Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Bahas Shakunetsu Kabaddi, Sebuah Anime Olahraga Yang Unik Dan Memikirkan Penontonnya...


©Hajime Musashino, Shogakukan/ Shakunetsu Kabaddi

Shakunetsu Kabaddi, Sebuah Anime yang memperlihatkan kepada kita bahwa bakat tidak selalu membuat kita menang...

Shakunetsu Kabaddi merupakan serial anime yang diproduksi oleh studio TMS Entertainment yang ditayangkan secara perdana pada 3 April 2021 (Spring) dan tayang setiap hari Sabtu pukul 01:23 JST. Serial ini berasal dari adaptasi web manga dengan judul “Shakunetsu Kabaddi” karangan Hajime Musashino, yang diserialisasikan oleh Shogakukan pada website Ura Sunday dan Manga One, dari 2 Juli 2015 hingga saat ini, dan telah menghasilkan 17 volume manga. Shakunetsu Kabaddi memiliki genre; Sports, Comedy, Action.

Cerita

Shakunetsu Kabaddi bercerita tentang Tatsuya Yoigoshi, anak SMA kelas 1 dan bintang sepak bola semasa SMP. Setelah memasuki SMA, Yoigoshi telah memutuskan untuk tidak terlibat dengan olahraga dan hanya ingin menjadi seorang streamer. Namun, Yoigoshi dipaksa untuk bergabung ke klub Kabaddi, dimana awalnya dia mengejek olahraga tersebut, tetapi perlahan-lahan ia mulai tertarik setelah mengetahui bahwa ini bukanlah olahraga yang dapat dengan mudah dirinya menangkan...

Shakunetsu Kabaddi merupakan anime yang menarik dan membuat saya berpikir bahwa sepertinya anime dengan genre sports mulai banyak menyediakan tema olahraga yang tidak pernah saya ketahui. Ketika awal menonton anime ini, saya telah berpikir bahwa ini bukanlah olahraga yang menarik untuk saya tonton, tetapi siapa yang menyangka bahwa apa yang saya pikirkan diawal tersebut dapat dijadikan topik pembahasan pada serial ini, yang pada akhirnya membuat saya berpikir bahwa ini merupakan olahraga yang menarik.

Penulis pada serial ini sepertinya juga sangat paham jika tema olahraga yang disediakan akan terasa asing serta sulit untuk dianggap menarik, sehingga di awalannya disediakanlah informasi, adegan, serta pemikiran yang membuat siapapun yang menonton serial ini dapat merasakan bahwa ini merupakan tema yang ternyata menarik untuk dinikmati. Selain itu, adanya karakter utama yang memiliki pemikiran yang sama dengan penonton membuat ketiga hal tersebut menjadi lebih mudah untuk disediakan.

Hal lain yang menarik dari ceritanya ini juga tersedia dari komedi yang diberikan itu unik serta terasa sangat masuk akal untuk ada di serial ini, sehingga ketika menonton serial ini saya sangat menikmati komedinya. Hal ini juga mungkin berkaitan dengan bagaimana pengarang pada serial ini membaca isi pikiran penonton, dimana pengarang serial ini sepertinya paham dengan pemikiran aneh penonton ketika menonton serial ini, dan dari situlah dibuat komedinya, sehingga penonton dapat dengan mudah menerima komedi uniknya.

Namun, serial ini juga sepertinya memiliki sesuatu yang perlu dikritisi, dimana hingga episode terbaru saat ini yaitu episode keempat, cerita masih termasuk dalam awalan saja, dan belum menunjukan akan mengarah kemana. Hal seperti ini selalu membuat saya berpikir tentang apakah serial ini dapat mempertahankan ketertarikan penonton atau tidak nantinya.

Karakter


©Hajime Musashino, Shogakukan/ Shakunetsu Kabaddi

Dari informasi yang saya baca terdapat 6 karakter utama pada serial ini yaitu, Tatsuya Yoigoshi seorang anak berbakat yang benci olahraga, Souma Azemichi seorang yang sulit untuk diperhitungkan, Kei Iura seorang Wakil Kapten yang terlihat baik tetapi sadis, Kyouhei Misumi seorang kakak kelas pemenuh standar, Shinji Date seorang kakak kelas kepala otot, dan Masato Oujou seorang Kapten yang memiliki tubuh yang lemah serta terlihat tidak pantas bermain Kabaddi.

Penyediaan karakter utama, saya pikir ini telah sangat bagus, dimana mereka memiliki penampilan serta sikap yang cukup unik, sehingga cukup membekas diingatan saya ketika selesai menontonnya, dan selain itu juga tersedianya sikap yang beragam tersebut membuat hubungan yang terjalin diantara mereka menjadi bagus, yang pada akhirnya membuat komedi serta hal-hal aneh dari serial ini bisa ditampilkan dengan menarik.

