Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Bahas Awalan Anime Scar on the Praeter, Sebuah Anime Yang Terhitung Menarik Dan Cukup Membingungkan...

©Gohands,Frontier Works/Praeter-Project

Scar on the Praeter, sebuah anime yang memperkenalkan kepada kita bahwa keadilan itu memiliki berbagai pemaknaan...

Scar on the Praeter merupakan serial anime Jepang yang diproduksi oleh studio GoHands, yang dirilis perdana pada 9 Januari 2021 (Winter) dan tayang setiap hari Sabtu pukul 01:55 (JST), serial ini juga dapat kalian tonton secara legal dengan subtitle indonesia pada channel YouTube Muse Indonesia setiap hari Sabtu pukul 01:25. Scar on the Praeter merupakan serial anime original yang berdasarkan atas proyek media Project Scard yang diusung oleh Frontier Works, serial ini juga diadaptasi menjadi sebuah serial manga dengan judul “PROJECT SCARD: Juutachi no Seigi” yang dikerjakan oleh Yui Kuroe, diserialisasikan oleh penerbitan Kodansha pada majalah Shōnen Magazine Edge dari 17 September 2020 hingga sekarang. Scar on the Praeter memiliki genre; Action, Super Power.

Cerita

Scar on the Praeter berlatar cerita di Zona Khusus Akatsuki, sebuah daerah yang seharusnya menjadi tempat yang indah, tetapi atas sebuah konflik membuat tempat tersebut menjadi kumuh dan membuat pemerintahannya runtuh, sehingga membuat tempat itu menjadi daerah yang penuh dengan kekerasan serta memunculkan berbagai masalah antar kelompok. Bercerita tentang orang-orang yang memiliki tato ilahi yang membuatnya menjadi seorang dengan kemampuan khusus, dan diberi nama Scard. Orang-orang itu memiliki kelompok serta keadilannya masing-masing, dan mereka akan mulai dihadapkan atas sebuah kejahatan yang nantinya akan menunjuk kepada keadilan yang mereka yakini... (maaf kalo aneh, soalnya saya bingung harus nulis sinopsis seperti apa, agar mudah untuk kalian bayangkan hehe)

Scar on the Praeter, sebuah anime yang sebenarnya cukup membingungkan untuk saya tonton, karena cerita yang disajikan memanglah cerita yang terhitung membutuhkan banyak informasi serta pemahaman untuk dapat saya tonton. Ketika membahas serial ini saya telah menontonnya hingga episode keempat, saya merasa hingga episode keempat ini saya telah cukup memahami cerita yang ingin serial ini sajikan serta membayangkan konflik yang akan diangkatnya, dan menurut pendapat saya pribadi ceritanya ini menarik untuk saya tonton.

Serial ini pada dasarnya menceritakan tentang beberapa karakter yang memiliki sudut pandang yang berbeda atas sebuah keadilan, dengan mengambil sebuah latar tempat yang terasa distopia, dan nantinya berbagai sudut pandang tersebut akan dihadapkan satu konflik yang membuat mereka bekerja sama. Bagi saya pribadi, cerita seperti ini sebenarnya telah saya ketahui dari beberapa anime terdahulu, tetapi yang cukup membuat saya tertarik adalah tentang bagaimana serial ini memberikan sebuah sudut pandang baru atas apa yang mereka angkat, dan ini membuat saya yang mungkin telah cukup mengetahui arah ceritanya, menjadi cukup ragu karena berpikir bahwa serial ini mungkin memberikan sesuatu yang berbeda.

Ketika menonton serial ini, sebenarnya saya berpikir jikalau serial ini dapat dengan mudah memperkenalkan konflik yang ingin mereka sajikan, maka ceritanya akan lebih mudah untuk dipahami dan saya rasa akan membuat banyak orang menikmati serial ini. Namun, serial ini sedikit sekali memperkenalkan konfliknya dan memanglah masih abu-abu, karena hingga episode terbaru ini masihlah terfokus kepada awalan ceritanya yang memperkenalkan para karakter serta memperlihatkan animasinya yang memang ingin dijadikan fokus pada serial ini, dan saya benar-benar memaklumi hal ini sebab ini memanglah hal yang sangat wajar.

Karakter

Pada serial ini kita dipekernalkan akan banyaknya karakter utama seperti, Kai Yamato, Arashiba Eiji, Arashiba Kazuma, Sakishima Kagami, Torataka Itsuki, Tatsuma Kouga, Karasue Jin, dan Washimine Ran. Para karakter ini seharusnya dapat sangat disukai penonton saat ini karena memang memiliki tipe yang rasanya sangat populer saat ini, tetapi karena ada beberapa fan-service yang mungkin cukup memberikan reaksi yang tidak terduga membuat penonton terutama penonton laki-laki rasanya berpikir bahwa ini adalah karakter yang dikhususkan untuk penonton perempuan, padahal tidak sama sekali. (saya pengen bahas ini, tetapi rasanya terlalu panjang dan tidak menarik hehe)

Pada bagian karakter ini, saya lebih ingin membahas soal banyaknya karakter utama yang selalu membuat saya berpikir, bahwa mungkin setiap karakter akan menyediakan topik masalah, dan ini salah satu hal yang sering menjadi ancaman untuk sebuah serial yang tayang selama satu musim, karena dengan banyaknya topik masalah, terkadang konflik utama cerita menjadi dipersingkat dan ini membuat ceritanya jadi tidak memuaskan, bahkan akhir-akhir sering menimbulkan reaksi penonton yang cukup menyeramkan untuk pihak studio.

