Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Bahas Anime Tokyo Revengers, Serial Dengan Ciri Khas Shounen Yang Sudah Lama Tidak Saya Lihat...


©Ken Wakui/Kodansha/Tokyo Revengers

Tokyo Revengers, Sebuah anime yang memperlihatkan kepada kita bahwa semangat untuk melindungi lebih penting dibanding sebuah kekuatan...

Tokyo Revengers merupakan serial anime yang diproduksi oleh Studio Liden Films yang rilis secara perdana pada 11 April 2021, dan tayang setiap hari Minggu pukul 02:08 JST, serial ini juga dapat kalian tonton secara legal dengan subtitle indonesia pada channel YouTube Muse Indonesia yang rilis setiap hari Minggu pukul 01:38 WIB. Serial ini berasal dari sebuah serial manga berjudul “Tokyo Revengers” karangan Ken Wakui, yang diserialisasikan oleh Kodansha pada majalah Weekly Shounen Magazine, dari 1 Maret 2017 hingga saat ini, dan telah menghasilkan 22 volume manga, pada Juni 2021 lalu, manga Tokyo Revengers memiliki total penjualan lebih dari 20 juta buku, hingga memenangkan penghargaan Kodasha Manga Award yang ke-44 untuk kategori Shounen pada tahun 2020. Tokyo Revengers memiliki genre; Action, Drama, Romance, Supernatural.

Cerita

Tokyo Revengers bercerita tentang Takemichi Hanagaki yang merupakan pekerja lepas yang telah mencapai keputuasasaan mutlak dalam hidupnya, dia melihat sebuah berita bahwa satu-satunya pacar yang pernah dia miliki dalam hidupnya yaitu Hinata Tachibana telah dibunuh oleh Geng Tokyo Manji yang kejam. Sehari setelah mendengar kematiannya, dia ternyata didorong ke rel kereta api oleh sesorang, tetapi ketika dia menutup matanya serta berpikir dia akan mati, ternyata dia kembali ke masa 12 tahun lalu disaat dia SMP. Sekarang dia kembali menjalani hari-hari terbaik dalam hidupnya, dan memutuskan untuk membalas dendam pada hidupnya dengan menyelamatkan pacarnya serta mengubah dirinya sendiri untuk tidak melarikan diri.

Tokyo Revengers merupakan serial yang populer dan selalu menjadi trending YouTube Indonesia setiap perilisan episode terbarunya, sebuah anime yang pasti akan saya sebut menarik, dan jika tidak sepertinya saya akan di-cap sebagai orang yang memiliki selera yang buruk. Ketika menonton serial ini, sebenarnya saya menyadari bahwa ini merupakan serial dengan cerita yang menarik, dan ada banyak hal yang keren tersaji di dalamnya, sehingga membuat banyak orang menyukai serial ini.

Serial ini menyajikan sebuah tema cerita yang menarik untuk kita tonton, tentang seorang yang telah hidup dengan penuh kegagalan ditambah dengan kematian orang yang dia sukai, kemudian mengalami nasib sial yang ternyata membawanya kembali mengulang hidupnya yang ternyata penuh akan kekerasan. Namun, sebenarnya jika melihat hal ini saya merasa bahwa ini bukanlah hal yang baru, sebab ada anime-anime terkenal sebelum ini yang telah memakainya, tetapi serial ini memodifikasinya dengan konsep time leap yang dijelaskan dengan sangat baik, dan latar cerita kehidupan anak-anak Yankee yang penuh dengan genre shounen yang khas serta banyak disukai oleh para remaja, sehingga membuat serial ini penuh dengan hal-hal yang unik serta terasa baru untuk ditonton.

Ketika menonton serial ini sebenarnya hal yang saya suka dari bagian cerita adalah soal perkembangan ceritanya yang penuh dengan kejutan, setiap episodenya selalu menyajikan sebuah plot yang menghasilkan masalah kepada masalah utama yang membuatnya menjadi berkembang ruang lingkupnya, dan hal ini sebenarnya sangat masuk akal sebab ada informasi bahwa jarak di masa lalu dengan masa tokoh utama berada itu 12 tahun, sehingga bukan hal yang aneh jikalau masalah utama itu terjadi karena adanya penyebab-penyebab yang perlu karakter utama selesaikan terlebih dahulu, sehingga berbagai kejutan serta perkembangan masalah bisa seperti itu.

Dari hal itu sendiri membuat kita paham jikalau informasi sangatlah penting untuk sebuah serial, karena akan mempermudah pengarang untuk menyajikan hal yang ingin disajikannya, dan tidak membuat penonton merasa aneh jikalau cerita bisa seperti itu. Hal-hal sederhana yang serial ini sajikan sangatlah mempengaruhi perkembangan ceritanya, dan ini termasuk salah satu hal yang bagus dari bagian ceritanya ini, sebab terlihat bahwa ceritanya penuh dengan perhitungan yang masuk akal serta membuat penonton jadi sangat terpaku dengan seluruh bagian cerita.

