Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Bahas Anime Kemono Jihen, Sebuah Anime Shounen Dengan Pembahasan Unik Yang Terasa Menjanjikan


©Shō Aimoto/Kemono Jihen

Kemono Jihen, sebuah anime yang memperlihatkan kepada kita untuk bisa berpikiran Positif atas sebuah Tragedi...

Kemono Jihen merupakan serial anime yang diproduksi oleh studio Ajia-Do, yang rilis perdana pada 10 Januari 2021 (Winter) dan tayang setiap hari Minggu 22:00 (JST). Serial ini juga dapat kalian tonton secara legal dengan subtitle Indonesia pada Channel YouTube: Muse Indonesia, yang tayang setiap hari Rabu pukul 21:30 (WIB).

Serial anime ini berasal dari sebuah adaptasi manga berjudul “Kemono Jihen” karangan Shō Aimoto, diterbitkan oleh penerbit Shueisha pada majalah Jump Square, yang dirilis perdana pada 2 Desember 2016 hingga sekarang, dan telah menghasilkan 13 volume tankōbon. Kemono Jihen memiliki genre; Action, Mystery, Demons, Shōnen.

Cerita

Kemono Jihen bercerita tentang Detective Kohachi Inugami yang diminta untuk menyelidiki kejadian aneh di sebuah desa terpencil Jepang, dimana di desa tersebut sering ditemukan bangkai binatang yang hanya menyisahkan tubuh bagian luar tanpa adanya organ dalam. Di desa itu Inugami bertemu dengan seorang anak laki-laki penyediri yang ditugaskan untuk mengurus perkembunan yang sering disebut “Dorotabou”, ia tertarik dengan anak laki-laki itu dan memintanya untuk membantu menyelidiki kasus tersebut. Namun sedikit demi sedikit, Inugami mulai mengetahui kebenaran dibalik kasus tersebut dan anak lelaki itu yang bukanlah seorang “manusia”.

Kemono Jihen, sebuah anime yang menarik untuk saya tonton pada setiap episodenya, topik yang disajikan selalu menarik untuk ditonton dan dapat dibahas dengan sangat tidak terduga, sehingga membuat saya yang menonton selalu merasakan banyak kejutan yang menarik dari setiap episodenya. Anime ini juga menyediakan pesan-pesan sederhana yang menurut saya menarik untuk dipikirkan, dan rasanya hal itu muncul dari sudut pandang pengarang yang memang mengambil sebuah sudut pandang yang unik serta sulit untuk saya sadari dalam membahas setiap topiknya.

Anime ini pada dasarnya memiliki jalan cerita yang sebenarnya sangat mudah untuk ditebak, karena alurnya saat ini masihlah sederhana serta memiliki pembahasan yang tidak benar-benar baru, tetapi anime ini pada beberapa bagian tertentu memberikan sebuah perbedaan yang membuat saya yang bisa menebak arah ceritanya jadi terkecoh dengan bagian tersebut, sehingga membuat saya yang menonton jadi cukup terkejut dengan alur ceritanya. Hal ini bisa sangat terjadi, karena ada sudut pandang yang memang unik dari pengarangnya, yang membuat jalan ceritanya menjadi sangatlah berbeda dengan cerita pada umumnya, dan ini juga membuat saya sebagai penonton yang cukup tahu akan cerita seperti ini jadi mudah terjebak, karena dapat dengan mudah diketahui isi pikirannya sehingga dalam beberapa momen tertentu dapat dikejutkan oleh hal-hal yang sangat berbeda dari ceritanya ini.

Hal yang menurut saya menarik dari ceritanya ini adalah tentang bagaimana anime menyediakan pesan yang sangat berbeda dari setiap topiknya, saya berpikir bahwa keunikan dari tokoh utamanya ini memunculkan banyaknya pesan-pesan yang tidak pernah saya sadari, dan hal ini benar-benar membuat saya yang menonton jadi sangat sadar bahwa pengarang serial ini benar-benar memiliki sudut pandang yang unik, sehingga dapat menciptakan hal-hal yang sangat berbeda dari cerita yang cukup mainstream seperti ini.

Karakter


©Shō Aimoto/Kemono Jihen

Anime ini menyediakan empat karakter utama yaitu Kabane Kusaka, Kohachi Inugami, Akira Iwakiyamayukisa, Shiki Tademaru. Keempat karakter yang memiliki keunikannya masing-masing, dan hingga episode terbaru saat ini pun telah cukup banyak informasi yang serial ini sediakan untuk membuat kita mengenal lebih banyak karakter ini dari sikap, kemampuan, serta masalah yang mereka miliki.

