Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Hal Yang Wibu Gabut Pikirkan Serta Pelajari Ketika Menonton Anime Hanasaku Iroha...

©Hanasaku Iroha

Hanasaku Iroha adalah serial anime yang diproduksi oleh P.A. Works untuk memperingati sepuluh tahun berdirinya studio tersebut, yang ditayangkan dari 3 April 2011 hingga 25 September 2011. Hanasaku Iroha disutradarai oleh Masahiro Ando, lalu untuk ceritanya ditulis oleh Mari Okada, dan desain karakternya didesain oleh Mel Kishida. Hanasaku Iroha juga diadaptasi menjadi serial manga dengan judul “Hanasaku Iroha: Green Girls Graffiti” yang dikerjakan oleh Jun Sasameyuki, diterbitkan oleh Bandai Visual pada majalah Web Comic Gekkin, dari 1 Juli 2011 hingga 2 Juli 2012, dan menghasikan 2 volume. Kemudian, serial ini mendapatkan adaptasi film berjudul “Hanasaku Iroha: Home Sweet Home”. Hanasaku Iroha memiliki genre; Drama, Slice of Life, Komedi.

Hanasaku Iroha bercerita tentang gadis remaja bernama Ohana Matsumae, yang tinggal bersama ibunya di Tokyo. Namun, karena masalah finansial, ibunya meminta Ohana untuk pergi ke kampung halaman ibunya dulu, yaitu sebuah penginapan bernama Kissuisō di Yunosagi bersama neneknya. Ohana yang berpikir akan bersenang-senang dirumah neneknya, tetapi ia dihadapkan pada keadaan yang membuatnya harus bekerja di penginapan neneknya, dimana disana ia belajar, bekerja, serta mendapatkan pengalaman yang berharga untuk menjadikannya seorang gadis yang kuat.

Beberapa hari belakangan, saya baru selesai menonton anime berjudul “Hanasaku Iroha”, sebuah anime yang sebenarnya telah lama tayang, bahkan telah tayang sebelum saya mengenal anime. Namun, pada artikel kali ini saya tidak akan membahas anime ini seperti biasanya, karena rasanya tidak banyak yang bisa dibahas dari serial ini, sehingga pada artikel ini saya akan menulis mengenai hal-hal yang saya pelajari setelah menonton anime Hanasaku Iroha. Mungkin tanpa banyak basa-basi langsung saja kita mulai pembahasannya...

Tidak Bisa Bergantung Pada Diri Sendiri


©Hanasaku Iroha

Pada awalan episode, saya diceritakan sebuah pengenalan tokoh Iroha yang telah sering diberikan harapan kosong oleh ibunya, sehingga ia tidak begitu berharap banyak kepada orang lain, dan hanya bergantung kepada dirinya sendiri, sehingga ia selalu berusaha mengerjakan semuanya sendirian. Namun, setelah bekerja di penginapan Kissuisō, ia mulai menyadari bahwa bekerja sendiri tidak akan menghasilkan sesuatu yang baik dan disanalah ia mulai bekerja sama dengan teman-temannya.

Manusia itu makhluk sosial, sehingga ia membutuhkan adanya orang lain untuk hidupnya, tetapi kalimat tersebut terasa telah basi dan tanpa diberitahupun rasanya kalian telah mengetahuinya. Ketika menyadari soal pesan bahwa kita tidak bisa hanya bergantung pada diri sendiri, hal yang saya pikirkan adalah soal batas kemampuan yang kita miliki pada dasarnya tidak bisa untuk mengerjakan semuanya secara sendirian, dan jika kita memaksakannya pada akhirnya kita akan hancur.

Di anime ini sendiri, hal tersebut diperlihatkan dengan jelas dari hasil yang dikerjakan oleh Iroha itu tidak pernah maksimal, gagal, atau bahkan hanya menghancurkan perasaannya saja, sehingga alasan mengapa kita tidak bisa bergantung pada diri sendiri, karena pada dasarnya kita tidak bisa melakukan semuanya sendiri, dan hal itu hanya akan menghancurkan diri kita sendiri, sehingga disini kita hanya perlu mulai memahami batas yang kita miliki, dan sepertinya mulai berusaha untuk tidak mengandalkan diri sendiri hehe.

