Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Ingin Mengenal dan Memahami Sebuah Perbedaan? Rekomendasi 5 Anime Yang Membahas Soal Isu Perbedaan...


Anime adalah animasi dari Jepang yang digambar dengan tangan maupun menggunakan teknologi komputer. Kata anime merupakan singkatan dari “animation” dalam bahasa inggris, yang merujuk pada semua jenis animasi, istilah “anime” digunakan secara spesigik untuk menyebutkan segala animasi yang diproduksi jepang namun meskipun begitu pada umumnya anime itu adalah sebuah animasi dan tidak terkhusus akan sesuatu.

Anime memiliki cerita yang diadaptasi dari berbagai media yaitu; Novel, Manga, Game atau bahkan original buatan sebuah studio anime. Hingga saat ini telah banyak anime yang telah ditayangkan setiap musimnya, jika saya hitung mungkin sekitar 30 hingga 40 judul anime bisa tayang setiap musim dan dengan jumlah sebanyak itu membuat cerita di sebuah anime itu beragam serta memiliki konsep yang berbeda-beda.

Keberagaman cerita dan konsep itu membuat cerita di anime tidak hanya dinikmati oleh kalangan anak kecil hingga remaja, namun hingga dewasa dan mungkin hingga tua karena hingga saat ini semua kalangan bisa menikmati anime. Dari cerita-cerita anime pun kita bisa mengetahui bahwa anime tidak hanya menarik untuk ditonton tetapi memiliki sebuah pesan yang ternyata menarik untuk kita ikuti, salah satu pesan yang menarik menurut saya adalah soal bagaimana anime bisa mengangkat sebuah pesan tentang terciptanya hubungan antar ras yang berbeda sehingga membuat perbedaan antar makhluk itu bisa terjalin.

Pada artikel kali ini saya akan membahas 5 anime yang tiga musim belakangan ini mengangkat sebuah pesan tentang hubungan itu tercipta dari sebuah perbedaan, tentang bagaimana hubungan antar ras yang memiliki banyak perbedaan dapat saling menjalin sebuah hubungan pertemanan atau bahkan hubungan yang lebih erat lagi. Mungkin tanpa banyak basa-basi langsung saja kita mulai pembahasannya...

Beastars
©Paru Itagaki/Akita Shoten, Beastars

Beastars berlatar sebuah dunia hewan yang telah modern serta beradab, bercerita tentang seorang serigala penyendiri bernama Legosi yang bersekolah di mana hewan karnivora dan herbivora bisa berdampingan, namun selalu terjadi perselisihan atau mungkin perang dingin di antara kedua belah pihak dan membuat hubungan antar kedua pihak tersebut selalu berselisih.

Beastars merupakan sebuah anime yang memiliki cerita yang kuat serta drama yang sangat berat, anime ini berlatar di sebuah sekolah dengan berbagai masalah yang sebenarnya sangat sering ada di kehidupan sekolah, sehingga siapapun yang menonton anime ini dapat memahami cerita yang disajikan. Anime ini sendiri berasal dari sebuah adaptasi manga yang telah memenangkan banyak penghargaan sehingga cerita yang disajikan tidak akan mengecewakan terutama bagi kalian yang memang menyukai cerita dengan drama yang berat.

Saya sempat sekilas membahasnya dan dapat kalian lihat disini:

Shironeko Project: Zero Chronicle

©ANIME Shironeko Project: Zero Chronicle

Shironeko Project: Zero Chronicle memiliki cerita tentang dua dunia yang terpisah yaitu dunia putih yang berada di langut dan dunia hitam yang ada di bawahnya, yang memiliki banyak sekali perbedaan budaya hingga lingkungan yang membuat kedua dunia ini tidak dapat saling memahami. Atas suatu kejadian mereka bekerja sama dan mulai saling memahami satu sama lain.

Anime ini merupakan anime yang masih on-going dan tayang pada musim ini, berasal dari adaptasi game dan menciptakan sebuah cerita fantasi yang menarik serta memiliki bumbu cerita cinta, sehingga anime ini menarik untuk di tonton oleh kalian yang memang menyukai cerita fantasi dengan sedikit bumbu cinta di dalamnya dengan latar cerita yang bagus untuk diikuti.

Untuk pembahasan lebih jelasnya dapat kalian baca di sini:

Brand New Animal
©ANIME Brand New Animal

Anime ini bercerita tentang hubungan manusia dengan ras beastmen yang sangat tidak bisa saling menerima satu sama lain. Berkisah tentang Michiru yang merupakan siswi SMA yang merupakan seorang manusia tanpa diketahui berubah menjadi seorang beastmen dan pergi ke kota Anima dimana ras beastmen dapat hidup bebas tanpa diskriminasi manusia, namun siapa yang menyangkan bahwa disana ia harus menerima banyak masalah serta kenyataan pahit dari kota tersebut.