Karakter


©Ken Wakui/Kodansha/Tokyo Revengers

Terdapat 3 karakter utama pada serial ini yaitu, Tekemichi Hanagaki seorang time leaper dengan fisik yang lemah tetapi memiliki tekad yang kuat untuk bisa berubah, lalu Ken Ryuuguji (Draken) seorang Wakil Ketua dari Geng Tokyo Manji yang bertumbuh tinggi besar serta hati yang sangat lembut, dan Manjirou Sano Ketua dari Geng Tokyo Manji yang memiliki kekuatan bagaikan monster serta sifat yang sulit untuk ditebak.

Membahas karakter, jika dilihat dari visual serta sifat sepertinya hampir tidak ada yang perlu kita komentari, karena semuanya telah dibuat dengan sangat baik, dan akhir-akhir ini saya lihat banyak juga yang memakai foto karakter pada serial ini untuk foto profil sosial media mereka, sehingga itu sudah sedikit menandakan bahwa bagian tersebut sudah sangat dibuat baik, bahkan bisa disebut keren.

Hal yang mungkin menarik dari bagian ini mungkin soal penyediaan masalah yang dihadapi oleh para tokoh utama menarik untuk kita saksikan, dan ternyata masalah tersebut memiliki keterkaitan antara satu sama lain yang membuat cerita menjadi semakin sulit untuk kita pikirkan akan dibawa kemana, sehingga membuatnya menjadi sesuatu yang semakin kompleks untuk kita tonton.

Shounen


©Ken Wakui/Kodansha/Tokyo Revengers

Jika membahas serial ini sepertinya kita perlu membahas soal shounen yang sebenarnya sangat berbeda dengan kebanyakan serial shounen saat ini, karena ciri khas serial shounen saat ini lebih kepada mengembangkan karakter menjadi seorang yang over-power serta terlihat keren dimata pembaca, tetapi untuk serial ini kita akan lebih ditekankan kepada perkembangan sifat serta perasaan dari karakter utama, dan menurut saya ini merupakan hal yang sangat menarik untuk ditonton.

Sebenarnya ciri khas shounen itu ada dari sifat yang ditampilkan tentang penuh semangat, memiliki tujuan yang kuat, serta perkembangan yang terus membaik. Ketiga hal tersebut serial ini sajikan dengan gambaran yang berbeda, dimana disaat lainnya menekan kepada kekuatan yang terlihat, tetapi serial ini lebih menekan pada kekuatan yang tidak terlihat, dan sejujurnya ini merupakan perbedaan yang membuat serial ini terlihat menarik untuk saya tonton, sebab hal ini sudah sangat jarang disediakan saat ini.

Pada saat saya remaja dulu, saya sering menonton serial shounen yang menekan pada kekuatan yang tidak terlihat, tetapi untuk saat ini hal tersebut jarang disediakan, karena kondisi pembaca saat ini jarang suka akan hal tersebut, dan memang ingin menekan kepada action-nya, sehingga hal ini jarang disediakan. Namun, untuk saya pribadi penekanan kepada kekuatan yang tidak terlihat itu merupakan hal yang saya suka, dan hal inilah yang membuat saya sangat menyukai serial shounen, karena kekuatan yang tidak terlihat dapat memiliki kesan yang sangat membekas diingatan saya, dan terkadang memberikan sebuah pesan yang menarik untuk saya saksikan.

Akhir Kata

Tokyo Revengers merupakan serial yang menarik serta rekomendasi untuk kalian tonton, ini adalah anime yang mainstream, dan rasanya memiliki penggemar yang sangat antusias akan serial ini, tetapi itu termasuk hal yang wajar karena serial ini menyajikan cerita yang menarik serta keren untuk banyak orang tonton, ditambah latar tentang “yankee” yang rasanya banyak diminati oleh orang umum membuat serial ini semakin banyak peminatnya. Untuk saya sendiri, saya sebenarnya menyukai soal shounen yang serial ini sediakan, dan mungkin soal masalah yang rasanya berkembang semakin menarik hingga membuat saya membaca versi manga-nya hehe.

Mengingat serial ini telah berada pada episode 11, rasanya saya tidak perlu membahasnya secara lengkap nanti, dan cukup hanya di pembahasan ini saja, sebab tidak ada yang bisa kita bahas lagi, selain itu juga masih ada beberapa anime yang masih harus saya bahas hehe. Namun, karena saya selalu yakin bahwa pembahasan saya bisa salah atau kurang, maka seperti biasa kita bisa melakukan diskusi ringan untuk memperbaiki atau melengkapi pembahasan saya ini hehe.

Mungkin sekian pembahasan kali ini, semoga bermanfaat serta menarik untuk kalian baca. Ohiyaa bagi kalian yang ingin mengetahui info lebih mengenai postingan serta info menarik lainnya bisa banget Follow Instagram dan Twitter Blog ini yaitu: @wibugabutblog atau Like Halaman Facebook kami yaitu: Wibu Gabut Blog. (atau kalian bisa langsung tekan icon-icon media sosial di atas halaman untuk menuju ke sosial media kami)

Bye!!! Sehat Selalu...

 

Posting Komentar untuk "Bahas Anime Tokyo Revengers, Serial Dengan Ciri Khas Shounen Yang Sudah Lama Tidak Saya Lihat..."

Berlangganan via Email