Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Bahas Lengkap Anime Oregairu Kan, Jalan Cerita Yang Rumit Dan Akhir Yang Menyenangkan...


©Wataru Wataru, Ponkan8 /Shogakukan, Yahari Ore No Seishun Love Come Wa Machigatteiru production Committe

Hallo... Salam Hangat untuk kalian semua, semoga sehat selalu dan bagi yang sakit semoga cepat sembuh yah…

Sekitar tiga bulan lalu pada (Wibu News: Anime Yang Tayang Summer 2020) saya pernah menulis akan membahas anime Yahari Ore No Seishun Love Come Wa Machigatteiru. Kan. Selain itu juga untuk membuat pembahasan di serial lebih terfokus pada musim ketiganya, saya terlebih dahulu menulis review dari musim pertamanya (Wibu Gabut [Review] Oregairu Season 1, Musim Pertama Yang Memberikan Banyak Kesan) pada bulan Agustus kemarin, lalu pada awal bulan September saya juga menulis review musim keduanya (Wibu Gabut [Review] Oregairu Season 2, Musim Dengan Perubahan Suasana Dan Perkembangan Cerita), dan tidak terasa pada akhir bulan september ini saya akan membahas musim ketiga sekaligus sebagai penutup pembahasan serial Anime musim Summer yang Wibu Gabut kerjakan tahun ini. Mungkin tanpa banyak basa-basi, langsung saja kita mulai pembahasannya...

Cerita


©Wataru Wataru, Ponkan8 /Shogakukan, Yahari Ore No Seishun Love Come Wa Machigatteiru production Committe

Yahari Ore No Seishun Love Come Wa Machigatteiru. Kan, pada awalan episodenya memberikan sekilas cerita tentang apa yang pernah terjadi pada episode-episode terakhirnya saat musim keduanya dulu dan sempat membuat saya berpikir apakah serial ini akan menjadi serial dengan cerita yang serius, namun hal itu ternyata tidak karena serial ini masih bisa memberikan sebuah cerita yang cukup ringan di awalan ceritanya. Saya sempat berpikiran bahwa mungkin musim ketiga ini akan memiliki cerita yang benar-benar serius, namun ternyata masihlah sama seperti musim-musim sebelumnya, dan itu benar-benar bagus karena membuat saya tidak merasa kehilangan akan salah satu keunikan serial ini.

Pada review Oregairu Zoku, saya sempat menulis bahwa kadar komedi pada serial ini lebih diturunkan karena lebih fokus pada cerita para karakter utama dan sedikit penambahan drama, namun pada musim ketiganya ini semua unsurnya dibuat dengan sama porsinya. Cerita pada musim ini memiliki fokus akan para karakter utama dan terdapat drama yang membuatnya lebih berat, namun masih terselip komedi-komedi di beberapa bagian yang dirasa membosankan, sehingga bagian-bagian yang pada musim sebelumnya yang terasa membosankan untuk kita tonton, kali ini lebih ringan dan lebih menarik.

Ketika menonton serial terdapat satu hal yang cukup berbeda dari musim-musim sebelumnya, yaitu tentang kasus yang dihadapi. Di musim sebelumnya kita selalu melihat dalam satu musim terdapat beberapa kasus, dan dari beberapa kasus tersebut menciptakan sebuah bahan untuk konflik utama, namun sepertinya karena serial ini hanya butuh satu bahan lagi untuk menjelaskan konflik utamanya, maka ia hanya memberikan satu kasus saja lalu fokus ke pembahasan konflik utama cerita.

Salah satu hal yang menarik dari cerita Oregairu adalah tentang kerumitan cerita dan bagaimana serial ini dapat menyelesaikannya dengan sesuatu yang unik serta dapat kita pahami, namun pada musim kali ini hal itu saya rasa kurang terutama dalam hal penyelesaian masalahnya. Cerita ini meski telah menyediakan dua pokok masalah cerita, entah mengapa masih memasukan beberapa masalah lain dan hal itu membuat penyelesaian dua pokok masalah tersebut terasa kurang serta aneh sih, singkatnya cerita di musim ini terlalu ambigu sehingga seakan memaksa saya untuk membaca novelnya atau mungkin berpikir tentang hal apa yang terjadi.

Karakter


©Wataru Wataru, Ponkan8 /Shogakukan, Yahari Ore No Seishun Love Come Wa Machigatteiru production Committe

Di musim awal kita telah menonton pembentukan perasaan Yuigahama, lalu di musim keduanya kita mulai merasakan pembentukan perasaan Hikigaya serta Yukinoshita, dan pada musim ketiga ini kita merasakan pembentukan perasaan ketiganya. Perasaan ketiga karakter ini menjadi sebuah konflik utama serial ini, dan disini saya mulai menyadari bahwa pembentukan perasaan mereka dari musim pertamanya hingga saat ini sangat bagus, karena ketika menontonnya cukup banyak perasaan muncul dan hal itu tidak terkesan berlebihan karena saya sudah mengetahui perasaan karakter-karakter ini dari pembentukan perasaan diantara mereka pada musim-musim sebelumnya.