Perlu Mencoba Hal Yang Baru

Penginapan Kissuisō merupakan penginapan yang telah kuno, dan sangat mengandalkan tradisi yang telah lama dipegangnya, hal ini berdampak kepada jumlah pengunjung yang menjadi semakin sedikit, dan bahkan membuatnya kalah saing dengan penginapan lain, sehingga hal ini membuat paman Iroha bersama temannya berusaha melakukan berbagai hal baru untuk penginapan Kissuisō.

Ini merupakan salah satu hal yang sebenarnya sangat menarik bagi saya, sebab hal ini sangat berkaitan dengan masalah kita semua, dimana kita semua tidak bisa mencoba hal yang baru. Ketika berhadapan dengan hal yang baru maka kita perlu mempelajari serta melakukan hal yang tidak biasa, tetapi yang paling menakutkan dari itu semua adalah kita tidak mengetahui hasil yang akan kita dapatkan dari melakukannya.

Melakukan hal yang baru itu tidak selalu menghasilkan sesuatu yang baik, dan terkadang malah memperburuk keadaan, hal inilah yang membuat kita selalu takut mencoba hal yang baru, sehingga membuat kita hanya melakukan hal yang sudah berjalan dengan semestinya saja, dan mengikuti tradisi yang dilakukan sejak lama. Namun, satu hal yang perlu kita sadari, karena kita semua masih muda, maka biarpun mengalami kesulitan atau situasi yang buruk, kita masih memiliki peluang untuk menghadapi tantangan tersebut, dan dari sana mungkin kita bisa menciptakan hal yang baru.

Selama Ada Yang Dilakukan, Suatu hal Akan Terjadi Sebagai Gantinya


©Hanasaku Iroha

Hal ini berkaitan dengan pesan sebelumnya, dimana banyak hal baru yang ingin dilakukan di penginapan Kissuisō. Namun, hasil yang diperoleh selalu buruk, bahkan terkadang menciptakan masalah baru, tetapi dari masalah itu menghasilkan sebuah pembelajaran yang dapat membuat penginapan tersebut perlahan tapi pasti semakin membaik.

Ketika mencoba hal yang baru, pasti selalu mengalami sebuah masalah yang mungkin menghasilkan sesuatu yang buruk. Namun, apapun itu pasti memiliki sebuah pembelajaran yang membuat kita semakin lebih baik, hal ini sesuai dengan kalimat “Selama ada yang dilakukan, suatu hal akan terjadi sebagai gantinya”, yang bisa menjelaskan bahwa tidak ada yang sia-sia ketika kita melakukan sesuatu, terutama sesuatu yang bertujuan untuk sebuah kebaikan.

Kalian ketika menonton anime ini, mungkin akan menyadari banyak sekali hal yang dilakukan untuk penginapan Kissuisō, tetapi hasilnya selalu buruk serta menciptakan masalah. Namun, kalian akan menyadari bahwa hal itu berdampak kepada perkembangan karakter, yang nantinya akan berdampak juga kepada perkembangan penginapan Kissuisō, dan hal inilah yang membuat saya menyadari akan pesan sederhana ini.

Kamu Tidak Bisa Mengubah Orang Tersebut, Tetapi Kamu Bisa Mengubah Pandangan Kamu Terhadap Orang Tersebut


©Hanasaku Iroha

Para karakter yang ada di penginapan Kissuisō memiliki karakter yang beragam, dan bahkan ada yang memiliki sikap yang saya yakini tidak banyak disukai oleh para penonton. Namun, serial ini tidak membuat karakter tersebut berubah, tetapi malah membuat saya yang menonton mengubah pandangan saya yang awalnya buruk terhadap karakter tersebut, menjadi lebih baik serta merasa bahwa karakter tersebut bukanlah orang yang buruk.

Ini merupakan salah satu hal yang perlu kita pahami bersama, dimana kita perlu mulai mengubah pandangan kita terhadap seseorang yang tidak kita sukai. Saat ini, terlalu banyak orang yang memaksa seseorang untuk bisa berubah dengan tujuan yang baik, tetapi kita tidak menyadari apakah hal yang kita lakukan itu benar, sebab kita tidak pernah tahu apakah hal itu benar-benar baik untuk orang tersebut.

