Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Bahas Anime Uramichi Oniisan, Sebuah Anime Dark Comedy Yang Terlihat Nyata..


©Gaku Kuze, Ichijinsha/ Uramichi Oniisan

Uramichi Oniisan, sebuah anime yang memperlihatkan kepada kita sulitnya menjadi orang dewasa yang profesional

Uramichi Oniisan merupakan serial anime yang diproduksi oleh Studio Blanc yang ditayangkan secara perdana pada 6 Juli 2021 (Summer) dan tayang setiap hari Selasa pukul 01:30 JST. Serial ini berasal dari sebuah web manga berjudul “Uramichi Oniisan” karangan Gaku Kuze, yang diserialisasikan oleh Ichijinsha pada majalah online Comic Pool, dari 12 Mei 2017 hingga saat ini, dan telah menghasilkan 6 volume. Uramichi Oniisan memiliki genre; Dark Comedy, Slice of Life.

Cerita


video ini sepertinya region lock, sehingga kalian mungkin perlu menggunakan VPN untuk menonton PV-nya hehe

Uramichi Oniisan memiliki sinopsis tentang menjadi dewasa itu sulit, bagi Uramichi Omota yang telah berusia 31 tahun, kebenaran yang menyedihkan itu selalu memberatkan dirinya. Saat di TV, dia adalah instruktur olahraga yang ceria untuk acara anak-anak, “Together with Mama,” tetapi terkadang dia juga mengeluarkan komentar sinisnya untuk dirinya sendiri di acara tersebut. Bahkan rekan kerjanya, sepasang maskot dan duo penyanyi, juga terus mengungkapkan penderitaan masa dewasa selama siaran tersebut. Namun, terlepas dari itu, mereka selalu bisa mengerjakan acara tersebut dengan ‘baik’...

Uramichi Oniisan merupakan serial yang sangat menarik, dan menghibur untuk saya tonton, penyediaan topik serta bagaimana serial ini membahas topik tersebut menjadi sebuah kisah komedi yang gelap menghasilkan sebuah cerita yang memang menarik serta menghibur. Ketika menonton serial ini, sebenarnya dari episode pertama saya sudah sangat terkesan dengan ceritanya, dan lanjutan episodenya yang menyediakan cerita dengan topik yang semakin unik telah membuat serial ini semakin menarik untuk ditonton.

Pada episode pertama, topik terfokus kepada pengenalan karakter dan latar cerita yang serial ini sajikan, hal ini mungkin bertujuan untuk membuat kita sebagai penonton paham dengan penderitaan serta kesulitan yang dihadapi, sehingga ketika dijadikan komedi membuat kita bisa menerimanya dengan mudah, Bagi saya, episode pertamanya yang terfokus kepada pengenalan karakter serta latar cerita telah berhasil membuat saya paham dengan serial ini, sehingga ketika masuk komedinya maka saya dapat dengan mudah memahaminya serta berhasil membuat saya terhibur, hal ini sendiri juga menghasilkan kesan yang kuat dibenak saya akan ceritanya ini.

Kemudian untuk lanjutan episodenya barulah kita disajikan topik-topik yang unik untuk ditonton, topiknya sendiri termasuk salah satu bagian yang paling saya suka dari ceritanya ini, karena menyediakan topik yang unik, topik yang disediakan merupakan topik yang berkaitan dengan proses pembuatan sebuah program anak di industri televisi yang mungkin memang seperti itu, tetapi karena saya tidak pernah mengetahui hal-hal seperti itu maka saya merasa itu adalah hal yang baru serta unik untuk saya tonton. Namun, ada hal lain yang membuat topik tersebut semakin unik, yaitu soal kehidupan karakternya yang menciptakan sudut pandang yang lebih gelap terhadap topik tersebut, sehingga menghasilkan sesuatu yang lebih unik serta menarik untuk dijadikan komedi.

Karakter


©Gaku Kuze, Ichijinsha/ Uramichi Oniisan

Terdapat lima karakter utama pada serial ini yaitu, Uramichi Omota seorang pria yang selalu berusaha melakukan yang terbaik meskipun berkomentar sinis, kemudian Iketeru Daga seorang pria tampan yang senang dengan komedi yang mesum, lalu Utano Tadano seorang wanita yang ingin segera menikah, kemudian Tobikichi Usahara seorang pria yang ingin lucu tetapi selalu gagal, dan Mitsuo Kumatani seorang pria serius yang terkadang menyebalkan.

