masalah yang hadir saat ini, dan serial ini sendiri saya rasa mengangkat topik masalah yang terjadi belakangan. Ini menjadi sebuah hal yang menurut saya menarik, karena rasanya hal-hal seperti ini perlu untuk dibahas, agar membuat kita sebagai penonton dapat terhindar dari masalah tersebut, atau setidaknya dapat menjadikan ini sebagai sebuah pembelajaran yang membuat kita tahu tentang bagaimana cara menghadapi masalah seperti itu.

Pesan, ada banyak sekali komentar tentang serial ini terutama tentang pesannya. Menurut saya, tidak ada yang salah dari komentar tersebut, tetapi bagi saya pribadi serial ini memberikan sebuah pesan tentang bahayanya menutupi sebuah keresahan. Masalah atau suatu yang mengganggu perasaan itu selalu saya anggap sebagai sebuah keresahan, terkait hal ini saya sempat membaca dari sebuah artikel bahwa orang Jepang merupakan orang yang memiliki etika untuk menutupi keresahannya dengan senyuman, etika itu sendiri menjadi salah satu indikator yang membuat sesesorang mudah stress atau bunuh diri di negeri tersebut.

Serial ini saya rasa ingin memberikan pesan-pesan sederhana untuk bisa meluapkan keresahan, dan jangan menutupi suatu hal yang menyakitkan di dalam dirinya, sebab itu merupakan penyakit yang berbahaya. Saya harap dengan adanya serial ini, kita yang menonton dapat menyerap pesan-pesan sederhana ini, sebab hal seperti ini mungkin terdengar sepele tetapi sejujurnya ini merupakan hal yang penting untuk kita pahami. Pesan ini sendiri tidak harus melulu ke orang Jepang, sebab masalah seperti ini ada dimanapun, selain itu saya sedikit menyinggung etika di Jepang itu hanya sebatas penguat argumentasi saya saja dan saya tidak menganggap etika itu salah yah. (selalu ada alasan mengapa etika itu diajarkan, dan kita tidak bisa menganggapnya salah)

Kesimpulan

Kai Byoui Ramune merupakan serial yang sangat menarik terutama dari segi ceritanya, sehingga bagi kalian yang mungkin memiliki kemiripan dengan saya yaitu menikmati anime dari ceritanya, maka ini dapat menjadi salah satu pilihan untuk ditonton musim ini. Ketika mencari informasi mengenai anime ini, sebenarnya saya cukup bingung dengan rating di anime ini yang ternyata cukup tidak terduga. Namun bagi saya sendiri, serial ini terhitung serial yang bagus dan rasanya akan menjadi salah satu rekomendasi di musim ini hehe.

Ada banyak hal yang seharusnya dapat saya bahas pada serial ini, tetapi saya pikir apa yang saya bahas di artikel ini telah cukup dan saya pikir ini sudah sesuai dengan apa yang ingin saya bahas. Saya pikir serial seperti ini tidak perlu untuk kita bahas secara lengkap nantinya, karena saya pikir serial ini akan lebih menarik untuk ditonton saja dan mungkin jika ada kekurangan atau kesalahan dalam pembahasan saya di artikel ini, maka bisa kita jadikan diskusi di kolom komentar karena itu akan melengkapi atau juga memperbaiki pembahasan saya ini yang selalu saya anggap pasti salah. (karena artikel ini adalah hasil pemikiran saya, maka wajar jikalau ada yang salah dan hehe)

Mungkin sekian pembahasan kali ini, semoga bermanfaat serta menarik untuk kalian baca. Ohiyaa bagi kalian yang ingin mengetahui info lebih mengenai postingan serta info menarik lainnya bisa banget Follow Instagram dan Twitter Blog ini yaitu: @wibugabutblog atau Like Halaman Facebook kami yaitu: Wibu Gabut Blog. (atau kalian bisa langsung tekan icon-icon media sosial di atas halaman untuk menuju ke sosial media kami)

Bye!!! Sehat Selalu...

Posting Komentar untuk "Bahas Anime Kai Byoui Ramune, Sebuah Anime Dengan Topik Yang Umum Tetapi Memiliki Konsep Yang Unik"

Berlangganan via Email