Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Bahas Pertengahan Anime Sayonara Watashi no Cramer, Sebuah Anime Sports Wanita Yang Unik Dan Aneh...


©Naoshi Arakawa. Kodansha/ Sayonara Watashi no Cramer

Sayonara Watashi no Cramer, sebuah anime yang memperlihatkan kepada kita bahwa kesukaan lebih dibutuhkan dibanding dengan bakat...

Sayonara Watashi no Cramer merupakan serial anime yang diproduksi oleh studio LIDENFILMS yang ditayangkan secara perdana pada 4 April 2021 (Spring) dan tayang setiap hari Minggu pukul 23:30 JST. Serial ini berasal dari sebuah adaptasi manga berjudul “Sayonara Watashi no Cramer” karangan Naoshi Arakawa, yang diserialisasikan oleh Kodansha pada majalah Monthly Sh┼Źnen Magazine, dari 6 Mei 2016 hingga 4 Desember 2020, dan telah menghasilkan 14 volume. Sayonara Watashi no Cramer sendiri merupakan sekuel dari karya berjudul “Sayonara Footbal” yang sempat Naoshi Arakawa-sensei serialisasikan di majalah Magazine E-no pada 20 Juni 2009 hingga 20 Agustus 2010, yang saat itu telah menghasilkan 2 volume. Sayonara Watashi no Cramer memiliki genre; Drama, Sports.

Cerita

Sayonara Watashi no Cramer bercerita tentang Nozomi Onda, seorang gadis yang berbakat dalam olahraga sepak bola, tetapi tidak pernah mendapatkan kesempatan untuk bermain di pertandingan resmi selama 3 tahun masa SMP-nya, sebab disekolahnya tidak ada klub sepak bola perempuan, sehingga bakatnya hanya tersalurkan di klub sepak bola laki-laki. Disisi lain cerita juga mengisahkan tentang Sumire Suou yang menghabiskan tahun-tahun di SMP tanpa prestasi sepak bola, karena selalu terhalang dengan teman serta rival utamanya yaitu Midori Soshizaki. Namun, disisi lainnya siapa yang menyangka bahwa ditahun terakhir SMP-nya, Soshizaki mengajak Suou untuk berada di satu klub sepak bola perempuan yang sama ketika SMA nanti. Dengan hal ini, Tirai baru dari kisah para pemain sepak bola wanita ini dimulai... (ini sebenarnya jauh dari sinopsis yang ada, tetapi saya sesuaikan dengan awalan yang saya tonton, agar tidak merasa aneh hehe)

Sayonara Watashi no Cramer merupakan serial anime yang menarik dan rasanya ini termasuk anime baru yang mengambil tema olahraga tentang sepak bola perempuan, yang ketika saya tonton cukup memberikan banyak hal baru, karena memiliki penyediaan masalah yang rasanya berbeda dengan sepak bola laki-laki, sehingga pada akhirnya menghasilkan jalan cerita yang berbeda dengan anime sepak bola yang telah ada.

Awalan serial ini sendiri, kita disediakan awalan cerita dari tiga tokoh utama yang memiliki latar belakang cerita serta motif yang berbeda dalam memainkan olahraga ini, hingga pada akhirnya kisah mereka terhubung. Sebenarnya untuk hal ini sendiri, sepertinya ada penyesuaian di dalam versi animenya yang mungkin berbeda dengan manganya, sebab di awalannya ini ceritanya cukup terpotong dengan kurang jelas, sehingga ketika ditonton cukup menimbulkan keanehan, bahkan untuk sinopsis rasanya dibuat berdasarkan atas manganya, sehingga ketika kalian menonton episode pertama animenya mungkin akan merasakan perbedaan serta keanehan yang terasa di awalan. Namun, hal ini sebenarnya bertujuan baik, agar ceritanya bisa terasa lebih sesuai, sebab jika bagian Nozomi Onda tidak disediakan, maka ceritanya rasanya akan semakin kurang jelas.

Ketika menonton serial ini, saya sebenarnya sangat menikmati bagaimana serial ini menyediakan masalah yang dihadapi, dan pembasanya juga disajikan dengan sangat menarik serta tidak terduga, sehingga pada akhirnya membuat saya yang menonton cukup terbawa emosi, dan bisa berpikir seperti, “bisa begitu ya?” atau, “Hahh?”. Penyajian cerita yang dapat membuat saya bereaksi ini juga, sebenarnya dapat menyatakan bahwa serial ini berhasil menciptakan suasana yang menegangkan, dan diakhiri dengan sesuatu yang menarik untuk saya tonton.

Namun, serial ini juga memiliki kelemahan atau mungkin sesuatu yang perlu dikritisi, yaitu tentang penyediaan informasi yang saya rasa kurang. Sebenarnya ini sesuatu yang tidak bisa disalahkan, sebab tema olahraga yang disediakan merupakan olahraga yang sangat populer, sehingga tidak perlu disediakan banyak informasi itu tidak masalah. Namun, saya pikir serial ini seharusnya memiliki penonton perempuan, yang mungkin kurang pengetahuan tentang sepak bola, dan pada akhirnya sulit mengikuti serial ini.