Kelima karakter tersebut merupakan karakter yang secara visual sangatlah bagus, dan dari sifatnya saya rasa unik serta menarik. Serial ini menyediakan karakter yang telah sangat dewasa, dan telah cukup paham dengan kehidupan pahit seorang yang telah dewasa, sehingga disini kita telah sedikit dijelaskan mengapa mereka bisa bersikap seperti itu yang pada akhirnya dapat menghasilkan sebuah komedi gelap yang menghibur serta menarik untuk ditonton.

Namun, peran karakter bukan hanya sebagai alat untuk menghasilkan komedi, tetapi juga menghasilkan beberapa hal yang mungkin bisa dianggap sebagai sebuah pesan, sebab di satu episodenya ada satu topik khusus yang mengambil soal kehidupan karakter atau hubungan diantara mereka yang tidak menghasilkan sebuah komedi, tetapi sebuah hal yang bisa dianggap pesan. (saya masih skeptis untuk menganggap itu sebuah pesan)

Komedi


©Gaku Kuze, Ichijinsha/ Uramichi Oniisan

Jika membahas serial ini maka kita perlu membahas soal komedi yang serial ini sediakan, dimana serial ini menyediakan sebuah komedi yang sangat kelam tentang pedihnya hidup menjadi seorang yang telah sangat dewasa, kemudian dituntut untuk selalu melakukan sesuatu yang menghancurkan mental serta harga dirinya sebagai orang dewasa.

Komedi yang disediakan jika dituliskan seperti itu terasa sulit untuk ditertawakan sebab saya hanya menuliskan intinya saja, tetapi jika dilihat dari karakter, latar, kemudian penyajian ceritanya maka saya yakin kalian pasti akan paham kelucuan dari komedinya. Selain itu juga, objek dari komedi ini adalah karakternya sendiri, sehingga disini tidak ada pihak yang rasanya tersinggung dengan komedi yang disediakan, tetapi jikalau adapun serial ini telah mengantisipasinya dengan adanya scene lanjutan yang dapat menetralkan komedi gelap tersebut, entah dari reaksi tokoh dengan komedi slapstick yang disajikan, atau lainnya.

Komedi yang gelap merupakan jenis komedi yang menyenangkan jikalau dapat diterima, sebab mengangkat hal yang jarang dijadikan sebuah komedi, sehingga menghasilkan sebuah hal yang baru serta menarik untuk dinikmati. Namun, hal ini juga dapat tidak menyenangkan jikalau ada yang tersinggung dengan komedi ini, sebab ada saja pihak yang tidak senang jikalau hal tersebut dijadikan komedi. Serial ini juga sebenarnya bisa menyinggung seseorang, tetapi ada beberapa hal yang dapat menetralkan komedi yang disajikan, sehingga sulit untuk menyinggung seseorang hehe.

Akhir Kata

Uramichi Oniisan merupakan serial yang menarik untuk ditonton, sebenarnya dari premis ceritanya sendiri telah sangat baru serta unik untuk saya ketahui, sehingga telah menarik minat saya untuk menontonnya. Kemudian penyediaan karakter, topik, serta pembahasannya yang menghibur serta menyenangkan untuk ditonton membuat saya semakin tertarik dengan serial ini, dan sejujurnya serial ini telah menghasilkan kesan yang sangat kuat di benak saya.

Namun, meski serial ini menarik serta mengesankan untuk saya tonton, saya tidak akan membahasnya secara lengkap nanti, karena saya merasa pembahasan ini sudah cukup, selain itu juga serial ini sepertinya lebih baik dijadikan tontonan saja, tetapi serial ini juga dapat kita jadikan sebuah diskusi ringan, sebab ada banyak hal yang belum saya tulis di pembahasan ini, dan bisa kita tuliskan di diskusi nanti hehe.

Mungkin sekian pembahasan kali ini, semoga bermanfaat serta menarik untuk kalian baca. Ohiyaa bagi kalian yang ingin mengetahui info lebih mengenai postingan serta info menarik lainnya bisa banget Follow Instagram dan Twitter Blog ini yaitu: @wibugabutblog atau Like Halaman Facebook kami yaitu: Wibu Gabut Blog. (atau kalian bisa langsung tekan icon-icon media sosial di atas halaman untuk menuju ke sosial media kami)

Bye!!! Sehat Selalu...

Posting Komentar untuk "Bahas Anime Uramichi Oniisan, Sebuah Anime Dark Comedy Yang Terlihat Nyata.."