Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Review Anime Sakugan, Serial Yang Mengesankan Dan Tidak Disangka Akan Menarik...

 






©Sakugan production committee

Sakugan, Serial yang memberitahu kita untuk bisa keras kepala terhadap hal yang ingin kita lakukan...

Sakugan merupakan serial anime yang diproduksi oleh Satelight yang rilis secara perdana pada 7 Oktober 2021 (Fall) dan tayang setiap hari Kamis pukul 23:30, yang disutradari serta ceritanya dikerjakan oleh Jun’ichi Wada, desain karakter diilustrasikan oleh Yuuji Iwahara, dan musik dikerjakan oleh Tatsuya Kato.

Serial ini berasal dari sebuah novel berjudul “Sakugan Labyrinth Marker” karangan Nekotarou Inui, yang dikirimkan pada “Project Anima” yang merupakan proyek kolaborasi di tahun 2018 antara DeNA, Sotsu, dan Bunka Housou, dimana ini adalah proyek untuk menerima kiriman cerita dari masyarakat secara umum, dan Sakugan Labyrinth Marker adalah runner-up dalam kategori “Science-fiction/robot”. Sakugan memiliki genre; Adventure, Mecha, Science Fiction.

Sinopsis


Labirin adalah ruang luas yang berada jauh di bawah tanah, di tempat ini manusia hidup secara berkelompok yang dikenal sebagai “koloni”. Selama bertahun-tahun, permukaan telah menjadi kenangan yang sudah lama ditinggalkan, bahkan sudah menjadi dunia fantasi bagi mereka yang hidup di labirin.

Untuk memastikan umat manusia bertahan hidup, mereka membagi pekerjaan kedalam dua hal, yaitu Pekerja atau seorang yang bertugas mengelola serta mengambil hasil tambang yang ada di labirin, dan Marker atau seorang yang bertugas berpetualangan serta membuka jalan baru di labirin tersebut.

Berkisah tentang seorang anak cerdas berumur sembilan tahun bernama Memenpu yang selalu bermimpi berada di tempat yang penuh dengan langit-langit tidak berujung, dan membuatnya berkeinginan menjadi seorang Marker agar bisa berjelajah serta menemukan tempat yang dia impikan. Namun, ayahnya bernama Gagumber selalu melarangnya, karena diluar koloni selalu ada monster yang bisa membunuhnya dalam sekejap.

Disuatu waktu, Memenpu menemukan sebuah batu yang merupakan peta menuju tempat yang dia inginkan, tetapi disisi lain batu tersebut juga membawanya kepada insiden yang menyedihkan. Terlepas dari ketidaksepakatannya dengan ayahnya, insiden tersebut menjadi awal dari petualangan berbahaya mereka menuju hal yang akan mengubah arah umat manusia selamanya...

Komentar Cerita

Mengawali sesuatu dengan sangat mengesankan, dan berkembang menjadi sesuatu yang terus bagus. Mungkin itu komentar yang tepat untuk serial ini, karena menyajikan awalan cerita yang bisa membuat saya terkejut, lalu di beberapa episode selanjutnya disajikan topik cerita yang menarik, dan bisa dibahas dengan sangat baik, sehingga menghasilkan jalan cerita yang bagus, bahkan hampir bisa saya katakan sempurna.

Satu hal yang kurang, atau mungkin terpaksa harus dilakukan oleh serial ini adalah soal perpindahan topik cerita di setiap episodenya itu termasuk yang cepat, sehingga membuat saya yang menonton cukup merasa aneh. Namun, hal ini terjadi mungkin karena porsi episodenya yang terlalu sedikit, sedangkan serial ini ingin menyediakan banyak hal, sehingga perpindahan topik yang cepat perlu dilakukan.

Sebenarnya melihat hal ini, saya berpikir mungkin serial ini ingin segera masuk ke topik utama seawal-awal mungkin, karena mungkin topik utama akan dibahas dengan lebih kompleks serta serius, sehingga membutuhkan banyak episode, dan episode remeh yang hanya ingin menunjukan karakter serta hal-hal ringan dipercepat saja.

Karakter

Serial ini menyediakan karakter ayah dengan anak sebagai karakter utamanya. Sejujurnya ini sesuatu yang menurut saya berat, karena pembentukan hubungan diantaranya sulit disediakan, padahal itu salah satu hal yang menarik dibagian ini, tetapi ternyata ada hal-hal lain yang lebih dibuat spesial dari dua karakter tersebut, sehingga menghasilkan penyediaan karakter yang unik.

Selain itu, serial ini juga menyediakan beberapa kejutan dari karakternya yang terkadang bisa membuat cerita menjadi sangat ringan untuk diitonton, tetapi juga bisa sebaliknya. Bagi saya, bagian ini benar-benar disediakan dengan sangat cerdas, karena dasarnya serial ini menyediakan hal yang telah ada serta umum untuk kita ketahui, tetapi penyediaannya itu sangat tidak terduga, sehingga dapat menghasilkan efek kejut yang membuat kita berpikir bahwa itu unik.

Adventure

Serial ini menyediakan latar tempat yang unik, kemudian tersedianya narasi penuh misteri yang membuat kita berpikir tentang apa yang terjadi, lalu tujuan karakter yang ingin serial ini angkat, dan masalah yang disediakan telah memenuhi aspek dari genre ini, sehingga tidak ada yang bisa saya komentari lagi, karena semuanya sudah tepat dan bagus. Mungkin yang perlu dibahas dari hal ini adalah jumlah episodenya apakah dapat cukup?

Bagi saya, ruang lingkup pembahasan pada serial ini sangatlah luas, sehingga jika hanya dibahas sebanyak 12 episode maka sepertinya akan banyak hal yang disederhanakan. Namun, hal ini hanya bisa kita pertanyakan saja, karena masalah utama belum disediakan, sehingga kita belum tahu hal apa yang ingin serial ini sajikan. Jika hal utamanya itu adalah hal yang sederhana maka bisa saja dibahas dengan baik, tetapi jika sebaliknya maka ini bisa menjadi masalah untuk serial ini.

Akhir Kata

Sakugan merupakan serial yang memuaskan serta mengejutkan untuk saya tonton. Serial ini telah tayang sebanyak 6 episode, dan semua yang disajikan hampir bisa dikatakan menarik serta bagus.

Satu hal yang cukup mengkhawatirkan dari serial ini adalah ruang lingkup ceritanya yang terlalu luas, sehingga ada beberapa hal yang perlu dibuang serta disederhanakan untuk membuat hal yang utama di serial ini dibahas dengan sangat baik. (sedikit disayangkan, tetapi termasuk yang bagus)

Ketika melihat serial ini, sebenarnya serial seperti ini perlu mendapatkan sequel atau setidaknya porsi episode yang banyak, tetapi saya ragu apakah serial ini menguntungkan serta bagus untuk mendapatkan hal tersebut. Namun, saya berharap yang terbaik untuk serial ini.

Mungkin sekian pembahasan kali ini, semoga bermanfaat serta menarik untuk kalian baca. Ohiyaa bagi kalian yang ingin mengetahui info lebih mengenai postingan serta info menarik lainnya bisa banget Follow Instagram dan Twitter Blog ini yaitu: @wibugabutblog atau Like Halaman Facebook kami yaitu: Wibu Gabut Blog. (atau kalian bisa langsung tekan icon-icon media sosial di atas halaman untuk menuju ke sosial media kami)

Bye!!! Sehat Selalu...

Posting Komentar untuk "Review Anime Sakugan, Serial Yang Mengesankan Dan Tidak Disangka Akan Menarik..."