Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Bahas Awalan Anime Mieruko-Chan, Sebuah Anime Horor Yang Lucu Untuk Kita Tonton...


©Romoki Izumi, Kadokawa/ Mieruko-chan production committee

Mieruko-chan, Sebuah anime yang mengajarkan kepada kita untuk bisa selalu tenang di kondisi terseram...

Mieruko-chan merupakan serial anime yang diproduksi oleh studio Passione yang dirilis secara perdana pada 3 Oktober 2021 (Fall), dan tayang setiap hari Minggu pukul 22:00 JST, serial ini juga dapat kalian tonton secara legal dengan subtitle Indonesia di channel YouTube Muse Indonesia.

Serial ini berasal dari sebuah serial manga berjudul “Mieruko-chan” karangan Tomoki Izumi, yang diserialisasikan oleh Kadokawa pada website manga online Comic Walker, dari 2 November 2018 hingga saat ini, dan telah menghasilkan 5 volume manga. Mieruko-chan memiliki genre; Comedy, Horror, Slice of Life, Supernatural.

Cerita

Mieruko-chan bercerita tentang Miko, seorang siswi sekolah menengah yang hidupnya mulai berubah ketika dia tiba-tiba bisa melihat hantu. Meskipun menakutkan, dia harus selalu menahan rasa takut tersebut untuk menjaga dirinya dan temannya Hana dari bahaya yang mungkin lebih menakutkan. Memadukan Komedi dan Horor, Mieruko-chan akan menceritakan kisah seorang gadis yang mencoba untuk bersikap tenang terhadap segala hal mistis dihadapannya.

Mieruki-chan merupakan serial yang unik serta menghibur, karena di serial ini kita akan melihat tayangan komedi yang tersaji dari sebuah cerita bertema horor. Ketika menonton serial ini, sebenarnya hampir tidak ada hal yang bisa dibahas serius, karena serial ini terfokus kepada cerita yang ringan, dari topik cerita yang sederhana tentang kehidupan remaja, lalu penyediaan horor yang nyeleneh, dan pembahasan cerita yang ringan serta lucu untuk kita tonton.

Namun, meskipun serial ini menyediakan cerita yang ringan, serial ini bisa memberikan awalan yang menurut saya luar biasa, dimana kita diperlihatkan terlebih dahulu kondisi tokoh utama sebelum bisa melihat hal yang mistis, sehingga membuat kita tahu sikap dari karakter tersebut. Hal itu sendiri, membuat sikap serta tindakannya setelah bisa melihat hal yang mistis menjadi lebih masuk akal serta menarik untuk kita tonton, karena kita jadi tahu alasan mengapa dia bisa seperti itu. Bagi saya, ini merupakan detail yang penting untuk sebuah serial komedi, karena hal ini membuat kita jadi paham serta merasa masuk akal dengan komedi yang disajikan. (bagi saya, detail sederhana ini jarang diperhatikan pada cerita komedi, sehingga ini menjadi hal yang luar biasa)

Saat memikirkan pembahasan pada bagian cerita, sebenarnya ada satu hal aneh yang saya pikirkan di bagian ini, yaitu soal perkembangan dari serial ini, karena saya ingin tahu hal apa yang ingin serial ini tunjukan nantinya, seperti apakah terus bermain di cerita dengan topik yang ringan, ataukah akan berkembang menuju suatu cerita yang mungkin lebih serius untuk kita tonton. Namun pilihan manapun yang akan dipilih, saya merasa serial ini masih bisa terus menyediakan cerita yang bagus, karena terlihat dari awalannya ini yang bisa menyediakan hal-hal sederhana tetapi penting untuk kesempurnaan alur ceritanya.

Karakter


©Romoki Izumi, Kadokawa/ Mieruko-chan production committee

Terdapat tiga karakter utama pada serial ini yaitu, dari Miko Yotsuya seorang gadis dengan sikap yang tenang, lalu Hana Yurikawa seorang gadis ekspresif dengan sikap yang polos, dan Julia Niguredou seorang gadis yang terlihat dingin. Ketiga karakter ini memiliki visual yang menarik dengan sikap yang bisa dikatakan umum, tetapi sifat yang disajikan dapat menghasilkan percakapan yang cukup lucu untuk kita perhatikan.