Untuk karakter sendiri, sebenarnya saya ragu apakah akan ada perkembangan karakter pada serial ini, sebab serial ini sepertinya lebih ingin terfokus kepada masalah serta tujuan yang ingin karakter utama capai, tetapi mungkin saja ada sedikit perkembangan untuk karakter Yoigoshi, karena potensinya untuk saat ini masih belum terlihat dengan jelas, sedangkan untuk karakter lain sepertinya telah mengetahui potensi, dan telah berada pada kondisi yang tidak perlu dikembangkan.

Sports


©Hajime Musashino, Shogakukan/ Shakunetsu Kabaddi

Jika membahas sports yang tersedia pada serial ini, sebenarnya apa yang ada hingga saat ini telah sangat menarik untuk diikuti, serial ini mampu menyediakan hal yang tidak banyak orang sangka akan menarik, dan mungkin ini terkesan berlebihan, tetapi bagi kalian yang mungkin sadar bahwa tema olahraga yang disediakan pada serial ini bukanlah hal umum untuk banyak orang ketahui, sehingga jika kita yang menonton dapat merasa tertarik dengan serial ini maka ini menandakan bahwa pengarang pada serial ini sangat menggali potensi dari tema olahraga yang disediakan ini.

Hingga episode keempat saya sangat menikmati hal baru serta unik dari cerita yang serial ini sediakan, tetapi satu hal yang saya khawatirkan dari serial ini adalah bagaimana serial ini menyediakan konsep pertandingan, kemudian soal penyediaan tujuan yang membuat saya bisa terus mengikuti serial ini, karena momentum saat ini rasanya telah menarik minat banyak orang untuk menontonnya, sehingga rasanya perlu menyediakan hal yang dapat mengunci momentum itu agar terus dinikmati hingga episode terakhirnya.

Serial ini belum masuk kedalam pertandingan atau tujuan yang ingin dicapai, dua hal ini merupakan dua hal yang dapat mempertahakan atau meningkatkan ketertarikan penonton dengan serial ini, dan rasanya ini jugalah yang nantinya membuat serial ini akan menarik atau tidak untuk diikuti, sehingga saya pikir serial ini perlu bisa sesegera mungkin menyediakannya, sebab jika disediakan ketika penonton sudah mulai kurang merasakan keunikan dari serial ini maka hanya akan membuat momentum saat ini hilang, dan dampak terburuknya hanya akan dinikmati oleh sekelompok orang yang memang telah terlanjur sangat suka dengan serial ini.

Akhir Kata

Shakunetsu Kabaddi merupakan serial yang menarik, dan sepertinya ini membuka pikiran saya bahwa olahraga apapun untuk saat ini sepertinya telah bisa dijadikan sebuah serial, dengan catatan serial tersebut dapat memberikan informasi yang mudah untuk dipahami, dan dapat menunjukan hal yang menarik dari olahraga tersebut. Serial ini hingga saat ini telah memberikan informasi serta menunjukan hal yang menarik dari olahraga Kabaddi, dan itu telah membuatnya dapat dengan dinikmati oleh siapapun, termasuk orang yang tidak paham sama sekali tentang olahraga tersebut seperti saya ini hehe.

Shakunetsu Kabaddi merupakan serial yang lebih menarik untuk ditonton, sebab jika dibahaspun hampir tidak ada yang bisa kita bahas, sehingga serial ini sepertinya tidak perlu kita bahas secara lengkap nantinya, dan pembahasan pada artikel ini sepertinya telah cukup. Namun, karena saya selalu menyadari bahwa pembahasan saya pasti salah atau kurang, maka kita bisa melakukan diskusi seperti biasa di kolom komentar untuk memperbaiki atau mungkin melengkapi pembahasan saya ini.

Mungkin sekian pembahasan kali ini, semoga bermanfaat serta menarik untuk kalian baca. Ohiyaa bagi kalian yang ingin mengetahui info lebih mengenai postingan serta info menarik lainnya bisa banget Follow Instagram dan Twitter Blog ini yaitu: @wibugabutblog atau Like Halaman Facebook kami yaitu: Wibu Gabut Blog. (atau kalian bisa langsung tekan icon-icon media sosial di atas halaman untuk menuju ke sosial media kami)

Bye!!! Sehat Selalu...

Posting Komentar untuk "Bahas Shakunetsu Kabaddi, Sebuah Anime Olahraga Yang Unik Dan Memikirkan Penontonnya..."

Berlangganan via Email