Brand New Animal merupakan anime yang masih on-going juga dan tayang pada musim ini, memiliki konsep cerita yang menarik dan masalah-masalah yang bisa dibilang biasa namun dibahas secara baik sehingga menghasilkan sebuah pesan yang bagus untuk diikuti. Anime ini sendiri bisa dikatakan salah satu anime yang menarik di musim ini menurut saya dan bagi kalian yang memang menyukai sebuah cerita dengan pembahasan masalah yang bagus dapat menonton anime ini.

Untuk pembahasan lebih lanjut dapat kalian baca di sini:

Murenase! Seton Gakuen

 ©Bungo Yamashita/Cygames' Cycomi, Murenase! Seton Gakuen 

Anime ini bercerita tentang seorang manusia bernama Jin Mazama yang bersekolah di Akademi Seton dimana mayoritas siswanya adalah hewan-hewan. Jin bertemu dengan seorang gadis serigala kecil yang penyendiri dan kemudian mengajak Jin untuk membuat sebuah kawanan, ia menolak namun pada akhirnya ia terpaksa bergabung.

Murenase! Seton Gakuen merupakan anime komedi yang tayang pada musim dingin kemarin, yang memiliki latar bahwa populasi manusia itu minoritas di sekolah tersebut dan tokoh pada anime ini merupakan seorang anak yang membeci hewan-hewan di sekolahnya, namun meski begitu ia tetap mengurusi permasalahan-permasalahan hewan-hewan yang ada di sekitarnya. Cerita ini pada dasarnya merupakan cerita komedi, namun meski begitu di setiap episodenya memiliki pembahasan yang mengajarkan soal perbedaan serta persahabatan sehingga meski fokus ceritanya komedi tetapi anime masih memiliki nilai cerita yang sangat bagus.

Untuk pembahasannya bisa kalian baca di sini:

Somali to Mori no Kamisama
© Yako GureishiTokuma Shoten’sSomali to Mori no Kamisama

Anime ini bercerita bahwa awalnya manusia dan monster itu hidup berdampingan dan tidak mengetahui keberadaan masing-masing, namun suatu ketika mereka saling bertemu dan disitulah awal mula kehancuran manusia yang kemudian membuat manusia berada dalam kepunahan. Berkisah di sebuah hutan seorang golem penjaga ekosistem hutan bertemu dengan seorang anak kecil, dengan umur golem yang tinggal sebentar lagi ia memutuskan untuk berpetualan mencari sekelompok manusia agar dapat mengembalikan anak yang ia temukan tersebut.

Somali to Mori no Kamisama, merupakan anime yang secara keseluruhan menarik untuk diikuti karena memiliki cerita yang bagus dan dapat membuat kita yang menonton anime ini terbawa kedalam alur yang disajikan. Sebuah cerita yang bisa dikatakan gelap dan terasa banget bahwa anime ini membawa konsep tentang perbedaan ras yang sangat kuat sehingga bagi yang memang menyukai sebuah cerita seperti ini maka anime ini merupakan anime yang paling saya rekomendasikan saat ini.

Untuk pembahasan lengkapnya bisa kalian baca di sini:

Kesimpulan



Sebenarnya masih ada banyak lagi anime yang memiliki konsep tentang perbedaan antar ras, namun kebanyakan masih belum saya bahas di Blog ini dan sepertinya sangat sulit sih memasukan anime-anime yang belum saya bahas pada artikel kali ini. Mungkin di lain kesempatan saya akan membahas anime-anime yang memiliki konsep seperti ini, karena sebenarnya konsep anime seperti ini itu benar-benar menarik untuk diikuti sekaligus menambah banyak pemahaman.

Saya selalu berpikir bahwa perbedaan antar ras itu merupakan masalah yang memang sulit untuk di pecahkan, jika berbicara soal perbedaan tidak akan ada habisnya dan tidak kejelasan, namun ketika kalian menikmati sebuah anime yang mengangkat sebuah isu perbedaan kalian akan berpikir banyak hal dan meski cerita memiliki kesamaan kalian akan tetap mendapatkan sebuah nilai yang mungkin bisa kalian jadikan sebuah pelajaran.

Mungkin sekian pembahasan kali ini, semoga bermanfaat serta menarik untuk kalian baca. Ohiyaa bagi kalian yang ingin mengetahui info lebih mengenai postingan serta info menarik lainnya bisa banget Follow Instagram Blog ini yaitu @wibugabutblog .

Bye!!! Sehat Selalu...

Posting Komentar untuk "Ingin Mengenal dan Memahami Sebuah Perbedaan? Rekomendasi 5 Anime Yang Membahas Soal Isu Perbedaan..."