Pada bagian ini sebenarnya saya hanya ingin membahas soal karakter Miko yang diperkenalkan dengan sangat baik, kita bisa melihat berbagai tindakan serta kesukaannya sebelum dia bisa melihat hal yang mistis, sehingga disitu kita bisa paham mengapa dia bisa memutuskan sikap yang tenang ketika dia telah bisa melihat hal yang mistis. Hal ini sendiri sangat berkaitan dengan detail penting di diawalan cerita yang pada akhirnya bisa mengarah ke banyak hal, dan benar-benar membuat penonton jadi paham dengan cerita yang disajikan hehe.

Ohiya, di bagian ini sepertinya akan tersedia berbagai karakter lainnya yang bisa membuat cerita menjadi lebih menarik. Pada awalan kita masih terfokus kepada perkenalan karakter utama untuk membuat kita kenal dengan keunikan diri mereka, tetapi setelah ini sepertinya akan ada karakter pembantu yang bisa membuat bagian ini menjadi lebih menarik, terutama dari dialog, atau mungkin bisa menambah berbagai topik cerita nantinya.

Komedi


©Romoki Izumi, Kadokawa/ Mieruko-chan production committee

Serial ini sangat bergantung kepada komedi slapstick, dimana kita akan disajikan terlebih dahulu narasi yang membuat kita berpikir akan satu hal, tetapi sialnya hal itu akan dipatahkan dengan tindakan serta situasi yang tidak sesuai dengan narasi yang ada, dan akhirnya akan menghasilkan komedi. Hal ini sendiri sangat bergantung kepada pemahaman kita kepada sifat, sikap, serta pola pikir Miko, karena komedinya sendiri bergantung pada apa yang dihadapi Miko, dan kita akan sangat menikmati komedinya ketika memahami tiga hal tersebut.

Dari hal ini sendiri, sebenarnya membuat saya berpikir apakah karakter yang disajikan dengan ciri khas yang umum tersebut tersaji karena memang ingin membuat kita lebih cepat paham dengan karakter tersebut, sehingga membuat komedi yang ingin dihadirkan menjadi lebih cepat untuk kita pahami. Jika memang seperti itu, maka kita tidak bisa mempermasalahkan sikap karakter yang umum tersebut, karena hal ini memang disediakan untuk kebutuhan ceritanya.

Akhir Kata

Mieruko-chan merupakan serial yang unik serta menghibur untuk kita tonton, saya suka dengan awalan serial ini yang menyajikan cerita sebelum Miko mempunyai kemampuan melihat hal mistis dan setelah mempunyainya, karena hal ini membuat kita paham sekilas tentang karakter Miko, dan pada akhirnya juga membuat komedi slapstick yang dihadirkan menjadi mudah untuk kita terima. Untuk saya pribadi, bagian itu menjadi hal yang penting serta mahal untuk serial ini, karena hal itu memudahkan kita memahami cerita serta membuat cerita menjadi masuk akal.

Serial ini merupakan serial yang ringan, dan sejujurnya hal yang masuk akal itu tidak penting untuk serial ini. Namun, serial ini ingin menyajikan hal yang masuk akal untuk bisa kita terima, dan sejujurnya hal ini menjadi salah satu hal yang spesial untuk saya, bahkan sangat saya apresiasi, karena memang ini merupakan hal yang sangat saya suka dan membuat saya sangat menikmati serial ini.

Mungkin sekian pembahasan kali ini, semoga bermanfaat serta menarik untuk kalian baca. Ohiyaa bagi kalian yang ingin mengetahui info lebih mengenai postingan serta info menarik lainnya bisa banget Follow Instagram dan Twitter Blog ini yaitu: @wibugabutblog atau Like Halaman Facebook kami yaitu: Wibu Gabut Blog. (atau kalian bisa langsung tekan icon-icon media sosial di atas halaman untuk menuju ke sosial media kami)

Bye!!! Sehat Selalu...

1 komentar untuk "Bahas Awalan Anime Mieruko-Chan, Sebuah Anime Horor Yang Lucu Untuk Kita Tonton..."