Karakter


©Naoshi Arakawa. Kodansha/ Sayonara Watashi no Cramer

Serial ini memperkenalkan 3 karakter utama, yaitu Nozomi Onda seorang yang sangat menikmati persaingan serta penuh percaya diri, Sumire Suou seorang yang pendiam serta sulit berkerja sama, dan Midori Soshizaki seorang yang mudah terpancing serta senang sesuatu yang mengejutkan. Ketiga karakter ini saya rasa menarik, sebab menciptakan berbagai macam hal aneh di setiap adegannya, dan sikap yang mereka tampilkan selalu menarik untuk ditonton, yang pada akhirnya membuat saya berpikir bahwa mereka merupakan karakter yang unik.

Untuk karakter sendiri, sebenarnya saya sempat berpikir bahwa mungkin akan ada pembahasan mengenai masalah yang akan dihadapi oleh setiap karakter utama, tetapi jika melihat dari jumlah chapter yang disediakan di manga membuat saya berpikir mungkin hal itu hanya akan sedikit disediakan, dan di bagian karakter mungkin akan lebih mengutamakan masalah bersama di Tim Warabi.

Dari bagian ini, sebenarnya saya paling berharap disediakannya proses perkembangan karakter yang baik, sebab di awalan ini terlihat bahwa kemampuan mereka masih belum terasa matang, dan dari situ rasanya sayang jikalau tidak disediakan proses perkembangannya, karena menurut saya proses perkembangan karakter merupakan salah satu aspek penting dari anime jenis ini, sehingga jika tidak disediakan rasanya kurang memuaskan untuk ditonton.

Sports


©Naoshi Arakawa. Kodansha/ Sayonara Watashi no Cramer

Membahas soal sports, sebenarnya hal yang ingin saya bahas dari serial ini adalah soal bagaimana serial ini menyediakan sebuah informasi yang dapat membuat penonton paham dengan apa yang disediakan. Sebenarnya serial ini tidak salah jika tidak memberikan banyak informasi, sebab tema olahraga yang disediakan merupakan tema olahraga yang populer, sehingga serial ini hanya menyediakan informasi yang terdengar tidak umum saja.

Namun, dibenak saya ada pikiran bahwa serial ini dapat memicu ketertarikan di kalangan perempuan, dimana mungkin saja setelah menonton serial ini akan banyak perempuan yang tertarik bermain sepak bola perempuan, dan hal ini bukanlah hal yang aneh, sebab telah banyak kejadian dimana sebuah serial dapat membuat penontonnya menjadi tertarik dengan apa yang serial tersebut lakukan, begitupun dengan serial ini, sehingga saya merasa untuk serial ini sepertinya penyediaan informasi itu merupakan hal yang perlu dilakukan.

Penyediaan informasi juga akan membuat cangkupan penonton lebih luas, karena yang tidak paham mungkin akan paham serta tertarik menonton serial ini, dan yang telah paham akan lebih banyak pengetahuan. Namun, disisi lain hal ini akan memakan porsi cerita, dan hal terburuknya akan membuat cerita utamanya lebih dipersingkat, sehingga pada akhirnya hal ini sulit juga untuk ditentukan, dan pada akhirnya mungkin apa yang ada saat ini adalah keputusan paling baik, sebab saya berpikir pengarang pada serial ini lebih paham dengan serialnya dibanding saya.

Kesimpulan

Sayonara Watashi no Cramer merupakan serial anime yang menarik, dan rasanya dapat disebut unik, sebab memiliki topik masalah serta pembahasan yang baru untuk saya tonton. Serial ini rasanya tidak memiliki hal yang perlu banget saya kritisi, sebab apa yang disediakan saat ini jika saya pikirkan memiliki alasan tersendiri, dan rasanya apa yang disediakan saat ini telah sangat baik serta bagus, sehingga tidak banyak hal yang perlu dipermasalahkan hehe.

Sayonara Watashi no Cramer sendiri rasanya tidak perlu kita bahas secara lengkap nanti, karena saya pikir serial ini lebih baik kita jadikan diskusi ringan saja di kolom komentar. Selain itu juga, karena saya selalu yakin bahwa pembahasan saya pasti salah atau ada yang kurang, maka kita bisa juga perbaiki atau lengkapi di kolom komentar nanti hehe.

Mungkin sekian pembahasan kali ini, semoga bermanfaat serta menarik untuk kalian baca. Ohiyaa bagi kalian yang ingin mengetahui info lebih mengenai postingan serta info menarik lainnya bisa banget Follow Instagram dan Twitter Blog ini yaitu: @wibugabutblog atau Like Halaman Facebook kami yaitu: Wibu Gabut Blog. (atau kalian bisa langsung tekan icon-icon media sosial di atas halaman untuk menuju ke sosial media kami)

Bye!!! Sehat Selalu...

Posting Komentar untuk "Bahas Pertengahan Anime Sayonara Watashi no Cramer, Sebuah Anime Sports Wanita Yang Unik Dan Aneh..."

Berlangganan via Email