Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Bahas Lengkap Anime Deca-Dence, Sebuah Anime Yang Melebihi Ekspektasi Awal Episode


©DECA-DENCE PROJECT

Hallo… Salam Hangat untuk kalian semua semoga sehat selalu dan bagi yang sakit semoga cepat sembuh yah…

Beberapa waktu lalu atau mungkin telah beberapa minggu telah berlalu ketika saya menulis pada sebuah artikel “Bahas Episode Pertama Deca-Dence, Sebuah Anime Science Fiction Yang Memukai Mata...” bahwa saya akan membahas secara lengkap anime “Deca-Dence”. Tidak terasa anime tersebut telah sampai pada akhir episode dan sepertinya tiba saatnya saya membahas secara lengkap anime ini yang pada artikel sebelumnya sempat saya bahas pada awalan episodenya tetapi pada artikel kali ini akan saya bahas secara lengkap, namun sebelum kalian membaca pembahasan ini lebih baiknya membaca pembahasan saya sebelumnya karena artikel kali mungkin menjadi lanjutan artikel sebelumnya. Mungkin tanpa banyak basa-basi langsung saja kita mulai pembahasannya...

Cerita


©DECA-DENCE PROJECT

Deca-Dence, sebuah anime dengan cerita yang tidak terbayangkan, jujur ini salah satu anime yang saya rasa wajib untuk kalian tonton karena ceritanya benar-benar melebihi ekspektasi ketika menonton episode pertamanya. Ketika menonton episode pertamanya saya berpikir bahwa ini hanya sebatas cerita science-fiction tentang bagaimana benteng Deca-Dence berusaha menghancurkan Gadoll dengan tambahan berbagai konflik yang mungkin muncul dari internal, namun siapa yang menyangka episode kedua menjadi sebuah plot twist yang benar-benar membuat saya tertipu.

Pada episode dua kita dijelaskan bahwa Deca-Dence merupakan sebuah simulator dunia petualangan untuk para cyborg, dimana di serial ini kita diperlihatkan akan dua latar cerita, yaitu latar dunia Deca-Dence lalu latar dunia diluarnya, dan seperti pemikiran saya di artikel sebelumnya bahwa kita diberikan berbagai informasi yang perlu kita ketahui mengenai serial ini hingga episode 3 atau episode 4 agar dapat mengikuti cerita yang disajikan. Untuk bagian ini sendiri serial ini cukup membuatnya dengan singkat, mungkin karena ingin mengutamakan cerita utamanya sehingga scene-scene tentang informasi tersebut dipadatkan saja, lagipula informasi ini juga tidak terlalu harus kalian pahami, karena yang perlu kalian pahami adalah konflik utama yang serial ini ingin bawakan.

Serial ini membawakan sebuah konflik tentang dunia yang dikuasai sebuah sistem, dimana setiap ada bug maka sistem akan menghancurkannya, dan ini cerita tentang bagaimana kita bisa menghancurkan sistem tersebut. Konflik ini sendiri benar-benar sebuah konflik science-fiction, dan saya tidak menyangka sih akan disediakan sebuah konflik seperti ini karena di episode pertama dulu rasanya saya hanya berpikir tentang pertempuran dengan para monster saja. Konfliknya sendiri bagi saya menegangkan untuk di tonton dan menarik karena memang terasa baru untuk saya nikmati di tahun ini.

Serial ini bagi saya sendiri termasuk serial dengan cerita yang rumit namun tetap menarik untuk di tonton, pada setiap episode rasanya selalu ada bagian action serta komedi yang membuat kerumitan cerita bisa terasa lebih menyenangkan untuk di tonton. Selain itu juga ending yang disediakan pada serial ini bagi saya cukup memuaskan dan rasanya semua pertanyaan saya akan serial ini terjawab di endingnya.

Karakter


©DECA-DENCE PROJECT

Terdapat berbagai karakter di serial ini, namun terdapat dua karakter inti yaitu Natsume dan Kaburagi. Di episode pertama saya berpikir bahwa peran Kaburagi hanyalah pendukung karakter utama, namun ternyata tidak karena kedua karakter ini merupakan karakter utama di latar tempat mereka. Cerita ini mengambil dua latar cerita sehingga disini kita bisa mengetahui bahwa, di dunia Kaburagi maka Kaburagi yang menjadi karakter utama dan Natsume menjadi pemeran pembantu, namun jika di dunia Natsume maka Kaburagi yang menjadi tokoh pembantunya.