Pada serial ini, kita diperlihakan bahwa tidak ada karakter yang mempermasalahkan sifat diantara karakter lain, dan ini seakan menggambarkan dunia pekerjaan pada umumnya yang membuat kita lebih harus mengubah pandangan kita terhadap orang yang tidak kita sukai, dibanding memaksanya berubah. Serial ini menggambarkan keadaan ini dengan sangat baik, sehingga membuat saya yang menonton menjadi dapat mempelajari hal yang sederhana ini, dan saya harap kita bisa berusaha untuk menahan diri agar tidak memaksa orang berubah, tetapi lebih mengubah pandangan kita terhadap orang tersebut, sehingga kita bisa lebih bijak. (dampak dari hal ini, saya rasa akan kalian ketahui ketika menonton anime ini hehe)

Kita Harus Mengetahui Perubahan Apa Yang Sebaiknya Kita Lakukan

Di salah satu alur puncak pada serial ini, kita diperlihatkan bahwa penginapan Kissuisō mengalami banyak masalah, tetapi di sisi lain mereka mendapatkan jawaban dari masalah tersebut. Namun, jawaban itu sendiri membuat penginapan Kissuisō dipaksa berubah dari biasanya, dan hal ini awalnya disetujui oleh para karakter, tetapi perlahan-lahan mereka mulai tidak nyaman akan perubahan tersebut, kemudian menyadari bahwa perubahan yang mereka lakukan itu tidak benar-benar baik.

Ini merupakan salah satu pesan yang seakan melawan pesan-pesan sebelumnya, dimana sebelumnya kita memperlajari bahwa kita perlu melakukan hal yang baru, kemudian berubah agar dapat lebih baik. Namun, ada alasan mengapa saya menyediakan pesan yang berlawanan ini, yaitu untuk membuat kita semua sadar bahwa ada hal yang penting dari sebuah perubahan, seperti kenyamanan, kecintaan, serta kepuasan kita akan perubahan itu.

Pada akhirnya jika kita ingin melakukan perubahan maka ada banyak sekali hal yang perlu pikirkan, dan tidak bisa hanya terpaku kepada hasil yang baik saja. Serial ini memberitahu kita untuk bisa berubah, tetapi disisi lain juga memberitahu kita untuk mengetahui perubahan apa yang sebaiknya kita lakukan, sebab tidak semua hal perlu diubah.

Akhir Kata

Hanasaku Iroha merupakan serial yang menarik untuk saya tonton, ada banyak hal yang saya pikirkan ketika menonton serial ini, dan hal yang saya tuliskan ini hanya sedikit pesan dari banyaknya pembelajaran yang saya pikirkan ketika menonton serial ini. Pesan yang saya tuliskan ini sendiri, rasanya tidak bisa saya jelaskan secara panjang serta jelas, karena saya menyadari bahwa apa yang tuliskan ini hanya berdasar kepada pemikiran saya pribadi, dan itu belum tentu benar, sehingga saya menyarankan untuk kalian yang mungkin ingin mengetahui lebih lengkapnya maka bisa menonton serial ini hehe.

Ada banyak hal yang menarik dari serial ini, dari ceritanya yang memiliki topik yang menarik untuk dibahas serta konflik yang cukup kompleks, kemudian beragam karakter yang memiliki keunikan, lalu akhiran cerita yang sangat memuaskan, membuat saya yang menonton rasanya tidak bisa berkomentar apapun dari serial ini. Ini merupakan serial yang telah lama tayang, bahkan tayang sebelum saya mengenal istilah anime, wibu, atau otaku. Namun, serial ini masih sangat menarik untuk saya tonton saat ini, dan rasanya ini merupakan serial yang rekomen untuk ditonton kapanpun hehe.

Mungkin sekian pembahasan kali ini, semoga bermanfaat serta menarik untuk kalian baca. Ohiyaa bagi kalian yang ingin mengetahui info lebih mengenai postingan serta info menarik lainnya bisa banget Follow Instagram dan Twitter Blog ini yaitu @wibugabutblog .

Bye!!! Sehat Selalu...

Posting Komentar untuk "Hal Yang Wibu Gabut Pikirkan Serta Pelajari Ketika Menonton Anime Hanasaku Iroha..."

Berlangganan via Email