Ketika memikirkan soal karakter sebenarnya saya paling tertarik dengan Kabane Kusaka, dimana karakter ini rasanya benar-benar dibuat dengan sangat unik, entah dari sifatnya atau dari perkembangan karakternya. Selain itu juga ada banyak sekali misteri yang menarik dari karakter ini yang membuat saya yang menonton jadi cukup bertanya-tanya akan seperti apa, dan bagaimana jawaban atas misteri tersebut,

Untuk karakter utama lainnya, sebenarnya masalah yang disediakan menarik untuk diketahui, tetapi entah mengapa hal ini membuat saya berpikir bahwa anime ini terlalu banyak menyediakan masalah, dan sejujurnya membuat saya takut akankah ada yang bisa dijadikan fokus utama untuk saat ini, karena anime ini hanya memiliki satu musim, sehingga serial ini perlu menyediakan satu masalah utama yang perlu dijadikan alur utama di musim ini yang dapat memukau dan tidak merusak momentum ceritanya saat ini, dan membuat serial ini dapat memiliki kesempatan untuk memiliki musim lanjutan nantinya.

Shōnen


©Shō Aimoto/Kemono Jihen

Ketika menonton anime ini saya benar-benar ingin membahas soal genre shōnen pada serial ini yang menurut saya sangat khas saat ini, dimana karakternya masihlah sangat bersifat polos serta berpikiran positif, tetapi memiliki kesan dingin serta keren yang membuatnya menjadi karakter yang dapat disukai penonton saat ini. Sebenarnya saat memikirkan hal ini, saya masih berpikiran apakah karakter seperti ini memang dapat mencerminkan kesan shōnen, dimana dibenak saya shōnen adalah tentang seorang anak muda yang masihlah polos, sederhana, penuh semangat, dan bodoh.

Namun, mau bagaimanapun ini adalah serial shōnen dimana karakternya berkembang dari awalnya biasa saja menjadi semakin kuat, dan dengan bertambahnya kekuatan tersebut memiliki sebuah tujuan yang ingin dia capai. Kesan shōnen dari segi sifat karakter saat dulu seiring berjalannya waktu memang berubah, tetapi dari segi alur ceritanya masihlah sangat terasa sekali kesan shōnen tersebut, dan menurut saya ini memang perlu saya terima, karena saya sadar bahwa pemikiran ini muncul dari faktor usia serta kesan pertama saya saat mengenal genre shōnen dulu hehe.

Sebenarnya jika dipikirkan tidak ada yang buruk dari segi sifat karena yang terpenting dari genre ini adalah tentang bagaimana kita bisa menikmati perkembangan karakternya, dan kita bisa merasakan apa yang karakter tersebut rasakan, sehingga ketika menonton serial ini kita seakan sedang berkembang bersama dengan karakter utama tersebut. Hal ini terdengar berlebihan, tetapi sejujurnya inilah yang menarik dari genre ini hehe. (yah setidaknya ini menurut pendapat saya pribadi hehe)

Kesimpulan

Kemono Jihen, merupakan serial yang menarik dan ini merupakan salah satu serial yang banyak ditonton oleh penonton Indonesia di YouTube musim ini, bahkan sempat menjadi salah satu trending YouTube, sehingga sudah sangat wajar jikalau serial ini dapat menjadi rekomendasi untuk kalian tonton dan saya sangat merekomendasikannya kalian menonton anime ini di YouTube atau platform lain yang menanyangkan anime ini secara legal, karena itu akan menjadi salah satu bentuk dukungan pada serial ini dan juga pada perusahaan yang telah menyiarkan serial ini.

Kemono Jihen termasuk serial yang sulit untuk dibahas dan rasanya kita tidak perlu membahas anime ini secara lengkap nantinya, karena saya berpikir bahwa serial ini lebih baik ditonton saja. Selain itu juga, tidak ada banyak hal yang menurut saya dapat dibahas dari serial yang menarik seperti ini, karena apa yang disediakan telah sangatlah bagus dan sejujurnya saya berekspektasi bahwa ini akan menjadi salah satu serial yang menjanjikan kedepannya. Namun, seperti biasa karena saya selalu yakin bahwa pembahasan saya bisa salah atau kurang, maka bisa kita diskusikan di kolom komentar seperti biasa untuk dapat memperbaiki atau bahkan melengkapi pembahasan saya ini hehe.

Mungkin sekian pembahasan kali ini, semoga bermanfaat serta menarik untuk kalian baca. Ohiyaa bagi kalian yang ingin mengetahui info lebih mengenai postingan serta info menarik lainnya bisa banget Follow Instagram dan Twitter Blog ini yaitu: @wibugabutblog atau Like Halaman Facebook kami yaitu: Wibu Gabut Blog. (atau kalian bisa langsung tekan icon-icon media sosial di atas halaman untuk menuju ke sosial media kami)

Bye!!! Sehat Selalu...

Posting Komentar untuk "Bahas Anime Kemono Jihen, Sebuah Anime Shounen Dengan Pembahasan Unik Yang Terasa Menjanjikan"

Berlangganan via Email