Pembentukan dua karakter inti ini cukup menarik meski terkesan terlalu cepat jika dipikir-pikir, terutama dalam pembentukan karakter Natsume yang awalnya karakter yang lemah menjadi karakter yang kuat, pembentukan karakter Natsume sendiri sepertinya memang sengaja dipercepat dalam hal kekuatan karena fokus utama yang ingin dibentuk dari karakter Natsume adalah sikapnya, mengingat konflik yang dihadapinya adalah konflik batin.

Lalu untuk Kaburagi, saya rasa juga sama dimana ia juga difokuskan dalam pembentukan sikap mengingat jika berbicara faktor kekuatan, karakter ini sudah terlalu kuat. Pada dasarnya mungkin memang fokus karakter inti ini adalah pembentukan sikap mereka, dimana di awal kita melihat sikap mereka yang masih sangat lemah lalu berubah menjadi sosok yang lebih kuat.

Ending dan Pesan


©DECA-DENCE PROJECT

Pada topik cerita saya menulis soal kepuasan saya mengenai endingnya yang menjawab semua pertanyaan saya, bahkan pertanyaan saya di artikel sebelumnya yang mempertanyakan akan seperti apa konsep monster pada serial ini pun terjawab. Bagi saya penyajian endingnya sudah sangat bagus dan memuaskan, dimana ada drama, action, klimaks, lalu penyelesaian yang memukau untuk di tonton.

Dari ending atau mungkin seluruh alur cerita ini juga menimbulkan pesan-pesan yang menarik, hal yang membuat saya tertarik dengan pesan di serial ini mungkin karena konfliknya memang sedang saya suka saat ini, yah isu tentang sistem serta bagaimana menghancurkan sistem tersebut menjadi sesuatu yang menarik untuk dinikmati, dan anime ini memberikan sebuah pesan yang benar-benar menarik ketika saya pikirkan.

Kesimpulan

Deca-Dence merupakan serial yang saya rasa wajib kalian tonton, cerita yang disajikan di episode pertama benar-benar terasa menarik dan episode selanjutnya memberikan plot twist yang semakin menarik, siapa yang akan menyangka bahwa konsep dua latar akan dibawakan oleh serial ini dan yah itu benar-benar gila untuk di tonton. Penyediaan konflik juga bagi saya benar-benar menarik, lalu tentang bagaimana karakter menyelesaikannya pun memuaskan, sehingga menghasilkan sebuah ending yang benar-benar bagus banget.

Ketika melihat skor yang ditampilkan pada forum MyAnimeList, saya tidak menyangka sih bahwa serial ini mendapatkan skor yang saya rasa aman, namun hal itu juga terhitung wajar mengingat serial ini bersaing dengan anime-anime yang sangat terkenal di musim ini. Selain itu juga saya berpikir sepertinya yang memberikan skor aman adalah orang-orang yang mungkin tidak menonton serial ini hingga selesai, serial ini semakin menarik jika kalian ikuti, mungkin dari awal cerita hingga pertengahan terhitung cukup rumit, terutama bagi penonton yang memang tidak tertarik dengan science-fiction atau mungkin sebuah serial yang membutuhkan berbagai informasi serta pemahaman untuk bisa diikuti, sehingga wajar sih banyak yang tidak tertarik atau merasa masih ada anime lain yang lebih menarik dari serial ini, lalu memberikan skor yang terbilang aman untuk serial ini. (meski wajarnya sih tidak perlu memberikan skor kalo misal gak nonton sampe selesai gitu)

Mungkin sekian pembahasan kali ini, semoga bermanfaat serta menarik untuk kalian baca. Ohiyaa bagi kalian yang ingin mengetahui info lebih mengenai postingan serta info menarik lainnya bisa banget Follow Instagram Blog ini yaitu @wibugabutblog .

Bye!!! Sehat Selalu...

Posting Komentar untuk "Bahas Lengkap Anime Deca-Dence, Sebuah Anime Yang Melebihi Ekspektasi Awal Episode"

Berlangganan via Email