Pada musim kali ini juga kita sudah dijelaskan tentang hubungan seperti apa yang terjalin antara Hikigaya, Yukinoshita, dan Yuigahama. Di musim kali ini pun kita diperlihatkan tentang bagaimana hubungan antara Hikigaya dengan Yuigahama ketika berdua, dan bagaimana hubungan ketika Hikigaya dengan Yukinoshita ketika berdua. Untuk bagian ini jujur meski saya lebih suka dengan hubungan Hikigaya dengan Yuigahama, namun saya sangat merasakan bahwa hubungan Hikigaya dengan Yukinoshita lebih bagus.

Selain itu juga terdapat hal yang menarik dari karakter di musim ketiga ini yaitu tentang munculnya berbagai karakter ikonik dari musim-musim sebelumnya, dan juga beberapa karakter baru yang menambah konflik, drama, serta komedi sehingga kesan cerita lebih beragam. Sepertinya cerita ini akan sangat membosankan dan tanggung banget jika karakter ikonik atau yang baru tidak ada, sehingga penyediaan karakter-karakter tersebut benar-benar menjadi hal yang menarik.

Klimaks dan Episode Terakhir


©Wataru Wataru, Ponkan8 /Shogakukan, Yahari Ore No Seishun Love Come Wa Machigatteiru production Committe

Ketika menonton klimaks pada serial ini, terutama pada bagian Hikigaya dengan Yukinoshita di jembatan itu saya cukup bingung sih karena dialognya benar-benar rumit dan banyak, sehingga saya kurang begitu mendapatkan kesan yang romantis meski ada beberapa dialog yang jika dibedah benar-benar bagus. Saya kurang tahu sih bagian ini di novelnya seperti apa, namun bagian ini terasa aneh untuk saya dan yah bagian ini untuk orang yang telah berumur kaya saya sepertinya memang tidak berdampak apapun hehe. (mungkin jika saya masih SMA mungkin saya bisa merasakan hal yang romatisnya)

Lalu untuk episode terakhirnya bagi saya benar-benar bagus, dari awalan tentang bagaimana kisah cinta Hikigaya dengan Yukinoshita itu benar-benar menarik untuk di tonton, lalu hubungan yang terjalin antar karakter terlihat menyenangkan, dan tentang kelanjutan klub tersebut juga terjawab. Semua bagian di episode terakhir ini terasa sangat menyenangkan dan yah bagus, meski sebenarnya ada sedikit pikiran di benak saya jika saja serial ini memiliki lebih banyak porsi episode maka ada banyak hal yang bisa dibuat lebih bagus.

Akhir Kata

Yahari Ore No Seishun Love Come Wa Machigatteiru. Kan, merupakan serial yang sebenarnya baru saya tonton ketika episode terakhirnya selesai dan memang saya tidak pernah mengikuti serial ini setiap minggunya. Jujur sebenarnya ketika menonton serial ini saya benar-benar tidak ingin membahasnya karena saya merasa bahwa serial ini terasa kurang untuk dijadikan pembahasan, dan ketika menonton serial ini ada hal yang rasanya sulit untuk diungkapkan. Alasan saya memutuskan membahasnya karena saya telah melakukan review di dua musim sebelumnya, dan juga ini merupakan serial yang memang paling ikonik bagi saya sehingga akan sangat sayang jika tidak dibahas.

Saya berharap pembahasan ini bisa menarik untuk kalian baca, dan juga menebus kejelekan pembahasan saya yang saya lakukan saat pertama membahas serial ini di postingan awal Wibu Gabut. Mungkin selain itu juga saya mohon maaf jika pembahasan kali ini terasa kurang karena saya memiliki kekurangan ketika membahas ini yaitu tentang pengetahuan saya mengenai serial ini, yah mau bagaimanapun pembahasan yang saya lakukan ini dari sudut pandang orang yang menonton animenya saja, sehingga ada banyak hal yang tidak terbahas karena kurangnya pengetahuan saya. (mungkin bagi kalian yang ingin melengkapi pembahasan bisa banget tulis di kolom komentar)

Serial ini merupakan penutup dari pembahasan anime Summer 2020, bagi kalian yang mungkin belum membaca pembahasan saya dan pengen tahu saya membahas apa saja di Summer 2020 kali ini, bisa kalian lihat dengan menekan label Summer 2020 di bawah artikel yah. Beberapa hari lagi akan tayang anime-anime baru Fall 2020, dan seperti biasa saya akan membahasnya sehingga sampai bertemu di pembahasan Fall besok...

Mungkin sekian pembahasan kali ini, semoga bermanfaat serta menarik untuk kalian baca. Ohiyaa bagi kalian yang ingin mengetahui info lebih mengenai postingan serta info menarik lainnya bisa banget Follow Instagram dan Twitter Blog ini yaitu: @wibugabutblog atau Like Halaman Facebook kami yaitu: Wibu Gabut Blog.

Bye!!! Sehat Selalu...

Posting Komentar untuk "Bahas Lengkap Anime Oregairu Kan, Jalan Cerita Yang Rumit Dan Akhir Yang Menyenangkan..."

Berlangganan via Email