Untuk serial ini sendiri, saya berpikir bahwa setiap karakter akan dihadapkan atas satu masalah yang sama, tetapi akan dibedakan dari kejadiannya, sehingga nantinya para karakter memiliki motif yang berbeda dalam menghadapi satu masalah tersebut. Namun, ini hanya sebatas pemikiran saya dan sesuatu yang menurut saya ideal, tetapi mungkin saja ada kejutan atau sesuatu yang berbeda dari yang saya pikirkan, sehingga membuat pemikiran saya ini salah, tetapi saya sangat berharap bahwa pemikiran saya ini salah, karena saya sangat menyukai sesuatu yang diluar ekspektasi saya hehe.

Action dan Konflik

Pada serial ini, saya ingin membahas dua hal yang menurut saya penting, dan memang rasanya perlu sedikit saya bahas karena dua hal itu yang membuat serial ini menarik, yaitu soal Action dan Konflik yang serial ini sajikan.

Action, sebenarnya jika ingin membahas soal action yang disajikan pada serial ini, dapat dilihat dari animasinya, dan menurut saya pribadi animasi yang disajikan itu sudah sangat bagus, hal itu dapat dilihat dari beberapa gerakan yang memang memiliki detail yang bagus dan gerakannya sendiri bukanlah gerakan yang membosankan untuk saya tonton, sehingga untuk bagian ini menurut saya bagus dan memang ini menjadi salah satu hal utama yang sepertinya ingin serial ini sajikan.

Namun, hal ini berdampak kepada penyediaan konflik yang serial ini sajikan. Sebuah serial yang memang ingin menyediakan action yang memukau dan memang memuaskan, terkadang perlu memakan banyak durasi waktu dalam setiap episodenya, dan ini berdampak kepada penyediaan konflik yang serial ini sajikan sangatlah minim, bahkan dalam setiap episodenya itu hampir sedikit hal yang bisa diungkit dari konfliknya, sehingga konflik yang ada di serial ini bagaikan sebuah kepingan puzzle yang perlu kita susun sendiri untuk dapat memahaminya. Namun, saya masih sedikit berpikir bahwa akan ada satu episode yang seharusnya akan menjelaskan mengenai konflik utama yang serial ini sajikan, sehingga bagi kalian yang ingin menonton saja dan tidak ingin berpikir mengenai detail-detail itu rasanya tidak masalah. (saya berpikiran detail seperti ini karena saya memang bertujuan untuk membahasnya, jika sebagai penonton saja saya pasti tidak berpikiran seperti ini hehe)

Kesimpulan

Scar on the Praeter, sebuah serial yang sebenarnya cukup membingungkan ketika saya bahas, karena ketika saya menonton, kemudian berpikir tentang serial ini, saya menganggap bahwa ini masih termasuk serial yang menarik untuk ditonton, tetapi jika melihat dari rating yang disajikan di MyAnimeList membuat saya berpikir apakah serial ini bagus atau tidak. Serial ini memang memiliki beberapa kekurangan, tetapi menurut saya kekurangan itu muncul karena ada hal yang lebih diutamakan dari serial ini, sehingga saya sangat memaklumi soal kekurangannya ini.

Ketika menulis kesimpulan ini juga, saya berpikir juga soal apakah selera saya yang memang rendah, sehingga saya sangat mudah menyebut sebuah serial menarik, atau memang ada hal yang mungkin tidak saya sadari mengenai hal yang buruk dari serial ini. Mungkin, hal ini bisa kita diskusikan lebih lanjut di kolom komentar, karena saya tidak ada niatan untuk membahas serial ini secara lengkap, sebab saya sudah memiliki beberapa list anime yang akan saya bahas secara lengkap dan rasanya berat juga bikin banyak pembahasan lengkap hehe.

Mungkin sekian pembahasan kali ini, semoga bermanfaat serta menarik untuk kalian baca. Ohiyaa bagi kalian yang ingin mengetahui info lebih mengenai postingan serta info menarik lainnya bisa banget Follow Instagram dan Twitter Blog ini yaitu: @wibugabutblog atau Like Halaman Facebook kami yaitu: Wibu Gabut Blog. (atau kalian bisa langsung tekan icon-icon media sosial di atas halaman untuk menuju ke sosial media kami)

Bye!!! Sehat Selalu...

 

1 komentar untuk "Bahas Awalan Anime Scar on the Praeter, Sebuah Anime Yang Terhitung Menarik Dan Cukup Membingungkan..."

  1. Menurutku juga bagus 😶 kalau dari sudut penonton saja harusnya bagus bagus saja dan kalau sudah tau alur ceritanya maka tidak akan menarikkan 😶

    BalasHapus